A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

ASUS TUF GAMING A15 dengan Prosesor AMD Ryzen 4000Series

ASUS memang selalu konsisten membuktikan keseriusannya dalam menggarap segmen pasar laptop gaming di Indonesia. Tak tanggung-tanggung, mereka menghadirkan lini produk khusus untuk menjawab kebutuhan laptop gaming entry level dengan performa dewa namun dengan harga yang cukup murah. ASUS TUF Gaming A15 yang ditenagai prosesor kencang dan bertenaga dari AMD Ryzen 4000 adalah salah satu bukti nyata bahwa laptop gaming dengan harga terjangkau pun bisa mengantarkanmu jadi juara!

Yuk, simak reviewnya!

Review : ASUS TUF GAMING A15 FX506

Gaming saat ini menjadi aktivitas hiburan sekaligus olahraga yang digemari oleh berbagai kalangan tak terbatas. Mulai dari pria dan wanita, anak kecil hingga orang dewasa, sampai dengan bapak-bapak dan ibu rumah tangga seperti saya. Buktinya, komunitas-komunitas e-sports saat ini tak hanya didominasi oleh kaum adam. Banyak pula female gamers yang ikut ambil bagian. Bahkan, tak sedikit pula dari female gamers di Indonesia yang berhasil menorehkan berbagai prestasi mereka dalam turnamen e-sports baik nasional maupun internasional. Saya sendiri juga mengikuti sebuah komunitas gamers yang beranggotakan perempuan. Tak bisa dielakkan bahwa aktivitas gaming kini telah menjadi alternatif hiburan primer bagi masyarakat modern. Bahkan, di zaman sekarang menjadi atlet esports ataupun gamers profesional juga dapat menjadi profesi yang menjanjikan.

Karenanya, produsen laptop pun semakin berlomba-lomba meracik laptop gaming terbaik untuk memuaskan hasrat para gamers. ASUS adalah salah satunya. Produsen laptop No.1 yang berhasil menguasai 60% pangsa pasar laptop gaming di Indonesia ini membuktikan komitmennya untuk terus menciptakan jajaran laptop gaming terbaik dari berbagai segmentasi demi menjawab semua kebutuhan pelanggannya. TUF atau “The Ultimate Force” dihadirkan ASUS sebagai lini produk yang menawarkan durabilitas ekstra dan performa tangguh dengan harga yang terjangkau. ASUS TUF Gaming A15 yang baru saja dirilis seakan menjadi angin segar bagi para light gamers yang mendambakan laptop gaming murah dengan spesifikasi juara.

Jujur saya tak setuju jika ASUS TUF Gaming A15 kerap dikategorikan sebagai “laptop kelas dua”, kendati punya harga yang lebih terjangkau dibanding kakaknya-ROG namun menurut saya ASUS TUF Gaming A15 sama sekali tak bisa diremehkan. Laptop ini adalah ranking pertama di kelasnya. Betapa tidak, ASUS TUF Gaming A15 FX506 tidak hanya menawarkan durabilitas tinggi, tetapi juga performa yang kencang berkat adopsi prosesor generasi terbaru yaitu AMD Ryzen 4000 Series Mobile Processors. Dukungan  tersebut dilengkapi pula oleh chip grafis dari NVIDIA GeForce dengan arsitektur Turing GPU  terbaru ditambah layar dengan refresh rate 144Hz. Kolaborasi ciamik ini membuat ASUS TUF Gaming A15 FX506 jadi semakin tidak tertandingi.

1. Dukungan Prosesor Kencang dan Bertenaga dari AMD RYZEN 4000 terbaru

ASUS TUF A15 ditenagai prosesor cerdas, kuat dan bertenaga dari AMD Ryzen terbaru seri 4000. Untuk varian ASUS TUF Gaming A15 FX506IV yang merupakan varian paling kencang, memiliki dapur pacu prosesor AMD Ryzen 7 4800H (8Cores/16Threads), dengan GPU GeForce RTX 2060, RAM DDR4-3200 8 GB (Single Channel), dan SSD 512 GB M.2 NVMe PCIe. Kemudian ASUS TUF Gaming A15 FX506II, yang merupakan varian dengan harga yang paling murah memiliki dapur pacu prosesor AMD Ryzen 7 4800H (8Cores/16Threads), GPU GeForce GTX 1650 Ti, RAM DDR4-3200 8 GB (Single Channel), dan SSD 512 GB M.2 NVMe PCIe. 

Dilansir dari situs resmi AMD Ryzen, AMD Ryzen™ 4800 H sudah berteknologi fabrikasi 7nm sehingga meskipun punya performa yang kencang, namun tetap menjadikannya lebih hemat daya saat digunakan. Dengan multi cores dan multi threads pada prosesor ini juga menjadikannya prosesor mobile terkuat di dunia. Pada situsnya, AMD bahkan berani mengklaim bahwa jika dibandingkan dengan prosesor sekelas milik kompetitor, terlihat perbedaan performa yang signifikan. Mulai dari perbedaan Multi-Thread Performance hingga 138% lebih tinggi sampai pengujian Image Rendering yang menghasilkan angka 126% lebih tinggi dibandingkan kompetitor. Prosesor ini tentunya cocok untuk kamu para gamers yang juga membutuhkan laptop dengan performa tinggi dan mendambakan pengalaman gaming tanpa lag. Dalam pengujian game AAA atau game dengan grafis tinggi pada resolusi 1080p, terlihat rata-rata AMD Ryzen™ 7 4800H dapat mengungguli performa kompetitor sampai dengan 20-30% lebih besar di segala judul game mulai dari game-game ringan hingga game sekelas e-sports.

Meskipun ASUS TUF A15 tidak dikategorikan secara khusus sebagai laptop kreatif untuk membuat berbagai konten namun berkat dukungan prosesor dewa dari AMD Ryzen™ 7 4800H ini pula  laptop tersebut jadi sangat optimal kala digunakan untuk menunjang berbagai kegiatan multimedia tinggi. Seperti misalnya merender video, mengedit foto hingga membuat berbagai desain grafis dan lain sebagainya. Sebab dari pengujian image rendering yang dilakukan AMD terbukti bahwa performa AMD Ryzen™ 7 4800H lebih tinggi hingga 44% dibandingkan prosesor kompetitor. Untuk video editing pun terbilang lancar karena memiliki performa Multi-Thread hingga 46% lebih tinggi dibandingkan kompetitor.

Dengan dukungan prosesor ini dapat dipastikan bahwa ASUS TUF A15 dan AMD Ryzen terbaru sebagai prosesornya dapat menjadi kolaborasi yang luar biasa tak hanya sekadar sebagai laptop gaming namun juga untuk sebuah laptop multitasking. Sebab tak hanya dapat mendukung aktivitas gaming namun laptop ini juga dapat diandalkan untuk streaming, membuat konten, mengedit foto atau video serta melakukan berbagai pekerjaan profesional di bidang multimedia.

2. Diperkuat dengan NVIDIA GeForce Terbaru

ASUS TUF Gaming A15  ditenagai pula oleh chip grafis (GPU) NVIDIA GeForce yang telah menggunakan arsitektur turing terkini. Tersedia pilihan GeForce GTX 1660Ti sampai RTX 2060 pada masing-masing varian. Bahkan jajaran ASUS TUF Gaming A15  diklaim sebagai laptop pertama di dunia yang mengadopsi NVIDIA GeForce GTX 1650Ti terbaru yang diklaim sebagai arsitektur GPU tercanggih di dunia. GPU ini membuat laptop tersebut menjadi pilihan tepat bagi gamers sebab dapat menampilkan performa grafis yang lebih istimewa. Gamers akan merasakan pengalaman bermain game dengan visualisasi yang lebih nyata. NVIDIA GeForce GTX 16-Series juga telah dilengkapi dengan CUDA core sehingga membuatnya jadi sangat optimal untuk mempercepat proses video encoding dan rendering. Render video jadi bisa secepat kilat dan pekerjaan membuat konten jadi terasa lebih cepat.

3. Pre-Instal Windows Hello

Apalah artinya laptop bertenaga jika pengguna masih harus repot menginstal sistem operasi. Untungnya ASUS TUF Gaming A15 telah di pre instal dengan Windows 10 original sehingga pengguna dapat langsung menggunakan laptop ini untuk berbagai aktivitas komputasi sesaat setelah dibeli. Selain itu, dengan pre-instal Windows 10 asli ini juga membuat laptop lebih aman dari kejahatan cyber serta pembajakan perangkat lunak.

4. Desain yang Menawan dan Ukuran yang Relatif Ringan untuk Laptop Gaming

ASUS TUF Gaming A15 memiliki dimensi sekitar 35.9 x 25.6 x 2.47  cm. Untuk bobotnya sendiri yaitu sekitar 2,30 kg dengan charger seberat 584 gram. Dari segi desain, yang paling membedakan laptop ini dari varian laptop ASUS lainnya tentu adalah logo TUF yang tersemat dibelakang layar. Kemudian tampilan desainnya sendiri terlihat gahar sebagaimana laptop gaming ASUS pada umumnya. Pada bagian belakang layar terdapat 4 titik yang membuat desain terlihat lebih kokoh.  ASUS TUF Gaming A15 hadir dalam 2 pilihan warna yang memukau yakni Fortress Gray yang didominasi oleh warna metal gray yang elegan dan Bonfire Black yang didominasi oleh warna hitam yang terlihat lebih gahar dengan guratan garis di sekitar area palm rest membuatnya tampak ramping dan bersih.

Selain menawan, fitur desain ASUS TUF Gaming A15 juga agaknya dipikirkan matang-matang agar betul-betul fungsional. Desain chassis dengan banyak ventilasi bertujuan meningkatkan jumlah aliran udara melalui laptop untuk mencegah laptop cepat panas. Adapun dua buah anti-dust tunnel yang tersedia di ujung dari kipas akan menangkap debu dan partikel yang masuk serta mengarahkannya langsung keluar dari chassis. Desain ini juga dirancang untuk mencegah penumpukan kotoran yang berpotensi untuk menurunkan performa komponen pendinginan internal.

Pada bagian keyboard didominasi warna hitam serta backlit berwarna yang dapat dikustomisasi yang membuat tampilan desainnya jadi terlihat “gamers banget”. Tombol WASD dibuat lebih menonjol dan diberi warna transparan untuk memudahkan gamers saat melakukan kontrol gerakan khususnya pada game FPS. Tombol power didesain berbentuk hexagonal membuatnya jadi lebih unik dan diletakkan agak jauh dari keyboard utama untuk mencegah gamers tak sengaja mengetuk tombol power saat sedang asyik bermain game. ASUS memang tidak memberikan laptop ini fingerprint sensor sebagaimana pada varian Vivobook ataupun Zenbook namun di area touchpad terdapat tombol kanan kiri yang tentunya sangat berguna untuk aktivitas gaming.

Sedangkan number pad diletakkan disebelah kanan selayaknya PC untuk memudahkan pengguna dalam melakukan input angka dan spacebar didesain lebih besar untuk kenyamanan. Tombol panah juga ditempatkan agak sedikit terpisah dengan tombol lainnya pada keyboard untuk menawarkan pengalaman bermain game yang lebih nyaman. 

ASUS juga sadar bahwa keyboard menjadi bagian laptop yang paling berisiko saat digunakan dalam aktivitas gaming. Maka dari itu ASUS menghadirkan teknologi overstroke yang menjadikan keyboard ini kuat dan tangguh sampai dengan 20 juta kali ketukan.

Keunikan selanjutnya dari laptop ini terdapat pada bagian belakang laptop. Terdapat desain hexagonal menyerupai sarang lebah (honeycomb design)  yang membuat tampilannya jadi lebih futuristik. Selain itu desain ini akan memberikan kekuatan yang lebih tinggi untuk chasis serta sirkulasi udara yang baik dari fan di bagian dalam laptop sehingga suhu dari laptop ini bisa terjaga stabil dan tidak overheat.

5. Tangguh Maksimal dengan Standar Military Grade

Laptop menjadi perangkat yang biasanya paling rawan terkena benturan, udara lembab apalagi jatuh dari ketinggian. Namun, dengan ASUS TUF Gaming A15 kekhawatiran itu berkurang sebab ia sudah mengantongi sertifikasi military grade dengan metahanan standar militer MIL-STD-810H, laptop ini tidak hanya tahan getaran atau jatuh tetapi juga tahan pada suhu dan kelembapan ekstrem. ASUS TUF Gaming A15 dijamin akan sanggup bertahan dari berbagai risiko tak sengaja yang mungkin terjadi saat penggunaan sehari-hari.

6. Konektivitas Tanpa Batas

Urusan konektivitas adalah hal yang krusial bagi sebuah laptop gaming. Sebab  laptop tentunya harus terhubung dengan jaringan nirkabel (internet) ataupun perangkat tambahan lainnya. Tersedia beberapa port yang berfungsi untuk menghubungkan laptop ke berbagai perangkat lain. Ada 2 port USB 3.2 Type-A, 1 USB 3.2 Type-C yang mendukung konektivitas display ke layar tambahan dengan kecepatan tinggi, 1 USB 2.0 Type-A, port ethernet, dan 1 port audio combo jack 3,5mm pada sisi kirinya dan kensington lock pada sisi kanannya. Untuk urusan nirkabelnya, laptop ini juga telah mendukung Wifi 5 dan Bluetooth 5.0 Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menghubungkan laptop dengan gear kompatibel tanpa kabel seperti headphone ataupun mouse. Dan jika ingin menghubungkan laptop ini dengan monitor, pengguna bisa juga melakukannya lewat port USB 3.2 Gen 2 Type-C yang mendukung DisplayPort 1.4.

7. Bentang Layar yang Luas dengan Nano Edge Display

Harus diakui bahwa bentang layar yang luas menjadi kebutuhan penting bagi para gamers agar dapat bermain game dengan lebih leluasa. ASUS TUF Gaming A15 memiliki bentang layar seluas 15.6 inch dengan resolusi 1920 x 1080 piksel serta disempurnakan dengan refresh rate 144 Hz yang mendukung Adaptive Sync dan kompatibel dengan AMD FreeSync membuatnya dapat mereduksi lag, meminimalisir stuttering dan meniadakan visual tearing yang mengganggu saat sedang bermain. Panel dari layarnya sudah menggunakan Color Gamut 45% NTSC, dilengkapi dengan Anti-Glare dan NanoEdge Display.

Bagi gamers yang betah menghabiskan waktu berjam-jam didepan laptop juga tak perlu terlalu khawatir dengan kesehatan mata sebab laptop ini sudah didukung dengan TUF GameVisual untuk mengatur Color Preset dan Color Temperature pada layar. Teknologi ini tentunya tak hanya akan memberikan pengalaman visualisasi gaming yang luar biasa tapi juga lebih nyaman untuk kesehatan mata.

8. Audio Handal

Tampilan layar dengan grafis yang luar biasa disempurnakan dengan dukungan audio yang handal dilengkapi dengan combo audio jack sehingga gamer dapat menghubungkan headset yang menggunakan jack 3.5mm. Dukungan fitur audio yang tersedia termasuk virtual surround sound melalui DTS:X Ultra dengan beragam profil audio yang dapat diatur melalui equalizer.

Dua speaker yang ditingkatkan dengan empat cut-out juga dapat membuat 1.8x lebih banyak suara dengan 2.7x bass lebih dalam dari generasi sebelumnya untuk pengalaman audio yang lebih kaya. Teknologi DTS: X™ Ultra memberikan suara surround virtual 7.1 berkualitas tinggi untuk audio berkualitas teater dengan headset stereo. 

9. Baterai Tahan Lama dan Anti Overheat

Ketahanan baterai tentunya menjadi pertimbangan utama bagi setiap gamers dalam memilih laptop. Percuma punya performa gahar jika sekejap saja baterai sudah lemot. Kabar baiknya, meskipun ASUS TUF Gaming A15 memiliki sasis yang lebih kecil dan lebih ringan dari pendahulunya, A15 memiliki baterai yang lebih besar untuk masa pakai yang lebih lama. Prosesor Ryzen yang hemat daya dan baterai menawarkan pemutaran video hingga 12,3 jam video playback dan 8,7 jam saat digunakan browsing.  Dalam pengujian yang dilakukan, baterai tersebut sanggup bertahan hingga 5 jam lebih pada pengujian PCMark 10 Battery untuk Modern Office.

Meski harus menggunakan laptop dalam durasi yang lama tak perlu takut laptop akan overheat atau terlalu panas sebab sistem pendinginan yang komprehensif memastikan bahwa  laptop TUF Gaming dapat mempertahankan kinerja tinggi dan mempertahankan efektivitas performa saat dipakai dalam durasi yang lama. Desain pendinginan memastikan bahwa sistem pendingin setiap perangkat tetap kuat untuk jangka panjang, sementara mode pengoperasian menyeimbangkan kinerja dan tingkat kebisingan untuk tugas tertentu yang sedang dihadapi.

10. Fleksibilitas Upgrade

Biasanya gamers membutuhkan ruang penyimpanan yang lebih besar karenanya upgrading acap dilakukan. Upgrade RAM dan SSD akan jadi lebih cepat dengan desain yang mudah di-upgrade yang memberi pengguna akses cepat ke slot memori dan ruang penyimpanan. Dengan obeng standar, kamu dapat dengan mudah melepas sekrup di bagian bawah sasis untuk melakukan modifikasi yang diinginkan. Sekrup pop-terbuka khusus menaikkan satu sudut panel bawah, sehingga lebih mudah untuk dipisahkan. Tingkatkan atau ganti RAM Anda dengan cepat, atau tingkatkan kapasitas SSD responsif Anda dengan menambahkan drive PCIe® kedua.

Hal yang tak kalah penting adalah fitur ASUS armoury crate yang menawarkan kemudahan personalisasi laptop yang membuatnya jadi terasa lebih istimewa. Sebab setiap pengguna dapat mengkustomisasi pengaturan operasional berdasarkan masing-masing kebutuhannya. Mulai dari settingan default untuk pengguna yang hanya ingin menggunakan mode Windows. Opsi silent untuk performa maksimal namun pada tingkat kebisingan kipas di bawah 35dB yang dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan multimedia ringan. Kemudian opsi Performance, dimana laptop menawarkan keseimbangan antara kinerja dan temperatur dengan tingkat kebisingan yang masih rasional, yakni di bawah 40dB. Dan mode turbo sebagai pilihan performa tertinggi dari laptop ini. Selain itu ada juga opsi Manual yang memungkinkan pengguna untuk mengatur setting performa dan kebisingan kipas sesuai dengan preferensi pribadi.

Tabel Spesifikasi ASUS TUF Gaming A15 FX506

Tipe dan Spesifikasi Dasar

Tipe : Laptop Gaming, Notebook.

Spesifikasi dasar : AMD Ryzen 7 4800H dan AMD Ryzen 5 4600H

CPU : AMD

Model GPU : NVIDIA GeForce RTX 2060, with 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1660Ti, with 6GB GDDR6 VRAM
NVIDIA GeForce GTX 1650Ti, with 4GB GDDR6 VRAM

Memori Penyimpanan

RAM : 8 GB, 32 GB

Tipe Memori : DDR4 SDRAM

Kecepatan Memori : 3200MHz3200MHz

Memori Tambahan : Up 2o 32 Gb

Slot Memori : 2 x SO-DIMM

Tipe Penyimpanan : SSD , HDD+SSD/eMMC

HDD : 1 TB

Kecepatan rotasi : 5400 rpm

Layar, Baterai dan Ukuran

Ukuran layar : 15.6 inches

Resolusi : FHD 1920 x 1080 pixels

Tipe panel :LED-backlit Anti-Glare IPS-level 144Hz Panel

Baterai : 48 Wh lithium-polymer

Ukuran : 359 x 256 x 247~249 mm

Berat : 2.3 kg

Network & Konektivitas

Ethernet : RJ-45

Wifi : Integrated Wi-Fi 5 (802.11 ac (2×2))

Konektivitas : HDMI , USB2.0 , USB3.0 , Bluetooth , Camera , Speakers , Microphone , Trackpad , USB Type-C , USB3.1

 

Software

 

Sistem Operasi : Pre Instal Windows 10

Versi sistem operasi : Windows 10 Home
Windows 10 Pro

Audio : DTS:X® Ultra

Camera : HD 720p CMOS module camera

Nah, jika kamu sudah tak sabar ingin segera memiliki laptop ini terutama  setelah membaca review dari saya, kamu bisa langsung melakukan pembelian ASUS TUF Gaming A15 secara online lewat official store ASUS di e-commerce. Pada setiap pembelian laptop ASUS TUF Gaming A15  terdapat bundling product berupa aksesoris yang cocok bagi seorang gamers yaitu sebuah ransel dengan compartment yang cukup luas untuk membawa laptop sekaligus berbagai gear pendukung serta mouse TUF Gaming M5 yang ergonomis dengan 6 tombol untuk memudahkan kontrol gerakan saat bermain.

Berikut harga resmi ASUS TUF Gaming A15 yang dirilis dari situs resmi ASUS Indonesia :

 

Terakhir, kamu tak perlu lagi khawatir akan kerusakan laptop sebab kini setiap pembelian resmi laptop ASUS akan mendapatkan garansi resmi baik dalam negeri maupun secara global selama 2 tahun. Dengan layanan ini, ditambah lagi dengan kualitas laptop yang selalu istimewa dalam setiap rilisannya saya jadi tak heran jika ASUS dinobatkan menjadi perusahaan teknologi no.1 di dunia dan telah mengantongi 57.156 penghargaan sejak tahun 2001.

Laptop Gaming Terjangkau dengan Performa Memukau!

Kehadiran ASUS TUF GAMING A15 menjadi bukti bahwa laptop gaming dengan harga terjangkau juga bisa menghadirkan spesifikasi yang memukau. Dengan segala keunggulannya, laptop ini tentunya dapat menjadi pilihan terbaik bagi siapapun yang membutuhkan laptop dengan spesifikasi dewa namun dengan harga murah meriah.  Dengan kehadiran ASUS TUF Gaming A15, kini kesempatan untuk merasakan pengalaman gaming terbaik dengan harga yang terjangkau dapat dijamah oleh semua kalangan. Hmmm saya jadi tak sabar menantikan akan ada inovasi baru apalagi dari ASUS nantinya.

Makanya yuk ikuti ASUS di sosial media agar tak ketinggalan berbagai promo dan kejutan baru dari mereka.

Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Review ASUS TUF Gaming A15 yang diselenggarakan oleh ASUS Indonesia

Sumber-sumber :

  • Informasi Produk : Situs resmi ASUS Indonesia dan press release ASUS TUF Gaming A15, Situs resmi AMD Ryzen. Semua informasi dan data-data  dari sumber asli diolah kembali oleh penulis
  • Foto : Situs resmi ASUS Indonesia, Media Sosial ASUS Indonesia dan Situs resmi AMD Ryzen
  • Olah Grafis : Rizka Edmanda
  • Video : Channel Youtube ASUS Indonesia

 

error: content is protected