A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Kemudahan transaksi yang ditawarkan oleh metode pembayaran non tunai membuat masyarakat zaman sekarang mulai beralih menggunakan uang elektronik. Platform penyedia dompet digital pun satu persatu bermunculan. Menawarkan fitur unggulan mereka masing-masing. Salah satu diantara yang terbaik adalah GoPay. Produk dompet digital besutan Gojek ini menawarkan banyak keuntungan dan kemudahan. Salah satu diantaranya adalah cara top up GoPay yang mudah. Penasaran keunggulan GoPay lainnya? Simak ulasan dari saya

******

Kemajuan zaman mengubah banyak hal dalam berbagai sendi kehidupan. Termasuk dalam urusan melakukan pembayaran. Jika dulu masyarakat terbiasa melakukan transaksi secara konvensional dengan uang cash, maka kini masyarakat mulai menggemari transaksi non tunai. Hingga akhirnya istilah “cashless society” atau masyarakat non tunai pun mulai dikenal. 

Demikian pula halnya dengan saya. Sejak transaksi non tunai marak digunakan di Indonesia, saya pun perlahan mulai beralih dengan lebih banyak melakukan pembayaran melalui uang elektronik atau dompet digital. Alasannya karena lebih praktis tentunya. Terlebih jika nilai transaksi yang akan dibayarkan nominalnya terbilang cukup besar. Kebayang kan, jika saya harus membawa segepok uang kertas ke pasar misalnya, tentu selain repot juga akan rawan tindak kriminal seperti rampok atau pencopetan.

Selain itu, penggunaan uang elektronik dan dompet digital juga saya nilai jauh lebih menguntungkan. Sebab banyak promo dan diskon menarik yang ditawarkan oleh merchant jika membayar secara non tunai.

Sejak jatuh cinta pada transaksi non tunai, saya pun mulai mencoba beberapa produk dompet digital untuk digunakan sebagai alat pembayaran. Dari hasil coba-mencoba akhirnya saya berkenalan dengan GoPay yang merupakan produk dompet virtual dari Gojek perusahaan transportasi online yang tentu sudah sangat kita kenal saat ini.

Perkenalan saya dengan GoPay berawal dari kecintaan saya akan fitur dan layanan Gojek lainnya seperti GoFood, GoCar dan GoRide. Tepatnya itu bermula ketika saya kuliah. Waktu itu seorang driver  GoRide yang mengantarkan perjalanan saya menawarkan pembayaran melalui GoPay agar lebih hemat. “Mbak, isi saldo GoPay nya sekalian nggak?” ujar driver tersebut kepada saya. Namun waktu itu saya masih belum menggunakan GoPay dan lebih banyak melakukan pembayaran layanan Gojek menggunakan cash. Jadinya saya menolak tawaran tersebut. Akhirnya sesampainya di kos, saya pun mulai kepo dan mencari tau seputar GoPay, sebab saya penasaran apa saja keuntungan dan manfaat ketika menggunakannya serta bagaimana cara top up GoPay itu sendiri.

Apa Itu GoPay

Dari laman resmi Gojek di website, saya pun jadi tau bahwa GoPay adalah uang elektronik atau dompet virtual berupa saldo Gojek yang dapat digunakan untuk membayar berbagai layanan Gojek mulai dari GoFood, GoCar, GoRide, GoBox, GoShop, GoMassage, GoMart dan GoClean. Ya, awalnya memang fungsi GoPay hanya terbatas pada layanan yang ada di aplikasi Gojek saja. Namun kini GoPay bisa difungsikan menjadi alat pembayaran untuk berbagai kebutuhan. Mulai dari membayar makanan di restoran favorit kita, membayar belanjaan di berbagai store terkenal, membeli pulsa, membayar tagihan seperti listrik, multifinance, internet dan BPJS, hingga di transfer ke rekening bank serta tarik tunai.

Cara Registrasi Aplikasi Gojek

Untuk menggunakan layanan GoPay caranya pun cukup mudah. Yang penting kita harus sudah teregistrasi di aplikasi Gojek terlebih dahulu, karena layanan GoPay memang terintegrasi dalam satu aplikasi yang sama dengan aplikasi Gojek di playstore maupun app store. Pertama kita hanya perlu menginstal aplikasi Gojek di smartphone kita kemudian meregistrasikan akun Gojek dengan cara klik menu “daftar” setelah itu lengkapi data diri dan verifikasi email serta nomor handphone dan akun Gojek pun siap digunakan. Pada aplikasi Gojek, terdapat menu khusus GoPay dan tertera nilai saldo GoPay yang kita miliki. Untuk menggunakannya tentu kita perlu melakukan isi saldo GoPay terlebih dahulu.

Cara Top Up GoPay

Selanjutnya yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana cara top up atau cara isi saldo GoPay di aplikasi Gojek yang kita punya? Tenang! Ada banyak cara untuk melakukan top up / isi saldo GoPay. Yaitu antara lain : 

  1. Isi Saldo GoPay lewat Mitra Driver Gojek 

Pertama kita bisa melakukan isi saldo GoPay melalui driver GoCar atau GoRide saat melakukan pemesanan kedua layanan tersebut. Sebab saldo GoPay hanya bisa diisi ulang pada mitra driver GoRide, GoCar, GoFood, GoMart maupun GoShop yang sedang di dalam status order kita. Tidak ada fee atau tambahan biaya saat melakukan isi saldo GoPay melalui driver. Kita hanya perlu menyebutkan nominal saldo GoPay yang ingin diisi ulang kemudian driver akan mengisi saldo tersebut langsung. Kita bisa membayar saldo dengan uang cash langsung kepada driver. 

 

  1. Cara Isi Saldo GoPay di Minimarket 

 

Terdapat beberapa minimarket yang melayani isi saldo GoPay yaitu diantaranya Alfamart, Alfamidi, Dan+Dan, Lawson. Cara isi saldo GoPay di minimarket cukup mudah. Pertama kita hanya perlu datang ke minimarket tersebut diatas kemudian datang ke kasir untuk meminta proses top up GoPay dengan nominal meliputi Rp. 20.000, Rp. 50.000, Rp. 100.000, Rp. 200.000, Rp. 300.000, Rp. 400.000, Rp. 500.000. Setelah itu kita cukup membayar nominal saldo dengan uang cash/ mesin ATM kepada kasir. Tapi ingat ya, jika melakukan isi saldo GoPay melalui Alfamart terdapat biaya administrasi sekitar Rp 2000 dengan minimal nilai top up adalah Rp 20.000. Jangan lupa juga meminta struk pembayaran pada kasir sebagai alat bukti transaksi yang sah. 

 

  1. Isi Saldo GoPay di Pegadaian 

 

Saldo GoPay juga bisa diisi melalui pegadaian. Caranya kurang lebih sama seperti minimarket. Pertama kita hanya perlu mendatangi cabang kantor Pegadaian terdekat kemudian, pergi ke bagian kasir dan lakukan isi saldo GoPay persis seperti langkah-langkah isi saldo melalui minimarket diatas. 

  1. Isi Saldo GoPay melalui aplikasi Gojek 

Saldo GoPay juga bisa diisi ulang secara mandiri lewat aplikasi Gojek. Tinggal masuk ke menu GoPay kemudian klik menu Top Up, pilih nominal yang diinginkan, klik PROCEED, lalu klik CONFIRM dan bayar menggunakan akun BCA OneKlik yang sudah kita daftarkan di aplikasi Gojek. 

  1. Isi Saldo GoPay melalui M-Banking, Internet Banking, SMS Banking dan ATM Bersama. 

Selain melalui cara diatas, saldo GoPay dapat di top up melalui M-Banking, Internet Banking, SMS Banking serta transfer melalui ATM Bersama. Diantaranya menggunakan bank BCA, Mandiri, BRI, BRI Syariah, BNI, Panin Bank, Permata Bank, BTN, Bank DKI, Bank Mega, Bank Muamalat, CIMB Niaga, Digibank dan Maybank.

  1. Metode lain untuk Top Up Saldo GoPay

Tidak menemukan metode yang pas untuk melakukan isi saldo GoPay kamu? Tenang, karena selain metode diatas, kita juga bisa melakukan isi saldo GoPay dengan setor tunai ATM Bersama, setor tunai melalui teller di Bank Sinarmas, Bank Bukopin dan OCBC NISP. 

Langkah-langkah top up saldo GoPay dari setiap metode yang saya sebutkan diatas dijelaskan lebih detail pada aplikasi GO-JEK. Yaitu pada menu GoPay dan sub menu Top Up. Klik pada bagian Instruksi dan disitulah tersedia informasi lengkap tentang instruksi isi saldo GoPay. 

Keunggulan GoPay

Selain kemudahan dalam melakukan top up saldo, pembayaran dengan GoPay di merchant juga sangat mudah. Cukup buka aplikasi Gojek kemudian klik “Scan QR” setelah itu kode QR GoPay yang terpampang di kasir atau struk QR CODE yang diberikan oleh kasir. Kemudian masukkan nominal yan harus dibayarkan, masukkan pin GoPay dan transaksi akan terproses secara otomatis. Simple kan!  Makanya nih, sejak menggunakan GoPay saya jadi tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu lupa membawa dompet saat akan keluar rumah. Karena dengan smartphone saja, saya bisa melakukan berbagai pembayaran darimana saja, dan kapan saja.

Apalagi GoPay juga menawarkan banyak diskon dan promo di berbagai merchant. Sebagai ibu rumah tangga yang juga pastinya juga mengurus perihal keuangan dirumah, promo dan diskon yang ditawarkan oleh GoPay tentunya sangat bermanfaat buat saya. Misalnya ketika akan berbelanja bulanan, atau saat eating out di cafe atau restoran favorit keluarga seringkali kami mendapatkan potongan diskon saat membayar menggunakan GoPay. Terlebih rata-rata merchant favorit kami pun sudah menerima pembayaran melalui GoPay sehingga tentunya ini semakin memudahkan.

Program promo dan diskon yang ditawarkan bisa dengan mudah kita cek pada Aplilasi Gojek. Yaitu pada menu GoPay kemudian klik di bagian Check out GoPay promo. Program ini selalu berubah dalam periode atau jangka waktu tertentu. Jadi saran saya sering-seringlah mengecek menu promo GoPay di aplikasi Gojek agar gak ketinggalan informasi promo menarik dari mereka, ya! 

Nah itu dia ulasan saya tentang GoPay, alat pembayaran digital yang banyak membantu saya dan keluarga dalam melakukan transaksi non tunai. Saya jadi penasaran, teman-teman adakah yang sudah menggunakan GoPay? Sharing juga dong pengalaman kalian di kolom komentar! Terima kasih sudah membaca ya. Sebarkan artikel ini jika kalian rasa bermanfaat untuk orang lain. ☺

error: content is protected