A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Tips mengunjungi Universal Studio Singapore – Liburan akhir tahun kemarin saya dan keluarga menghabiskan waktu cuti di Singapura. Walaupun cuma 2 hari tapi happy banget karena saya bisa kembali menjajal Universal Studio Singapore. Saya pernah ke USS di tahun 2015. Tapi waktu itu saya hanya sempat mencoba 1 wahana yaitu Transformer The Ride karena antriannya yang luar biasa. Saya pun salah strategi waktu itu. Misalnya tidak mengetahui jadwal mulai pertunjukan di setiap atraksi sehingga saya harus bolak balik keliling USS mengejar jadwal atraksi yang hampir mulai. Jadilah banyak waktu yang terbuang percuma. Makanya saya membuat artikel ini berharap bisa menjadi masukan dan referensi bagi teman-teman first timer yang baru pertama kali mengunjungi Universal Studio Singapore. Semoga artikel ini membantu ya!

Berikut Tips Mengunjungi Universal Studio Singapore

  1. It’s Okay to BRING YOUR OWN FOOD : jika kamu memiliki special diet seperti harus makan makanan yang bebas gluten, low carb, less sugar atau bahkan jika kamu harus membawa makanan untuk bayi atau lansia maka jangan ragu untuk membawa makananmu sendiri. Petugas tidak akan mengecek dengan terlalu detail tas setiap pengunjung yang masuk, kecuali jika gerak-gerikmu mencurigakan hehe. Jikapun kamu “ketahuan” membawa makanan dari luar, cukup jelaskan bahwa kamu  memerlukan makanan tersebut berkenaan dengan special diets tertentu.
  2. BRING YOUR OWN DRINK BOTTLE : Bukan Singapore namanya kalau gak serba mahal. Jangankan makan, minuman pun disini tergolong mahal jika dibandingkan dengan di Indonesia. Air mineral saja bisa seharga 1-1,5 dollar atau Rp10.000-15.000 per botol kecilnya. Kabar baiknya adalah, fasilitas public di Singapore sudah cukup oke. Ada banyak tap water (air minum gratis) di berbagai tempat termasuk di USS. Bawalah botol minum sendiri da nisi ulang dengan tap water yang tersedia disana. Selain mengurangi sampah plastic juga tentu untuk menghemat budget.
  3. UNIVERSAL STUDIO SINGAPORE on SMARTPHONE : Pastikan kamu telah mengunduh aplikasi Universa; Studio Singapore di handphone. Karena aplikasi ini tersedia di playstore dan appstore dan sangat bermanfaat untuk membantumu mengeksplor USS lebih baik. Pada aplikasi itu terdapat peta USS untuk memandumu mengunjungi lokasi manapun yang ingin kamu tuju selama di USS
  4. PASTIKAN PUNYA CUKUP WAKTU : Trust me, waktu beberapa jam tidak akan cukup jika kamu ingin puas bermain di semua wahana yang ada di USS. Tips mengunjungi Universal Studio Singapore adalah, kamu wajib menyediakan waktu setidaknya 1 hari dari pagi hingga sore hari, agar dapat mengeksplor semua wahana. Datanglah setidaknya pukul 8 pagi, atau 1 jam sebelum gate dibuka dan pulang pukul 5 sore hari.
  5. HIDDEN GAME ! : Banyak wahana tersembunyi di USS yang tidak tertulis di peta, atau tidak mainstream bagi pengunjung umum. Misalnya, didalam store faraway terdapat ferris wheel mini yang bisa dimainkan oleh semua umur. Karena lokasinya didalam ruangan, wahana ini bisa jadi alternative “ngadem” yang seru. Jadi, saran saya meskipun tidak berniat membeli jangan malas memasuki toko-toko yang ada di USS siapa tau ada hal menarik didalamnya.
  6. SIAPKAN ALAT SHOLATMU SENDIRI : Bagi muslim/muslimah, harus diingat bahwa di Universal Studio Singapore hanya ada 1 mushola kecil yang berlokasi di sekitar Ancient Egypt. Usahakan datang setidaknya 10 menit sebelum waktu sholat untuk menghindari antrian, dan siapkan alat sholatmu sendiri agar tidak terlalu lama menunggu giliran.
  7. CHOOSE THE BEST : Di USS ada banyak atraksi/wahana/rides yang jadwalnya berbarengan. Misalnya nih, saat pertunjukan Elmo di area Sesame Street berlangsung, ada pula rides/wahana lain yang jadwalnya dimulai. Mungkin hal ini bertujuan agar pengunjung tidak bertumpuk di 1 lokasi saja. Maka saran saya, pilihlah diantara atraksi dan wahana yang benar-benar ingin kamu lihat/mainkan. Karena rasanya agak sulit jika kamu ingin menyaksikan 2 atraksi yang jadwalnya bersamaan, apalagi jika antriannya cukup panjang di hari itu.
  8. DATANG SAAT WEEKDAY : Sudah jadi rahasia umum bahwa tempat wisata apapun akan lebih sepi di hari kerja. Maka saran saya, datang di hari kerja akan jauh lebih baik untuk menghindari antrian. Selain tentu harga tiket juga jadi lebih murah. Jadi, jika memungkinkan pilihlah hari senin-kamis dan hindari tanggal merah.
  9. CARA HEMAT KE USS : Ada beberapa cara hemat untuk mengunjungi USS. Pertama kamu bisa berjalan kaki sejauh 1,5 km di sentosa broadwalk dengan biaya 1 dollar Singapore. Kemudian bisa juga dengan naik MRT menuju harbor front kemudian turun di Vivocity Mall dan langsung menuju bus shelter. Cari bus bertuliskan RWS8 berwarna kuning. Biaya naik bus per orang adalah 2 dollar Singapore. Jika punya budget lebih kamu juga bisa menggunakan cable car dengan biaya 18 dollar Singapore atau naik monorail dengan biara 4 dollar Singapore. Serta naik Grab dengan biaya fluktuatif tergantung jam dan kondisi lalu lintas.
  10. NO NEED TO BUY EXPRESS PASS : Express pass adalah tiket khusus yang dibeli diluar tiket masuk USS. Fungsinya adalah untuk “memotong” antrian di setiap wahana/rides yang ada di Universal Studio Singapore. Menurut saya membeli express pass itu tidak terlalu dibutuhkan. Ini berdasarkan pengalaman saya melihat penggunaan express pass selama kunjungan saya di USS. Karena, saat high season pengguna express pas tetap harus mengantri meskipun antrianya tidak separah antrian umum. Sedangkan disaat low season express pass justru tidak terpakai karena antriannya tidak terlalu panjang. Tapi jika punya dana lebih, dan tetap ingin mencoba experience menggunakan express pass ini tidak ada salahnya kok untuk membeli.
  11. GUNAKAN ANTRIAN SINGLE RIDER : Nah bagi kamu yang tidak memiliki express pass namun ingin antrian lebih cepat, ada tipsnya nih. Kamu bisa menggunakan antrian single rider yang dikhususkan bagi mereka yang gak punya teman barengan. Dengan menggunakan antrian single rider kamu bisa menghemat setidaknya 15-20 menit dibandingkan antrian umum.
  12. BRING YOUR OWN RAINCOAT : Ada beberapa wahana yang basah-basahan di USS. Saran saya, belilah jas hujan diluar sebelum sampai ke Resort World Sentosa karena harganya akan jauh lebih murah. Misalnya di seven eleven karena harganya paling haya 1-2 dollar. Di USS harga raincoat bisa naik 3-5 kali lipat disbanding harga normal.
  13. NOT FOR BABY : Perlu diingat bahwa tidak semua wahana yang ada di Universal Studio Singapore ramah untuk bayi. Do research! saran saya cari taulah di internet mengenai setiap wahana/atraksi agar kamu punya gambaran sebelum berkunjung kesana. Tanyakan pada petugas apakah wahana tersebut baby friendly atau tidak.
  14. ANTRI DI NURSERY ROOM? : Penting gak penting, menurut saya ini penting. Maklum emak-emak. Di USS hanya ada 1 nursery room yang dipakai bersama dengan ribuan pengunjung lainnya. Jadi jangan heran kalau saat high season, antrian nursery room akan lumayan panjang. Kalau saya pribadi memilih untuk lebih fleksibel. Misalnya untuk mengganti popok, saya bisa menggunakan toilet biasa untuk orang dewasa daripada mengantri di nursery room.
  15. BUY TICKET ONLINE : Ada banyak cara untuk membeli tiket masuk Universal Studio Singapore. Cara yang paling saya rekomendasikan adalah dengan membeli online, karena harganya jadi jauh lebih hemat. Saya membeli tiket USS lewat Traveloka, tepatnya di menu Traveloka Xperience. Harga tiket yang seharusnya sekitar Rp 750.000 jadi Cuma Rp 500.000. Lumayan banyak kan yang dihemat. Apalagi jika pergi dalam rombongan keluarga makin terasa hematnya. Meskipun promo ini tidak berlaku setiap hari, namun setidaknya dengan membeli tiket Universal Studio Singapore melalui Traveloka Xperience, kamu bisa mendapatkan kemudahan lainnya yaitu fasilitas masuk tanpa antri. Cukup tunjukkan e-ticket yang ada pada aplikasi Traveloka atau email kamu ke petugas di loket masuk, maka kamu sudah bisa langsung masuk tanpa harus mencetak tiket di loket antrian.

Demikian 15 tips mengunjungi Universal Studio Singapore dari saya, semoga tips ini bermanfaat untuk teman-teman khususnya first timer yang akan mengunjungi Universal Studio Singapore. Jika teman-teman punya tambahan tips, boleh banget lho tulis di kolom komentar. Siapa tau akan membantu teman-teman lain yang membutuhkan informasi ini. Because, sharing is caring kan ^^

Selamat berlibur teman-teman!

BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA : Xperience Seru Bersama Traveloka Xperience

error: content is protected