A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

– SehatQ, Asisten Keluarga Anda – 

Seorang ibu adalah sosok yang luar biasa.  Tak hanya mengurus anak-anak dan rumah tangga. Namun ibu jugalah yang menjadi malaikat pelindung kesehatan keluarga. Peran seorang ibu dalam menjaga kesehatan keluarga tak bisa dipandang sebelah mata. Coba bayangkan, tanpa masakan sehat yang dibuat oleh ibu, tentu ayah dan anak-anak tak akan bisa menjalani hari-hari dengan tubuh yang sehat sentosa. Coba bayangkan pula,  jika seorang ibu tak piawai membersihkan rumah, tentu kuman penyakit akan merajalela. Tak sampai disitu, ibu juga adalah orang pertama yang senantiasa akan memberikan pertolongan dikala ada anggota keluarga yang sakit. Naluri ibu yang penuh kasih, menjadikan seorang ibu sebagai perawat terbaik bagi keluarga.  Kabar baiknya, di era digital saat ini impian ibu untuk memberikan upaya terbaik bagi kesehatan keluarga akan menjadi lebih mudah. Sebab kini telah hadir SehatQ, aplikasi online yang siap menjadi asisten kesehatan pribadi bagi keluarga. Penasaran apa saja manfaat platform kesehatan digital bagi keluarga? atau Ingin tau ulasan aplikasi SehatQ selengkapnya? Simak cerita berikut ini ya!

 

Pengalaman Mengantri Lama di Rumah Sakit

Saya terkenang pada kisah beberapa bulan silam. Malam itu, boleh dibilang adalah malam terburuk yang pernah saya rasakan. Anak saya, Qonita yang waktu itu belum genap berusia 1 bulan tiba-tiba menangis tanpa sebab semalaman. Tangisan itu tak kunjung reda hingga beberapa jam. Kejadian buruk ini terus berulang hingga beberapa malam setelahnya. Pikiran saya berkecamuk sebab tak tau harus berbuat apa. Akhirnya, karena kondisi Qonita tak juga kunjung berubah, saya dan suami memutuskan untuk pergi berkonsultasi dengan seorang dokter spesialis anak di salah satu rumah sakit di kota kami.

Setibanya di rumah sakit, kami diminta mengisi form pendaftaran yang teramat panjang. Kami menghabiskan waktu hampir 30 menit hanya  untuk berkutat di meja pendaftaran. Ditambah lagi dengan harus mengantri selama hampir 5 jam sebelum akhirnya nama Qonita dipanggil. Tak sampai 15 menit berkonsultasi, dokter pun bilang bahwa Qonita terkena kolik. Tak ada obat apapun yang ia resepkan. Dokter hanya bilang, penanganan kolik bisa dilakukan dengan “bersabar” . Karena memang, kolik adalah fenomena unik yang lazim terjadi pada bayi. Dan sampai detik ini memang belum ada obatnya secara medis. Beberapa formula hanya bertujuan untuk mengurangi gejala-gejalanya.

Saya merasa sedikit lega setelah pulang berkonsultasi dengan dokter tadi. Setidaknya kini saya tau, bahwa Qonita tak mengalami penyakit serius melainkan terkena kolik. Hanya satu hal yang membuat saya agak kesal, yaitu birokrasi rumah sakit yang berbelit-belit.  Banyak administrasi yang sebetulnya tidak perlu namun harus kami lakukan. Belum lagi antrian yang mengular begitu panjang. Hingga membuat suami saya harus rela bolos dari kantor sampai beberapa jam.

Wajah Suram Layanan Kesehatan Offline

Hal semacam ini ternyata tak hanya saya yang mengalami. Diluar sana ada jutaan orang Indonesia lainnya yang kerap mengalami hal serupa. Butuh pelayanan kesehatan segera, namun justru diperlambat oleh proses birokrasi di fasilitas pelayanan kesehatan. Apalagi data statistik dari Pusat Informasi Kesehatan 2018 Kemenkes menyebutkan, bahwa ada jurang kesenjangan yang cukup dalam antara jumlah fasilitas kesehatan di Indonesia dengan kepadatan penduduk di Indonesia. Tentu hal ini dapat memperburuk pelayanan di fasilitas kesehatan umum. Sebab fasilitas kesehatan tak mampu melayani dengan cekatan terlebih dikala jumlah pasien sedang membludak.

Bayangkan saja, saat ini jumlah penduduk Indonesia sudah menyentuh angka 267.000.000 jiwa sedangkan jumlah fasilitas kesehatan yang ada hanyalah 212.096 yang terbagi menjadi puskesmas, klinik utama, klinik pratama, praktek mandiri dokter umum dan dokter gigi, rumah sakit dan posyandu aktif. Terlebih dengan luas wilayah Indonesia 1.905 juta km, tentunya Pemerintah membutuhkan usaha ekstra agar fasilitas kesehatan dan tenaga medis dapat tersebar merata ke seluruh pelosok nusantara. Sebab sudah jadi rahasia umum, bahwa saat ini sebagian besar fasilitas kesehatan yang ada hanya menumpuk di kota-kota besar saja. Masih banyak daerah terpencil yang belum mengecap nikmatnya pelayanan fasilitas kesehatan yang layak. Maka dari itu, jangan heran, jika fenomena seperti kurangnya tempat tidur dirumah sakit sehingga pasien terpaksa tidur di bangsal, hingga antrian panjang seperti yang saya alami tadi masih menjadi isu yang tak kunjung usai hingga saat ini.

Manfaat Platform Kesehatan Digital Bagi Keluarga

Demi mengisi kesenjangan ini maka tak bisa ditampik bahwa kehadiran platform kesehatan digital untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia adalah sebuah urgensi yang tak bisa ditawar lagi. Meskipun pelayanan kesehatan digital tidak dapat sepenuhnya menggantikan peran dan penanganan medis yang dilakukan secara langsung oleh tenaga kesehatan, namun setidaknya platform kesehatan digital tersebut dapat menjembatani kebutuhan masyarakat akan pelayanan informasi kesehatan melalui perangkat gawai dan internet.

Terlebih, hingga saat ini dari total keseluruhan penduduk Indonesia sebanyak 269 juta jiwa, diketahui bahwa 171,17 juta atau 64,8% diantaranya adalah pengguna internet aktif. Maka tak heran, hampir segala kegiatan yang dulunya dilakukan secara konvensional kini dilakukan secara online. Mulai dari memesan barang, berbelanja hingga melakukan konsultasi kesehatan.

Perkembangan platform kesehatan digital ini membawa banyak manfaat bagi masyarakat khususnya keluarga Indonesia. Misalnya untuk menyebarluaskan informasi kesehatan yang valid dan kredibel sehingga masyarakat tak mudah menjadi korban hoax. Kemudian juga menjadi media edukasi dan peningkatan kesadaran agar masyarakat mengetahui pertolongan pertama yang dapat dilakukan, jika ada anggota keluarga yang sakit.

Selain itu, di zaman yang serba canggih saat ini platform kesehatan digital juga dapat menjadi solusi untuk memberikan hak masyarakat atas pelayanan kesehatan sebagaimana diundangkan dalam pasal 28 H ayat 1 UUD 1945 yang berbunyi : “setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak memperoleh pelayanan kesehatan”. Melalui platform kesehatan digital hampir dapat dipastikan bahwa setiap keluarga Indonesia akan dapat mengakses pelayanan kesehatan yang lebih baik dengan cepat, mudah, murah dan terarah.

Pemerintah sudah seharusnya memandang potensi besar platform kesehatan digital di zaman sekarang. Regulasi mengenai platform kesehatan digital sudah seharusnya segera dirampungkan agar masyarakat semakin tertarik menggunakan platform kesehatan digital dalam kehidupan sehari-hari.

Meskipun menawarkan banyak manfaat dan kemudahan namun hpengguna harus jeli memilih platform kesehatan digital terbaik yang menawarkan berbagai keunggulan. 

