A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

SoKlin Softergent – SoKlin Berbagi Kelembutan 2020

Gelombang PHK ditengah Pandemi Corona

Namanya Pak Adi. Demikian saya memanggilnya. Beliau adalah tetangga saya yang (dulunya) bekerja sebagai karyawan harian di sebuah taman hiburan keluarga di kota saya. Selain menghidupi keluarga, Pak Adi juga harus menghidupi 3 anak peninggalan almarhum adiknya. Total ada 7 nyawa yang harus beliau hidupi dirumah. Sejak corona melanda Pak Adi kehilangan pekerjaan. Sebab taman hiburan tempat beliau bekerja ditutup lantaran pembatasan aktivitas yang diterapkan oleh Pemerintah per-maret 2020 silam. Kini Pak Adi hidup mengandalkan sisa simpanan yang beliau tabung saat masih bekerja. “Entahlah, kayaknya sih tabungan kami cuma cukup sampai bulan depan” kata Pak Adi kala bercerita soal kepedihannya kepada ibu dan ayah saya. Para tetangga berinisiatif membantu warga yang terdampak corona dengan membuat kotak urunan bantuan sosial.  Jumlah urunannya memang lumayan. Tapi mengingat dana tersebut harus dibagi ke banyak kepala sehingga per-keluarga yang terdampak hanya menerima tak seberapa.

Cerita Pak Adi, tetangga saya bukanlah satu-satunya. Di lingkungan saya saja entah sudah berapa ratus orang mengalami nasib serupa. Tak hanya di sektor wisata, banyak pekerja harian, buruh lepas hingga karyawan honorer terpaksa kehilangan pekerjaan. Bahkan melansir informasi dari katadata, Kementerian Ketenagakerjaan melaporkan sampai 12 mei 2020 jumlah tenaga kerja yang dirumahkan (di-PHK) mencapai 2,8 juta orang. Itu baru soal PHK, sebab selain tenaga kerja ada pula jutaan masyarakat golongan lemah lainnya yang turut terimbas pandemi dari sisi ekonomi. Mulai dari pedagang kaki lima, tukang parkir,  serta pekerja informal lainnya. Dampaknya, tak hanya kehilangan pekerjaan. Banyak dari mereka juga terancam tak bisa memenuhi kebutuhan harian. Tak bisa makan ataupun membayar uang sewa tempat tinggal.

Melawan Pandemi dengan Semangat Berbagi bersama SoKlin Softergent

Kenyataan miris ini seharusnya mengetuk pintu hati kita. Agar tergerak untuk mengulurkan bantuan demi meringankan beban sesama. Banyak hal yang bisa dilakukan sebetulnya. Misalnya saja, dengan apa yang dilakukan oleh warga kampung saya yaitu urunan untuk membuat kotak bantuan sosial. Ya, berdonasi memang cara yang paling lazim dipilih untuk berbagi kebaikan ditengah pandemi. Tapi nyatanya, tak semua orang punya uang berlebih saat ini. Sebab dampak pandemi memang menampar semua sektor dan level kehidupan manusia tanpa terkecuali.

Namun kendati tak punya harta berlimpah jangan sampai semangat berbagi ikutan musnah. Sebab ada kok cara mudah dan murah untuk berbagi kebaikan meski bukan dalam bentuk nominal uang. Cukup dilakukan #DirumahAja, cukup dengan jaringan internet dan telepon genggam saja kita dapat turut serta membantu sesama. Penasaran bagaimana caranya?

SoKlin Berbagi Kelembutan 2020

Caranya adalah dengan ikut serta dalam program SoKlin Berbagi Kelembutan 2020. Ajang tahunan yang sudah kali kelima diadakan ini memang sudah lama konsisten berbagi kelembutan dengan masyarakat Indonesia lewat berbagai projectnya. Melalui program ini, SoKlin Softergent ingin mengajak dan menginspirasi masyarakat Indonesia untuk dapat terus mengulurkan tangan kepada sesama melalui berbagai aksi kepedulian. Sehingga diharapkan, kelembutan cinta & kasih sayang antar sesama manusia dapat senantiasa dirasakan oleh semua orang terutama dibulan suci Ramadan. Tahun ini, SoKlin Softergent kembali mengadakan aksi kepedulian untuk berbagi pada masyarakat golongan lemah yang terdampak pandemi corona. Khususnya bagi mereka yang kehilangan pekerjaan ataupun kesulitan memenuhi kebutuhan harian. Lewat program SoKlin Berbagi Kelembutan 2020, SoKlin Softergent akan membagikan ribuan paket donasi keberlangsungan hidup kepada mereka yang membutuhkan.

Banner SoKlin Berbagi Kelembutan 2020

Nah Moms yang #DirumahAja juga bisa kok ikutan berbagi kelembutan dengan cara ikutserta mendukung aksi kepedulian ini. Caranya gampang, cukup ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Caranya mudah :

  • Cukup follow FB dan IG @SoKlinDetergent
  • Posting Banner SoKlin Berbagi Kelembutan diatas dan tuliskan caption harapan Moms untuk Indonesia saat ini
  • Mention & Tag @SoKlinDetergent serta 5 Teman kamu untuk ikutan berbagi kebaikan
  • Gunakan hashtag #BerawalDariSoKlin dan #SoKlinBerbagiKelembutan2020

Program ini berlangsung mulai dari 1-17 mei 2020 dan setiap POST yang Moms buat akan dikonversikan menjadi 1 Paket Donasi untuk masyarakat yang membutuhkan.

soklin berbagi kelembutan

Secercah Asa untuk Indonesia

Program SoKlin Berbagi Kelembutan 2020 yang diadakan oleh SoKlin Softergent ibarat oase ditengah padang pasir yang tandus. Membawa kesegaran, kelembutan ditengah pedihnya dampak wabah yang melanda. Kelembutan dan kebaikan hati Moms untuk ikutserta dalam program ini juga akan turut serta memberikan secercah harapan baru bagi masyarakat golongan lemah yang terdampak ganasnya pandemi. Saya yakin, melalui aksi kepedulian ini akan ada dampak positif yang besar bagi Indonesia nanti. Setidaknya, mereka yang kehilangan pekerjaan, mereka yang tak lagi mendapatkan penghasilan, mereka yang tak mampu mencukupi kebutuhan harian kini dapat tersenyum bahagia berkat uluran kelembutan yang Moms lakukan bersama SoKlin Softergent.

Jadi pastikan Moms mengajak teman-teman, keluarga dan followers Moms lainnya untuk ikutserta dalam program ini ya. Bersama-sama, kita panjatkan doakan setulus hati agar ibu pertiwi segera kembali pulih. Semoga mereka yang terjangkit segera sehat. Semoga mereka yang terpukul akibat pandemi bisa kembali tersenyum lagi. This too shall pass. Percayalah, kita akan bangkit dan pandemi ini akan segera berlalu.  Aamiin.

Sumber :

  • Foto : Rizka Edmanda
  • Infografis : KataData, SoKlin
error: content is protected