A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Istilah software payroll karyawan mengacu pada otomatisasi seluruh proses penggajian, mulai dari menghitung jumlahnya, melakukan pemotongan sesuai undang-undang, hingga memastikan jumlah tersebut dibayarkan pada karyawan tepat waktu. Secara manual, payroll merupakan proses yang dapat memakan waktu cukup lama setiap bulannya.

Kini dengan memanfaatkan kemajuan teknologi yang cukup pesat, cukup dengan satu klik software payroll akan menghitung gaji kotor, pengurangan, gaji bersih dan memprosesnya secara instan. Selain menghitung dan mencairkan gaji karyawan, proses ini pun melibatkan penghitungan semua iuran wajib, menghasilkan laporan dalam format yang sudah ditentukan oleh undang-undang dan mengirimkannya ke departemen lainnya yang terkait.

Bukan hanya itu saja, karyawan akan menerima slip gaji berisi informasi tentang gaji yang dibayarkan, pengurangan pajak, hingga bonus maupun uang lembur. Tidak heran jika kebanyakan perusahaan kini beralih dari metode manual ke software payroll, dengan 5 keuntungan berikut ini.

Hemat Biaya

Membeli software payroll karyawan mungkin terbilang besar, tapi hanya di awal saja karena selanjutnya dapat menghemat lebih banyak biaya. Bukan hanya mengurangi jumlah tenaga yang diperlukan untuk menghitung gaji untuk semua karyawan, tapi efisiensi waktu yang diberikan pun dapat menghemat pengeluaran yang dilakukan oleh perusahaan. Penggunaan teknologi modern ini pun juga membantu perusahaan untuk membiasakan paperless yang tentunya dapat menghemat biaya kantor.

Efisiensi Waktu

Jelas dibutuhkan waktu ekstra dan sumber daya tambahan bagi perusahaan untuk mengelola proses pemberian gaji. Bisa juga menggunakan tenaga outsourcing untuk mempercepat pekerjaan dalam SDM tapi ini artinya melakukan penambahan biaya.  Dengan menggunakan software canggih ini, tentunya akan membantu mempercepat setiap aspek penggajian dengan serangkaian fitur yang otomatis dan tersambung dengan departemen lainnya yang terkait.

Mengurangi Kesalahan Penghitungan

Sangat mudah untuk membuat kesalahan ketika mengelola gaji karyawan secara manual, tetapi dengan solusi manajemen penggajian yang tepat menjadi jauh lebih sulit untuk membuat kesalahan seperti itu. Prosedur validasi dan pemeriksaan komprehensif menghentikan dari memasukkan informasi yang salah.

Software payroll memungkinkan Anda untuk memverifikasi keakuratan dalam setiap penggajian dengan menggunakan berbagai alat yang diinginkan. Anda dapat membandingkan daftar gaji bulan ini dan bulan sebelumnya dan juga, menyesuaikan daftar gaji dan laporan pembayaran sesuai kebutuhan. Fitur ini memungkinkanmu untuk bernafas lega karena risiko kesalahan dalam penggajian yang minimal.

Mudah Digunakan

Ketika software yang tepat digunakan, siapa pun dengan pemahaman yang baik tentang TI dapat mengelola gaji perusahaan secara efektif. Ini bagus untuk bisnis kecil yang menginginkan fleksibilitas. Caranya, software payroll dapat dengan mudah dikonfigurasikan dengan banyak fitur, opsi, aturan bisnis, dan kebijakan yang berlaku.

Semua input yang diperlukan untuk penggajian seperti data kehadiran, struktur gaji, perhitungan lembur hingga bonus jabatan pun secara otomatis telah diisi sebelumnya karena telah terintegrasi. Hanya dengan mengklik satu tombol, daftar gaji untuk semua karyawan dapat diproses. Slip gaji pun bisa langsung diterbitkan dan siap untuk mencairkan gaji.

Mengamankan Data Karyawan

Dengan mengelola penggajian menggunakan software payroll, sebuah perusahaan menghilangkan ketidakpastian tentang penyimpanan informasi karyawan. Walau masih perlu mempertimbangkan keamanan sistem TI perusahaan, namun keamanan data lebih terjamin dengan solusi penggajian yang baik dan memiliki standar keamanan TI tertinggi.

Pilih software payroll terbaik milik LinovHR sebagai software Payroll ternama di Indonesia sangat mendukung proses operasional dan kinerja perusahaan di era digital yang paperless. Manfaatkan software Payroll LinovHR untuk menyederhanakan tugas tim  HRD Anda yang lebih profesional, terutama dalam hal penggajian karyawan. Simak lebih lanjut mengenai Software pengelola gaji karyawan milik LinovHR melalui tautan berikut -> https://www.linovhr.com/

error: content is protected