 

SehatQ, Platform  Kesehatan Digital Pilihanku

Diantara sekian banyak platform kesehatan digital yang kini marak bermunculan di Indonesia. Saya memilih SehatQ sebagai platform kesehatan digital andalan keluarga.  SehatQ adalah platform kesehatan digital yang lahir dari tangan inovatif seorang Linda Wijaya-ibu muda sekaligus pengusaha lulusan University of Michigan. Sejak mengembangkan sayap pada November 2018 lalu, sehatQ terbukti cukup sukses berekspansi dengan meraih jutaan pengguna di Indonesia. Kendati terbilang masih muda sebab baru saja diresmikan pada 25 september 2019 lalu, namun tampaknya sehatQ boleh optimis dapat bersaing dengan beberapa aplikasi kesehatan lainnya. Sebab platform atau aplikasi ini menawarkan berbagai keunggulan yang saya rangkum dalam image slider dibawah ini. Silahkan swipe/geser kesamping ya!

Booking Dokter

SehatQ bekerjasama dengan lebih dari 8000 dokter di lebih dari 300 fasilitas kesehatan di seluruh Indonesia sehingga pasien rawat jalan tak perlu repot datang ke fasilitas kesehatan seperti klinik ataupun rumah sakit jika hendak melakukan administrasi. Cukup booking jadwal kunjungan ke dokter secara online melalui aplikasi sehatQ.

Artikel Kesehatan

Terdapat lebih dari 2.196 artikel kesehatan dengan 14 topik pilihan. Semua artikel kesehatan yang diunggah pada laman sehatQ dijamin valid dan kredibel, sebab sebelum artikel ditayangkan akan ada tahapan editorial yang ketat dan proses kurasi yang dilakukan oleh dokter agar artikel tersebut dapat terjamin kualitasnya secara ilmiah. Meskipun demikian, masyarakat tak Bahasa yang digunakan dalam setiap artikel cukup ringan dan bisa dimengerti oleh orang awam.

Glosarium Obat

Pada situs dan aplikasi sehatQ, pengguna dapat mencari informasi mengenai obat mulai dari nama, komposisi, jenis, efek samping hingga cara penggunaan obat. Melalui fitur ini diharapkan, masyarakat dapat lebih bijak dalam menggunakan obat yang dijual bebas di pasaran tanpa melalui resep dokter.

Direktori Penyakit

Terdapat direktori penyakit, dimana pengguna dapat mengetahui gejala, penyebab pencegahan hingga pengobatan suatu penyakit. Di setiap akhir laman penyakit yang ditampilkan juga terdapat informasi tambahan berupa artikel terkait penyakit itu serta pilihan dokter terkait, agar pengguna bisa berkonsultasi langsung dengan dokter tersebut apabila merasakan gejala-gejala suatu penyakit. Sejauh ini, tak kurang dari 1165 daftar penyakit yang tersedia di sehatQ. Semua disajikan secara jelas dengan dukungan gambar visual yang menarik agar masyarakat lebih mudah memahami.

Direktori Dokter & Rumah Sakit

Fitur direktori dokter dan rumah sakit sebagai gerbang informasi bagi pengguna yang ingin menggunakan jasa mereka. Pada menu directori rumah sakit ini, ditampilkan secara jelas informasi rumah sakit, alamat, jam buka, ketersediaan UGD hingga google review atas rumah sakit tersebut. Informasi ini tentunya sangat dibutuhkan bagi pengguna yang sedang mencari tau seputar dokter yataupun rumah sakit disekitarnya.

Promo Layanan Kesehatan

SehatQ memberikan satu menu khusus untuk memberikan penawaran promo dan diskon kepada penggunanya. Pada menu ini, setiap pengguna bisa mendapatkan berbagai promo eksklusif seperti diskon perawatan tubuh, potongan harga untuk melakukan medical check up, promo scalling gratis dan diskon perawatan gigi, dan berbagai program menarik lainnya.

Informasi Acara & Seminar

Terdapat fitur khusus pada situs dan aplikasi sehatQ untuk menginformasi tentang berbagai acara dan seminar kesehatan yang dapat dihadiri oleh pengguna. Misalnya, program latihan senam hamil ataupun seminar seputar penyakit yang menghadirkan para pakar di bidangnya.

Forum Kesehatan

Ada forum yang tersedia di website SehatQ.com. Dimana melalui forum ini, pengguna dapat mengajukan pertanyan seputar kesehatan dan akan dijawab langsung oleh dokter. Namun, dalam forum ini setiap pertanyaan yang diajukan akan ditayangkan kepada umum agar dapat dibaca juga oleh pengguna lainnya. Ini bertujuan agar jika ada pengguna lain yang merasakan gejala yang sama, ia dapat mengetahui informasi keluhan tersebut berdasarkan pertanyaan yang telah diajukan oleh pengguna yang bertanya.

Keunggulan Utama SehatQ 

Konsultasi Keluhan Langsung dengan Dokter Secara Online

Selain keunggulan yang sudah disebutkan diatas, SehatQ juga memiliki satu keunggulan utama yaitu adalah fitur “Tanya Dokter” untuk melakukan konsultasi langsung bersama dokter secara online.  Dengan mengusung tagline “asisten kesehatan keluarga anda”, SehatQ hadir untuk membantu keluarga Indonesia mendapatkan pelayanan konsultasi di bidang kesehatan secara online dan realtime. Melalui fitur ini, masyarakat diseluruh pelosok nusantara bisa mendapatkan akses terhadap pelayanan  konsultasi kesehatan bersama tenaga medis (dokter) dengan mudah, cepat dan tanpa biaya. Pelayanan konsultasi gratis bersama dokter ini dilakukan melalui fitur chat yang dapat diakses setiap hari senin sampai jumat pada pukul 07.00-20.00 dengan durasi yang cukup lama yaitu 30 menit per-sesi konsultasi. Konsultasi yang diberikan juga tak terbatas untuk membantu mengatasi keluhan saja namun juga untuk mendampingi pengguna dalam upaya menjalankan pola hidup sehat.

Pengguna tak perlu ragu, sebab semua dokter yang melayani konsultasi tersebut adalah dokter yang telah terdaftar di Ikatan Dokter Indonesia (IDI) serta telah mengantongi surat tanda teregistrasi (STR). Konsultasi gratis ini juga terjamin aman sebab seluruh percakapan (chat) yang dilakukan telah terenkripsi dengan sistem pengamanan digital SehatQ sehingga percakapan tersebut dapat dijadikan catatan medis digital yang dapat digunakan apabila nanti pasien membutuhkan konsultasi langsung tatap muka bersama dokter. Percakapan tersebut juga bersifat rahasia, sebab tak ada orang yang bisa mengakses isi percakapan kecuali dokter yang melayani konsultasi dan pasien itu sendiri. Bahkan staff, karyawan atau admin dari SehatQ sendiri juga tak dapat mengakses isi percakapan. Hal ini dilakukan sebagai jaminan kepercayaan pengguna serta demi melindungi keamanan data dan informasi kesehatannya.

Pengalamanku Sebagai Pengguna Aplikasi SehatQ

” SehatQ selalu bisa saya andalkan menjadi asisten kesehatan pribadi keluarga. Terima kasih SehatQ “

Rizka Edmanda

Ibu Rumah Tangga, Pengguna Aplikasi SehatQ

Sebagai seorang ibu milenial atau millennial moms saya merasakan banyak manfaat dari platform kesehatan digital. Melalui artikel kesehatan di SehatQ, saya jadi bisa mengetahui informasi kesehatan khususnya tentang bayi dan anak-anak, agar saya dapat memberikan pertolongan pertama dikala anak saya jatuh sakit. Saya pun kini jadi bisa berkonsultasi dengan dokter secara online tanpa harus bersusah payah mengantri berjam-jam di rumah sakit. Dan yang terpenting adalah, saya jadi bisa memberikan upaya terbaik dalam hal kesehatan untuk keluarga.

Terlebih setelah mengunduh aplikasi SehatQ di smartphone. Aplikasi ini telah banyak berjasa membantu saya dalam hal kesehatan. Saya merasa seakan-akan memiliki asisten kesehatan pribadi yang siap diandalkan kapanpun saya butuhkan. Maka dari itu, tak berlebihan rasanya jika saya sangat merekomendasikan aplikasi untuk diunduh oleh para ibu di Indonesia, ataupun bahkan diunduh oleh siapa saja yang ingin lebih aware seputar kesehatan.

Menurut saya, meskipun menawarkan beragam fitur yang bagus namun aplikasi SehatQ cukup user-friendly alias sangat mudah digunakan. Surface atau tampilan aplikasinya sederhana dan tidak berbelit-belit. Membuat saya yakin siapapun bisa dengan mudah mengoperasikannya. Karena tampilan yang sederhana ini pula, aplikasi SehatQ tidak memakan kuota data yang besar saat diakses. Pengembang aplikasi ini juga selalu memperbaharui aplikasi sehingga aplikasi selalu responsif saat digunakan. Selama penggunaan, saya belum pernah mengalami aplikasi error atau lag. 

Kemudian yang tak kalah penting adalah soal layanan pada fitur chat dokter. Sebagai pengguna saya merasa sangat puas dengan layanan tersebut. Sebab cara penggunaannya sangat mudah, saya hanya perlu menunggu sekitar 10 menit untuk bisa terhubung dengan dokter. Tentu ini jauh lebih singkat ketimbang waktu yang saya habiskan untuk melakukan adminstrasi dirumah sakit. Dokter juga melayani saya dengan profesional. Saya diberikan beberapa masukan untuk mengurangi gejala-gejala penyakit yang saya rasakan. Berkonsultasi dengan dokter di aplikasi SehatQ menurut saya tak jauh beda dengan konsultasi tatap muka. Aplikasi ini sangat membantu untuk dijadikan pertolongan pertama.

Selain fitur konsultasi online diatas, fitur booking dokter juga menjadi favorit saya. Sebab jika terpaksa harus melakukan konsultasi tatap muka saya jadi tak perlu menunggu waktu lama untuk melakukan reservasi di rumah sakit. Tinggal datang dan langsung menunggu panggilan. Sebab pemesanan yang saya lakukan di aplikasi SehatQ langsung terintegrasi dengan staff di rumah sakit.

Saya Telah Merekomendasikan Aplikasi SehatQ pada Keluarga

dan Ini Kata Mereka!

“Dulu suka baca-baca artikel kesehatan secara random di internet, tapi zaman sekarang kan banyak hoax. Kalau ada SehatQ jadi gak perlu khawatir lagi karena sumber artikel kesehatannya terpercaya”

Uray Purnamawati

Guru

“Dengan SehatQ sekarang pastinya bisa jadi lebih melek soal kesehatan. Kalau sakit jadi gak buru-buru ke dokter. Bisa tanya-tanya dulu ke dokter online di SehatQ. Pokoknya SehatQ Mantul !”

Muhammad Rezha

Pelajar

“Aplikasi SehatQ bikin proses  booking dokter jadi lebih mudah. Mulai sekarang kalau mau scalling di klinik langganan bisa booking online di SehatQ biar gak antri lagi. Praktis banget”

Elvira

Mahasiswa

Kesimpulan

Menjadi seorang ibu memang menuntut saya untuk cekatan dalam segala hal. Termasuk dalam urusan kesehatan. Saya wajib tau  apa yang harus dilakukan untuk memberikan pertolongan pertama dikala suami ataupun anak-anak saya jatuh sakit. Dan sebagai seorang ibu, saya pun harus melek informasi seputar dunia kesehatan agar dapat melindungi kesehatan keluarga. Beruntungnya, pertemuan saya dengan aplikasi sehatQ menjadikan tugas-tugas diatas jadi terasa lebih mudah. Bersama sehatQ, saya percaya bahwa platform kesehatan digital ini tak hanya akan membawa manfaat kesehatan bagi keluarga namun juga akan memberi sumbangsih terhadap peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya.

Jadi, yuk jangan lupa download aplikasi sehatQ di playstore ataupun appstore kamu sekarang!

Sumber : 

Disclaimer : 

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog SehatQ dengan pilihan tema “Manfaat Platform Kesehatan Digital Bagi Keluarga” 

error: content is protected