Yuk Mulai Berasuransi, Karena Hidup Tak Bisa Diprediksi

asuransi-futuready

Cerdas Berasuransi Bersama Futuready

Saya percaya, sebaik-baiknya rencana adalah rencana yang terealisasi. Tapi hey, kita hidup di dunia yang penuh dengan ketidakpastian. Ketika ingin merealisasikan sebuah rencana terkadang bisa saja ada halangan. Misalnya nih, kita udah rapi, udah menor, alis udah dilempeng-lempengin, bibir udah dimerah-merahin, pas mau pergi yaaah malah hujan, padahal beberapa menit yang lalu cuaca masih hangat, matahari masih eksis menyilaukan, tuh cuaca aja gak bisa disangka-sangka kan? atau contoh kasus yang lebih serius nih, beli mobil baru, rencananya besok minggu mau dipake keliling komplek, eh boro-boro nunggu minggu, baru ditinggal tidur siang, rumah kebobolan trus mobil barunya hilang. Nah lho, siapa yang bisa disalahkan!. Maka dari itu kita perlu proteksi, untuk melindungi diri dari segala kemungkinan. Salah satu proteksi yang bisa kita andalkan adalah asuransi.

Di zaman modern, khususnya bagi kaum urban, sudah banyak kaum muda yang mulai tertarik untuk membeli produk asuransi. Baik untuk dirinya sendiri, untuk keluarga, ataupun untuk aset dan harta yang ia miliki. Tapi banyak juga lho yang masih beranggapan asuransi itu tidak ada gunanya, banyak yang lebih memilih menyimpan dana dalam bentuk tabungan atau membeli emas dan properti sebagai investasi dibandingkan membayar premi asuransi setiap bulan. Padahal mendaftarkan diri pada perusahaan asuransi, banyak sekali manfaatnya, lagipun saat ini sudah banyak lembaga asuransi yang juga menawarkan keuntungan investasi dalam produknya. Tidak hanya memberikan perlindungan secara finansial atas segala resiko ekonomi yang akan kita derita, asuransi juga dapat membuat kita lebih mudah mengatur perencanaan keuangan.

Asuransi dapat memberikan jaminan finansial kepada kita apabila sewaktu-waktu mengalami bencana, baik bencana alam, kecelakaan, penyakit, dan lain sebagainya. Premi yang kita bayarkan setiap bulannya dapat kita klaim untuk menebus kerugian yang kita derita. Trus kalau ternyata Alhamdulillah kita gak kenapa-napa, duitnya buat perusahaan asuransi ya? Enak bener? Salah! Yang benar adalah, apabila ternyata selama masa perjanjian kita tidak mengalami kerugian, di akhir periode perjanjian nanti, premi yang sudah kita bayar bisa kita cairkan, ataupun kita bisa meminta polis perpanjangan agar lembaga asuransi melanjutkan pemberian jaminan kepada kita sesuai dengan tempo yang diperjanjikan.

Walaupun sudah banyak kaum muda yang sadar akan manfaat asuransi, tapi nyatanya kesadaran asuransi di Indonesia masih terbilang cukup rendah. Penyebabnya bisa bermacam-macam diantaranya :

1.Tingkat kesejahteraan masyarakat yang masih dibawah rata-rata, sehingga belum menjadikan asuransi sebagai gaya hidup (lifestyle).

Pada level masyarakat menengah kebawah, masih banyak orangtua yang beranggapan “anak adalah investasi”, sehingga tidak jarang mereka akan menggantungkan hari tua nya pada anak-anak ketika anak-anak mereka telah beranjak dewasa. Pemikiran ini sebetulnya sangatlah salah, karena hal ini akan memunculkan fenomena “sandwich generation”, dimana orang yang berusia 30-40an dan SEHARUSNYA sudah bebas finansial di usia itu, masih harus memiliki tanggungan orangtua, disamping menanggung keluarga nya sendiri. Makanya, mulai sekarang yuklah, persiapkan hari tua dengan baik. Biar gak nyusahin anak cucu di kemudian hari. Hihi

2. Faktor Budaya

Masih banyak masyarakat Indonesia yang kurang memikirkan persiapan dana untuk hari tua, apalagi khususnya (maaf, no offense ya) mereka yang bekerja pada Negara atau Perusahaan Swasta. Biasanya golongan ini berfikir akan mendapatkan dana pensiun yang jumlahnya besar ketika mereka berhenti bekerja nanti, sehingga mereka tidak terlalu memikirkan persiapan dana hari tua secara mandiri. Padahal dana pensiun tidak bisa 100% diandalkan untuk menopang hari tua, apalagi jika tua nanti kita sakit-sakitan, yang sekali berobat biayanya puluhan juta, hayo emang Negara mau bayarin terus ya?
Kurangnya sosialisasi tentang pentingnya berasuransi
Kalo faktor yang ini sih menurut saya harus lebih diperhatikan sama perusahaan-perusahaan asuransi, karena begimana masyarakat mau berasuransi yakhan kalau mereka aja belum faham sama manfaatnya. Jadi sosialisasi tentang pentingnya asuransi mulai harus digencarkan.

3. Infrastruktur Perusahaan Asuransi Belum Memadai

Kondisi geografis Indonesia yang luaaaaas banget dan berpulau-pulau barangkali yang menyebabkan masih banyaknya wilayah yang belum terjamah sarana dan prasarana serta infrastruktur yang memadai, sehingga tidak heran kantor-kantor cabang dan kantor pembantu perusahaan asuransi belum bisa mencapai daerah-daerah terpencil. Padahal lho ya, orang-orang desa belum tentu gak ada duitnya. Apalagi di daerah saya, di Kalimantan. Mereka yang bekerja di Perusahaan-Perusahaan sawit biasanya justru punya penghasilan yang jauuuuh tinggi diatas rata-rata.

4. Lemahnya kepercayaan masyarakat terhadap produk dan perusahaan asuransi

Pasti pernah deh, mendengar kasus perusahaan bodong? Atau pernah punya teman yang tertipu agen asuransi? Bayar premi rutin tiap bulan terus giliran mau diklaim susahnya minta ampun atau si agen malah tiba-tiba menghilang gak ada kabar? Duhh yang begini ini nih yang seringkali membuat kepercayaan masyarakat melemah terhadap produk dan perusahaan asuransi. Nah supaya tidak menjadi korban perusahaan asuransi bodong, makanya kita harus jeli memilih perusahaan asuransi. Pilih perusahaan yang punya reputasi yang baik, dan sudah terpercaya, yang paling penting adalah pilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar di OJK, karena lembaga inilah yang bertugas mengawasi industri asuransi dan kegiatan-kegiatannya di Indonesia

Asuransi Apa Aja, Carinya di Futuready aja!

Nah, daripada galau memilih perusahaan asuransi, mending carinya di futuready aja!. Sudah pada tau belum sih sama futuready? jadi futuready ini adalah supermarket asuransi online, bagian dari AEGON, salah satu Perusahaan Asuransi terbaik di dunia yang berpusat di Deen Haag, Belanda. Di futuready kita bisa mencari, membandingkan dan membeli produk-produk asuransi secara online dari berbagai perusahaan asuransi terkemuka. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi perjalanan, asuransi kecelakaan hingga asuransi mobil (kendaraan). Misalnya nih, kita lagi cari asuransi mobil honda, nah tinggal buka aja situsnya futuready, kemudian isi data-data kepemilikan mobil yang kita miliki, nilai premi yang kita sanggupi, lengkapi data-data dan dokumen yang dibutuhkan kemudian tinggal tunggu deh maka sistem futuready yang akan menemukan daftar perusahaan asuransi berikut produk-produk asuransi yang bisa kita ambil untuk asuransi mobil honda kita. Kemudian setelah informasi dan dokumen dilengkapi, dan pengajuan penerbitan polis asuransi disetujui, Futuready akan mengirimkan cover note atau polis asuransi paling lambat 1×24 jam. Selain asuransi mobil honda, di futuready juga ada bermacam-macam asuransi untuk berbagai mobil kendaraan pribadi lainnya, ada AXA, ACA, SImas Net, Adira, Avrist, Malacca, tuh tinggal pilih mau yang mana.

Bayangin, semudah itu lho membeli produk asuransi. Cuma tinggal pencet-pencet tombol di smartphone doang!  kalau begini sih yang di kota, yang di desa, yang dimana aja semuanya bisa berasuransi, karena semuanya bisa dibeli secara online. Asik kan! 🙂 dengan membeli produk asuransi melalui futuready, kita bisa mendapatkan saran secara jujur, terbuka dan tidak memihak terhadap produk asuransi yang ingin kita beli. Anggaplah mereka ini pihak ketiga yang bersifat netral, yang akan menghubungkan dan mensosialisasikan kepada kita terkait produk asuransi yang akan kita beli, mereka yang akan menjelaskan secara detail dan JUJUR mengenai kelebihan-kelebihan sekaligus kekurangan terhadap produk asuransi yang kita butuhkan.

Manfaatnya apa aja sih beli produk asuransi di Futuready? Hmmm yang pasti sih mudah dan praktis ya, secara kita hidup di jaman dimana semuanya serba harus diirit, gak cuma duit tuh yang harus dihemat-hemat. Waktu dan tenaga juga. Daripada repot-repot datang ke kantor cabang perusahaan asuransi, belum yang kena macetnya lah, jaraknya jauhlah, belum panas nya lah, belum yang susah janjian sama agen asuransi nya lah, ya mending beli nya di futuready aja kan ya, bisa online, dimana aja dan kapan aja!. Manfaat lain adalah AMAN. Ini yang paling penting sih, secara ya kita akan mempercayakan harta dan aset kita kepada pihak lain, makanya harus benar-benar terjamin keamanannya. Nah karena sudah terdaftar dan berlisensi resmi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan), dan berada dibawah naungan Asosiasi Perusahaan Pialang Asuransi dan Reasuransi Indonesia, jadi membeli produk asuransi apapun di Futuready terjamin sip, amanlah!

Nah, jadi gimana? Yakin nih masih gak mau berasuransi? Yuklah, mulai proteksi diri dean berasuransi, karena hidup tidak bisa diprediksi.

Rizka Edmanda

65 Comments

  1. Lengkap banget ya futuready menyediakan banyak pilihan asuransi. Semoga kaum urban bisa menjadikan asuransi bagian dari life style ya.

  2. Makin mudah ya beli asuransi krn lewat Futuready? Ini semacam “toko” yang menjual berbagai asuransi ya? Jd kita bisa memilih2 sendiri mana asuransi yang sesuai dengan kebutuhan kita ya mbak 😀

  3. Aku blm ikit asuransi.
    Masih cari yang pas dan menguntungkan 🙂
    Membantu bgt ya futuready untuk membandingkan harga

  4. Edukasi tentang pentingnya asuransi harus terus dilakukan. Dengan Futuready kita makin gampang membandingkan mana saja asuransi yg tepat dengan kebutuhan masing2.

  5. iya mbak, suami saya, dan anak anak juga sudah diasuransikan, saya aja nih yang belum hiks .. bener banget, hidup itu tidak bisa diprediksi ya, karena ajal itu di tangan Allah, untuk proteksi, insyaAllah dengan asuransi bisa memproteks anak anak kalau kita pas tidak ada.

  6. Pernah diprospek asuransi sama temenku dan lumayan dipaksa hahaha . Lewat futuready jadi makin gampang ya buat banfingin preminya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *