Throwback Our Wedding Day #1 : Persiapan Pernikahan

Karena saya baru aja menikah 3 bulan lalu, jadi belum basi dong ya kalau di postingan ke 2 ini saya bahas seputar pernikahan saya kemarin, nah kalau kalian bride to be, dan akan menikah untuk yang pertama kali saya yakin kalian pasti bakalan clueless, or even panic “omg omg what should i do?” 😱 dan akan googling mencari-cari referensi apa aja sih yang harus disiapkan menjelang pernikahan.  Untuk itu kali ini saya akan bahas tentang proses persiapan pernikahan saya kemarin, saya juga sharing beberapa tips based on my experience, saat saya memilih wedding vendor yang akan saya bahas di Throwback Our Wedding Day #2 : Memilih Vendor Wedding .Disclaimer : saya bukan wedding planner atau wedding organizer, jadi segala hal yang saya tulis terkait wedding disini hanyalah berdasarkan pengalaman pribadi saya.

Semoga artikel ini membantu 🙂

 

Pernikahan saya dan dani dilaksanakan selama 2 hari, yaitu pada tanggal 7 April 2017 tepat di hari ulang tahun dani, kami mengadakan akad nikah dengan prosesi adat melayu, (pengen tau uniknya prosesi akad nikah melayu sambas kalimantan barat? baca di Throwback Our Wedding #3 : Adat Pernikahan Melayu Sambas Kalimantan Barat ya) , kemudian dilanjutkan dengan resepsi pernikahan di tanggal 8 April 2017 yang diadakan di Kalimantan Ballroom Aston Hotel Pontianak, sebenarnya sebelum melaksanakan akad nikah itu saya dan dani melewati berbagai prosesi adat yang lumayan panjang, ada malam betangas, ada malam berinai dan lain sebagainya tapi di Throwback Our Wedding ini, saya akan bahas hanya tentang prosesi akad nikah sampe resepsi aja ya..

Well,Setelah tanggal pernikahan ditetapkan, Hal pertama yang saya lakukan waktu mempersiapkan pernikahan adalah membuat wedding moodboard . Wedding moodboard ini sangat membantu dalam menentukan tema pernikahan. Maklum, saking kreatifnya kadang kita suka bingung sendiri akhirnya, kepingin pake tema apa di nikahan kita, yekan? Kamu bisa mencari referensi wedding moodboard di pinterest, atau kamu bisa bikin folder khusus “Inspirasi Wedding” di Laptop/smartphone kamu trus kumpulin tuh semua inspirasi dari pinterest, tumblr, instagram, wedding blog, google dsb. atau kamu print gambar tsb dan tempelin di karton lebar buat dipajang dikamar, pengalaman saya sih, semakin baik/rapi kamu membuat wedding moodboard maka akan semakin mudah kamu memilih tema/warna yang benar-benar kamu inginkan di wedding day kamu. Nantinya, kamu tinggal pilih warna apa yang paling mencolok dari semua gambar inspirasi yang sudah kamu kumpulkan, biasanya warna yang paling mencolok itu mencerminkan tema warna yang bener-bener kamu inginkan.

CONTOH WEDDING MOODBOARD :

Dalam membantu menentukan tema, kamu mungkin udah tau ada banyak wedding blog Indonesia yg bisa kamu jadikan referensi seperti misalnya www.weddingku.com, www.thebridestory.com, atau www.thebridedept.com   Nah, kamu bisa  tuh kepoin mereka satu-satu, biasanya mereka juga sering mereview bahkan memberi rating vendor-vendor wedding Indonesia mulai dari yang biasa aja sampe yang first class. Mereka juga sering bahas trend pernikahan apa yg lagi hits di Indonesia saat ini, trend makeup yg lagi happening, lokasi prewed yg lagi booming sampai gaya wedding photography yang super artsy✨. Dan kalau tema resepsi nikahan kamu adalah International Wedding, entah itu dengan tema rustic, princess, bohemian, dll kamu juga bisa melipir ke wedding blog-wedding blog luar negri yg oke oke, buat sekedar cari inspirasi, Nih ada 100 wedding blog Internasional yg bisa jadi referensi buat kamu , dan sudah dirangkum oleh www.weddingblogs100.com, untuk wedding blog dari luar negri ini biasanya lebih spesifik. Misal tema wedding nya rustic, akan ada wedding blog khusus yang membahas tema nikahan rustic dan seterusnya.

Setelah menentukan tema, selanjutnya adalah  bikin Wedding Checklist disini kamu akan ngelist satu-satu apa aja persiapan yg harus dilakukan dan dibutuhkan, coba lihat di pinterest, ada banyak referensi wedding checklist yg bisa kamu tiru, bahkan ada yg lengkap mencantumkan persiapan 6 bulan sebelum hari H, 4 bulan sebelum hari H dan seterusnya. Wedding checklist itu penting sekaliii biar persiapan nikahan kamu lebih paripurnaaa. ndak lucu kan kalau sehari sebelum nikahan ternyata kamu lupa mempersiapkan hal-hal kecil , seperti membeli wedding shoes misalnya, bisa jadi kan ya? Dan karena saya adalah pemerhati hal-hal detail, maka saya juga akan mencantumkan hal sekecil-kecilnya di wedding checklist saya. Misal : beli flower crown buat sodara2 yg masih kecil, jilbab seragam buat bridesmaid, atau bahkan cress 3D teeth whitening strip biar senyum saya jadi cerah manja ala ala 🤣

CONTOH WEDDING CHECKLIST DARI PINTEREST

Kalau persiapan materi, fisik, sampai vendor sudah matang, persiapan hati jangan lupa dilakukan ya! karena ini yang paling perlu 🙂 Pengalaman saya dalam mempersiapkan pernikahan kemarin, persiapan hati lah yang paling menguras energi, disamping karena waktu itu saya akan menikah disaat sedang mengerjakan tesis dan dikejar-kejar tanggal sidang, disisi lain, hubungan saya dan dani waktu itu juga terbilang masih sangat baru, kami baru PDKT  dan saling mengenal kurang dari 3 bulan sebelum lamaran, dan 6 bulan setelahnya kami akan menikah! Dalam waktu 10 bulan, kami berkenalan-lamaran dan menikah! maka untuk itu persiapan hati lah yang kemarin paling saya matangkan hehe Beberapa teman ada yang penasaran sih, kenapa saya bisa menerima dani yang masih “baru” banget di kehidupan saya, kapan hari ada waktu bolehlah ya saya cerita-cerita di blog ini tentang, the how we met *ciye

Ada ide tambahan persiapan apa aja yang bisa dilakukan menjelang pernikahan? tulis di comment dibawah ini ya! ❤️

 

Like This Post? Share this to the world !

rizkaedmanda

Selamat datang di blog personal saya! www.rizkaedmanda.com. Blog ini akan banyak bercerita tentang kehidupan keseharian saya sebagai seorang istri, ibu rumah tangga, TTC Fighter, sekaligus pegiat bisnis online. Tema blog ini adalah lifestyle, daily dan motherhood. Hope you enjoy this blog! Jika ada pertanyaan, ajakan kerjasama, postingan beriklan dan ajakan pertemanan, bisa disampaikan lewat email saya ya! rizkaedmanda@gmail.com

3 Comments

  1. Kak rizka….aku menemukan blogmu saat mencari wedding inspiration. Wow baru kenal 10 bulan uda menikah ya… hebat… thanks for sharing aku bacain semuanya nih!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *