Liburan Murah Ke Bali Bersama Pegipegi

ulun-danu-baratan

Jika  Bali selama ini dikenal dengan cuaca yang panas dan berangin, khas negara tropis. Maka suasana berbeda saya rasakan ketika kaki ini menginjakkan di kawasan Pura Ulun Bratan. Hawa sejuk dan pagi yang berembun menyambut ketika saya memasuki lokasi wisata tersebut, terang saja sebab Pura Ulun Baratan terletak di ketinggian 1200 kaki diatas laut. Rasa penasaran yang begitu mendalam pada pura ini muncul, ketika pura ini dijadikan ikon dalam mata uang Rupiah pecahan 50 ribu. Hal ini menandakan, Pura Ulun Bratan memang memiliki keistimewaan yang tak hanya diakui secara Nasional namun juga di mata global. Wisatawan sebetulnya lebih mengenal Pura ini dengan nama Bedugul, sebab Kompleks Pura ini memang terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul, Tabanan, Bali.

Perjalanan lebih kurang 55 km dari Denpasar terbayar, saat saya memasuki kompleks candi sebab pemandangan candi yang megah ditutupi kabut awan tipis dan sejuknya embun pagi terasa menjadi suguhan pemandangan alam yang mendamaikan kala itu. Saya dan teman-teman segera membayar tiket di loket. Tiket yang ditawarkan pun dijual dengan harga cukup terjangkau, untuk pengunjung WNI dewasa seperti saya hanya dikenakan tiket sebesar Rp 10.000 sedangkan untuk anak hanya sebesar Rp 7.500 sedangkan untuk WNA tiket yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 30.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Cukup murah bukan.

Tak hanya suguhan pemandangan alam yang sejuk nan mendamaikan, di kawasan wisata ini juga terdapat kebun raya dengan pemandangan bunga-bunga yang cantik. Sebagian besar pengunjung memanfaatkan bunga-bunga cantik tersebut sebagai latar untuk melakukan swafoto atau hanya sekedar berjalan-jalan menikmati keindahannya.  Saya sendiri belum memiliki kamera yang bagus saat berkunjung kesana, satu-satunya kamera yang saya miliki waktu itu adalah kamera yang tertanam pada smartphone dan itupun kualitasnya tak seberapa. Beruntung di area tersebut terdapat beberapa studio foto jalanan, yaitu fotografer yang menawarkan jasa pemroretan bagi wisatawan yang tidak membawa kamera, setelahnya wisatawan akan mendapatkan foto yang telah dicetak lebih kurang 15 menit setelah difoto. Harga yang saya bayarkan untuk jasa tersebut juga tak mahal, hanya sekitar Rp 50.000 untuk 2 lembar foto ukuran 12R. Tak apalah, sembari berwisata sembari menglariskan usaha penduduk lokal. 

Pemandu wisata yang menemani perjalanan kami mulai mengarahkan saya dan rombongan untuk memasuki komplek area candi, sambil menikmati pemandangan sekitar, Beliau menceritakan tentang sejarah dan asal muasal kompleks Pura Ulun Danu Bratan dibangun. Kompleks Pura ini memiliki beberapa pura dan candi air yang memenuhi seluruh wilayah di daerah aliran danau. Sejak dibangun pada tahun 1633 candi ini dahulu digunakan untuk melakukan upacara persembahan kepada para dewi dewi danu, dewi air, dewi danau dan dewi sungai. Maka tak heran, Pura Ulun Danu Bratan menjadi pura suci Hindu yang sangat terkenal di Bali.

tiket-bali-pegipegi

Fungsi Pura Ulun Danu Bratan sebagai tempat pemujaan diwujudkan dengan keberadaan beberapa bangunan pemujaan/pelinggih. Di antara pelinggih tersebut, terdapat dua bangunan yaitu Palebahan Pura Tengahing Segara dan Palebahan Palinggih Lingga Petak/Ulun Danu yang posisinya menjorok ke tengah danau. Posisi yang unik membedakan pura ulun danu dengan pura-pura yang didirikan di danau-danau lainnya di Bali. Hal ini membuat Pura Danu Bratan tidak hanya bernilai historis namun juga indah dipandang mata, sebab pemandangan Pura Danu Bratan dikala danau sedang pasang akan terlihat seolah mengambang diatas permukaan air.

