A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

 Hidup di era digital memang memberikan banyak kemudahan. Semua aspek dalam kehidupan terasa jadi lebih cepat dan instan. Mulai dari berkomunikasi, melakukan transaksi ekonomi, hingga mendapatkan berbagai informasi. Kini semua bisa dilakukan secara online. Kemajuan era digital membuat hampir semua orang kini bisa menjadi “wartawan” dengan hanya bermodalkan perangkat gawai ditangan. Maka tak heran media massa digital tumbuh bak jamur di musim hujan. Saking banyaknya, hampir sulit memilih dan memilah mana media yang benar menyampaikan informasi, mana yang hanya sekedar mencari sensasi atau justru memprovokasi. Lajunya arus informasi di era digital juga menjadikan berita palsu (hoaks) lebih mudah menyebar. Bak oase di padang pasir, Indozone hadir di tahun 2014 demi menjawab kebutuhan masyarakat internet (netizen) khususnya para milenial dan gen Z akan sebuah media massa digital yang positif, valid, ringan namun aktual, berimbang serta lengkap kanal beritanya. Berikut ulasan lengkap tentang Indozone dan berbagai alasan mengapa kamu harus mengikutinya di instagram, website dan sosial media mereka lainnya.

*********

 

Data APJII (Asosiasi Pengguna Jasa Internet Indonesia) menyebutkan bahwa saat ini ada 171,7 juta pengguna internet di Indonesia. Dari jumlah tersebut penetrasi pengguna tertinggi yaitu sebanyak 91% merupakan mereka yang berada di usia 15-19 tahun (gen Z) sedangkan posisi kedua (88,5%) dan ketiga (82,7%) ditempati oleh mereka yang berada pada rentang usia 20-29 tahun (generasi milenial). Angka ini akhirnya mendorong banyak media massa digital berbondong-bondong mengemas konten agar dapat lebih banyak menarik minat pembaca dari generasi milenial dan gen Z. Persaingan platform penyedia informasi untuk menarik minat milenial dan gen Z pun kian kompetitif. Indozone merupakan satu dari sedikit platform penyedia informasi digital yang tergolong sukses menjaring audience dari kalangan milenial dan gen Z. 

Strategi Indozone dalam meraih minat pembaca dari kalangan kawula muda memang cukup unik. Mereka sepertinya sadar bahwa kelompok milenial dan gen Z adalah golongan yang sangat mengutamakan tampilan visual. Maka tak heran konten informasi Indozone di sosial media lebih banyak menggunakan visualisasi seperti gambar, meme, infografis hingga video (multimedia). Dengan mengusung tagline #KAMUHARUSTAU dalam setiap unggahannya, konten-konten berita dan  informasi suguhan platform informasi ini kerap kali viral dan menjadi trending topic di berbagai media sosial baik itu instagram, twitter hingga facebook.

Demi mengukuhkan visi sebagai “the most engaging media for milennials and gen Z in Indonesia”. Platform informasi digital besutan Victor Antony ini akhirnya melebarkan sayapnya di tahun 2019 dengan menghadirkan situs berita online indozone.id, untuk melengkapi kebutuhan para milenial dan gen Z di Indonesia akan sumber berita dan bacaan informasi yang valid, aktual, menarik, menghibur, edukatif dan tidak berimbang.  Sebagai pengikut setia Indozone sejak awal berdiri, tentu kehadiran situs berita indozone.id ini menjadi kabar baik bagi saya dan jutaan pengikut setia lainnya. 

1. Tampilan Situs Sederhana, Ringan dan Mudah Diakses

Kesan pertama saat berkunjung ke situs Indozone.id hal yang paling mencuri perhatian saya adalah tampilannya yang terlihat sederhana namun bersih dan ringan. Navigasi dalam setiap menu dan kategori juga cukup jelas dan tak bertele-tele. Hal ini tentunya sangat memudahkan pembaca agar lebih cepat dalam mengakses menu dan kategori yang ingin dituju. Tampilannya yang ringan dan sederhana ini juga berdampak pada loading situs sehingga membuatnya terasa sangat cepat saat diakses. Pada jaringan 4G saya hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja untuk masuk ke situs. Demikian pula halnya ketika saya mencoba masuk ke situs Indozone melalui jaringan wifi, terasa sangat cepat dan tanpa lag.

