Sepetak Mimpi dalam Sebotol Pokka Natsbee

POKKA-NATSBEE

Kehidupan setelah menikah memang penuh dengan warna, tak heran stress kerap menerpa ibu rumah tangga. Tak hanya stress, secara fisik pun seorang ibu rentan terganggu kesehatannya, penyebabnya bisa macam-macam, mulai dari kelelahan menjalani padatnya aktivitas harian, gaya hidup yang tidak sehat, hingga paparan polusi lingkungan. Semua ini bisa memicu racun menumpuk didalam tubuh. Meskipun besar tantangannya, tapi saya tak ingin mengeluh sebab menjadi ibu adalah mimpi yang telah saya cita-citakan sejak dulu, saya pun tak ingin menyerah sebab inilah mimpi yang selalu saya rapalkan dalam setiap doa-doa. Beruntungnya, kebaikan madu lemon dalam sebotol natsbee, selalu setia membersihkan hari aktif saya, agar senantiasa #AsikTanpaToxic dalam menjalani mimpi indah menjadi seorang ibu sebagaimana yang saya jalani saat ini.

*****

Rumah, tempat dimana semua kebahagiaan dunia terasa nyata

Pokka-Natsbee-#Asiktanpatoxic

Semenjak menikah, saya sadar bahwa ada mimpi dan kebahagiaan yang sungguh istimewa yang ditawarkan oleh rumah, yaitu kehangatan keluarga. Kebahagiaan pernikahan ini terasa semakin lengkap setelah hadirnya seorang bayi mungil yang kemudian kami namakan ia “Qonita”. Kehadiran Qonita membuat pernikahan kami terasa semakin berwarna. Tanpa terasa, kini sudah 3 bulan kami menjalani waktu demi waktu bersama Qonita. Setiap detik momen bersamanya, terasa sungguh berharga. Bagi saya, dapat terus melihat Qonita aktif, sehat dan ceria adalah kebahagiaan dunia yang paling nyata.

Jika dulu mimpi saya adalah menikah dan menjadi seorang Ibu, maka kini mimpi saya jauh lebih besar lagi, saya ingin hidup lebih lama, agar dapat mendampingi Qonita dalam setiap tahap tumbuh kembangnya, serta selalu dapat membersamai setiap langkahnya hingga kelak ia tumbuh dewasa. Untuk dapat mewujudkan mimpi yang satu ini, saya sadar bahwa saya harus memiliki fisik yang mumpuni, tubuh yang sehat dan kuat hingga kelak saya menua, serta pikiran dan perasaan yang senantiasa bahagia.

Stress, gaya hidup yang tidak sehat dan paparan polusi lingkungan diam-diam dapat menjadi racun yang mengancam kebahagiaan kita

pokka

Namun, nyatanya kebahagiaan-kebahagiaan yang saya rasakan kini tidak menjamin saya bebas dari stress. Bahkan jujur, kehidupan setelah menikah dan memiliki anak bagi saya justru sangat rentan memicu stress, terlebih bagi seorang ibu tanpa ART (Asisten Rumah Tangga) yang juga nyambi bekerja dari rumah seperti saya, hmm luar biasa lho capeknya. Sebagai ibu dan manusia biasa yang juga bisa marah,bisa lelah, bisa stress, pernah sekali saya sampai mengutuk-ngutuk keadaan, bahkan diawal-awal minggu pasca kelahiran Qonita saya sempat mengalami baby blues, sindrom dimana seorang ibu merasa sangat tertekan dan stress berlebihan pasca melahirkan. Beruntung dukungan suami dan keluarga membuat saya dapat mengatasi sindrom ini dengan segera.

Menurut saya, bahaya stress  tidak hanya dapat merusak mood atau mengurangi produktivitas kerja, tapi juga dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kita. Selain karena stress, kesehatan fisik seorang Ibu juga bisa terganggu karena pemicu lain, antara lain karena kelelahan akibat mengerjakan pekerjaan rumah seharian, gaya hidup tidak sehat hingga paparan polusi lingkungan. Apalagi bagi saya yang tinggal di Kalimantan, kabut asap akibat  kebakaran hutan&lahan menjadi bencana langganan di kota kami. Beberapa waktu lalu, kualitas udara sempat masuk dalam level berbahaya. Sekolah-sekolah dan perkantoran diliburkan, produktivitas kerja jadi melemah, banyak warga termasuk saya sempat mengalami sesak napas dan alergi udara, bahkan puncaknya 3.600 warga terkena ISPA. Meski hari ini langit kota sudah kembali cerah, dan senyum masyarakat sudah kembali ceria, namun sudah tentu dampak bencana kabut asap kemarin menyisakan residu dan toxin/racun di tubuh saya.

Tumpukan toxin atau racun dalam jumlah yang banyak dan dalam jangka waktu yang lama, dapat merusak organ-organ penting manusia. Para ahli medis percaya bahwa  90% penyakit muncul akibat penumpukan  racun didalam tubuh. Beberapa gejala yang muncul akibat penumpukan racun secara berlebihan diantaranya mudah mengantuk, mudah lelah, sembelit atau justru diare, sakit pada bagian-bagian persendian, kesulitan untuk berkonsentrasi, bahkan hingga melemahnya tingkat kesuburan.

Detoksifikasi : Mekanisme untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Detoksifikasi merupakan satu-satunya cara untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Mekanisme pengeluaran racun dari tubuh melalui proses detoksifikasi ini sangat penting untuk menjaga tubuh kita tetap sehat, penelitian menunjukkan apabila proses terapi penyembuhan suatu penyakit tidak diawali dengan proses detoksifikasi, maka proses penyembuhan penyakit tersebut akan menjadi lebih sulit.

Sebetulnya, tubuh manusia dengan segala fitrahnya telah melakukan detoksifikasi secara alami. Organ hati, merupakan anugerah Tuhan pada tubuh manusia yang bertanggungjawab untuk melakukan hal ini. Organ inilah yang akan melakukan pemecahan senyawa racun, yang kemudian dikeluarkan oleh tubuh melalui sistem ekskresi lewat organ-organ penting diantaranya hati, ginjal, usus besar, paru-paru, kelenjar limfa, dan kulit. Kesemuanya akan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh, berikut racun-racunnya melalui urin, feses, keringat, dan gas, maka berbahagialah mereka yang sering kentut. 🙂

Kita patut bersyukur, sebab tubuh manusia adalah Maha Karya Tuhan yang luar biasa. Tubuh kita telah dilengkapi dengan mekanisme pengeluaran racun yang sedemikian canggihnya, namun masalahnya kita hidup di zaman dimana segala sisi kehidupan penuh dengan racun. Mulai dari racun logam berat, obat-obatan, air yang tercemar, pengawet, penyedap dan pemanis buatan pada makanan, pestisida pada sayur dan buah, polusi lingkungan, dan lain sebagainya.

Paparan toksin atau racun yang sebegitu hebatnya di zaman milenial ini, membuat tubuh kita membutuhkan bantuan untuk dapat melakukan pekerjaan detoksifikasi dengan optimal.

 

asik-tanpa-toxic

Honey-Lemon Shot , tren “diet detoks” yang bisa bikin hidup #AsikTanpaToxic

honey-lemon

Honey-Lemon Shot, salah satu metode diet detoksifikasi dengan madu dan lemon

Untuk membantu tubuh melakukan detoksifikasi dan agar dapat selalu hidup #AsikTanpaToxic  saya telah melakukan berbagai upaya, diantaranya yaitu dengan menjaga pola makan berdasarkan pedoman gizi seimbang, mencukupi kebutuhan cairan, mencukupi kebutuhan istirahat/tidur, berpikir positif, olahraga secara teratur, berpuasa hingga menjalankan program “diet detoks”, sebagaimana yang sedang populer dilakukan oleh para milenial baru-baru ini. Salah satu terapi diet detoks yang digandrungi adalah terapi madu-lemon yang kemarin sempat booming di Instagram pasca dipopulerkan oleh seorang influencer, Andra Alodita melalui tagar #honeylemonshot. Andra Alodita mengajak milenial untuk mengkonsumsi campuran beberapa sendok madu dan perasan jeruk lemon setiap pagi sebagai bagian dari rutinitas sarapan setiap hari.

Saya sendiri sebetulnya sudah rutin mengkonsumsi campuran madu-lemon, jauh sebelum tren ini booming di Instagram. Saya pertama kali mengetahui ramuan ajaib ini dari Ibu saya, awalnya saya hanya mengkonsumsi madu-lemon saat batuk, dan entah kenapa tiba-tiba batuk saya akan langsung mereda beberapa saat setelah mengkonsumsi madu dan lemon ini. Akhirnya ramuan ajaib ini rutin saya konsumsi hampir setiap hari, bahkan saat sakit atau pada kondisi bencana asap yang sedemikian parah belakangan ini, membuat saya rutin mengkonsumsinya 2 hingga 3 kali sehari. Manfaat yang saya rasakan luar biasa, sebagai perempuan aktif, yang bahkan aktivitasnya sudah luar biasa padat sebelum menikah, saya merasa sangat jarang jatuh sakit. Kalaupun sakit paling hanya demam ringan atau batuk pilek biasa, itupun biasanya tidak lebih dari 3 hari. Iya sih, saya akui kalau tubuh yang Alhamdulillah sehat ini tidak terlepas dari anugerah Illahi, tapi bagaimana upaya kita menjaga dan meningkatkan kesehatan juga sangat berpengaruh, bukan?

Manfaat Madu & Lemon

Maraknya tren honey lemon shot beberapa waktu lalu bukan tanpa alasan, sebab madu dan lemon memang memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Lemon dikenal sebagai buah ajaib, sebagaimana yang saya baca pada laman dailymail.co.uk, Profesor Tim Jacob dari Cardiff University School of Bioscience menyebutkan bahwa hanya dengan mencium aroma buah lemon yang segar saja dapat membantu menstimulus otak agar lebih tenang serta meredakan stress. Tidak hanya itu, lemon juga sangat bermanfaat bagi kesehatan fisik seseorang, sebuah situs kesehatan terpercaya, alodokter menyebutkan bahwa Lemon mengandung vitamin C dan flavonoid yang tinggi. Flavonoid adalah salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, mengurangi resiko stroke, sebagai anti kanker, meningkatkan imunitas tubuh, memperbaiki kesehatan kulit, dan membantu tubuh melakukan detoksifikasi atau pengeluaran racun-racun.

Sedangkan madu, sejak jaman dahulu memang telah dikenal secara luas manfaatnya. Bahkan kebaikan madu, tertulis dalam Al-Quran :

“….Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang berfikir”.  Surat An-Nahl (Lebah) pada ayat 68-69

Dalam berbagai hadist juga disebutkan bahwa Rasulullah memiliki kebiasaan mengonsumsi madu setiap hari. Hal ini sudah tentu menunjukkan betapa besar manfaat madu untuk kesehatan kita.

Madu dikenal sebagai makanan yang kaya nutrisi, berbagai gizi dan mineral terdapat dalam madu. Enzim-enzim yang terdapat didalam madu terbukti dapat melancarkan sistem metabolisme tubuh kita, meningkatkan imunitas tubuh, memelihara kesehatan, mempercepat proses penyembuhan luka dan penyakit, hingga dapat bermanfaat sebagai penetral zat racun didalam tubuh dikarenakan madu memiliki senyawa bernama glukosa oksidae yang dikeluarkan lebah saat memproduksi madu, senyawa ini bersifat asam sehingga dapat merusak dinding sel bakteri dan melemahkannya.

Kebaikan Madu dan Lemon dalam Sebotol Pokka Natsbee

#asiktanpatoxic

#asiktanpatoxic

Rutinitas mengkonsumsi madu-lemon masih saya lakukan hingga detik ini. Biasanya, saya mencampur beberapa sendok madu, lemon dan sedikit air hangat lalu diminum saat perut masih kosong. Efek langsung yang saya rasakan adalah tubuh terasa lebih bugar, BAB lebih lancar, dan mood menjadi lebih baik saat akan melakukan rutinitas sehari-hari. Tapi, tidak jarang lho rutinitas ini saya skip, misalnya saat saya benar-benar sedang sibuk dan harus memulai aktivitas lebih awal atau saat sedang berada diluar kota dan menginap di hotel, sebab tidak semua hotel menyediakan madu atau lemon sebagai menu sarapan. Padahal paparan polusi dan bahaya racun yang mengancam tidak bisa ditawar.

Beruntung, beberapa waktu lalu pak suami memperkenalkan saya pada kebaikan madu lemon dari Pokka Natsbee Honey Lemon. Beliau tidak sengaja menemukan minuman ini saat sedang bertugas di Palangkaraya, di lemari pendingin pada sebuah minimarket di pusat kota. Katanya, saat melihat deretan botol Pokka Natsbee Honey Lemon yang terjejer rapi, beliau langsung teringat sama saya, yang sering nge-skip kebiasaan minum madu-lemon di pagi hari dengan alasan  repot bikinnya lah, lagi diluar kota susah cari madu dan lemon lah, dan alasan-alasan lainnya.  Saya dibawakan minuman ini sebagai oleh-oleh, awalnya nyinyir sih soalnya di Pontianak kan juga gampang nyarinya, karena Pokka Natsbee dijual dimana-mana, di alfamart ada, di indomaret ada, di carrefour, hypermart, sampai transmart pun ada. Tapi ya gak apa-apa, daripada gak dioleh-olehin sama sekali, kan ya. hihi

Kemudian karena ketagihan akhirnya saya jadi sering membeli minuman madu lemon ini sebagai stock persediaan dirumah. Rutinitas mengkonsumsi honey lemon shot sekarang jadi lebih praktis semenjak ada Pokka Natsbee. Karena Pokka Natsbee Honey Lemon adalah minuman madu-lemon pertama di Indonesia yang dibuat dari bahan-bahan terbaik yaitu madu alam asli dan lemon pilihan, mengandung vitamin C dan antioksidan, tanpa bahan pengawet atau pemanis buatan serta dikemas dalam kemasan botol yang praktis dan harganya pun cukup terjangkau, cuma dengan Rp 5000an per botol, kita sudah bisa merasakan sejuta manfaat honey-lemon shot dalam genggaman.

Soal rasa, menurut saya Pokka Natsbee punya rasa yang madu-lemon banget, gak manis lebay, juga gak hambar, pokoknya segar! Apalagi disajikan saat dingin, beuuh!. Pokka Natsbee sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja yang memiliki aktivitas yang padat atau bagi mereka yang ingin menerapkan gaya hidup sehat, atau bagi kamu semua yang selalu ingin #Asiktanpatoxic sebab kandungan vitamin C yang tinggi dalam sebotol Pokka Nastbee dapat membantu bersihkan hari aktifmu.

Menjemput Sepetak Mimpi

#asiktanpatoxic

Kembali soal mimpi. Bagi saya, menjemput mimpi untuk hidup #AsikTanpaToxic, menua bersama Qonita dan membersamainya hingga ia tumbuh dewasa memang adalah perkara yang tidak begitu mudah. Dibutuhkan konsistensi dan kemantapan niat juga berbagai perubahan sikap dan perilaku sehari-hari untuk dapat merubah gaya hidup agar lebih sehat.

Menjaga pola makan dengan gizi seimbang, berolahraga, mencukupi istirahat, menghindari stress, berfikir positif serta menjalankan diet detoks dengan sebotol Pokka Natsbee Honey Lemon adalah segelintir upaya yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya. Semoga kelak, ketika Qonita telah dewasa, ia membaca tulisan ini, agar ia tau seberapa besar usaha yang telah saya lakukan, agar dapat terus berada disisinya.

DISCLAIMER :

Artikel ini diikutsertakan dalam Kompetisi Blog #BersihkanHariAktifmu Pokka Natsbee

Rizka Edmanda

30 Comments

  1. Sepetak namun begitu berarti ya, mba. Sepertinya memang doa semua ibu berharap terus sehat sehingga bisa mendampingi buah hati hingga dewasa dan menua 😀

  2. Halo mbak, salam kenal. 🙂
    Aaaw baby Qonita lucu banget sih, gemesin.

    Btw, Aku suka bikin air hangat+madu atau teh+lemon. Setelah minum itu badan berasa kembali segar. Asik nih. Sekarang sudah ada dlm bentuk siap minum.

  3. Untuk menjaga anak, ibunya harus lebih dulu menjaga diri, salah satunya adalah menjaga kesehatan diri. Semoga mba Rizka dan Qonita sehat terus selalu yaa…

  4. Wah aku mau coba juga ah. Dulu sering juga minum lemon, tapi makin ke sini kok jarang aku nemui lemon di supermarket. Dengan pokka natsbee ini nggak usah susah2 cari lemon ya, praktis banget.

  5. Cantik banget mbak foto2nya 😍 bener banget kalao kehidupan setelah menikah itu dinamikanya luar biasa, berasa tiap hari dapat suprise, suka gak suka harus terima syukuri dan jalani. Harus setrong tentunya menghadapi itu… hempas cantik smua racun toksin dalam tubuh ya, ini. Natsbee honey lemon seger banget pokoknya , sukaaa

  6. Senangnya baca tulisan ibu baru ini. Benar banget, ibu baru rentan kelelahan dan stress jadi harus jaga kesehatan jasmani dan rohani. Smg mimpi2nya terwujud ya bersama dg pertumbuhan si buah hati. 🙂

  7. Mudah-mudahan sehat terus ya mbak. Supaya bisa membersamai si kecil sampai dia tumbuh dewasa. Yang pasti toxic itu bisa muncul dari diri sendiri. Pikiran kita juga kadanh jadi toxic buat tubuh. Keep healthy body, soul, and mind ya mbak… 😍😍😍

    • Aamiin, sebenarnya sekarang sudah berkurang mba tapi ini bencana langganan, sewaktu-waktu akan datang lagi kecuali kalau pembakaran hutan dan lahan benar-benar dihentikan 🙁

  8. langsung kebayang seger saat tahu ada minuman madu dan lemoun dan kemarin langsung cobain dan ternyata memang segar pohkka ini apalagi diminum dingin siang2 bolong .Langsung jreng lagi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *