A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Face Serum Scarlett Whitening

Pengalaman menyenangkan setelah mencoba rangkaian body care dari Scarlett Whitening beberapa waktu lalu ternyata bikin saya penasaran untuk mencoba rangkaian face care terbaru dari Scarlett Whitening. Apalagi lini produk terbaru dari Scarlett Whitening ini cukup booming saat pertama kali launching kemarin. Hampir semua forum kecantikan yang saya ikuti mulai dari Female Daily sampai forum-forum komunitas ramai memperbincangkan produk ini. Saya pun jadi semakin penasaran untuk mencobanya dan tentu gak sabar untuk memberikan reviewnya ke teman-teman pembaca semua! Jadi, baca sampai habis reviewnya ya!

face serum scarlett whitening

Scarlett Whitening merilis produk serum wajah sebagai pilot product untuk varian face care mereka. Terdapat 2 varian serum yaitu Acne Serum berwarna ungu (Kulit berminyak & berjerawat) dan Brightly Ever After Serum berwarna pink (Normal dan Semua Tipe Kulit). Sebagaimana yang saya katakan sebelumnya, kedua varian serum ini ternyata disambut dengan sangat antusias oleh kalangan pecinta skincare di tanah air. Gak kalah dong sama lini produk body care mereka yang juga sangat-sangat booming. Mulai dari kalangan beauty blogger/vlogger sampai dokter vlogger favorit saya Dokter Richard Lee juga sempat mereview produk ini, yang mana ini bikin saya jadi tambah penasaran. Daaaan Alhamdulillah menurut videonya Dokter Richard Lee setelah dilakukan uji lab oleh beliau ternyata serum ini aman untuk digunakan. Yeaaay !

By the way, untuk yang belum tau atau baru pertama kali mampir ke blog ini akan saya kasi tau lagi kalo tipe kulit saya adalah normal-kombinasi. Kalau masalah kulit paling hanya kusam dan sering muncul dry patch di beberapa area. Jadi, saya memilih varian Brightly Ever After Serum yang memang ditawarkan untuk semua tipe kulit wajah.

MY SKIN PROFILE
Skin Type              : Combination (Normal to Dry)
Skin Tone               :   Light
Skin Undertone    : Neutral
Skin Concerns      : Hormonal Acne, Acne Scars, Blackheads, Large Pores

Scarlett Whitening Britghtly Ever After Serum

face serum scarlett whitening

Pertama kita mulai bahas dari kemasannya dulu ya. Menurut aku, packagingnya standar aja seperti kemasan serum pada umumnya. Namun, saya mengapresiasi karena produsen membubuhkan informasi yang sangat lengkap pada bagian kemasan box. Buat kalian yang sering baca review skincare or makeup dari saya pasti tau kalau saya cukup cerewet soal ini karena menurut saya mengetahui informasi produk secara pasti adalah hak konsumen dan sebuah jaminan awal bahwa sebuah produk bukan abal-abal.

Informasi yang tertera mulai dari nama produk, kandungan utama, isi produk yaitu 15 ml, logo penyimpanan maksimal produk yaitu 6 bulan setelah dibuka, logo free animal cruelty, waktu dan cara pemakaian, cara penyimpanan, stiker hologram, tanggal expireddan tentu nomor BPOM yaitu BPOM RI NA18201901367.  Sedangkan pada bagian kemasan utama berbentuk botol kaca transparan dengan stiker yang berisikan informasi produk dan aplikator serum berbentuk pipit dropper. Warna kemasannya pink peachy, yang menurut saya membuatnya jadi tampil sangat feminin dan fresh.

Kandungan Utama dan Manfaat

Varian Brightening Serum memiliki kandungan utama Glutathione dan Vitamin C yang juga diperkaya dengan niacinamide, phyto whitening  dan lavender water. Hmm buat para skincare enthusiast pasti udah paham ya kalau kandungan diatas adalah “dewanya” produk pencerah wajah. Glutathione sendiri juga adalah bahan pencerah andalannya Scarlett Whitening yang sudah hits di sister product mereka yaitu body care. Jadi jangan heran kalau banyak review yang bilang kalau serum ini ampuh banget untuk mencerahkan wajah.  Bisa dilihat pada infografis diatas ya, beberapa manfaat dari kandungan serum ini yang berfungsi untuk melembabkan, mencerahkan hingga menyamarkan dark spot dan melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan.

Kesan Pemakaian

Kesan pertama saat mencoba serum ini adalah teksturnya yang sangat ringan dan mudah menyerap di kulit dengan cepat. Selain itu, serum juga terasa dingin di kulit dan nyaman digunakan. Tidak terasa tebal bahkan setelah ditimpa dengan make up sekalipun. Saya menggunakan serum ini dalam waktu lebih kurang 3 minggu. Hasil nyata yang saya lihatkan adalah kulit terasa lebih lembab dan kencang setelah pemakaian. Untuk tingkat kecerahan memang tidak instan namun terlihat cukup signifikan. Beberapa bekas jerawat juga terlihat samar. Seperti yang saya katakan, di awal kehamilan saya memang sempat jerawatan dan bekasnya masih tertinggal di area pipi, namun syukurnya bekas-bekas jerawat tersebut agak memudar setelah 3 minggu pemakaian serum ini. 

Ohya, karena ini totally sebuah serum, jadi pastikan kalian juga menggunakan rangkaian skincare lain saat menggunakannya ya supaya hasilnya lebih maksimal. Misalnya facial wash, toner dan yang pasti amat sangat wajib adalah SUNSCREEN jika kalian ingin menggunakan serum ini di siang hari. Hmm saya sih berharap Scarlett Whitening segera merilis rangkaian produk yang lebih lengkap untuk menemani serum yang kece ini. Kita doain aja ya!

Scarlett Whitening Acne Serum

face serum scarlett whitening

Produk Scarlett Whitenig varian Acne Serum dikemas dalam box berwarna ungu untuk membedakannya dengan varian yang Brightening. Sama seperti sister productnya, varian ini juga memiliki informasi yang cukup lengkap pada bagian kemasan mulai dari nama produk & produsen, kandungan utama, isi produk 15ml, cara pemakaian dan penyimpanan, barcode, waktu pemakaian, tanggal expired dan PAO (period after opening) yaitu 6 bulan serta logo animal cruelty free dan No BPOM RI NA 1820014454. Untuk teksturnya sendiri mirip dengan varian yang brightening. Teksturnya transparan, ringan dan mudah menyerap di kulit. Ohya, tidak disarankan untuk menggunakan kedua produk secara bersamaan ya. Jadi kalian bisa pakai serum ini bergantian. Pakai yang varian Acne saat wajah sedang berjerawat dan pakai yang varian Brightening saat kulit cenderung normal.

Kandungan Utama dan Manfaat

Serum Scarlett Whitening varian Acne Serum memiliki kandungan utama antara lain tea tree water, jeju centella asiatica, vitamin c, salicylic acid dan liquorice extract. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa tea tree sejak dulu memang dikenal baik untuk meredakan jerawat  sedangkan jeju centella asiatica dikenal baik untuk meredakan peradangan / inflamasi, menjaga kelembaban kulit hingga mempercepat penyembuhan luka pada kulit. Sementara salicilyc acid adalah bahan aktif yang sering kita temukan pada produk-produk obat jerawat karena dia memang berfungsi untuk mengangkat kotoran yang menyumbat kulit (komedo) sebagai penyebab jerawat. Makanya nih produk serum ini ampuh untuk kalian yang memiliki kulit berjerawat atau sedang berjerawat.

Ohya meskipun judulnya ini serum untuk kulit berjerawat tapi dia tetap bisa mencerahkan kok karena ada kandungan Liquorice Extract yang bisa membantu menyamakan warna kulit dan mencerahkan.

Kesan Pemakaian

Sebagai pemilik kulit normal kombinasi dan hanya sesekali muncul jerawat, saya tidak menggunakan serum ini pada seluruh wajah melainkan hanya pada area-area yang berjerawat saja misalnya di area rahang bawah ataupun area T. Itupun hanya sesekali misalnya saat muncul jerawat hormonal. Namun jika kalian memang memiliki kulit acne prone, saya menyarankan untuk menggunakan serum ini pada seluruh wajah agar hasilnya lebih maksimal ya.

Beberapa bruntusan kecil yang muncul di area rahang bawah bisa kempes dengan cukup cepat. Namun maaf ya saya tidak bisa memberikan foto before after karena memang jerawatnya di bagian wajah yang biasa tertutup hijab (agak kebawah mendekati leher). Setelah jerawatnya kempes, saya pribadi melanjutkan pemakaian serum yang brightening secara bergantian.

 

Catatn Buat Bumil/Busui

Karena pengunjung blog ini kebanyakan adalah ibu-ibu 😀 jadi saya pengen bikin notes khusus mengenai skincare ini untuk ibu hamil dan menyusui. Nah jadi dari yang saya ulik-ulik, Scarlett Whitening tidak pernah mengklaim produk ini aman atau tidak aman untuk ibu hamil. Tapi setelah saya perhatikan dari key ingridientsnya memang terdapat beberapa bahan aktif yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil seperti misalnya salicylic acid atau asam salisilat yang terdapat pada varian acne serum. Beberapa literatur yang saya baca sebetulnya menyebutkan penggunaan asam salisilat secara topikal dan dalam kurang dari 2% sebetulnya masih aman untuk digunakan selama kehamilan terutama di kehamilan trimester kedua dan ketiga. Tapi sayangnya pada kemasan produk tidak disebutkan berapa persen kandungan salicylic acid didalam produk.  Namun sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter kandungan  teman-teman ya.

Jadi gimana nih, makin penasaran gak buat mencoba serum yang lagi booming ini? Ssst harganya cukup terjangkau lho, cuma Rp 75.000 aja dan bisa didapatkan dimana-mana. Di e-commerce, toko kosmetik kesayangan kalian ataupun di Official Store Scarlett Whitening di Shopee https://shopee.co.id/scarlettofficialshop dan Nomor Whatsapp 087700163000. Kalau kalian juga pernah mencoba produk serum ini, ceritain juga dong sama saya kesan-kesannya… Saya tunggu cerita kalian di kolon komentar ya! Terima kasih sudah mampir dan silahkan bagikan artikel ini jika dirasakan bermanfaat ya!

error: content is protected