Kecepatan akses ini penting bagi sebuah situs, terlebih sejak 2010 Google mengumumkan bahwa kecepatan akses situs merupakan salah satu aspek yang diperhatikan algoritma Google untuk menempatkan ranking halaman situs. Semakin ringan dan mudah diakses sebuah situs, maka akan semakin besar kemungkinan situs tersebut muncul di halaman pertama Google.

Selain ringan, tampilan situs Indozone juga sangat mobile friendly. Ini tak kalah penting, sebab saat ini mayoritas pengguna internet lebih banyak mengakses situs melalui smartphone daripada perangkat gawai lainnya sehingga tampilan situs yang mobile friendly tentu akan lebih memudahkan pengguna smartphone dalan mengakses situs Indozone.

Pada bagian header situs terdapat logo Indozone, navigasi pencarian, dashboard pengguna dan tombol menu. Kemudian dibawahnya ada tampilan artikel yang menjadi headline pada hari tersebut. Pembaca dapat dengan mudah memilih headline dengan menekan tombol panah pada featured image dari artikel ataupun pada kolom-kolom gambar dibawahnya. Kemudian menyusul dibawahnya terdapat menu highlight yang akan menampilkan berita-berita menarik yang banyak diminati pembaca, lalu dilanjutkan menu berita terkini yang menampilkan artikel-artikel segar dan terbaru, serta 10 berita insight yaitu artikel pilihan redaksi.

Pada halaman utama terdapat pula tombol sosial media untuk mengarahkan pembaca menuju sosial media Indozone, menu infografik untuk menampilkan artikel informasi & grafis, videografik untuk menampilkan informasi dalam bentuk video grafis, menu FYI yang berisikan memes dan berbagai poster, Berita pilihan pada tiap-tiap kategori serta pada bagian footer di menu utama terdapat kategori, redaksi, disclaimer hingga kontak.

2. Kategori Berita Bervariasi

Situs berita online yang lahir di tahun 2019 ini menawarkan topik atau kanal berita yang cukup bervariasi. Ada 15 Pilihan kategori pada situs yang dapat diakses. Setiap topik/kanal tersebut akan coba saya jelaskan pada image slider berikut ini, silahkan usap (swipe) atau klik tanda panah ya! 😀

News

Kategori ini menyajikan berita aktual dan terkini seputar berita nasional dan Internasional mulai dari tentang politik, hukum, budaya, sosial hingga peristiwa-peristiwa yang terjadi seperti bencana alam atau kecelakaan lalu lintas. Kategori ini dapat membantu pembaca agar lebih update mengenai kondisi terkini yang ada di masyarakat. 

Fakta dan Mitos

Kategori ini berisikan artikel-artikel yang dikumpulkan oleh redaksi untuk menjawab fenomena yang terjadi di masyarakat serta membantu masyarakat menemukan informasi valid mengenai kebenaran suatu informasi apakah hal tersebut merupakan mitos ataupun fakta. Melalui kategori ini diharapkan pembaca dapat lebih memfilter mana informasi yang dapat dipercayai sebagai fakta dan mana yang hanya mitos belaka.

Games

Sebagai platform penyedia informasi yang menjadikan Milenial dan Gen Z sebagai target pembaca utama, Indozone seakan paham bahwa dunia game saat ini sangat dekat dengan 2 kelompok usia tersebut. Maka dari itu, Indozone menyediakan kanal berita seputar game untuk menyajikan informasi terkini bagi para gamers atau pecinta dunia e-sports. 

Tech

Bukan Milenial dan Gen Z namanya jika tak melek teknologi sebab mereka lahir di era dimana internet merajalela. Indozone menyediakan kanal berita teknologi untuk memberikan informasi seputar kemajuan teknologi terkini bagi para pembaca setianya  

Food

Bagi para Foodies, Indozone memberikan kanal khusus untuk membahas soal makanan. Kanal ini akan membahas berbagai informasi seputar wisata kuliner, resep masakan hingga rekomendasi dan referensi makanan yang sedang hits atau digemari. 

Soccer

Pecinta sepak bola dapat memenuhi kebutuhan informasinya di kanal soccer pada situs Indozone. Sebab pada kanal ini tersedia berbagai informasi sepak bola baik dari tanah air hingga mancanegara.

Beauty

Para wanita bisa mengupdate informasi dan tren terbaru seputar kecantikan pada kanal beauty di situs Indozone. Kanal ini membahas segala berita, informasi dan kabar terbaru mengenai perawatan tubuh, kulit dan kecantikan baik kecantikan dalam maupun luar (inner and outer beauty).

FYI

FYI yang merupakan akronim dari “for your information” adalah kumpulan  berita-berita khas dan unik seperti trivia ataupun berita menarik dari dalam dan luar negeri. 

Otomotif

Kanal otomotif membahas seputar berita otomotif mulai dari kendaraan bermotor keluaran terbaru seperti motor dan mobil, permesinan kendaraan, hingga olahraga otomotif seperti F1. 

Sport

Kanal berita ini khusus membahas seputar dunia olahraga mulai dari informasi terkini tentang atlet dalam dan luar negeri hingga seputar gelaran pertandingan olahraga yang berlangsung.

Life

Kanal life membahas hal-hal general seputar gaya hidup. Misalnya tentang gaya hidup yang banyak diterapkan oleh para konglomerat agar dapat dijadikan referensi oleh pembaca dalam meraih kesuksesan.

Health

Pada kanal healthy terdapat berbagai informasi seputar kesehatan dan gaya hidup sehat. Baik itu kesehatan jasmani dan rohani. Terdapat juga informasi mengenai makanan dan minuman sehat hingga tentang kesehatan bayi dan balita.

Travel

Berbagai penelitian membuktikan bahwa generasi milenial adalah kelompok usia yang paling senang mendapatkan pengalaman melalui perjalanan. Tak heran kanal berita mengenai wisata/travel memiliki peringkat baca yang cukup tinggi dibanding lainnya. Di Indozone, pembaca dapat menemukan berbagai informasi pariwisata, tips perjalanan hingga hal-hal penting seputar traveling pada kanal berita travel.

Movie

Kanal movie membahas seputar dunia perfilman. Mulai dari seputar film bioskop yang sedang ditayangkan, informasi behind the scene hingga berbagai berita terupdate seputar film dan para pemain film dalam dan luar negeri. 

Music

Indozone juga menyajikan informasi seputar dunia musik. Mulai dari kabar terbaru tentang musisi tanah air atau mancanegara hingga informasi gelaran festivak musik yang telah, sedang atau akan berlangsung. 

3. Sajian Artikel yang Aktual, Ringan dan Bermanfaat

Satu ciri khas yang tak pernah lepas dari Indozone adalah sajian berita dan informasi yang aktual dan ringan namun sarat akan manfaat. Jika kebanyakan media mainstream seringkali menggunakan isu-isu “panas” untuk mendongkrak popularitas, Indozone justru tampil berbeda dengan mengusung berita yang ringan namun bermanfaat. Kalaupun membahas isu-isu yang sensitif seperti politik misalnya, Indozone akan menyajikan redaksi kalimat yang senetral mungkin kepada pembaca. Inilah yang menurut saya menjadi keunggulan Indozone dari sisi konten-konten yang diusung. Di tengah rimba media yang berlomba-lomba saling sikut membahas isu-isu politik panas saat ini, mereka tampil bak oase yang menyejukkan mata pembaca dengan ragam berita yang ringan, menarik, bermanfaat serta tak berpihak. Sebagai pembaca setia, saya berharap semoga netralitas Indozone akan selalu terjaga dan ciri khas penyajian konten yang seperti ini akan selalu dipertahankan. 

4. Artikel Singkat dan Padat Namun Berbobot

Setiap berita dan informasi yang disajikan dalam situs Indozone memiliki jumlah kata yang tidak terlalu panjang. Jumlah kata tak lebih dari 250-300 kata. Singkat, padat namun berbobot itulah yang mewakili berita-berita di situs ini. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri bagi Indozone sebab dengan ini, pembaca dapat menerima pesan dari suatu berita dengan cepat tanpa harus membuang waktu terlalu lama. Indozone seakan menyadari bahwa Milenial dan Gen Z adalah individu yang praktis, simpel dan tidak suka sesuatu yang berbelit-belit sehingga penyajian berita juga disesuaikan dengan karakter tersebut.

5. Tanpa Iklan Berlebihan 

Pernah suatu kali saya mengunjungi sebuah situs, namun belum genap 5 menit saya berada di situs tersebut saya langsung buru-buru menekan tombol close pada layar laptop saya. Alasannya tak lain dan tak bukan adalah karena merasa sangat terganggung akibat pemasangan pop up iklan yang berlebihan. Terbayang kan saat sedang asik membaca berita muncul iklan yang menutup hampir seluruh layar gawai yang tengah kita tatap. Tentu ini sangat menyebalkan.

Untungnya, Indozone sangat memperhatikan kenyamaman pembaca sehingga hal diatas tak terjadi ketika saya mengunjungi situs berita Indozone.id. Sebagai media komersial, Indozone memang menyediakan widget untuk pemasangan iklan pada situsnya dan keberadaan iklan ini merupakan suatu hal yang sangat wajar bagi media komersial. Namun penempatan iklan di situs ini tetap tak menganggu kenyamanan membaca, misalnya ditempatkan di bawah atau disela-sela antara judul dan isi berita saja ataupun pada bagian atas sebelum judul artikel berita.

Dengan penempatan seperti ini, iklan masih tetap terlihat jelas dan dapat dibaca, namun keberadaannya tak akan mengganggu. Hal semacam ini menurut saya cukup cerdas, sebab dapat menjadi win-win solution dinana  pemasang iklan tak perlu khawatir karena iklan mereka akan tetap mudah dijangkau target namun pembaca Indozone juga tak akan merasa risih karena iklan yang dipasang berlebihan.

6. Visualisasi Berita Sangat Menarik

Tak dapat dimungkiri bahwa manusia dalah mahluk visual. Bahkan hampir sebagian besar otak manusia digunakan untuk mengolah data-data visual. Maka jangan heran jika pada praktiknya suatu informasi akan lebih mudah dicerna oleh manusia dengan dukungan visualisasi yang baik. Visualisasi suatu informasi dapat disampaikan melalui gambar, infografis, videografis, foto dan lain sebagainya. Bagi sebuah platform penyedia informasi, penting kiranya untuk memperhatikan visualisasi dalam hal penyajian informasi. Situs informasi Indozone tampaknya sangat memperhatikan hal ini. Terbukti, situs ini menghadirkan menu khusus terkait visualisasi informasi tersebut, yaitu pada infografik dan videografik. Pada kedua menu tersebut, pembaca dapat menangkap pesan suatu informasi dengan lebih cepat tanpa harus membaca artikel yang memakan waktu. 

7. Informasi Redaksi yang Jelas 

Keunggulan selanjutnya dari Indozone adalah adanya informasi redaksi yang jelas, yang dipasang pada menu “Tentang Kami”. Mulai dewan direksi, pemimpin redaksi, redaktur, hingga para staff disebutkan dengan rinci nama-namanya. Transparansi informasi redaksi ini menurut saya adalah terobosan yang sangat baik sebab dapat menjadi bentuk pertanggungjawaban keabsahan berita ataupun informasi yang disajikan, serta untuk membangun ikatan emosional antara pembaca dengan jajaran redaksi sehingga pembaca merasa dekat dengan para redaktur. Pencantuman nama redaksi di situs berita Indozone ini jarang sekali saya temukan pada media online lainnya sehingga menurut saya, hal ini dapat menjadi keunikan tersendiri bagi Indozone.

8. Akses Berita Gratis

Untuk mengakses seluruh kanal berita yang terdapat pada situs Indozone, pembaca tak dikenakan biaya apapun alias gratis. Hal ini tentu menjadi kabar baik sebab dengan ini, setiap orang dari berbagai latar belakang status sosial dan ekonomi dapat mengakses artikel-artikel informatif di situs Indozone, selama mereka memiliki perangkat gawai dan internet. 

9. Kemudahan untuk Berlangganan Berita

Indozone memberikan kemudahan bagi para pembaca setianya untuk dapat berlanggan berita-berita terkini di situs Indozone. Pembaca hanya perlu mengklik tombol pada notifikasi pop-up yang muncul saat kita mengunjungi situs Indozone. Apabila telah mengklik tombol “ya” artinya pembaca menyutujui untuk berlangganan. Berita akan dikirimkan melalui email sehingga pembaca tak perlu khawatir ketinggalan informasi terkini seputar perkembangan dunia. 

10. Memiliki Lebih dari 11 Juta Pengikut di Instagram!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa platform penyedia informasi, Indozone mengawali kesuksesannya dengan menjaring pengikut jutaan orang di media sosial instagram. Saya sendiri telah mengikuti akun media sosial Indozone selama beberapa tahun belakangan. Media sosial Indozone telah eksis sejak tahun 2014 dengan tagar #KAMUHARUSTAU. Hal ini menjadi poin plus tersendiri bagi Indozone, sebab dikala situs informasi lain tengah sibuk mencari followers/pengikut, Indozone justru telah memiliki jutaan pengikut di Instagram. Bahkan beberapa akun instagram Indozone juga telah terverifikasi oleh instagram dengan centang biru, sebagai pertanda bahwa akun tersebut terkualifikasi. Hingga saat ini, Indozone memiliki 17 akun media sosial instagram dengan total keseluruhan pengikut tak kurang dari 11 juta orang! Selain instagram, Indozone juga memiliki youtube channel, twitter dan facebook fanpage dengan jumlah pengikut yang tak kalah banyak. Di twitter, pengikut Indozone tercatat sebanyak 1,8 juta, sedangkan di channel youtube nya, Indozone memiliki subscriber sebanyak 160 ribu dan pada facebook fanpage, Indozone memiliki pengikut sebanyak 2,1 juta. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, bahkan mengalahi akun-akun media sosial pejabat publik, selebritis ataupun perusahaan-perusahaan terkemuka.

Jika beberapa tahun silam, saya memiliki kebiasaan wajib untuk membaca koran di pagi hari. Maka kini, bagi saya rutinitas wajib yang harus dilakukan setiap pagi adalah membuka situs Indozone lewat smartphone. Hal ini bagi saya tentu jauh lebih praktis, sebab berita teranyar seputar perkembangan dunia kini ada dalam genggaman. Saya tak perlu lagi repot-repot turun ke pasar pagi-pagi untuk membeli koran, cukup membuka smartphone saja maka semua berita terbaru sudah dapat saya akses dengan mudah. 

Menjadi pembaca setia situs Indozone juga memberikan banyak manfaat bagi saya. Pertama, saya jadi dapat mengetahui kabar berita dan informasi terkini baik dalam maupun luar negeri sehingga saya tak lagi menjadi ibu-ibu “kudet” alias kurang update. Kemudian saya pun jadi lebih melek akan perkembangan dunia. Sekalipun saya hanyalah seorang ibu rumah tangga, namun wawasan saya di berbagai bidang tetap bertambah sebab isi kepala ini selalu “disirami” oleh berbagai artikel informatif dan edukatif di Indozone setiap harinya. Membaca artikel di situs Indozone juga menjadi ajang “me time” bagi saya untuk melepas penat disela-sela kesibukan rutinitas sehari-hari.

