A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

    Review Gendongan untuk Traveling–  Pengalaman traveling bersama anak tentu jadi momen yang mengesankan. Selain berwisata, traveling bersama anak juga bisa jadi sarana bonding yang baik dan menyenangkan. Saya sendiri sudah mengajak Qonita traveling sejak usianya 6 bulan. Banyak manfaat yang saya rasakan kala membawa Qonita pergi traveling bersama. Selain membuat perjalanan jadi lebih berkesan, traveling bersama anak juga bisa menjadi sarana bagi mereka belajar dan mengenal alam sekitar.

Pengalaman membawa anak jalan-jalan ke berbagai tempat bagi saya ada suka tapi ada repotnya juga. Karena sudah jadi rahasia umum kalau perlengkapan traveling anak itu seabrek-abrek banyaknya. Ngomong-ngomong soal perlengkapan traveling anak nih, buat saya sih salah satu perlengkapan yang gak boleh ketinggalan itu gendongan. Sampai-sampai nih, kalau traveling saya bisa bawa 2-3 gendongan lho. Mulai dari baby wrap, hipseat dan pouch. Ribet? ya iyalah. Tapi mau gimana lagi. Karena masing-masing gendongan ada plus minusnya kan. Kayak baby wrap nih, memang nyaman banget, Qonita bisa tidur lelap kalo digendong disitu. Tapi pas usia Qonita semakin gede dia jadi lebih seneng explore. Maunya minta gendong hadap depan. Nah saya pribadi kurang nyaman menggendong hadap depan degan baby wrap jadilah sesekali saya pakai hipseat. Tapi hipseat kan gak baik buat panggul anak? iya saya tau. Makanya saya juga gak berani pakein hipseat terlalu lama. Paling hanya saat kita turun ke satu objek wisata buat jalan-jalan sebentar. Nah, jalan tengah supaya Qonita bisa tetap hadap depan tapi saya juga gak terlalu pegal kadang saya jadinya pake pouch, terus dipake posisi gendong samping. Tapiii, kelamaan gendong samping juga pegel bokkkk

Maunya sih bawa satu gendongan yang bisa dipakai untuk bermacam-macam posisi menggendong, tetap kokoh saat menggendong tapi ukurannya compact, mudah dibawa, ringan dan gak makan tempat. Dan yang gak kalah penting, harus fleksibel untuk digunakan berbagai ukuran tubuh penggendong. Jadi 1 gendongan untuk semua. Emang ada? Ada lho ternyata. Namanya ACTIVA, produk gendongan tipe SSC (Soft Structured Carrier) terbaru dari Bayiku.ID. Nah kebetulan pas jalan-jalan ke Mesir kemarin kan saya juga pake baby wrap dari Bayiku.ID ngeluarin produk baru yang lebih travel friendly.

Pas banget kan! menyambut liburan akhir tahun ini, saya pengen membuat review gendongan ACTIVA dari Bayiku.ID ini, karena menurut saya ini memang gendongan yang traveling friendly banget. Kali aja Moms ada rencana liburan akhir tahun nanti, gendongan ini saya rekomendasikan banget untuk dibawa pas liburan. Jadi simak review gendongan ACTIVA berikut ini ya!

Review Gendongan ACTIVA dari Bayiku.ID

  1. Praktis, Compact, Ringan

Pas paket gendongan ACTIVA ini datang jujur saya pikir ukurannya akan bulky. Karena boxnya lumayan gede. Pas dibuka ternyata ukuran gendongannya super ringkas, gak lebih lebar dari kertas ukuran A4. Karena praktis, ringkas dan ringan banget jadinya memang cocok untuk dibawa traveling. Ukuran gendongan ini pastinya gak akan makan tempat didalam diaper bag. Atau untuk ditaro di keranjang bawah stroller juga bakalan muat banget. Pengalaman saya bawa gendongan ini jalan-jalan ke taman saya masih bisa nyelipin gendongan ini di tas bahu/totebag saking ringkasnya.

  1. Kemasan Box Informatif dilengkapi kartu garansi, authenticity card dan manual book

Satu hal yang paling saya suka dari Bayiku.ID karena mereka gak pernah main-main dalam urusan packaging. Sejak punya babywrap instant dari Bayiku.ID beberapa waktu lalu, saya udah kepincut sama packagingnya produk-produk Bayiku.ID yang selalu keliatan profesional dan eksklusif. Gak kalah sama gendongan merek luar. Kemasan boxnya lumayan tebal dengan desain yang eksklusif. Tertera informasi yang cukup lengkap mengenai produk mulai dari saran penggunaan, posisi menggendong, nama dan jenis produk, sosial media Bayiku.ID dan lain sebagainya. Didalam packagingnya terdapat manual book/kartu instruksi yang menjelaskan secara lengkap dan mendetail informasi produk beserta tutorial penggunaannya. Yang bikin saya impressed, tutorial menggendong pada kartu instruksinya niat banget lho, sampai dibuatin sketsa gambar kayak komik supaya penggendong yang awam jadi lebih mudah paham. Daaaaan, jangan kaget ya… ada kartu garansi serta kartu tanda barang original juga. Wagelaseh, saya jadi berasa lagi beli barang elektronik deh hehe. Tapi bagaimanapun, garansi dan kartu tanda original tersebut menjadi penanda bahwa produsen gendongan ini betul-betul memperhatikan kualitas gendongannya. Good Job! Jadi makin bangga sama produk local Indonesia!

  1. Menggendong Nyaman dengan Gendongan Ergonomis

Gendongan ini didesain dengan sempurna untuk newborn hingga toddler untuk 3 posisi gendong yang nyaman dan ergonomis. Bisa gendong samping, depan sampai belakang. Meskipun jujur, saya pribadi belum punya nyali buat beneran gendong belakang. Sempat nyobain sih tapi kok deg-degan ya hihi. Yang paling saya suka adalah karena waist belt dan shoulder pad nya super empuk dan nyaman. Busanya tebal bikin penggendong merasa nyaman walaupun menggendong dalam waktu yang lama. Saya pernah mencoba satu merek gendongan SSC merek luar milik seorang teman, yang mana bahkan kalau dibandingkan, waist belt dan shoulder pad nya ACTIVA dari Bayiku.ID ini jauh lebih empuk dibanding merek tersebut. Untuk bagian buckle pada waist belt dan shoulder strapnya terbuat dari plastik tebal berbahan acetal . Meskipun plastik namun terasa cukup kokoh untuk menopang. Ohya, shoulder pad pada gendongan ini bisa digunakan dalam posisi H ataupun X ya, tergantung sama posisi menggendong yang dilakukan.

Q&A Gendongan ACTIVA Bayiku.ID

  1. Gendongan SSC yang adjustable, Cocok untuk semua tipe penggendong

Karena tipe gendongan ini asalah SSC alias soft structured carrier, jadi waist belt dan shoulder strapnya bisa diatur sedemikian rupa agar disesuaikan dengan ukuran tubuh penggendong. Ini praktis banget buat saya karena saya cukup bawa 1 gendongan untuk pergi kemana-mana dan bisa digunakan bersama-sama dengan suami. Kalau Moms punya nanny/baby sitter, yang kebetulan ukuran tubuhnya berbeda sama Moms, jadi gak perlu deh beli beberapa pcs dengan ukuran berbeda. Karena 1 gendongan ini bisa dipakai bareng-bareng.

  1. Bahan Kain yang Lembut dan Nyaman, ANTI MOLOR

Salah satu concern saya dalam memilih gendongan adalah soal bahan. Apalagi untuk dipakai traveling. Ini penting banget Moms. Karena anak harus tetap merasa nyaman agar tidak cranky pas lagi jalan-jalan. Saya pernah lho punya pengalaman buruk sama gendongan yang bahannya pengap dan panas. Pas lagi jalan-jalan, Qonita keringetan sampai basah kuyup. Padahal cuaca waktu itu cenderung lagi adem. Nah untungnya, ACTIVA dari Bayiku.ID ini menggunakan bahan katun tebal yang lembut, dingin dan nyaman. Meskipun demikian, namun bahannya sangat kokoh untuk menopang tubuh bayi.

  1. Desain dan Pilihan Warna yang Beragam

Nah yang gak kalah penting nih, gendongan ini juga menyediakan beragam pilihan warna dan desain. Mulai dari hitam, navy, mocca, merah, kemudian warna-warna two tone alias 2 warna seperti kombinasi hitam & merah, hitam & kuning,  abu-abu dan tosca serta varian yang bercorak seperti little bird, pavone, fugu fish, pink lily, fish scales. Duh jadi bingung ya pilih yang mana hihi

 

  1. Terdapat penutup kepala yang juga berfungsi sebagai head cover, head rest dan pouch untuk menyimpan gendongan

Fitur lain yang saya suka dari gendongan ini adalah karena memiliki penutup kepala (head cover) yang bisa berfungsi untuk bermacam-macam keperluan. Mulai dari untuk melindungi kepala bayi dari panas matahari ataupun rintik gerimis sata lagi diluar ruangan, jadi nursing cover alias penutup menyusui, jadi sandaran pas anak lagi tidur, sampai jadi pouch untuk menyimpan gendongan saat tidak digunakan. Keren kan! Ini bener-bener inovasi yang keren banget. Karena saya gak nyangka headrest tersebut adalah pouchnya. Awalnya agak bingung kok ada retsleting di headcovernya ternyata oh ternyata, bisa jadi pouch buat nyimpen gendongannya juga. Unik banget sih, karena pouch gendongannya tidak terpisah sehingga gak khawatir bakalan hilang atau tercecer.

  1. Mendukung M Position dan C-Shape

Hmmm, kalau ngomongin soal gendongan nih, pertanyaan emak-emak zaman sekarang pasti gini “gendongannya support M position gak?” hehe. Kan emak-emak zaman sekarang dah pada pinter-pinter yak. Tau gendongan yang baik buat kesehatan panggul anak. Kabar baiknya, gendongan SSC Activa dari Bayiku.ID ini dijami mendukung M position agar aman bagi kesehatan panggul bayi dan mendukung C Shape position agar aman bagi tulang punggung bayi. Jadi gak perlu khawatir deh, mau dipake beberapa menit atau beberapa jam, tetap aman.

  1. Memenuhi Kaidah KISSES

Selain mendukung M-Position dan C-Shape, gendongan ini juga mendukung kaidah-kaidah yang direkomendasikan saat menggendong. Yaitu TICKS. Aliaaas :

T (Tight) = Gendongan ketat namun tak mencekik si kecil

I (In view at all times) = Penggendong dapat melihat & mengecek bayi selama di gendongan

C (Close Enough to kiss) = Penggendong dapat mencium dahi bayi karena jarak antara dagu penggendong dan dahi bayi cukup dekat

K (Keep chin off the chest) = Dagu bayi tidak terkekuk ke dadanya

S (Supported back) = Gendongan dapat menyangga punggung bayi dengan sempurna

  1. Harga yang terjangkau

Terakhir, yang membuat saya merekomendasikan banget gendongan ini untuk Moms adalah karena harganya yang cukup masuk akal. Seharga gendongan standard namun terasa lebih hemat dan efektif karena bisa digunakan mulai dari newborn hingga toddler. Dan yang terpenting adalah, meskipun harga terjangkau namun kualitasnya mampu bersaing dengan produk luar. Selain itu pembeliannya juga mudah, Moms bisa beli di reseller mereka ataupun di marketplace kesayangan Moms seperti shopee. Supaya Moms gak ketinggalan informasi promo dan diskon mereka, Moms bisa follow mereka di media sosial :

Instagram : bayiku.id

Facebook : bayiku.id

youtube : bayiku.id

Ada 2 cara melipat gendongan ini. Pertama dengan cara melipat saat gendongan sedang tidak digunakan seperti yang tertera pada gambar diatas, ada pula cara melipat saat gendongan sedang dipakai, seperti yang tampak pada video dibawah ini. Sehingga, ketika traveling, Moms tidak perlu bingung mencari tempat yang bersih untuk melipat gendongan sebab Moms bisa melipat gendongan ini sambil berdiri. Praktis banget ya!

Kesan dan Pengalaman Menggunakan Gendongan ACTIVA dari Bayiku.ID

Pengalaman saya menggunakan gendongan SSC Active dari Bayiku.ID memang belum terlalu lama. Sampai saya menulis review ini rasanya belum genap 3 minggu saya menggunakan gendongan tersebut. Tapi rasanya saya yakin banget, gendongan ini akan selalu saya andalkan setiap traveling. Mengingat kepraktisannya dan keunggulan lain yang sudah saya ceritakan diatas.

Bayangin aja, mulai sekarang saya gak perlu rempong lagi bawa gendongan yang bulky karena SSC ini compact banget. Apalagi saat tidak dipakai, gendongan ini bisa langsung digulung dan dimasukin ke pouchnya, jadi gak bakalan keliatan berantakan daripada hanya disimpan gitu aja di diaper bag. Cara melipat gendongannya juga mudah banget, tinggal digulung langsung masuk deh ke pouchnya.

Sejauh ini saya juga merasa gendongan ini cukup nyaman digunakan dalam durasi gendong yang lama. Saya sudah pernah menggendong dengan Activa selama 3 jam nonstop, pas Qonita lagi gak enak badan dan maunya minta digendong terus hehe. Dan rasanya memang gak pegel sama sekali, mungkin karena saking empuknya waist belt sama shoulder padnya itu ya. Tapi beneran saya merasa, berat Qonita yang saat ini sudah sekitar 11 kg bisa terdistribusi dengan merata di punggung saya.

Saya jadi ketagihan nih pengen beli yang warna lain lagi, ngincer yang mocca peacock itu lho, kayaknya unyu deh. Hihi.. Makin gak sabar deh, kira-kira akan ada kejutan apalagi ya dari Bayiku.ID. Penasaran pengen liat inovasi-inovasi produk mereka kedepan.

Btw saya juga jadi pengen nanya dong, adakah Moms yang sudah pernah mencoba SSC Activa dari Bayiku.ID? kalau ada shring impressionnya juga dong di kolom komentar.  Thank you for reading ya. Semoga review gendongan ACTIVA ini membantu!

Baca Juga : Review Gendongan BABY WRAP dari Bayiku.ID

error: content is protected