Setelah puas menikmati keindahan Ulun Danu Bratan, tepat pukul 11 siang, saya dan rombongan bergegas bersiap untuk pulang, membawa sekota kenangan pada salah satu pura indah di Bali ini sebagai kenangan manis yang tertancap dalam ingatan.

Bali memang memiliki banyak objek wisata yang indah. Tidak hanya Pura Danu Bratan,di Bali terdapat banyak wisata mulai dari petualangan, wisata keluarga, wisata alam, wisata budaya hingga wisata kuliner. Maka tak heran, Bali menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Ratusan ribu bahkan jutaan wisatawan datang ke Bali setiap tahunnya, bahkan banyak pula wisatawan yang datang ke Bali berkali-kali karena ketagihan akan kemolekannya.

Apalagi Bali terkenal sebagai destinasi wisata yang tidak hanya indah tapi juga murah meriah. Mengunjungi Bali tak membuat dompet kita kebobolan, karena tiket pesawat dan akomodasi murah banyak tersedia di pulau yang disebut Pulau Dewata ini. Misalnya saja apabila kita mengambil penerbangan dari Jakarta ke Bali, ketika sedang promo harga tiket pulang pergi dengan maskapai low-cost airlines bisa menjual tiket pesawat hanya Rp 300.000 untuk PP. Sedangkan di high season, seperti liburan sekolah, hari raya atau akhir tahun harga tiket tertinggi biasanya tak lebih dari Rp 2.000.000 untuk PP.

Taukah Kalian Tiket Pesawat Murah ke Bali, Bisa dibeli di pegipegi lho!

Namun jangan salah, apabila tidak pintar mencari tiket bisa jadi kita akan terjebak dengan membeli tiket mahal sekalipun tidak sedang musim high season. Makanya sebagai wisatawan kita harus cermat, agar budget liburan tak membengkak hanya karena urusan membeli tiket. Beruntung saat ini tiket pesawat bisa kita dapatkan secara mudah secara online. Sayapun selalu membeli tiket pesawat dengan cara ini kemanapun saya bepergian baik untuk urusan bisnis maupun liburan.

Salah satu situs pencarian tiket pesawat yang seringkali menawarkan tiket pesawat dengan harga terjangkau adalah pegipegi. Pada situs ini terdapat banyak promo tiket pesawat yang menawarkan tiket pesawat murah. Harga tiket pesawat ke Bali bisa kita dapatkan dengan lebih mudah pada situs ini sebab dalam setiap kolom tanggal di setiap bulannya terdapat keterangan harga, sehingga kita bisa memilih harga terbaik yang disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan kita.

Dengan membeli tiket pesawat melalui situs pegipegi juga kita akan mendapatkan penjelasan dan keterangan lengkap seputar destinasi yang kita tuju. Mulai dari seputar lokasi bandara, rute penerbangan di destinasi tersebut hingga tips bepergian apabila mengunjungi destinasi-destinasi yang kita pilih. Kitapun tidak perlu khawatir apabila saat membeli tiket kita mengalami kendala, karena ada layanan  call center 24 jam yang siap membantu.

Tidak hanya tiket pesawat murah, pegipegi juga melayani kebutuhan bepergian lainnya. Seperti misalnya tiket kereta api dan voucher hotel. Melakukan pembayaran dalam setiap transaksi di pegipegi juga termudahkan karena pegipegi melayani pembayaran dengan berbagai metode mulai dari transfer antar bank, debit hingga kartu kredit.

pegipegi-tiket-ke-bali

Bali memiliki pesona yang tak akan ada habisnya bila diceritakan. Terlalu banyak objek wisata di Bali untuk dijejali oleh para wisatawan. Mengunjungi Pura Ulun Danu Bratan hanyalah satu diantara sekian banyak atraksi wisata di Bali yang berkesan didalam hati saya, selanjutnya saya masih ingin menjelajahi Bali dan menikmati pesonanya. Kapan-kapan sayapun tak sabar ingin menjelajahi Bali kembali, bersama pegipegi.

Rizka Edmanda

3 Comments

  1. Bener banget kak, Bali memang nggak ada habisnya untuk diceritakan, apalagi skrg sdh ada 10 Bali baru yess, kak hehhe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *