A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

"It’s not just POSSIBLE to travel with the one you love, but you MUST travel with the one you love" Adam & Susan (Pergidulu)

Bagi saya traveling itu tak sekadar bermakna piknik atau jalan-jalan. Traveling adalah sarana pembelajaran, tentang bagaimana saya dapat memaknai kehidupan dari sebuah perjalanan. Kecintaan saya pada dunia traveling membuat saya banyak pergi menjelajah sejak masih duduk di bangku kuliah, hingga kemudian ketika telah menikah,  rutinitas traveling tetap tak saya tinggalkan begitu saja. Justru kini, saya banyak bepergian bersama keluarga tercinta. Sebab saya dan suami percaya bahwa cerita yang terangkai dari setiap perjalanan yang kami lakukan bersama dapat menjadi salah satu warisan terbaik untuk anak cucu kami di masa depan. Maka dari itu, di hari ulang tahun pertama anak kami Qonita, saya dan suami tak menghadiahinya benda-benda, tak juga memberikannya sebuah pesta perayaan seremonial semata. Melainkan, memberikannya sebuah #XperienceSeru dan pengalaman berharga, yang semoga kelak akan terukir menjadi kenangan manis kala ia tumbuh dewasa.

Inilah kisah, tentang bagaimana Traveloka Xperience dan berbagai keunggulannya telah berjasa membantu keluarga kecil kami, dalam mengukir pengalaman terbaik dalam sebuah perjalanan.

Jogja & Perjalanan Menebus Rindu 

Jogja adalah destinasi yang kami pilih untuk merayakan hari istimewa Qonita kali ini. Alasannya sederhana, adalah sebab Jogja menjadi kota yang melatari kisah cinta saya dan suami. Di hari ulang tahunnya, saya ingin Qonita melihat kota yang menjadi saksi pertemuan kedua orang tuanya. Setidaknya sebelum kami membawa Qonita lebih jauh melihat dunia, ia harus terlebih dahulu melihat Jogja. Agar kelak Qonita tahu, betapa Jogja punya andil yang teramat penting dalam proses kelahiran dirinya.

Selain alasan itu, rasanya saya pun telah sekian lama menyimpan kerinduan akan Jogja. Sebab setelah meninggalkan kota ini 3 tahun lalu, saya memang belum pernah lagi pergi kesana. Jogja menyimpan sejuta kenangan manis yang pernah saya kecap selagi remaja. Mulai dari kenangan menghabiskan sore di sebuah jalan magis nan legendaris bernama Malioboro, hingga kenangan kencan romantis di alun kidul sambil mendengar musisi jalanan melantunkan “tembang tresno”. Jogja memang sederhana, tak sesejuk Bandung, tak segemerlap Jakarta. Tapi bagi saya dan suami, Jogja adalah salah satu kota paling istimewa di seantero alam semesta.

Kerinduan akan Jogja serta keinginan untuk dapat memberikan pengalaman ulang tahun terbaik pada Qonita akhirnya membuat saya semakin mantap untuk segera memesan tiket pesawat menuju kesana. Setelah tiket ditangan dan akomodasi telah dipesan, saya pun mulai merencanakan perjalanan dan aktivitas yang akan kami lakukan selama berlibur di Jogja nantinya. Karena hanya memiliki waktu cuti selama 2 hari, maka liburan singkat, padat namun berkualitas adalah impian kami.

Rencananya, di Jogja saya akan mengunjungi tempat-tempat bersejarah dalam perjalanan cinta saya dan suami. Tak muluk-muluk memang, paling kami hanya akan pergi ke sekitaran Fakultas Hukum UGM untuk sekadar bernostalgia masa-masa kuliah, selanjutnya kami ingin reunian dengan beberapa teman lama, duduk bersantai di Malioboro, dan mencicipi ragam kuliner favorit kami dahulu. Lalu yang tak boleh ketinggalan tentunya adalah membawa Qonita bermain di atraksi wisata yang asik dan menyenangkan agar perjalanan singkat ke Jogja ini akan menjadi #XperienceSeru baginya.

Mewujudkan #XperienceSeru di Jogja Bersama

Traveloka Xperience

Karena Qonita senang sekali bermain air, dan saya pun seumur hidup belum pernah mengunjungi waterpark, maka atraksi wisata yang kami pilih untuk dikunjungi saat liburan kemarin adalah Jogja Bay Waterpark. Lokasinya di dekat stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta. Jogja Bay adalah salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara. Jogja bay berkiblat pada Water Park di Orlando, Amerika Serikat sehingga konsep yang diusung adalah modern futuristik. 

