A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Rekomendasi booster ASI – Tidak terasa perjalanan menyusui Qonita sudah menginjak bulan ke 20. Itu artinya, lebih kurang 4 bulan lagi saya harus bersiap untuk mulai menyapih puteri semata wayang saya ini. Jujur sejak awal banyak sekali lika-liku dan tantangan luar biasa yang saya lalui selama menjalani masa-masa menyusui. Meskipun tidak mudah, tapi buat saya perjalanan menyusui ini sangat berharga. Lewat proses penyusuan, saya belajar bahwa cinta kasih ibu memang tak bertepi. Dan jika tanpa cinta kasih itu pula mungkin saya tak akan bisa kuat melalui tantangan demi tantangan selama proses menyusui tersebut. Itulah alasan mengapa baik di blog maupun sosial media saya sangat gigih menebarkan semangat menyusui kepada sesama Ibu. Sebab bagi saya, proses menyusui bukan hanya wujud cinta kasih tapi juga adalah usaha kita untuk memberikan asupan nutrisi terbaik bagi penerus generasi.

“Mom, Minta Rekomendasi Booster ASI yang bagus dong…”

Ngomong-ngomong soal menyusui, salah satu topik yang paling sering ditanyakan oleh Momtizen kepada saya adalah tentang rekomendasi booster ASI yang paling bagus. Jujur saya sering kebingungan menjawab ini. Sebab menurut saya, memilih booster ASI itu tergantung pada preferensi masing-masing ibu. Apalagi di zaman sekarang booster ASI tersedia dalam berbagai bentuk sediaan. Mulai dari kapsul, tablet, serbuk hingga yang kekinian juga tersedia dalam bentuk susu, cereal drink, cookies sampai cokelat. Setiap produk tentu menawarkan keunggulannya masing-masing baik dari segi harga, popularitas merek, kandungan dan lain sebagainya.

Manajemen Laktasi, Kunci Keberhasilan Menyusui

Bagi saya pribadi, sebelum memutuskan untuk memilih mana booster ASI yang dirasa paling cocok, hal pertama dan paling penting untuk dilakukan adalah justru dengan memperbaiki manajemen laktasi terlebih dahulu. Sebab semahal apapun harganya, booster ASI tetap bukanlah “jalan pintas” untuk meningkatkan produksi ASI. Melainkan hanya suplementasi makanan yang berfungsi untuk melengkapi kebutuhan gizi dan nutrisi ibu selama menyusui sehingga dapat membantu tubuh memproduksi ASI dengan lancar dan berkualitas.

Manajemen laktasi adalah segala upaya yang dilakukan agar produksi ASI berjalan dengan lancar dan optimal. Upaya tersebut bermacam-macam bentuknya. Misalnya dengan memperbaiki pelekatan (latch on) agar mulut bayi dapat menutup aerola dengan sempurna sehingga ASI dapat terhisap keluar dengan optimal. Kemudian juga dengan cara menyusui secara rutin atau melakukan pemompaan asi (pumping) dengan teratur. Lalu menjaga asupan nutrisi harian ibu menyusui (baik melalui makanan yang dikonsumsi, suplemen, booster dsb), mencukupi kebutuhan air putih, menjaga mood dan psikis ibu menyusui agar tidak stress, meningkatkan ketrampilan menyusui, hingga memastikan ibu mendapatkan dukungan penuh dari lingkungan (suami, orang tua dsb) agar dapat menyusui bayinya dengan baik.

Menurut saya kesemua hal diatas perlu diupayakan secara maksimal untuk mencapai keberhasilan menyusui. Dan berdasarkan pengalaman pribadi, satu hal yang juga menjadi kunci sukses dalam menyusui adalah TEKAD / KOMITMEN YANG KUAT untuk dapat menyusui bayi selama 2 tahun penuh. Sebab dengan tekad atau komitmen yang kuat saya yakin, sekeras apapun badai menghadang Moms pasti akan bersemangat untuk menghadapi sehebat apapun tantangan menyusui.

Perlukah Mengonsumsi Booster ASI?

Mengonsumsi booster asi bisa dipertimbangkan jika manajemen laktasi sudah dilakukan dengan baik namun ASI tetap tidak keluar dengan maksimal. Ataupun jika Moms merasa perlu menjaga produksi ASI agar tetap stabil baik kuantitas maupun kualitasnya. Saya sendiri rutin mengonsumsi  booster ASI sejak masa-masa menyusui eksklusif hingga saat ini. Meskipun jujur sejak awal produksi ASI saya sebetulnya sudah cukup lancar (walaupun sesekali pernah juga turun misalnya karena stress, sakit ataupun ketika saya mengkonsumsi obat-obatan tertentu). Kendati tak pernah mengalami permasalahan produksi ASI yang berarti tapi tetap saja bagi saya, mengonsumsi booster ASI itu penting untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi harian saya.

Ibarat pabrik yang membutuhkan bahan baku terbaik agar dapat menghasilkan produk terbaik, demikian pula halnya tubuh seorang ibu menyusui. Demi menghasilkan ASI dengan kuantitas dan kualitas yang baik, tentu Moms harus memastikan bahwa tubuh Moms memiliki gizi, vitamin, mineral dan nutrisi yang cukup. Maka dari itu jangan heran jika varian produk booster ASI yang ada di pasaran saat ini semakin berlomba-lomba dalam menawarkan kandungan yang lengkap/ kompleks agar semakin memperkaya asupan nutrisi harian ibu menyusui.

Jadi sepakat ya, jangan sampai terburu-buru menyalahkan booster ASI tidak manjur sebelum memastikan manajemen laktasi diatas sudah benar. Sebab booster ASI tidak akan bisa bekerja efektif tanpa proses & manajemen penyusuan yang baik.

Serba-Serbi Memilih Booster ASI

Dalam memilih booster ASI biasanya saya melakukan beberapa pertimbangan. Mulai dari bentuk sediaannya, varian rasanya, produsennya, kandungan sampai tentu khasiatnya. Sejak awal sampai saat ini saya memang tidak terlalu kaku dalam mengonsumsi booster ASI, maksudnya saya tidak pernah terpaku hanya mengonsumsi 1 jenis/merek booster saja melainkan mengonsumsi berbagai jenis booster sesuai mood dan kebutuhan.

Terkadang jika ingin praktis atau saat traveling, saya akan mengonsumsi booster berbentuk kapsul atau tablet. Kemudian saat ingin ngemil saya memilih produk booster ASI dalam bentuk cookies atau cokelat, terkadang jika ingin juga mengonsumsi booster ASI dalam bentuk teh, cereal drink dsb.

Semua semata-mata karena ya itu tadi, karena saya pribadi tidak menganggap booster asi sebagai “obat” melainkan hanya asupan nutrisi sampingan untuk tubuh saya. Jadi produknya disesuaikan selera dan kebutuhan saja. Yang gak kalah penting selain kualitas dan khasiatnya sih menurut saya, yang namanya booster ASI itu harus enak, harus membuat kita nyaman ketika mengonsumsinya.

Sebab, jika Moms merasa terpaksa sata mengonsumsi booster ASI tersebut maka pasti akan berpengaruh ke psikologis juga. Sebaliknya, jika mengonsumsi sesuatu yang memang kita sukai, dampaknya juga pasti akan membuat kita bahagia dan rasa bahagia itu akan memicu hormon oksitosin didalam tubuh yang secara tidak langsung juga berimbas pada produksi ASI yang semakin lancar.

Hypeboostermilk, Rekomendasi Booster ASI dalam bentuk minuman cereal yang enak dan kaya nutrisi

Nah ngomongin booster ASI enak, akhir-akhir ini saya lagi suka-sukanya minum cereal drink yang juga bermanfaat sebagai booster ASI. Namanya hyperboostermilk. Produk minuman serealia homemade ini bisa menjadi pilihan bagi Moms yang ingin mengonsumsi booster ASI namun dengan sensasi yang lebih nyaman. Gak kayak makan obat 😀

Didalamnya terkandung bahan-bahan bernutrisi yang tidak hanya bagus untuk melancarkan ASI tapi juga telah lama dikenal menjadi sumber gizi yang bagus bagi tubuh. Yaitu antara lain oat, soy (kedelai), bubuk cocoa organik, Himalayan pink salt, flaxseed meal, raw almond, chia seed, yeast, ekstrak daun katuk, ekstrak daun kelor serta bubuk malt (biji-bijian serealia) yang membuatnya terasa enak dan mengenyangkan.

Saya biasa mengonsumsi hypemilkbooster sebagai pengganti sarapan atau ketika terbangun karena lapar ditengah malam. Hmm, saya yakin pasti diantara Moms yang saat ini sedang menyusui pasti ada juga kan yang sering terbangun tengah malam karena lapar. Nah kabar baiknya, meskipun membuat kita merasa kenyang tapi minuman serealia ini gak bikin gendut. Lumayanlah, daripada tengah malam makan mi instan lebih baik minum hypemilkbooster kan. Selain enak, kenyang, badan sehat, ASI pun lancar.

Foto : Hypemilkbooster

Selain memiliki kandungan yang bernutrisi dan rasa yang enak, hal lain yang juga membuat saya menyukai hypemilkbooster adalah karena cara membuatnya yang praktis dan mudah. Cukup tambahkan 3 sdm bubuk hypemilkbooster ke mangkuk atau gelas,kemudian tambahkan 150 ml air hangat maka minuman ini siap dinikmati. Kemudian harganya sendiri juga cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 125.000 untuk kemasan 400 gram. Kalau melihat bahan-bahannya yang premium sih menurut saya harga segini jadi terasa cukup murah ya.

Sejak ada hypemilkbooster saya jadi gak khawatir lagi kalau kebangun tengah malem karena laper. Gak ada lagi tuh acara gofood/grabfood malem-malem terus ngerasa berdosa karena makan berat di jam yang tidak seharusnya. Karena kalau lapar di tengah malam tinggal seduh hypemilkbooster aja. Bonusnya. selain tubuh terasa lebih enteng dan bugar,  produksi ASI juga rasanya semakin lancar dan kental. Hmmm, makanya mulai sekarang rasanya wajib banget buat selalu nyetok hypemilkbooster dirumah

Nah Moms, segitu dulu ya sharing saya seputar tips dan rekomendasi memilih booster ASI. Btw saya juga jadi penasaran nih, usaha apa aja sih yang sudah Moms lakukan untuk meningkatkan produksi ASI? Jangan sungkan sharing-sharing juga di kolom komentar yaaa

Jika Moms ingin mencoba hypemilkbooster, Moms bisa beli produknya di :

Tokopedia     : Hype Milk Booster
Shopee : HypeMilkBooster (disambung)

Instagram      : @hypemilkbooster.id

error: content is protected