A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

review-gendongan-bayiku.id

REVIEW Gendongan Bayiku.id – Alhamdulillah saat ini Qonita sudah memasuki usia 11 bulan. Sejauh ini, aktivitas menggendong masih jadi salah satu sarana bonding favorit saya dan Qonita. Memang sih, saat ini Qonita sudah gak senempel dulu karena sekarang ini dia mulai aktif sejak mulai belajar merambat, tapi tetap saja sampai saat ini Qonita masih senang digendong. Sama seperti breastfeeding, dalam urusan menggendong pun saya menerapkan prinsip “ON DEMAND”, maksudnya saya gak pernah membatasi durasi dan frekuensi untuk menggendong Qonita, kapanpun dimanapun dia mau digendong pasti akan saya turuti.

Meskipun beberapa orang pernah menasehati saya untuk tidak terlalu sering menggendong Qonita karena khawatir “bau tangan” tapi akhirnya saya jelaskan pada mereka kalau bau tangan itu hanyalah mitos. Justru sebaliknya, dalam 1000 hari pertama kehidupan anak, yaitu sejak hamil hingga anak berusia 2 tahun mereka membutuhkan sarana bonding sebanyak-banyaknya dengan Ibu,Ayah atau caregiver dan menggendong adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. 

Organisasi babywearing Internasional melansir pada situsnya bahwa aktivitas menggendong memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan kebahagiaan bayi. Sebuah studi membuktikan bahwa bayi yang digendong setidaknya 3 jam perhari dapat mengurangi intensitas menangis hingga 43%

2 . Meningkatkan kesehatan fisik dan mental bayi khususnya pada bayi prematur melalui aktivitas skin to skin atau kontak kulit ke kulit

3. Meningkatkan kepercayaan diri orangtua serta menciptakan pola interaksi yang baik antara anak dan orangtua

4. Memberikan keamanan dan kenyamanan pada bayi.

Bicara soal menggendong, pernah gak sih kita membayangkan apabila harus menggendong bayi/anak tanpa bantuan gendongan alias dengan tangan kosong? pasti akan terasa lebih cepat lelah kan, selain itu faktor keamanan juga dipertaruhkan apabila menggendong bayi/anak tanpa gendongan, Nah disinilah peran gendongan dapat membantu kita, yaitu untuk membantu Ibu, Ayah atau caregiver menggendong dengan aman dan nyaman.

Ngomong-ngomong soal gendongan atau baby carrier, beberapa waktu lalu saya berkesempatan mencoba salah satu produk gendongan tipe baby wrap merek lokal namanya bayiku.id , Jujur udah lama banget saya penasaran sama baby wrap ini. Awalnya saya penasaran karena harganya yang terbilang cukup terjangkau, kemudian akhirnya semakin penasaran setelah saya banyak membaca testimoni positif untuk produk ini. Daripada Moms ikutan penasaran,  mendingan yuk simak review saya tentang baby wrap ini, siapa tau bisa jadi referensi buat moms yang lagi cari-cari gendongan.

PACKAGING – KEMASAN Bayiku.id

bayiku.id
Kemasan Bayiku.id

Bagi saya urusan packaging dalam suatu produk itu sepele tapi penting. Mungkin bisa jadi karena packaging adalah first impression kita ketika melihat suatu produk. Saya mengapresiasi produk dengan kemasan/packaging yang baik, karena buat saya ini adalah bentuk kecil penghargaan kepada customer. Nah, baby wrap instant dari bayiku.id dikemas dalam packaging box yang cukup bagus. Jujur saya amazed saya produk lokal ini, karena “meskipun lokal” tapi mereka mengemas produk mereka sedemikian rupa sehingga bisa bersaing dengan brand-brand luar lainnya. Biar istilahnya kalau dijual diluar gak malu-maluin gitu kali ya 😛 selain bagus, boxnya juga sangat informatif.

bayiku.id
Kemasan bayiku.id menyajikan informasi yang lengkap tentang produknya

Ada informasi lengkap tentang size, cara penggunaan gendongan, hingga teori & prinsip yang harus diperhatikan dalam menggendong yaitu “KISSES” yang mana maksudnya adalah :

K = KISSABLE (bayi masih dapat dicium karena jarak antara dahi dan bibir penggendong tidak terlalu jauh)

I = IN VIEW (Bayi masih dapat terlihat/tidak tenggelam di gendongan)

S = SUPPORTED BACK (Dapat menyangga punggung bayi dengan bayi sehingga bayi dapat duduk di posisi J Shape)

S = SUPPORTED HIP (Dapat menyangga tungkai bayi sehingga mendukung posisi M-Shape),

E = EASY TO BREATH (Bayi mudah bernafas, gendongan  tidak terlalu kencang)

S = SNUG (Bayi merasa nyaman dan penggendong merasa aman karena gendongan tidak longgar)

Prinsip KISSES sebagaimana diuraikan dibelakang kemasan produk baby wrap bayiku.id ini sebetulnya mirip-mirip dengan prinsip TICKS yang selama ini kita kenal dalam dunia menggendong. Karena prinsip KISSES ala bayiku.id memang mengadopsi aturan-aturan menggendong dari “School of babywearing” dan ABCS “Babywearing International”.

bayiku.id
Informasi Cara Memilih Ukuran Gendongan

Hal lain yang cukup memukau saya adalah saat saya menemukan stiker QC TEST PASSSED dibagian atas kemasan. Saya terkesima, karena stiker ini menandakan bahwa gendongan yang ada didalamnya sudah melalui tes uji quality control oleh produsennya. Berasa beli barang elektronik cuy sampe ada stikernya gini. hehe

Namun sayang, kemasan box baby wrap ini memang tidak terlalu tebal. Jadi saran saya, jika kamu membeli produk ini secara online, baiknya mintakan kepada seller untuk memberikan dus tambahan karena boxnya gak terlalu tebal sehingga bisa peyok dalam pengiriman apalagi jika kamu membeli produk ini sebagai kado.

MODEL & VARIASI

gendongan-baby-wrap

Tipe gendongan dari bayiku.id ini adalah BABY WRAP INSTANT atau juga disebut baby wrap hybrid. Modelnya sekilas seperti gendongan pouch atau sling, tapi dia memiliki 2 loop (lubang), saat dipakai gendongan ini akan terlihat mirip seperti stretchy wrap tapi bedanya, baby wrap instan ini sudah dijahit sedemikian rupa sehingga penggendong tak perlu mengikat dan menyimpul gendongannya saat akan dipakai, tinggal dilingkarkan ke leher/pundak kemudian disilangkan dan dipakaikan ke bayi. Jadi lebih praktis gitu lho. Baby Wrap bayiku.id ini ada 2 tipe, yang reguler dan Baby Wrap Upgrade Version. Bedanya tipe yang Baby Wrap Upgrade Version dilengkapi dengan SASH BELT yang multifungsi, selain untuk menyangga punggung bayi lebih baik bisa juga digunakan sebagai pouch untuk menyimpan baby wrap saat sedang tidak dipakai.

bayiku.id

Baby wrap instant bayiku.id ini tersedia dalam berbagai ukuran yang disesuaikan dengan berat badan dan tinggi penggendong. Saya sendiri saat ini BB 73kg dan TB 170cm menggunakan size XXL+5 maksudnya size XXL ditambah 5cm. Cara menghitung ukurannya simpel, tinggal lihat di tabel size yang disediakan atau menggunakan lingkar bahu ke pinggang. Tapi untuk menghindari kesalahan sih, ada baiknya berkonsultasi langsung pada admin bayiku.id ya.  

bayiku.id

Selain model yang ergonomis, baby wrap bayiku id juga tersedia dalam banyak pilihan warna jadi kamu bisa mengoleksi beberapa warna agar bisa disesuaikan dengan OOTD kamu. Seru ya, setelah jadi ibu-ibu ternyata fashion item itu gak Cuma tas,sepatu dan gincu, tapi gendongan juga huehehe. Uniknya lagi, kita bisa request pilihan kombinasi warna baby wrap dan sash belt nya. Misal seperti punya saya, baby wrap hitam + sash belt warna coklat. Ini menjadi nilai plus tersendiri buat gendongan ini, karena customer jadi bisa menyesuaikan paduan warna gendongan favoritnya.

BAHAN

Baby wrap instant dari bayiku.id menggunakan bahan kaos katun , tapi tidak terlalu melar sehingga tetap kokoh saat dipakai menggendong. Bahannya juga cukup adem, tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis. Saat saya traveling ke Mesir kemarin, saya menggunakan baby wrap bayiku.id dalam durasi yang cukup lama, rata-rata dalam sehari bisa saya pakai 3-5 jam dan Alhamdulillah tidak terlalu pegal. Bonusnya lagi, saat diperjalanan Qonita bisa tidur, sehingga walaupun jadwal trip padat merayap namun jam-jam tidur Qonita tidak terganggu karena dia bisa tidur dengan nyaman didalam baby wrap ini.

Harga

Hal yang paling saya suka dari baby wrap instant bayiku.id ini adalah soal harga karena produk mereka sangat murah meriah. Seperti yang singgung sedikit diatas, dengan kualitas yang sudah sekelas baby wrap merek luar, produk mereka bisa dibanderol dengan harga terjangkau. Cuma Rp 105.000 untuk harga baby wrap + sash beltnya (2 in 1 Babywrap Upgrade Version) sedangkan yang versi regular atau Baby Wrap nya saja, bisa dibanderol dengan harga sekitar Rp 65.000. Terjangkau kan ya!

Nah selama lebih kurang 3 minggu menggunakan baby wrap instant dari bayiku.id, saya merasa cukup puas. Saya gak menyangka kalau kualitasnya bakalan sebagus itu. Baby wrap ini sanggup menopang badan Qonita dengan cukup baik, untuk kalian ketahui saat ini usia Qonita 10 bulan dengan BB sekitar 9,6 kg, cukup “bongsor” sih tapi Alhamdullillah baby wrap ini masih bisa diandalkan. Hal selanjutnya yang saya suka adalah karena di baby wrap ini Qonita bisa tidur dengan nyaman, mungkin berasa kayak didalam hammock kali ya.

NURSING IN CARRIER with Bayiku.id

menyusui-dalam-gendongan
Menyusui Saat Menggendong

Selanjutnya adalah pertanyaan yang pasti akan penting banget buat Ibu menyusui, apakah gendongan ini bisa digunakan saat sedang menyusui? jawabannya bisa ya! Jadi ringband pada bagian belakang gendongan bisa dilonggarkan sehingga posisi bayi akan sedikit turun, Ibu tinggal menyesuaikan posisi bayi supaya sampai ke puting. Saat traveling ke Mesir kemarin, saya sudah mencoba menyusui dengan gendongan ini dan Alhamdulillah aman-aman aja. Bahkan untuk nursing in public alias menyusui di tempat umum, gendongan ini aman dipakai, artinya dia gak bikin tete keliatan kemana-mana 😛 tetap aman tertutupi, justru saya jadi gak perlu menggunakan nursing cover saat menyusui didalam gendongan ini. Tipsnya, ibu menyusui hanya perlu menggunakan baju menyusui, saran saya gunakan baju menyusui dengan akses menyusui berupa lubang di tepi kanan kiri, jadi bukan yang model retsleting depan gitu, supaya lebih nyaman dan aman.

bayiku.id
Makan sambil menggendong

Ohya, kamu juga tetap bisa beraktivitas seperti biasa saat menggunakan gendongan ini. Makan, berberes rumah, jalan-jalan, pokoknya semua aktivitas yang biasa kita lakukan karena gendongan ini handsfree, alias membebaskan kedua tangan kita untuk bergerak tanpa perlu menopang anak, karena posisi anak tetap SNUG alias ketat dalam dekapan. Bikin anak sesek gak? hmm gak tuh, makanya saat pemakaian perhatikan betul-betul instruksinya usahakan poin-poin “KISSES” sebagaimana saya sebutkan diatas terpenuhi. Diatas itu foto saya saat tengah makan menggunakan gendongan baby wrap instant bayiku.id, sambil saya makan Qonita tetap anteng dalam dekapan.

Sedikit kekurangan produk ini memang hanya karena dia tidak one size fit all, sebagaimana yang saya singgung diatas. Karena semua tipe baby wrap hybrid atau baby wrap instan memang gak mungkin bisa satu ukuran sih, karena tubuh penggendong jelas beda-beda. Tapi buat saya pribadi, mengingat harganya yang mursidaaaah alias murah meriah dengan kualitas yang cukup baik bahkan bisa bersaing dengan baby wrap merek luar, menurut saya gendongan ini jadi sangat worth it untuk dibeli bahkan untuk dikoleksi.  

Overall, saya merekomedasikan banget gendongan ini, kalau kamu sedang butuh gendongan yang simple, anti pegel, murah meriah dan tetap kece saat dipakai maka Baby Wrap Instan dari bayiku.id wajib kamu miliki.

Hmmm Moms ada gak nih yang juga pernah cobain gendongan bayiku.id? kalau ada, sharing pengalamannya juga dong di kolom komentar. 😍😍Thank you

error: content is protected