A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Bagi teman-teman yang sudah lama mengikuti blog ini, ataupun berteman dengan saya di sosial media mungkin tau bahwa sejak hamil saya sering membahas soal skincare yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Sebab memang terdapat kandungan tertentu pada skincare yang berbahaya dan tidak direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui. Makanya saya jadi agak picky urusan skincare sejak hamil sampai sekarang.

Ngomongin pregnancy & breastfeeding safe skincare, saya harus akui kalau skincare jenis ini biasanya tidak menjanjikan klaim yang berlebihan untuk merawat kulit. Makanya saya tidak pernah berekspetasi macam-macam soal skincare. Apalagi untuk skincare dengan embel-embel organik atau skincare tanpa bahan kimia tertentu, rasanya mustahil untuk mendapatkan hasil yang benar-benar wow.

Tapi, Skin Dewi merubah persepsi saya soal skincare organik. 2 produk mereka yang sudah saya coba lebih kurang 2 minggu ini menunjukkan hasil yang nyata. Saya sampai ngepoin akun sosial media mereka lalu baca-baca review lain soal 2 produk tersebut saking penasarannya. Ternyata bener, produk serum Skin Dewi yang satu ini banyak direkomendasikan oleh para skincare enthusiast di Indonesia. Bahkan, star ingridients yang digunakan digadang-gadang menjadi salah satu jenis bahan organik paling populer untuk urusan membasmi bekas jerawat dan menyamarkan warna kulit yang tidak merata.

Makin penasaran kan? Yuk simak review saya ya!

Kenalan Sama Tamanu Oil

Tamanu oil sudah cukup dikenal di kalangan pecinta skincare khususnya pecinta skincare organic. Karena katanya kandungan alami dalam minyak tamanu bisa menghilangkan bekas jerawat bahkan bisa seefektif produk berbahan aktif seperti AHA dan BHA. Klaim ini membuat saya tambah penasaran karena memang dari dulu saya mencari-cari produk organik yang ampuh untuk menghilangkan bekas jerawat.

Tamanu oil adalah minyak yang di ekstrak dari biji atau kacang pohon tamanu atau Calophyllum inophyllum yang banyak tersebar di wilayah Polinesia. Meskipun sekarang, di Asia sendiri termasuk Indonesia, pohon ini sudah banyak ditanam juga. Banyak studi dan literature yang sudah membuktikan keampuhan tamanu oil untuk berbagai permasalahan kulit mulai dari gatal-gatal, alergi, iritasi, inflamasi bahkan rosacea. Hal ini dikarenakan sifat tamanu oil yang memiliki fungsi anti bakteri, antioksidan anti inflamasi sehingga membuatnya sangat bagus digunakan pada kulit termasuk meredakan jerawat yang disebabkan oleh bakteri. FYI,  bakteri Propionibacterium acnes yang berkembang, lalu menyumbat folikel rambut, dan menyebabkan peradangan adalah salah satu penyebab jerawat yang paling umum lho!

Tamanu oil memiliki beberapa kandungan fatty acid (asam lemak) yang baik untuk kulit. Seperti asam linoleate, asam oleate, asam stearate, asam palmitat yang berfungsi untuk memperbaiki jaringan sel kulit yang rusak. Selain itu penelitian menyebutkan, minyak ini mengandung zat yang bernama deltatocotrienol dalam bentuk vitamin e sehingga bagus untuk kulit.

REVIEW Skin Dewi Green Tamanu Serum

skin-dewi

Aroma dan Kemasan

Aroma tamanu oil yang kuat adalah kesan pertama yang langsung saya rasakan saat saya pertama kali membuka produk Skin Dewi Tamanu Green Serum yang saya coba. Meskipun jujur menurut saya aromanya agak menyengat tapi karena saking penasarannya sama khasiat tamanu oil  yang memang sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini, saya jadi mengabaikan aroma yang menyengat tadi. Setelah produk diaplikasikan, aromyanya pun memudar dan justru jadi lebih segar

Produk Skin Dewi Tamanu Green Serum dikemas dalam botol kaca berwarna hijau doff yang membuatnya semakin terkesan organic dan cantik. Aplikator pump memudahkan kita saat akan mengeluarkan produk tanpa takut tumpah atau keluar terlalu banyak. Teksturnya menurut saya cukup cair untuk dikatakan sebagai oil based serum. Tapi justru ini membuat serum jadi lebih mudah meresap di kulit dan tidak meninggalkan rasa berat di wajah setelah diaplikasikan. Hanya dalam 1-2 kali pump, produk ini bisa dengan mudah saya ratakan di wajah. Meskipun saya justru lebih sering menggunakan produk ini sebagai spot treatment di area tertentu misalnya bekas jerawat yang kemerahan saat aku baru selesai datang haid atau memang ya muncul jerawat aja dan kemudian membekas. 

Kandungan

Ngomongin skincare memang wajib banget membahas isi kandungan. Sebagai produsen skincare organic, kandungan serum ini memang menggunakan bahan-bahan yang alami yaitu minyak tamanu yang diolah dan dicampur dengan bahan lainnya seperti  Lavandula Angustifolia Oil, Chamomilla Recutita Flower Extract, Peppermint Mentha Piperita Oil, Rosmarinus Officinalis Leaf Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Cymbopogon Martini Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil dan Glycine Soja Oil, Salvia Sclarea Oil.  Berikut beberapa star ingridients dari produk serum ini :

 

Star ingredients:

  • Calendula CO2 Extract: sebagai anti inflamasi dan membantu menenangkan iritasi kulit.
  • Chickweed: Antiseptik dan Anti-fungal.
  • Tamanu Oil: tinggi anti bakteri dan dapat menyembuhkan luka melawan bakteri yang ada di dalam jerawat.
  • Phytosphingosine: memiliki efek menyembuhkan terbaik bagi kulit berjerawat.
  • Bisabolol: menstimulasi proses penyembuhan secara efektif dan memiliki sifat anti iritasi
review-skin-dewi

Harga dan Pembelian

Skin Dewi Green Tamanu Serum bisa kalian beli seharga IDR 305,800.00 untuk sebotol serum ukuran 5ml. Agak pricey memang, apalagi untuk teman-teman yang mungkin masih kuliah ataupun sekolah. Tapi akan worth it banget mengingat manfaat tamanu oil yang gak perlu diragukan lagi untuk kulit ditambah pula dengan kredibilitas Skin Dewi sebagai produsen skincare organic yang punya kualitas bagus. Untuk pembeliannya teman-teman bisa lakukan di websitenya Skin Dewi, Watson, atau e-commerce kesayangan teman-teman semua.

Cara Menggunakan Produk

Sebagaimana yang saya sebut diatas, bahwa saya menggunakan produk ini sebagai spot treatment di area tertentu saja. Yaitu di area bekas jerawat atau sebagai totolan untuk membantu meredakan jerawat. Hal ini dikarenakan minyak tamanu umumnya lebih cocok digunakan pada pemilik kulit kering sebagai serum harian. Namun pemilik kulit kombinasi seperti saya ataupun yang berjerawat juga bisa kok menggunakannya sebagai spot treatment. Biasanya saya mengawali dengan first cleanser dan second cleanser terlebih dahulu, toner, pelembab baru kemudian saya menggunakan serum ini.

Why Skin Dewi?

Gara-gara nyobain produk serum ini, saya jadi semakin penasaran pengen nyobain produk Skin Dewi yang lain. Karena beneran lagi nyari produk skincare organic tapi yang hasilnya nyata. Saya semoat mencari tau soal Skin Dewi internet. Penasaran aja, kok ada sih brand skincare local yang “berani” menjual produk organic dengan harga yang lumayan pricey. Tapi ada harga, ada kualitas memang. Saya jadi gak heran kenapa Skin Dewi booming banget sebagai skincare organic di Indonesia karena popularitas dan kualitasnya memang gak perlu diragukan.

Skin Dewi menggunakan bahan-bahan yang 100% organik, berkualitas tinggi, dan plant based. Cocok bagi kalian yang juga mengadopsi gaya hidup vegetarian/ vegan. Selain itu, semua produk Skin Dewi juga tidak diujicobakan pada hewan (cruelty free) dan telah terdaftar di BPOM. Maka dari itu, semua produk Skin Dewi juga aman digunakan oleh ibu hamil dan menyusui. Foundernya sendiri, Dewi Kauw adalah lulusan teknik kimia University of Washington, Amerika Serikat dan telah mengenyam ilmu tentang perawatan kulit organik di Formula Botanica, School of Natural Sciences, UK. Ia juga mengambil kelas Robert Tisserand dan short course di Grasse Institute of Perfumery France, Prancis.

Kini, Skin Dewi menjadi salah satu produk lokal alami yang tengah diminati berbagai skincare enthusiast di Indonesia. Selain Green Tamanu Serum ini ada juga produk Hazelnut Cleansing Milk, Helichrysum Vitamin C Treatment, Raspberry Cleansing Milk, Temulawak Balancing Emulsion, Ginkgo Biloba Firming Cream, dan Calendula Soothing Gel dll. Uniknya selain menawarakan produk, Skin Dewi juga memiliki goals untuk mengedukasi penggunanya seputar perawatan kulit baik melalui berbagai event maupun workshop.

Bagi teman-teman yang sedang hamil atau menyusui, ataupun sekadar ingin move on dari produk skincare bersteroid yang berbahaya, atau sedang ingin mengadopsi gaya hidup natural dengan menggunakan produk-produk organic, saya sangat merekomendasikan produk ini. Selain karena kualitasnya bagus, range produknya juga cukup lengkap.

Mini Review : Skin Dewi Raspberry Hydrating Cleansing Milk

Jadi selain nyobain produk Green Tamanu Serum, saya juga mencoba produk Skin Dewi lainnya yaitu Raspberry Hydrating Cleansing Milk. Produk susu pembersih ini saya gunakan sebagai cleanser harian untuk membersihkan wajah dari sisa kotoran. Keunggulan dari cleansing milk ini adalah kandungan ekstrak pepaya (papaya extract) yang mampu menghidrasi kulit, tidak mengandung sabun, lembut untuk membersihkan kulit sensitif dan kering hingga mengangkat sel kulit mati dengan pijatan lembut.  Produk ini juga bisa menyeimbangkan Ph di kulit, menenangkan jerawat dan membantu menghilangkan bekas kemerahan jerawat. Yang paling saya rasakan adalah kulit terasa lebih moist dan kenyal setelah menggunakan produk ini. Untuk menggunakannya, saya cukup mengaplikasikan 1-2 pump produk ke wajah lalu saya aplikasikan secara menyeluruh ke wajah sambil memijat.

Overall Experience :

Selama 2 mingu menggunakan kedua produk Skin Dewi tadi saya merasakan tingkat kelembaban kulit lebih baik. Produk ini juga mengunci kelembaban kulit sehingga terasa kenyal dan moist lebih lama. Untuk bekas jerawat memang agak memudar namun tidak sepenuhnya hilang. Tapi rasanya jika digunakan secara rutin dalam waktu yang lebih lama, mungkin hasilnya akan lebih optimal.

Nah. kalian bisa follow @skindewi di Instagram untuk kenalan lebih jauh sama produk skincare organic ini. Semoga review dari saya bermanfaat ya! Jangan lupa like dan share artikel ini. Thank You!

error: content is protected