Didalamnya terdapat berbagai wahana air yang dapat digunakan oleh balita hingga orang dewasa. Mulai dari wahana yang memicu adrenalin seperti Memo Racer, Bekti Adventures dan Volcano coaster hingga wahana dimana anak-anak bisa bermain air dengan riang seperti Hip playground ataupun kolam ombak (South Beach). Karena didesain untuk segala usia, Jogja Bay Waterpark memang sangat cocok untuk liburan keluarga. Apalagi selain wahana tersebut, Jogja Bay Waterpark juga menyediakan program edukatif seperti Cooking Class, dan Garden Tour untuk anak-anak. 

Tak hanya memiliki wahana air yang lengkap, Jogja Bay Waterpark juga menyediakan fasilitas yang sangat baik seperti restoran, kamar ganti dan toilet yang bersih, penyewaan loker, museum air, serta galeri penjualan merchandise. Bahkan waterpark ini menyediakan ruang menyusui serta peminjaman kursi roda khusus lansia dan penyintas disabilitas. Fasilitas keren ini sungguh jarang saya temukan di atraksi lain pada umumnya di Indonesia. Mantap!

Ada pula panggung atraksi yang menampilkan drama musikal “The Guardian Past Show” setiap akhir pekan. Drama ini bercerita tentang serangan bangsa Portugis di bawah pimpinan Kapten Gonzo di Jawa. Pertunjukan ini menampilkan karakter dari masa depan bernama Jose yang mencoba mengakhiri peperangan. Kita pun bisa berfoto bersama karakter-karakter ini. 

Qonita terlihat sangat antusias bermain di setiap wahana. Kolam ombak (south beach) dan seluncuran menjadi favoritnya. Dani-suami saya bahkan beberapa kali membawa Qonita naik seluncuran. Saya apalagi, rasanya bahagia sekaligus terharu akhirnya bisa mencicipi semua wahana di waterpark ini. Maklum, kala tinggal di Jogja beberapa tahun lalu, saya masih berstatus mahasiswa rantau, sehingga bermain di waterpark masih menjadi barang mewah buat saya. Senang sekali rasanya karena akhirnya cita-cita bermain di waterpark kesampaian. 

Pengalaman seru di Jogja Bay Waterpark ini melengkapi kisah manis perjalanan kami “kembali pulang” dan bernostalgia di Jogja. Sekalipun belum fasih berbicara, namun lewat tatap matanya dan tawa cerianya, saya dapat melihat betapa Qonita menjadi anak yang paling bahagia di hari itu. Dan demi apapun, sebagai ibu saya merasa sangat bersyukur dapat melihat raut wajah bahagianya kala itu. Rasanya, lengkap sudah #XperienceSeru yang kami hadiahkan untuk Qonita di hari istimewanya ini.

Ngomong-ngomong tentang traveling bersama anak, saya tak menampik bahwa hal ini memang banyak tantangannya. Mulai dari kekhawatiran soal antrian tiket di objek wisata yang seringkali mengular terlebih di akhir pekan, hingga tentang sulitnya mencari pilihan rekomendasi objek wisata yang menyediakan aktivitas yang ramah anak. Jika tak cerdik mengakali hal-hal tersebut, maka tentu rencana liburan yang sudah disusun dengan matang akan jadi berantakan.

Untungnya, sebagai seorang “millennial mom” sekaligus “millennial traveler”, saya dimanjakan oleh kemajuan teknologi di era digital. Saya jadi tak perlu repot mengantri di loket tiket Jogja Bay Waterpark dengan ratusan pengunjung lainnya, sebab Tiket Jogja Bay Waterpark-Easy Access seharga Rp 54.000 per-orang telah saya pesan jauh-jauh hari secara online.  Iya, kamu gak salah baca. Tiket Jogja Bay Waterpark itu memang saya dapatkan dengan harga lebih murah, mudah pula cara pemesanannya. Semua ini berkat bantuan jasa Traveloka Xperience, sub-brand dari OTA (online travel agent) kesayangan kami sekeluarga yaitu Traveloka.

 

Jadi.. Kenalan Dulu Yuk dengan Traveloka Xperience

Dalam urusan mengatur perjalanan, nama Traveloka tentu sudah amat familiar di telinga kita. Sejak berdirinya tahun 2012, OTA kebanggaan orang Indonesia ini memang tak pernah lelah berinovasi demi memudahkan setiap orang dalam melakukan perjalanan. Di pertengahan Juni 2019 lalu, Traveloka kembali berinovasi lewat produk terbaru mereka yaitu Traveloka Xperience. Melalui produk ini, Traveloka memungkinkan para konsumennya untuk dapat menemukan beragam referensi dan rekomendasi kegiatan baik saat liburan, ataupun saat ingin sekedar menghabiskan waktu luang. Hal ini demi mengukuhkan visi mereka sebagai platform yang tak lagi sebatas menyediakan layanan perjalanan dan wisata, namun juga menyediakan berbagai akses untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup secara luas.

Layanan Traveloka Xperience dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi Traveloka baik di appstore, playstore serta di websitenya. Pada halaman muka aplikasi Traveloka, kita hanya perlu mengklik icon Xperience yang tersedia untuk dapat masuk ke layanan Traveloka Xperience. Setelah masuk, kita dapat menjelajahi 12 kategori layanan yang ada. Terdapat fitur untuk memilih rekomendasi aktivitas terbaik yang disesuaikan dengan minat kita, serta referensi aktivitas yang tersedia di sekitar lokasi dimana kita berada. Ada pula rekomendasi aktivitas di destinasi wisata pilihan baik domestik maupun mancanegara, infomrasi pilihan aktivitas yang sedang tren, hingga artikel informatif yang bisa dijadikan inspirasi liburan bersama keluarga atau orang-orang tercinta.

Cara pemesanan tiket pengalaman di Traveloka Xperience juga relatif mudah, barangkali karena saya sudah familiar dengan aplikasi Traveloka sehingga saya tak mengalami kesulitan sama sekali. Prosesnya mirip dengan ketika ingin memesan produk lain di Travaeloka misal pesawat atau akomodasi. Setelah memiliki tiket elektronik/QR Code dari pengalaman yang kita butuhkan, kita hanya perlu me-redeem tiket tersebut di loket/pintu masuk. Caranya juga sangat gampang tinggal tunjukkan QR Code di loket khusus Traveloka tanpa perlu mengantri. Sebagai ibu dengan segala kerepotan membawa printilan anak saat liburan, kemudahan yang ditawarkan oleh Traveloka Xperience di lokasi wisata sangat membantu saya.

10 Keunggulan Traveloka Xperience yang Wajib Kamu Tahu

Berdasarkan pengalaman pribadi saya saat menggunakan layanan Traveloka Xperience, saya merasakan setidaknya 10 keunggulan Traveloka Xperience yang dapat membantu saya untuk menciptakan #XperienceSeru bersama keluarga. Kesepuluh keunggulan tersebut, saya rangkum pada image slider dibawah ini. Silahkan swipe (usap) atau klik panah ya!

Ribuan Pengalaman di Seluruh Dunia

Traveloka Xperience menyediakan beragam pilihan pengalaman di seluruh dunia yang dapat disesuaikan dengan minat kita. Ada 12 kategori layanan yang disediakan mulai dari atraksi wisata, spa & kecantikan, taman bermain, hiburan, event, paket tur, bioskop, olahraga, transportasi, pelengkap perjalanan, makanan & minuman hingga kursus & workshop. Semua kebutuhan liburan maupun gaya hidup ada disini.

Bebas Cara Pilih Pembayaran

Tersedia berbagai metode pembayaran yang dapat memudahkan pengguna. Mulai dari internet banking, m-banking, transfer ATM, Alfamart, Kartu Kredit, CIMB Clicks, BCA Klikpay hingga TravelokaPay. 

Pemesanan Cepat & Praktis

Tak perlu repot mengantri di loket tiket apalagi membeli tiket pada calo. Sebab dengan Traveloka Xperience semua tiket pengalaman yang kita inginkan dapat dengan mudah dipesan melalui aplikasi Traveloka di smartphone. Kita jadi bisa menghemat waktu, uang dan tenaga karena tiket idaman bisa dipesan darimana saja dan kapan saja.

Layanan Customer Service 24 jam

Dengan Traveloka Xperience, kita bisa bebas cemas menikmati aktivitas pilihan, karena ada layanan customer service 24 jam yang bersedia membantu apabila terjadi masalah saat proses klaim tiket/voucher.

Easy Access & Konfirmasi Instan

Traveloka Xperience menawarkan fasilitas tambahan seperti easy access dan konfirmasi instan pada pengalaman tertentu. Misalnya saat saya mengunjungi Jogja Bay Waterpark menggunakan tiket dari Traveloka Xperience beberapa waktu lalu, saya tak perlu mengantri tiket. Cukup menunjukkan kode QR pada loket Traveloka Xperience di depan pintu masuk, kemudian petugas akan menunjukkan akses masuk khusus untuk pengguna Traveloka Xperience. Praktis dan paperless!

Jaminan Tiket Resmi & Valid

Sering cemas akan tiket palsu yang banyak dijual calo dengan harga jauh lebih murah? Kini kita tak perlu khawatir terjebak tiket palsu sebab Traveloka Xperience memberikan jaminan tiket valid dan resmi untuk semua pengalaman yang dipilih. Dijamin, voucher/tiket aktivitas yang sudah kita beli akan dapat digunakan dengan mudah sebab seluruh tiket dan voucher yang dijual di Traveloka Xperience adalah tiket resmi.

Banyak Diskonnya

Traveloka Xperience memberikan penawaran harga terbaik untuk aktivitas yang kita pilih. Saya sendiri sudah membuktikan hal ini. Saat berkunjung ke Jogja Bay Waterpark, saya membeli tiket masuk di Traveloka Xperience seharga Rp 54.000 per-orang, padahal jika saya membeli langsung tiket di pintu masuk lokasi, saya harus membayar Rp 90.000 per-orang. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa saya hemat dengan menggunakan Traveloka Xperience.

Review Jujur dari Pelanggan

Di Traveloka Xperience ada ribuan review dari pengguna Traveloka lainnya yang telah merasakan pengalaman dari aktivitas/atraksi yang kita incar, sehingga bisa kita jadikan pertimbangan sebelum membeli paket aktivitas yang diinginkan. Membaca review orang lain sangat penting agar semakin mantap membeli paket pengalaman.

Informasi Detail Tentang Pengalaman Pilihan

Traveloka Xperience memberikan informasi yang mendetail mengenai aktivitas yang kita pilih. Mulai dari foto, review, fasilitas yang tersedia, jadwal operasional, ringkasan informasi aktivitas, detail lokasi & petunjuk arah, kebijakan pembatalan, harga, dan informasi penting lainnya. Kita tak perlu repot mencari informasi mengenai pengalaman yang kita inginkan sebab semuanya sudah tersedia.

Tak Perlu Beranjak dari Aplikasi Traveloka Kesayangan

Terakhir, hal yang paling saya suka adalah karena dengan menggunakan Traveloka Xperience saya tak perlu beranjak dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya untuk melakukan pemesanan tiket aktivitas yang saya inginkan. Sebab, layanan ini tersedia di aplikasi Traveloka, aplikasi yang juga saya gunakan untuk memesan tiket transportasi dan akomodasi. 

Traveloka Dulu, #XperienceSeru Kemudian…

Meskipun singkat, namun perjalanan ke Jogja untuk merayakan ulang tahun Qonita kemarin adalah perjalanan yang sangat penting bagi keluarga kecil kami. Lewat perjalanan ini, saya tak hanya mencoba mengenalkan Qonita pada traveling sejak usianya yang masih dini, namun lewat perjalanan ini pula saya dan suami ingin membawa Qonita ke sebuah kota yang berperan penting dalam kisah cinta kami. Liburan singkat kami ke Jogja memang bukanlah liburan mewah, namun saya berharap semoga liburan singkat ini akan menjadi #XperienceSeru dan pengalaman indah yang akan Qonita kenang saat kelak ia dewasa.

Bersama Traveloka Xperience, masih ada banyak destinasi dan pengalaman lain yang ingin saya wujudkan bersama keluarga. Saya ingin mengajak Qonita menjajal berbagai wahana dan atraksi terbaik di dunia seperti Universal Studio, Disneyland, Hello Kitty Town, Legoland , Waterboom Bali, SEA Aquarium, Sunway Lagoon, dan lain sebagainya. Saya ingin mewujudkan mimpi saya semasa remaja yaitu memiliki keluarga yang bahagia dan banyak menabung pengalaman perjalanan bersama, sebab bukankah traveling itu paling menyenangkan jika dilakukan bersama orang tercinta?

Ngomong-ngomong, apakah kalian juga punya Xperience seru bersama Traveloka Xperience? Jika punya, ceritakan juga dong dikolom komentar. Jika belum, yuk segera unduh aplikasi Traveloka di smartphone kamu, dan pilih pengalaman idamanmu sekarang! Let’s collect experience, not things 😉

Sumber-sumber :

  • Foto-foto : Rizka Edmanda, Jogja Bay Waterpark via Traveloka Xperience
  • Infografis : Rizka Edmanda
  • Video/Mini Vlog : Rizka Edmanda
  • Video/Motiongrafis : Rizka Edmanda
  • Informasi Traveloka Xperience : www.traveloka.com
  • Informasi Jogja Bay Waterpark : www.jogjabay.com

Disclaimer :

  •  Artikel ini diikutsertakan dalam Traveloka Blog Contest 2019.
  • Cerita serta ulasan seluruhnya adalah pengalaman pribadi penulis tanpa ada rekayasa apapun.
error: content is protected