Ketika jenuh misalnya, saya akan membuka kanal favorit saya yaitu “beauty” atau ” FYI” untuk sejenak menyegarkan pikiran. Ataupun  ketika membutuhkan inspirasi untuk menentukan destinasi wisata liburan keluarga, saya tinggal mencari referensi artikel tentang liburan pada kanal “travel”. Kemudian ketika sedang mencari ide resep masakan untuk keluarga, saya bisa mampir ke kanal “food” untuk mendapatkan pencerahan.

Demikianlah kiranya gambaran singkat tentang bagaimana Indozone dengan segala kanal beritanya yang variatif dan informatif telah banyak membantu saya dalam berbagai aktivitas sehari-hari.

Saran & Masukan, Pertanda Sayang

Bukan cinta namanya jika tak membuat orang yang dicintainya menjadi lebih baik. Maka dari itu, atas dasar kecintaan saya pada situs Indozone izinkan saya memberikan beberapa saran dan masukan yang semoga dapat membangun situs Indozone kedepan agar jauh lebih baik.

1. Penambahan Fitur Terbaru : Topik Favorit, Bookmark, Dark Mode

Alangkah baiknya jika Indozone memberikan tambahan fitur untuk memilih kanal berita favorit, sehingga pembaca dapat memfilter pilihan topik favoritnya untuk tampil di highlight pada linimasa situs. Kemudian dapat pula ditambahkan fitur baca nanti/bookmark sehingga pembaca tak perlu khawatir akan kehilangan jejak informasi yang ingin dibaca ketika sedang buru-buru dan tak sempat menatap gadget terlalu lama. Terakhir dapat pula ditambahkan fitur dark mode, sebagaimana yang sedang ngetren belakangan ini. Fitur dark mode juga akan memberikan kenyamanan lebih bagi pembaca kala membuka situs Indozone di malam hari.

2. Hadirkan Aplikasi Indozone

Di era 4.0 kehadiran aplikasi smartphone bagi sebuah perusahaan menjadi sebuah kebutuhan. Demikian pula halnya dengan sebuah media. Dengan adanya aplikasi Indozone pembaca dapat lebih mudah mengakses kanal-kanal berita favorit mereka.

3. Penambahan Topik/Kanal Berita

Tak dapat ditampik bahwa kanal berita pada situs Indozone sudah cukup lengkap. Namun kiranya akan menjadi lebih baik jika ditambahkan beberapa topik untuk menambah khazanah kanal beritanya. Topik tersebut antara lain, finansial yaitu untuk membahas hal-hal seputar investasi, cara pengelolaan keuangan dan tips wirausaha yang tengah digandrungi milenial saat ini. Serta tambahan topik fashion, untuk membahas hal-ihwal seputar fashion.

Saya percaya bahwa menyiapkan masa depan jauh lebih penting daripada meratapi apa yang telah dilalui. Demikian pula halnya ketika berbicara mengenai refleksi hari ulang tahun. Hari ulang tahun ini seharusnya dimaknai sebagai hari dimana kita dapat termotivasi untuk berkembang lebih baik lagi kedepan, dengan menjadikan kekurangan dan kesilapan dimasa lalu sebagai catatan dan tolak ukur untuk melangkah. Kedepan tentu masih banyak visi-visi Indozone yang hendak dicapai. Sebagai pembaca setia, saya tak sabar ingin melihat kejutan-kejutan apalagi yang akan dihadirkan Indozone demi memanjakan pembaca setianya. Catatan saran dan masukan dari saya bukanlah bentuk celaan, melainkan sebuah bukti cinta agar Indozone dapat lebih berkembang.

Terakhir, untuk menutup artikel ini. Saya ingin mengucapkan selamat ulang tahun untuk Indozone. Semoga di usia yang telah genap 5 tahun ini Indozone akan terus tumbuh dan berkembang menjadi platform penyedia informasi terdepan dan terbesar di tanah air, akan selalu dekat dengan para milenial dan gen-Z serta selalu dicintai para pembaca setianya.

error: content is protected