Cara Enak Jaga Nutrisi Selama Menyusui, Bersama AFIS Life Indonesia

afis-life-indonesia

Tak terbantah, bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi. Menyusui juga diperintahkan oleh semua agama, termasuk oleh Negara. Maka dari itu, menyusui Qonita adalah sebuah anugerah terindah bagi saya sebagai seorang wanita, sekaligus nikmat yang patut saya syukuri. Menjaga asupan nutrisi harian adalah sebuah kewajiban yang tak bisa ditawar bagi saya selama menjalani masa-masa menyusui. Karena selama memberikan ASI Ekslusif, saya adalah satu-satunya “pabrik nutrisi” untuk sang buah hati ini. Nah, ASI Booster dari AFIS Life Indonesia, belakangan ini banyak menemani perjalanan menyusui saya dalam membantu menjaga asupan nutrisi harian, dengan cara yang enak dan menyenangkan!

****

manfaat-asi

Kegunaan dan manfaat ASI bagi bayi sudah banyak dibahas di berbagai publikasi. ASI memiliki komponen nutrisi lengkap mulai dari mikronutrien hingga makronutrien yang penting untuk tumbuh kembang bayi. Mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, mineral hingga air semuanya ada dalam komposisi ASI. Bahkan ASI memiliki komponen lain yang tak tergantikan oleh makanan/minuman/suplemen atau formula apapun di bumi ini, jadi tidak heran ASI juga disebut sebagai “the liquid of gold” sekaligus makanan terbaik untuk bayi. Maha Suci Allah dengan segala ciptaan-Nya.

Sebagai seorang Ibu yang sedang berjuang memberikan ASI ekslusif untuk bayi saya Qonita, belakangan ini saya jadi banyak belajar seputar cara meningkatkan produksi ASI. Saya paham jika cara yang paling direkomendasikan untuk meningkatkan produksi ASI adalah dengan mengubah mindset, kemudian memberikan ASI lebih sering kepada bayi, mengingat prinsip tubuh memproduksi ASI adalah supply by demand. Maksudnya, semakin tinggi kebutuhan bayi akan ASI maka tubuh juga akan semakin banyak memproduksi ASI. Misalnya, bayi menyusu sebanyak 300ml setiap hari, maka hormon pembuat ASI pada tubuh juga akan memproduksi ASI sejumlah tersebut. Semakin ASI sering dikeluarkan (diberikan ke bayi) maka tubuh akan meningkatkan produksi ASI, demikianlah seterusnya.

Namun, yang kadang terlupakan oleh kita adalah produksi ASI tidaklah hanya soal kuantitas (jumlahnya) saja tapi juga kualitasnya. Peraturan menteri Kesehatan RI No 75 Tahun 2013 yang mengatur soal Angka Kecukupan Gizi yang Dianjurkan Bagi Bangsa Indonesia, telah menentukan bahwa seorang Ibu menyusui memerlukan tambahan asupan energi harian sebanyak 330-400 kkal, 20gram protein, 11-13 gram lemak, 45-55 gram karbohidrat, 5-6 gram serat dan 800-650 mililiter air setiap hari dibandingkan dengan orang dewasa yang tidak menyusui. Begitupula kebutuhan angka kecukupan vitamin dan mineral meningkat, karena selama masa menyusui Ibu harus berbagi nutrisi untuk dirinya sendiri dan untuk sang buah hati yang sedang disusui.

Berkenaan dengan hal ini, saya menjadi sadar bahwa itu artinya selama memberikan ASI ekslusif untuk Qonita saya juga harus memperhatikan asupan nutrisi harian atas makanan yang saya konsumsi, karena saya adalah satu-satunya sumber nutrisi bagi Qonita untuk mendukung tumbuh kembangnya. Dari tubuh sayalah, nutrisi yang baik bisa tersalurkan untuknya.

Dalam rangka meningkatkan asupan nutrisi harian, agar kuantitas dan kualitas ASI terjaga, saya telah melakukan beberapa ikhtiar. Selain menjaga asupan makanan sehari-hari berdasarkan pada pedoman gizi seimbang. Saya juga mengkonsumsi ASI booster atau yang dalam bahasa medis dikenal sebagai induksi laktasi atau galactagogue.

“Memang perlu dan wajib banget ya mengkonsumsi ASI Booster?” Menurut saya sih perlu. Walaupun saya pribadi pada dasarnya tidak punya masalah dengan produksi ASI, tapi bagi saya mengkonsumsi ASI Booster itu tetap perlu. Karena logikanya begini, saat menyusui kita memerlukan tambahan asupan nutrisi harian yang kadangkala asupan nutrisi tersebut tidak cukup diperoleh dari makanan, maka kita memerlukan asupan lain selain dari makanan yaitu dair produk-produk olahan khusus, yang tentunya terbuat dari bahan-bahan terbaik, alami dan dengan produk yang terjamin kualitasnya. Jadi, jika bagi saya yang produksi ASI nya cukup berlimpah saja merasa perlu mengkonsumsi ASI Booster, apalagi buat Ibu-Ibu yang produksi ASI nya minim, menurut saya sih wajib bangetlah mencoba ikhtiar dengan mengkonsumsi ASI Booster.

Saat ini sudah banyak produk ASI booster olahan yang beredar di pasaran. Salah satu diantara yang terbaik adalah Produk ASI Booster dari AFIS Life Indonesia. Baru-baru ini, saya berkesempatan mencoba 2 produk ASI Booster dari AFIS Life Indonesia, yaitu Susu Kedelai dengan Ekstrak Kacang Hijau dan Daun Katuk serta agar-agar premium nutri mom & baby.

Cara Enak Jaga Nutrisi Selama Menyusui dengan ASI Booster dari Afis Life Indonesia

AFIS-LIFE-INDONESIA

Hal yang paling saya sukai dari produk ASI Booster – Susu Kedelai dengan Kacang Hijau dan Daun Katuk dari Afis Life Indonesia ini tentu adalah karena rasanya yang enak.  Rasanya persis seperti susu kedelai murni, tapi terasa lebih kental karena ada campurang kacang hijau. Rasa yang enak menjadi faktor penting bagi saya dalam memilih ASI booster, karena pada dasarnya ASI booster itu harus bergizi dan bernutrisi tapi tidak boleh “menyiksa” hehe, biar Ibu nya happy, ASI nya juga jadi tambah lancar karena hormon oksitosin yang diproduksi tubuh saat kita happy juga akan membantu meningkatkan produksi ASI.

Produk olahan ekstrak kedelai dari Afis Life Indonesia ini diperkaya dengan kacang hijau dan daun katuk. Sebagaimana kita tau, kacang hijau itu memiliki kandungan protein dan asam folat yang cukup tinggi sehingga baik untuk Ibu dan Bayi. Kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin B kompleks yang baik untuk pertumbuhan jaringan dan syaraf bayi serta sebagai sumber energi bagi Ibu. Kandungan ekstrak kedelai nya juga memiliki kalsium yang tinggi sehingga baik untuk pembentukan tulang dan gigi bayi. Sedangkan daun katuk yang terkandung dalam produk ini, dipercaya dapat membantu meningkatkan produksi ASI karena daun katuk memiliki senyawa esensial (flavonoid triterpenoid) dan sejumlah asam amino serta vitamin dan mineral yang tinggi.

Hal yang paling istimewa dari produk ASI Booster ini adalah, kita tidak perlu khawatir gemuk karena perpaduan kedelai, kacang hijau dan daun katuk itu rendah lemak namun memiliki serat yang tinggi sehingga baik untuk metabolisme tubuh. Serta bagi bayi khususnya bayi yang mengalami alergi susu sapi, kita pun tidak perlu khawatir karena produk ini murni menggunakan protein nabati dengan kualitas bahan pilihan yang terbaik.

asi-booster

Produk ASI Booster lain dari AFIS Life Indonesia adalah agar-agar premium nutri mom & baby, menurut saya produk ini punya keunikan tersendiri karena bentuknya adalah bubuk agar-agar. Sehingga setelah dimasak, agar-agar ini bisa kita jadikan dessert atau menu pelengkap di sajian makanan sehari-hari. Uniklah, karena nyari dimana coba ada produk ASI Booster olahan yang bentuknya agar-agar, iya kan! Agar-Agar Premium Nutri Mom & Baby dari Afis Life Indonesia ini kaya akan Omega 3 dan 6, Yodium, Vitamin B Kompleks, Serat, Kalsium dan Asam Amino sehingga baik untuk perkembangan bayi.

Cara membuatnya juga mudah tinggal dicampur dengan air kira-kira 300 ml kemudian ditambahkan gula sesuai selera, lalu dimasak dengan api sedang hingga mengental lalu dibiarkan dingin didalam cetakan. Produk ini tersedia dalam 4 pilihan rasa yang segar yaitu Plain, jeruk, melon dan guava (jambu). Favorit saya adalah rasa jambu, karena rasanya segar dan tidak bikin eneg, cocok banget dijadikan pencuci mulut setelah makan.

Dan kabar baiknya, produk ini juga sudah memiliki izin depkes dan sertifikat halal MUI. Alhamdulillah, jadi tenang mengkonsumsinya😍 . Ohya, selain untuk ibu menyusui, kedua produk ASI Booster ini juga baik dikonsumsi untuk ibu hamil lho! Jadi, untuk yang sedang hamil bisa banget mengganti cemilan tidak sehatnya dengan cemilan bergizi seperti produk AFIS Life ini.

Hmm, meningkatkan kualitas ASI dengan megkonsumsi makanan bernutrisi adalah keharusan bagi seorang ibu menyusui. Selain dengan makanan, mengokonsumsi ASI Booster olahan juga bisa jadi pilihan. Susu Kedelai dengan Esktrak Kacang Hijau dan Daun Katuk serta Agar-Agar Premium Nutri Mom & Baby dari AFIS Life Indonesia adalah ASI Booster yang menurut saya sangat layak dicoba, selain rasanya enak, terjamin kualitas dan kehalalannya, harganya terjangkau pula!

Btw, ibu-ibu adakah yang juga sudah pernah mencoba produk ini? Share ceritanya di kolom komentar dibawah yuk…

 

Rizka Edmanda

47 Comments

  1. Segala cara harus dilakukan ya supaya bayi mendapatkan hak ASI. Termasuk minum ASI booster. Semoga lancar selalu ASI nya mbak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *