A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

ASUS ROG Phone 3

“The Ultimate Winner”

Gaming saat ini menjadi aktivitas yang diminati oleh hampir setiap kalangan. Tua dan muda, pria dan wanita. Game adalah hiburan sekaligus olahraga yang tak mengenal gender. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini, dimana semua orang dituntut untuk lebih banyak beraktivitas dirumah, gaming pun seketika menjadi pilihan aktivitas yang seru untuk mengusir kebosanan.

Ngomong-ngomong soal gaming, perangkat ponsel adalah modal utama agar dapat bermain game dengan lebih maksimal. Terlebih bagi game-game hardcore yang bersifat kompetitif seperti e-sports. Untuk dapat menjadi juara, ponsel gaming dengan spesifikasi sempurna adalah senjatanya. Maka wajar saja, ponsel gaming dengan performa tinggi, andal dan responsif menjadi dambaan para gamers

ROG phone 3
ASUS ROG PHONE 3

Seperti cerita si Entong dan Mas Bro ini misalnya. Kesalahan saat memilih smartphone  membuat Si Entong terpaksa berurusan dengan permasalahan-permasalahan klasik yang acap dialami para gamers. Mulai dari ponsel yang macet atau “nge-lag” akibat prosesor yang lemot atau kapasitas RAM yang kurang besar, kemudian daya ponsel yang cepat lemah karena ukuran dan kualitas baterai tidak mumpuni serta tidak mendukung teknologi pengisi daya cepat (fast charging).

Selain itu banyak pula permasalahan lain yang juga kerap dialami gamers saat asyik bermain. Thermal throttling misalnya, keadaan ini adalah kondisi dimana GPU mencapai suhu maksimalnya untuk beroperasi, kemudian secara otomatis akan menurunkan performa demi keamanan perangkat keras. Hal ini biasanya diakibatkan sistem pendingin pada ponsel kurang baik sehingga ponsel jadi cepat panas. 

Jika hal-hal diatas dialami, bukannya menjadi hiburan dan mengusir kebosanan, bermain game bisa-bisa justru jadi bikin emosi. Betul kan?

Tips Memilih Smartphone Gaming

Solusi agar permasalahan diatas tidak dialami oleh gamers tentu adalah dengan memilih ponsel gaming yang powerful. Gamers wajib jeli memilih brand dan tipe yang memang diperuntukkan untuk gaming. Sebab hanya produsen ponsel gaming terbaiklah yang memikirkan dengan detail seluk beluk pembuatan smartphone gaming agar dapat betul-betul memenuhi kebutuhan seorang gamers.

Prosesor (chipset) yang powerful, kencang dan pintar adalah hal utama dan paling krusial. Sebab dengan modul kecil inilah semua data dalam ponsel diolah. Ibaratnya, chipset adalah “otak” dari ponsel itu sendiri. Chipset atau System of Chip terdiri dari CPU, GPU, DSP, Image processor, Video encoder, GPS, Modems dll. Otak kecil inilah yang menentukan performa dan kecepatan ponsel, konektivitas, audio, hingga keindahan grafisnya.

Selanjutnya, bentang layar yang luas dengan layar berteknologi AMOLED juga wajib jadi pilihan. Layar harus mampu menampilkan grafis terbaik hingga refresh rate 144hz. Refresh rate merupakan panel yang menentukan berapa banyak gambar yang di refresh setiap detiknya. Layar 144 Hz maksudnya layar mampu menampilkan gambar 144 per detik. Semakin tinggi refresh rate, semakin mulus pula visualiasi yang ditampilkan. Hal ini untuk mendapatkan pengalaman terbaik saat gaming. 

Selain itu pilihlah ponsel yang mendukung resolusi tinggi dengan kerapatan warna yang baik untuk tampilan visual yang lebih memukau. Untuk ponsel gaming, pilihlan layar dengan kerapatan warna minimal 8 bit keatas. Bit maksudnya adalah kedalaman warna pada gambar. Semakin tinggi bit, semakin tinggi pula variasi warna pada layar. Sehingga gambar akan tampak semakin nyata. Dan jangan lupa, pilih layar yang mendukung HDR untuk menampilkan gambar dan video lebih baik. 

Sebagai sebuah aktivitas multimedia, kualitas audio juga tidak boleh diabaikan begitu saja. Apalagi jika memainkan game kompetitif seperti PUBG atau Mobile Legend. Sedikit saja lengah maka kita akan kalah. Maka, pilihlah ponsel gaming yang mendukung kualitas suara stereo.

Kemudian hal lain yang harus diingat adalah memilih ponsel gaming dengan random access memory atau RAM yang besar untuk proses loading yang cepat. Saat bermain game, aplikasi membutuhkan ruang yang besar untuk membuka seluruh data. Untuk urusan gaming, ponsel dengan RAM minimal 4GB adalah pilihan terbaik. Selain itu, perhatikan jenis RAM nya. Model terbaru  dan terbaik saat ini adalah LPDDR5 yang dinilai lebih cepat dan lebih hemat baterai. LPDDR5 juga sudah mendukung 5G meskipun sayangnya 5G belum berlaku di Indonesia.

Selain RAM, memori penyimpanan internal atau ROM (read only memory) juga harus diperhatikan. Terlebih jika bermain game-game yang detail seperti RPG, FPS atau MOBA. Kapasitas ROM yang besar dapat membuat gamers lebih leluasa dalam menyimpan data-data gamenya. Pastikan juga soal kecepatan data transfer agar dapat menyimpan data dengan lebih cepat agar bisa bermain dengan leluasa.

Selanjutnya, pilihlah ponsel dengan kapasitas baterai yang besar dan mendukung teknologi fast charging serta hemat daya agar ponsel tidak tiba-tiba “lowbat” saat asyik bermain game.

Jika hal-hal diatas sudah diperhatikan maka hal terakhir yang boleh jadi pertimbangan adalah adanya fitur-fitur lain yang mendukung gaming. Seperti sistem pendingin yang baik agar ponsel tidak cepat panas meski digunakan dalam jangka waktu yang lama, hingga fasilitas dan aksesoris tambahan lain yang dapat memberikan pengalaman terbaik saat gaming.

Terakhir, harga boleh juga jadi pertimbangan. Namun jujur, menurut saya hal ini sangat relatif. Sebab dalam urusan hobi, tidak ada standar minimal dan maksimal soal harga. Semua sesuai kebutuhan dan keinginan serta yang pasti sesuai kantong saja. Teman-teman saya pegiat game e-sports misalnya, rela merogoh kocek hingga jutaan rupiah hanya untuk berbelanja skin PUBG. Apalagi urusan perangkat gawai, merogoh kocek agak dalam jika memang worth it dan disesuaikan dengan kemampuan, rasanya bukanlah masalah.

ASUS ROG Phone 3, Pilihan Smartphone Gaming Paling Powerful untuk Jadi “The Ultimate Winner”

Kabar baiknya, semua kriteria ponsel gaming idaman para gamers ada di ASUS ROG Phone 3. Varian ponsel gaming jebolan perusahaan teknologi terdepan asal Taiwan, ASUS ini baru saja dirilis di Indonesia pada tangal 24 september 2020 silam. Saya sengaja memasang alarm sebagai pengingat jadwal peluncuran ASUS ROG Phone 3 di Indonesia.  Sebab sejak pertama kali dirilis pada 22 Juli 2020 kemarin sudah banyak media teknologi internasional yang memuji-muji produk ini.

Lagipula sejak dulu, ASUS selalu menyajikan event launching yang spektakuler untuk setiap peluncuran produk mereka, ini pula yang membuat saya semakin bersemangat untuk menonton event launching ROG Phone 3 yang digelar secara live streaming melalui laman facebook dan youtube channel ASUS Indonesia itu. Alasan terakhir adalah karena saat peluncuran kemarin ada giveaway berhadiah ASUS ROG Phone 3, tentu saja saya jadi tambah bersemangat meskipun kemarin saya belum rezeki memenangkan giveaway tersebut hehe

Ngomong-ngomong tentang launching ROG Phone 3 kemarin, ternyata benar saja lho, sepanjang event virtual tersebut saya terus-terusan dibuat berdecak kagum. Terlebih saat Mr. Shawn, Global Sales & Marketing Director ASUS dan Mr.Alvis Product Manager ASUS Indonesia menjelaskan secara rinci satu persatu keunggulan spesifikasi dalam varian terbaru ponsel gaming legendaris dari ASUS ini. Duh, saya jadi semakin pengen punya!

Tak hanya mengusung desain yang menawan, ponsel gaming ini juga dibekali dengan chipset kencang dari Qualcomm Snapdragon 865+ 5g yang powerful dan diklaim sebagai chipset terkuat dan tercepat di dunia saat ini, disempurnakan pula dengan layar AMOLED yang mendukung refresh rate hingga 144hz serta baterai “monster” berukuran 6000 mAh. Dan lagi ROG Phone 3 menyediakan berbagai fitur tambahan serta aksesoris pendukung yang menjadikannya smartphone yang betul-betul Built For Gamers.

Melihat ini maka saya akui klaim sebagai ponsel gaming terkuat dan tercepat di dunia saat ini memang layak disandang oleh ASUS ROG Phone 3. Tapiiii, eittssss tunggu dulu, saya yakin kalian jadi semakin penasaran dan mupeng kan saat membaca paragraf diatas? Nah agar tak semakin penasaran, mari saya jelaskan satu persatu spesifikasi tersebut dengan lebih lengkap dibawah ini.

Diatas saya sudah menjelaskan betapa pentingnya chipset pada sebuah smartphone terkhusus smartphone untuk gaming. Nah, untungnya ROG Phone 3 ditenagai system of chip atau chipset Qualcomm Snapdragon 865+ yang saat ini merupakan SoC yang paling powerful untuk perangkat Android dan masuk dalam segmen Snapdragon Elite Gaming yang diklaim dapat memberikan pengalaman terbaik saat mobile gaming.  Dalam acara peluncuran ASUS ROG Phone 3,  Mr. ST.Liew selaku Vice President of Qualcomm Southeast Asia menyebutkan ROG Phone 3 merupakan smartphone gaming pertama di dunia yang disematkan Qualcomm Snapdragon 865 plus tercepat dan paling premium. 

Mr.ST Liew juga menyebutkan, Qualcomm Snapdragon 865+ akan membuat pengalaman gaming menjadi lebih mengesankan, mumpuni dan berkelas sebab chipset ini menjanjikan performa superkencang dengan dukungan konektivitas 5G terbaik yang dipadukan dengan konektivitas terbaru WiFi 6 dan teknologi AI (artificial intelligence) tercepat saat ini sehingga membuat performa ASUS ROG Phone 3 setara dengan performa kualitas gameplay di PC. Selain itu ROG Phone 3 hadir dengan fitur terbaru bernama ROG HyperFusion Technology. Fitur tersebut memungkinkan gamers untuk menggabungkan 5G dengan WiFi 6 secara bersamaan untuk menghasilkan konektivitas terbaik saat bermain game ataupun menikmati konten digital lainnya.

Masih dalam event yang sama, Mr.Alvis Product Manager ASUS Indonesia menyebutkan bahwa Snapdragon 865+ memberikan daya dan kinerja maksimum untuk para mobile gamers. Snapdragon 865+ memiliki kecepatan clock CPU hingga 3.1 GHz dengan Kryo 585 prime, yang mana ini meningkatkan kecepatan ponsel hingga 10% dibandingkan dengan versi snapdragon sebelumnya yang berada di clock 2.84 GHz. Selain itu chipset  juga dibekali GPU Adreno 650 yang memungkinkan rendering grafis 10 kali lebih cepat dan kinerja CPU yang lebih tinggi.

Sebagai chipset yang mengunggulkan segi performanya, terutama untuk pengalaman gaming, Snapdragon 865+ telah dilengkapi dengan fitur Snapdragon Elite Gaming yang termasuk di antaranya fitur Desktop Forward Rendering, Qualcomm Game Color Plus v2.0, serta Qualcomm Game Smoother. Chipset ini disempurnakan pula dengan memori RAM LPDDR5 hingga 16 GB dan ROM atau storage ultra-fast UFS 3.1 berkapasitas sampai dengan 512 GB.

Dari uraian diatas maka jelas ya, bahwa klaim ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming terkuat dan tercepat di dunia sangat layak diakui. Apalagi skor benchmark juga menempatkan ROG Phone 3 di posisi pertama diantara pesaing lainnya di dunia.

ASUS ROG Phone 3 mengusung layar AMOLED 6,59 inci dengan aspek rasio 19,5:9  dan dukungan 10 bit display dan resolusi Full HDR10+ yang mampu memberikan kualitas visual yang memukau karena memiliki satu miliar warna 1080×2350 piksel dan mencakup 113 persen DCI-P3 gamut. Selain itu Akurasi warna juga terjamin sebab ASUS ROG Phone 3 telah mengadopsi layar dengan nilai Delta E < 1. Semakin kecil nilai Delta E maka semakin akurat pula warnanya dan semakin baik pula proses kalibrasinya.

Bagi orang yang suka gaming sekaligus adalah seorang content creator seperti saya, smartphone ini pastinya cocok banget karena ROG Phone 3 dapat membantu menciptakan konten desain yang lebih akurat warnanya. Tak perlu ragu hasil desain di layar smartphone dan hasil cetak berbeda warna karena layar. Apalagi akhir-akhir ini saya mulai sering melakukan editing foto bahkan membuat desain lewat smartphone sehingga smartphone dengan layar yang kaya warna dan akurat seperti ini tentunya sangatlah dibutuhkan.

Touch sampling rate layar ponsel ini sebesar 270Hz dengan latensi sentuhan 25 ms. Touch latency yang rendah memungkinkan sistem mengenali input sentuhan lebih cepat dan berpengaruh langsung pada performa gaming secara keseluruhan. Kita jadi tak perlu khawatir saat sedang bermain game dengan tingkat kompetitif yang tinggi sebab layar sentuh pada ponsel ini super responsif. 

rog phone 3

Satu hal yang harus diingat adalah, layar ROG Phone 3 sudah mendukung refresh rate 144Hz. Dengan ini, kita bisa menikmati game grafis tinggi dengan visualisasi yang lebih nyata. Saat ini sudah ada ratusan game android yang mendukung refresh rate hingga 144hz seperti pac-man, slamdunk, forsaken world, minecraft dsb. Kalaupun game yang dimainkan belum mendukung refresh rate 144hz, kita bisa dengan mudah beralih ke 120hz, 90hz atau 60hz dalam sekali sentuhan.

Selain itu layar tersebut juga mendukung eye comfort dengan fitur flicker reduction bersertifikasi TÜV Rheinland. Hal ini tentunya dapat mengurangi risiko blue light dan membuat mata lebih nyaman saat bermain game ataupun menonton film dalam durasi yang lama.

Hmmm, nge-game atau nonton movie marathon berjam-jam jadi lebih tenang!

ASUS memberikan kapasitas baterai berukuran monster untuk ponsel gaming terbaiknya saat ini, yaitu 6000 mAh. Hal ini tentunya membuat gamers bisa bermain  dengan nyaman dalam durasi yang cukup lama. Hasil pengujian menunjukkan, ROG Phone 3 dapat bertahan hingga rata-rata 9 jam ke atas nonstop untuk bermain game-game populer dengan grafis tinggi. Misalnya untuk PUBG 9,2 jam, Asphalt 9,6 jam dan Call of Duty 9,3 jam. Bagi ultimate gamers jadi tak perlu khawatir lagi ponsel akan cepat lowbat. Kita jadi bisa bertahan sampai memenangkan permainan. Jika dibandingkan dengan smartphone lain sekelasnya yang hanya bertahan 5-7 jam pada jenis game yang sama, tentu ROG Phone 3 ini jadi juara.

rog phone 3

Ada pula custom battery mode yang memungkinkan pengguna untuk memilih mode hemat daya saat penggunaan pasif. Selain itu terdapat teknologi hypercharge 30 watt untuk ROG Phone 3 sehingga jika smartphone keburu lowbat pengisian daya dapat dilakukan dengan super cepat. Dan untuk memperpanjang masa pakai baterai, ASUS sediakan PowerMaster, sebuah menu di dalam Settings yang memungkinkan pengguna untuk menjaga kesehatan baterai. Disini pengguna dapat mengatur kecepatan pengisian daya dan peningkatan masa pakai baterai. 

ASUS ROG Phone 3 memang layak menjadi smartphone gaming andalan para  gamers terlebih ROG Phone 3 juga didesain dengan sangat detail dan hati-hati, dengan memperhitungkan kebutuhan gamers pada umumnya. Misal, peletakkan port dipikirkan betul-betul oleh desainer ASUS agar tak menganggu keseruan pengguna saat gaming.

Dengan side-mounted port atau port yang diletakkan di samping bodi ponsel maka pengalaman gaming dalam mode landscape jadi lebih nyaman sebab kabel charger dan jack lainnya tidak menganggu jalannya permainan.

Ya, ROG Phone memang smartphone gaming pertama yang mengoptimalisasi mode landscape pada sebuah ponsel. Ini menurut saya sebuah terobosan yang cerdas karena memang selama ini port charger dibagian bawah ponsel seringkali terasa mengganjal tidak hanya saat nge-game tapi juga saat kita membutuhkan mode landscape untuk live streaming atau mengambil video misalnya. Port USB-C sebagai fasilitas untuk mengkoneksikan aksesoris dapat digunakan pula untuk charger sehingga lebih efisien.

Aksesoris seperti AeroActive Cooler 3 dapat dipasang melalui port khusus tersebut dan menawarkan konektivitas ekstra berupa 3.5mm audio jack dan konektor untuk pengisian daya. AeroActive Cooler 3 juga menawarkan solusi pendinginan aktif untuk mendinginkan ROG Phone 3 sehingga tetap nyaman saat digunakan untuk bermain game dalam durasi yang panjang.

Desain speaker yang berhadapan dan berukuran cukup besar (dual front facing speaker) juga merupakan terobosan yang unik untuk menciptakan ponsel gaming dengan audio yang luar biasa. Ini diciptakan untuk gamers yang bermain game dimana audio juga sangat menentukan seperti game-game MOBA atau FPS.

Air Trigger 3 Technology, memaksimalkan fungsi ponsel layaknya joystick dengan sensor gerak & sentuh

Selain itu Fitur AirTrigger juga kembali hadir dengan inovasi baru. AirTrigger adalah fitur khusus pada ROG Phone dimana dengan ini kamu bisa menggunakan ponsel selayaknya joystick saat bermain game. AirTrigger 3 kali ini memiliki tambahan gesture baru yang dapat digunakan saat bermain game termasuk swipe dan dual-partition button emulation yang memungkinkan penggunanya memiliki kontrol penuh terhadap semua game yang dimainkan. ROG Phone 3 juga memiliki motion sensor yang dapat digunakan sebagai kontrol tambahan. Motion Sensor memungkinkan gamer berinteraksi dengan cara menggerakkan smartphone ke depan dan belakang. Sama seperti AirTrigger 3, motion sensor juga dapat diprogram untuk dapat disesuaikan dengan game yang sedang dimainkan.

Kemudian ada pula software khusus di ROG Phone 3 untuk memanjakan gamers yaitu : Armoury Crate. Disini gamers dapat dengan mudah mengatur game sesuai keinginan. Mulai dari fungsi menyimpan profil game, terhubung ke sesama gamers berbagi seputar taktik dan beajar dengan gamers lain lewat fitur ROG Connect dan yang menurut saya sangat unik adalah fitur “marked clips” dimana gamers bisa merekam momen-momen kemenangan saat bermain game dengan memilih sendiri durasi perekaman lalu mengunggahnya ke media sosial. Gamers pun dapat mengatur seluruh kinerja dan performa. Semua ini dapat dilakukan melalui fitur Game Genie di Armoury Crate.

Urusan konektivitas juga menjadi fokus penting dalam memilih smartphone gaming. Maka ASUS menghadirkan HyperFusion Network Technology dimana dengan ini pengguna dapat memaksimalkan konektivitas dengan menggabungkan WiFi 6 dan teknologi komunikasi seluler teranyar, 5G.

Demi menciptakan pengalaman gaming yang sempurna ASUS menghadirkan berbagai aksesoris pendukung pada ROG Phone 3 yang dapat dibeli secara terpisah atau sekaligus dengan produkROG Phone 3 (bundling product). Produk Tersebut antara lain :

  • ROG Kunai 3 Game Pad : Meskipun ROG Phone 3 sudah menggunakan Airtrigger 3 dimana pengguna dapat menggunakan mode joystick pada ponsel dengan sensor gerakan dan sentuhan, namun pengalaman bermain  akan lebih baik lagi jika menggunakan controller fisik atau joystick sungguhan. Itulah sebabnya ROG Kunai Gamepad 3 hadir. Memiliki desain baru yang lebih kokoh sekaligus fleksibel, ROG Kunai 3 Gamepad juga didukung fitur key mapping melalui Game Genie dan telah kompatibel dengan berbagai game. Daftar game yang kompatibel dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.
  • Twin View Dock 3 : TwinView Dock 3 kembali hadir untuk memberikan pengalaman bermain game menggunakan dua layar sekaligus. Masih dilengkapi dengan kipas dan baterai berkapasitas 5.000mAh, TwinView Dock 3 kini telah dilengkapi dengan layar yang memiliki refresh rate 144Hz atau sama dengan ROG Phone 3. Daftar game yang kompatibel dengan TwinView Dock 3 dapat dilihat melalui aplikasi Armoury Crate.
  • ROG Clip : Punya controller DualShock 4, XBOX One, atau Google Stadia? Melalui ROG Clip, kini gamer dapat menghubungkan controller tersebut secara mudah dengan ROG Phone 3. Cukup pasangkan ROG Clip di salah satu controller tersebut dan tempatkan ROG Phone 3 di dudukan yang telah disediakan. Bermain di ROG Phone 3 pun kini sama nyamannya dengan bermain di konsol.
  • AeroActive Cooler 3 Keberadaan AeroActive Cooler tidak bisa dipisahkan dari ROG Phone. Kali ini AeroActive Cooler 3 menawarkan performa pendinginan yang lebih baik dan tingkat kebisingan yang lebih rendah. Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga dilengkapi dengan port USB Type-C untuk pengisian daya serta 3.5mm audio jack untuk menghubungkan headphone.

 

  • Lighting Armour CaseIngin ROG Phone 3 tampil lebih gaya? Gunakan Lighting Armour Case terbaru untuk dapat menampilkan logo ROG dengan tampilan mirip AniMe Matrix yang ada di laptop ROG Zephyrus G14. Lighting Armour Case juga kompatibel dengan fitur Aura RGB dan dapat dikustomasi melalui aplikasi Armoury Crate.
  • Glass Screen ProtectorAgar ROG Phone 3 selalu terlindungi, ASUS juga menyediakan aksesori Glass Screen Protector yang dirancang khusus untuk melindungi layar sehingga terhindar dari goresan. Aksesori Glass Screen Protector juga dilengkapi dengan teknologi anti bakteri sehingga dapat melindungi gamer yang menggunakannya.

asus rog phone 3

Ponsel gaming terbaik adalah yang memiliki sistem pendingin sempurna. Tujuannya agar  performa yang maksimal dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama sesuai durasi permainan tanpa menganggu kenyamanan penggunadan kesehatan perangkat ponsel tersenut tentunya. ROG Phone 3 mengusung sistem pendingin dengan GameCool 3 dan 3D Vapor Chamber desain baru. GameCool 3 hadir dengan heatsink yang 6 kali lebih besar dari sistem pendingin generasi sebelumnya. GameCool3 dirancang secara spesifik untuk menghantarkan panas dari komponen utama di ROG Phone 3 dan melepaskannya di ventilasi udara yang terdapat di bagian belakang (backdoor) ponsel ini. Semua itu yang membuat ROG Phone 3 dapat berjalan tanpa thermal throttling, bahkan saat dalam sesi gaming panjang sekalipun. ROG Phone 3 juga memiliki aksesori sistem pendingin bernama AeroActive Cooler 3. Pendingin aktif tersebut dapat dipasang untuk menghadirkan aliran udara serta pendinginan yang lebih baik.

Tidak hanya visual, aspek audio ROG Phone 3 juga amat memanjakan telinga penggunanya terutama bagi gamers. Speaker yang lebih besar, magnet yang lebih banyak, dan ekskursi pengemudi yang ditingkatkan, Volume, kejernihan serta tingkat respons frekuensi amat diperhatikan untuk menghasilkan audio berkualitas tinggi pada ROG Phone 3. Sekecil apapun suara dan gerakan yang dibuat oleh lawan bermain, kamu bisa mendengarnya! Hal ini pastinya membuat peluang memenangkan game jadi lebih besar.

Sistem audio GameFX yang dirancang bekerja sama dengan spesialis pengoptimalan audio Dirac,  menampilkan dua speaker stereo menghadap depan yang menghadirkan audio yang kuat dan imersif untuk gaming. Ada juga fitur Mode Game terbaru yang memungkinkan pengguna menentukan lokasi pemain menggunakan algoritma audio yang unik. Selain mantap untuk bermain game, speakernya juga ideal bagi yang suka menonton film atau video di ponsel. 

ROG Phone 3 menggandeng Dirac untuk menghadirkan kualitas audio yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Hasilnya ROG Phone 3 berhasil menerima skor yang sangat tinggi, yaitu 75 poin, oleh DXOMARK Audio Review. DXOMARK menyebut ROG Phone 3 berhasil menaikkan standar kualitas audio pada smartphone berkat kualitas audio yang sangat seimbang dan berkualitas tinggi.

Gamer juga akan disuguhkan dengan kualitas audio terbaik saat bermain game berkat Game Mode terbaru yang dapat meningkatkan efek suara di dalam game dan membuat pengalaman bermain lebih nyata. ROG Phone 3 juga telah mendukung teknologi Qualcomm aptX™ Adaptive yang akan memberikan gamer kualitas suara terbaik dengan minim latency saat menggunakan headphone nirkabel melalui Bluetooth.

Meskipun belum bisa hands-on alias pegang langsung produknya (doakan saya segera punya ya! ^^) tapi dari berbagai review di media sosial saya sudah menyaksikan sendiri betapa keren dan bikin “mupeng”nya ASUS ROG Phone 3. Sama dengan desain-desain ASUS ROG Phone sebelumnya, kali ini  ROG Phone 3 dibuat dengan desain yang terlihat futuristik namun lebih simple dan elegan.  Pada ASUS ROG Phone 3, di bagian belakang terdapat logo ROG dengan Aura RGB yang dapat menyala dan dapat diatur di Armoury Crate serta deretan tiga lensa kameranya. Pada bagian belakang atau backdoor ROG Phone 3 terdapat satu garis dengan satu lubang kecil untuk Aero Coolernya. Hal yang pastinya mencuri perhatian adalah adanya aerodynamic system yang dipersimpel dari sebelumnya. Untuk bagian tersebut, bagian backdoornya sengaja dibuat transparan sehingga kamu bisa melihat isi mesinnya hanya dari luar dan itu membuat desain dari backdoor ROG kental akan nuansa industrial dan gamingnya. Keren!

ASUS ROG PHONE 3

Meskipun diusung sebagai ponsel gaming namun kualitas kamera tak boleh diabaikan begitu saja. Sebab kualitas kamera adalah penentu citra sebuah smartphone saat ini. Pada bagian kamera di bodinya ASUS ROG Phone 3 memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Kamera belakang utama beresolusi tinggi 64 MP dengan sensor utamanya Sony IMX686 lalu kamera ultrawide 13 MP dan kamera makro 5 MP serta 1 lampu flash. Untuk kamera depan atau kamera selfie adalah kamera wide 24 MP yang diposisikan dengan sedemikian rupa untuk memudahkanmu melakukan live streaming saat sedang nge-game, membuat konten ataupun sekadar ingin berselfie ria.

Dengan kamera yang mumpuni pengguna dapat menghasilkan gambar berkualitas. Apalagi dengan adanya fitur kamera yang terbilang cukup lengkap mulai dari portrait, panorama, night mode, macro, hingga mode pro, yang dapat digunakan saat mengambil foto ataupun video. ASUS ROG Phone 3 juga mendukung pengambilan video HD 720p sampai dengan FHD1080p dan resolusi 4k 60fps hingga 8K 30 fps. Bagi vlogger atau creator yang ingin merekam video yang lebih stabil terdapat fitur Hypher Steady dan Motion Tracking yang dapat digunakan.

Untuk memastikan kinerja terbaik, ASUS memberikan fitur X Mode performance-tuning pada ROG Phone 3. X Mode adalah mode khusus yang didedikasikan untuk bermain game. Ketika X Mode diaktifkan, hal tersebut akan meningkatkan efisiensi perangkat keras dan menghapus aplikasi latar belakang untuk melepaskan memori, serta mengoptimalkan pengalaman bermain game. Mode ini dapat disetel untuk mendapatkan performa terbaik dari ponsel jika dibutuhkan.

Smartphone Gaming Dambaan Para Gamers

Gimana, jadi tambah mupeng gak setelah saya menjelaskan panjang lebar satu persatu spesifikasi ROG Phone 3 diatas? Kalau saya sih jadi pengen banget ^^ Dibawah ini saya berikan informasi soal harga dan pembeliannya serta promo ASUS X RRS yang saat ini sedang berlangsung. 

Harga & Pembelian

ASUS ROG Phone 3

128 gb/ RAM 8 Gb

Rp 9.999.000

ASUS ROG Phone 3

256Gb/RAM 12 Gb

Rp 14.999.000

Pembelian Offline – Klik Lokasi Dibawah ini :

Pembelian Online – Klik Dibawah ini :

ASUS ROG Phone X RRQ E-Sports Team

Sebagai bukti keseriusan ASUS dalam menghadirkan ponsel gaming untuk para gamers, ASUS dalam peluncuran ROG Phone 3 kali ini menggandeng team e-sports RRQ (Rex Regum Qeon) sebagai partner kolaborasi.  RRQ sendiri adalah salah satu team e-sport terbesar di Indonesia yang sudah berdiri cukup lama, yaitu dari tahun 2013.  Hingga saat ini RRQ sudah banyak menorehkan berbagai prestasi dalam turnamen-turnamen e-sports baik Nasional maupun Internasional. Kolaborasi ini adalah wujud keseriusan ASUS mendukung gamers untuk memaksimalkan potensinya agar para ROG Fans khususnya pengguna ROG Phone juga bisa berprestasi layaknya para pemain game profesional RRQ. 

Setiap pembelian ROG Phone 3 versi 12GB/256GB akan langsung mendapatkan free merchandise RRQ x ROG. Di dalamnya ada hoodie, T-Shirt, Masker, dan Wristband (selama persediaan masih ada).

Saatnya Nge-Game dengan HP Sultan!

asus rog phone 3

Kita tidak pernah tau kemana nasib akan membawa aktivitas gaming yang kerap kita anggap receh ini. Bisa jadi bermula dari iseng-iseng bermain game kita malah jadi atlet e-sports profesional yang berhasil memenangkan berbagai turnamen dengan hadiah ratusan ribu dollar, bisa jadi juga dengan bermain game kesehatan mental kita jadi lebih meningkat sehingga dapat menjalankan hidup dengan lebih layak, atau bisa jadi juga  lewat game kita bisa ketemu teman baru atau bahkan jodoh. Who knows kan? makanya, menurut saya game di zaman sekarang adalah sebuah aktivitas hiburan yang sebetulnya layak “diseriuskan”. Salah satu caranya adalah dengan memilih smartphone gaming terbaik untuk mendukung performa terbaik saat bermain.

Diatas saya sudah menjelaskan dengan cukup rinci mengenai tips-tips memilih smartphone gaming. Saya juga sudah menguraikan mengapa ASUS ROG Phone 3 menjadi pilihan tepat bagi kamu yang butuh smartphone gaming paling mengaku gamers sejati dan membutuhkan smartphone gaming paling powerful. Spesifikasinya yang juara pasti akan mendongkrak performa. Tak hanya memenangkan pertandingan dalam game, bisa-bisa kamu juga memenangkan hati wanita saat membawa hp yang kece ini. Gak percaya? Lihat aja akhir cerita Si Entong diatas hihi. Jadi, sudah siapkah kamu menjadi The Ultimate Winner dengan ASUS ROG Phone 3?

asus rog phone 3

Artikel ini diikutsertakan dalam Blogger Writing Competition : ASUS ROG Phone 3 The Ultimate Winner yang diselenggarakan oleh ASUS ROG Indonesia dan Elvina Yanti (www.kicauanvina.com)

Sumber-sumber :

  • Informasi Produk : Situs resmi ASUS Indonesia dan press release ASUS ROG Phone 3, (Semua informasi dan data-data  dari sumber asli diolah kembali oleh penulis)
  • Foto : Situs resmi ASUS Indonesia, Media Sosial ASUS ROG Indonesia, Tangkapan layar benchmark score via website Antutu
  • Olah Grafis : Rizka Edmanda
  • Video : Channel Youtube ASUS ROG Indonesia

 

error: content is protected