[REVIEW] : Facial Mist Battle : Avene VS Evian

AVENE-VS-EVIAN

Sebenarnya saya udah mulai kecanduan facial mist sejak beberapa tahun lalu, mulai dari nyobain beberapa brand facial mist dari yang drugstore sampe yang high end. Efek seger dan lembab yang saya rasakan setelah nyemprotin facial mist adalah dua hal yang paling bikin saya kecanduan. Sehingga facial mist adalah salah satu bucket list wajib untuk saya tiap kali belanja skincare. Sampai akhirnya di tahun 2015 saya kenalan sama evian dan avene. Kedua produk facial mist ini pernah saya coba. Kalo lagi ada budget lebih belinya avene, kalo lagi bokek ya belinya evian. Haha. Nah karena sudah saya pakai lebih dari setahun, boleh dong ya saya berbagi impression tentang kedua produk ini, sekaligus perbandingannya. So here it is, Facial Mist Battle : AVENE Thermal Spring WaterR VS EVIAN Brumisateur Facial Spray.

Sebelumnya saya Cuma pengen ngingetin, jangan berekspetasi terlalu tinggi dengan facial mist tanpa dibarengi rentetan skincare yang lain karena tentu hasilnya gak akan maksimal. Misal nih, kamu ngandelin facial mist tapi males double cleansing, ya sama aja boong. Atau kamu ngandelin facial mist, tapi melalaikan skincare routine pagi dan malam, ya tentu gak akan seoptiomal kalo dibarengi serentetan skincare tersebut. Karena sebenernya fungsi dasar dari facial mist adalah hanya untuk ngehydrate alias melembabkan, menyegarkan, dan menenangkan kulit wajah. Kalo ada yang bilang jerawat bisa kempes, atau bruntusan ilang hanya dengan facial mist. Hmm barangkali dia ngebarengin facial mist dengan skincae khusus acne yang lain jadi hasilnya oke. Atau kalo gak dia gadis beruntun yang kulitnya emang udah dari sononya bagus-bagus aja, tapi sayangnya dari hanya ada 2 dari 10 gadis yang beruntung yang kulitnya benar-benar sama sekali tak bermasalah. HAHA.

Well, Avene Thermal Spring Water dan Evian Brumisateur Facial Spray  emang sering banget dibanding-bandingin, ada yang bilang avene lebih oke tapi ada juga yang prefer evian. Di saya sih sebenernya sama aja, karena sekali lagi, saya tuh tipikal kulit badak, yang mana gak terlalu banyak jenis skincare yang berhasil memberikan efek terlalu wow di kulit saya. Tapi ada point yang menurut saya membuat avene thermal spring water lebih unggul, karena….

EVIAN FACIAL SPRAY

EFEK

Nah jadi faktor efek ini adalah faktor pertimbangan pertama sebelum saya memilih skincare berdasarkan harga. Kalo punya budget agak lebih kenapa engga ya invest di skincare yang bagus tapi ngefek, lebih bagus lagi sih kalo ada yang murah tapi ngefek. haha Nah, menurut saya pribadi sih, sekalipun ga begitu wow tanpa dibarengi skincare routine yang lain, tapi avene jauh lebih ngefek di kulit saya ketimbang evian. Kalo sekedar buat ngehydrate wajah sebelum makeup sih, menurut saya evian dan avene sih hasilnya sama aja ya. Sama-sama bikin kulit lebih lembab dan lebih siap sebelum ditimpuk macem-macem kayak primer,foundie, bedak dll, kedua produk ini sama-sama bikin makeup lebih tahan lama dan bikin bedak jadi gak cakey walopun kulit saya cenderung kering di bagian pipi dan suka crack di bagian garis senyum, tapi mayan berkurang kalo sebelunya di set dulu pake facial mist macam si Evian Brumisateur Facial Spray  atau avene thermal spring water. Yang keliatan berbeda adalah efek kalo pemakaian di malam hari sebagai rangkaian skincare routine, jadi facial mist itu kadang-kadang saya pake dalam rangkain ritual toning di skincare routine saya. I love toning so much. Rangkaian ritual toning yang biasanya saya lakukan itu FACIAL MIST-EXFOLIATING TONING-HYDRATING TONING. Rangkaian toning ini penting banget untuk nyiapin kulit wajah supaya skincare kamu lebih menyerap di kulit. Nah facial mist baik evian atau avene biasanya akan saya pake sebelum melakukan step exfoliating toning. Biasanya kalo pake Evian Brumisateur Facial Spray , saya gak ngerasain efek yang gimana banget selain lebih seger aja. Tapi, the things will be soooo different waktu pake avene thermal spring water, rasanya kulit saya lembab dalam sekejap, kayak udah pake rentetan skincare yang lain padahal belom. Jadiii buat pemilik kulit kering-kombinasi seperti saya mungkin juga akan jatuh cinta sama avene ini. Tapi buat sang gadis beruntung yang kulitnya udah bagus-bagus aja, alias udah lembab,tapi gak berminyak, juga gak jerawat apalagi bruntusan mungkin evian juga udah cukup kali ya? Nah, ketika sudah capek banget di malam hari, saya bahkan kadang juga suka ngeskip skincare routine sih -,-  Jadi Cuma double cleansing, alias bersih-bersihin sisa makeup di wajah terus udah deh disemprot aja pake avene, tapi surprisingly paginya kulit saya berasa lebih lembab dan kenyel.

HARGA

Kalian para beauty junkies pasti sudah sangat paham kalo harga avene thermal spring water itu sedikit lebih mahal dibanding Evian Brumisateur Facial Spray . Si evian yang 300 ml itu sekitar Rp 135.000 kalo gak salah, sedangkan harga avene thermal spring water 300 ml itu sekitar Rp 210.000, tapii…. menurut saya kalau punya budget lebih, invest di avene akan lebih menguntungkan. Kenapa? Karena butiran air yang keluar dari botol spray avene thermal spring water itu lebih halus dan kecil-kecil, sehingga lebih cepat meresap di wajah, dan pemakaiannya pun jadi lebih hemat. Sebagai perbandingan, saya pernah rutin pake evian beauty water, pagi hari sebelum makeup dan malam hari sebelum memulai night skincare routine, hanya 2 kali sehari tanpa retouch. Dan sebotol evian 300 ml itu hanya bertahan sekitar 7 bulan. Kalo avene beda cerita, sebotol avene thermal spring water ukuran 300 ml, yang dipakai sepanjang hari dengan beberapa kali retouch bisa bertahan sekitar 8 bulanan. Jadi meskipun lebih mahal, menurut saya pribadi avene lebih hemat. Nah, soal harga ini, akan beda lagi ceritanya kalo beli avene nya di malaysia, jadi karena kebetulan adek saya kuliah di Malaysia, kemaren saya sempet nitip avene, di malaysia itu trio pack avene thermal spring water 300 ml, harga nya Cuma 130 RM atau sekitar Rp 400.000 which means, 1 botol avene 300 ml thermal spring water  harga nya Cuma sekitar Rp 134.000 harganya jadi mirip-mirip sama evian. Makanya pas adik saya pulang dari Malaysia kemarin, saya nitip avene yang banyak haha, saya itung-itung itu stock avene yang saya titip bisa cukup buat sampe taun 2019. Sebuah penghematan luar biasa bagi seorang ibu rumah tangga. TAPI SEKALI LAGI, walopun belinya di Indonesia menurut saya beli avene itu memang lebih mahal tapi jauh lebih hemat.

PACKAGING

Baik avene ataupun evian packaging sama-sama dari botol kaleng spray gitu, dan sama-sama mengeluarkan kemasan travel size. Kalo buat urusan packaging menurut saya evian menang sih, karena botol evian ada semacam lekukan tubuh nya,jadi lebih lebih nyaman digenggam beda kayak avene yang botolnya lurs-lurus aja kayak body aku. *nangis dibawah hujan* Teruuuss semprotannya si avene juga sering clogged alias sumbat, temen aku si fitriska pernah nih ngalamin ini, jadi kadang suka gak bisa disemprot padahal isinya masih mayan banyak, huhuuu. Walaupun kejadian spray nya nyumbat itu jarang banget sih terjadi, di aku Alhamdulillah belom pernah. Ada yang pernah ngalamin juga disini? Tapiii kayak yang udah aku bahas diatas, spray nya avene mengeluarkan butiran air lebih halus daripada evian. Nahlho jadi urusan packaging siapa yang menang nih?

KANDUNGAN

Avene Thermal Spring Water, kandungannya adalah air dan nitrogen. Konon katanya air ini berasal dari mata air yang mengalir dari kaki gunung Cevennes, di kedalaman Lembah Orb, bagian selatan Paris, Perancis. Mata air ini memiliki suhu konstan 25,6 derajat Celcius, bebas dari kandungan mikroba dan memeiliki pH7,5 (mendekati netral). Bahkan katanya di Perancis, Avene thermal spring water itu digunakan oleh para dokter kulit untuk menangani keluhan infeksi, kulit atopik, eksema kronis, psoriasis hingga perawatan pasca bedah. Kalo Evian Brumisateur Facial Spray kandungannya juga sama yaitu air dan nitrogen, tapi beberapa pihak mengklaim kandungan air di evian ini kaya kandungan mineral yang bagus buat kulit.

AVENE-THERMAL-SPRING-WATER

OVERALL

So, overall saya tetap akan memilih avene thermal spring water sih berdasarkan alasan-alasan yang saya sebutin tadi walaupun si avene juga ada minus-minusnya, karena yaa memang si avene ini di kulit saya keliatan lebih bekerja. Tapi, yang harus dicatet adalah artikel ini hanya review pribadi dari saya, yang dibikin tanpa dibayar HAHA. So itsa really really my personal words and impression. Kesan dan efek antara satu orang dan orang lain mungkin akan sangat berbeda. Karena kulit manusia itu unik, skincare yang bagus di saya belum tentu bagus di kalian. Kalau saya beranggapan avene lebih bagus, bisa aja di kamu malah sebaliknya. So buat yang lagi galau memilih satu antara kedua facial mist ini, be wise ya, banyak-banyak baca review dari orang dan buat yang belum pernah sama sekali nyobain kedua produk ini mungkin bisa nyobain yang travel size dulu buat make sure cocok atau engga di kamu.

Hmmm tapi sebenernya saya juga lagi penasaran sih pengen nyobain facial mist dari brand lain yang juga worth to try alias layak dicoba, any suggest?

Rizka Edmanda

7 Comments

  1. Aku pertama kali nyobain sih Evian karena harganya memang jauh lebih terjangkau.
    But suatu saat iseng nyobain yang Avene, ajdilah sekarang pakenya Avene. Belum lagi rentetan produk skincare Avene lebih lengkap 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *