A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Prestasi Junior Indonesia – Indonesia Student Company Of The Year 2020

Aku teringat pesan seorang dosen saat kuliah dulu, jangan jadi mahasiswa “kupu-kupu” alias kuliah-pulang-kuliah-pulang sebab masa-masa sekolah dan kuliah seharusnya menjadi masa belajar dan mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.  Mumpung masih muda. Puas-puaskanlah aktif di organisasi, puas-puaskanlah berkegiatan, puas-puaskanlah mengembangkan diri. Karena sekecil apapun kegiatan asal positif pasti akan membentuk karakter kita di masa depan. Ini penting, sebab generasi muda punya andil yang sangat besar untuk membangun bangsa dari berbagai aspek. Salah satunya adalah ekonomi.

Taukah teman-teman bahwa sektor UMKM yang digerakkan para generasi muda melalui start up telah mampu memberikan sumbangsih sebanyak lebih dari 57,8% dari total PDB Indonesia. Dilansir dari katadata, UMKM Indonesia mampu menyumbangkan hingga Rp 8,573,9 trilliun ke PDB (pendapatan domestik bruto) Indonesia pada tahun 2018. Angka tersebut terus bergerak naik sampai sekarang. Semangat generasi muda yang selalu haus untuk berkarya seharusnya didukung agar dapat mendorong lebih banyak lagi terciptanya wirausaha muda yang dapat membuka lapangan kerja serta menggairahkan perekonomian Indonesia serta agar sektor UMKM di suatu hari nanti bisa menjadi tonggak kemajuan pembangunan ekonomi Indonesia.

Dalam rangka mendorong semangat tumbuh cipta UMKM di Indonesia inilah Prestasi Junior Indonesia bersinergi dengan berbagai sponsor antara lain  Citibank, Caterpillar, Exxonmobil Cepu Limited, PT.AIG Insurance Indonesia, SKK Migas dan Pertamina  mengadakan Indonesia Student Company of the Year Competition 2020. Sebuah ajang kompetisi prestisius yang mengumpulkan ratusan pelajar wirausaha muda dari seluruh Indonesia.

CAku beruntung telah diundang hadir dalam event media gathering yang diadakan secara virtual oleh Prestasi Junior Indonesia dalam rangka pelaksanaan program Student company ini. Sebab melalui event ini aku bisa melihat betapa banyak wirausahawan inspiratif yang selain masih muda juga punya ide bisnis yang luar biasa. Program Indonesia Student Company of The Year (ISCC) 2020 ini melibatkan lebih dari 900 pelajar SMA/SMK di 11 wilayah di Tanah Air. Berlangsung selama januari-september 2020, program ini berhasil melahirkan 44 bisnis baru dengan total omzet mencapai Rp 272.000.000.

Ide bisnisnya pun hebat-hebat. Seperti misalnya kelompok Nature Piece dari SMKN 20 Jakarta yang menciptakan produk deterjen dengan bio-energy yang lebih ramah lingkungan bernama “magic enzyme” yang dibuat dari ekstrak kulit jeruk sehingga produk ini juga memanfaatkan limbah bekas rumah tangga. Saat mendengar bahwa visi sekelompok anak-anak SMA ini adalah untuk menjadi perusahaan eco-friendly aku langsung merinding, masih remaja sudah peduli banget sama lingkungan. Salut!

Selain itu ada pula kelompok dari SMA Karang Turi Semarang yang menamakan diri sebagai kelompok D’Eagle SC (student company) yang merancang sebuah game edukatif dan ramah lingkungan bernama “Play It” sebagai solusi atas permasalahan klise anak muda kita yang kecanduan gadget dan mulai bersikap “anti sosial” dikarenakan sibuk bermain gadget. D’Eagle menciptakan game “play it” yang dapat dimainkan bersama-sama untuk mengembalikan memori masa kecil kita akan permainan kolektif yang dapat mengakrabkan satu sama lain, seperti monopoli, ular tangga dan lain sebagainya. Bedanya, game play it dibuat dengan material yang ramah lingkungan sebab didaur ulang dari limbah sampah dan kayu.

Yang lebih hebat lagi adalah melalui program ISCC 2020 adik-adik pelajar ini belajar dan ditempa untuk dapat mengelola perusahaan mereka secara profesional. Kendati hanyalah sebuah proyek bisnis dalam rangka mengikuti lomba ISCC 2020 namun mereka betul-betul memperhatikan operasional perusahaan hingga ke hal-hal yang detail. Mulai dari struktur organisasi perusahaan, manajerial, pemasaran, program CSR (corporate social responsibility) bahkan aspek legalitas perusahaan pun mereka perhatikan. Hebat kan!

Sebagai seorang alumni hukum, saya merasa bangga saat melihat para peserta dengan lugasnya mengemukakan alasan pentingnya aspek legalitas dalam sebuah bisnis. Terharu rasanya sebab yang saya perhatikan, pengusaha sungguhan pun saat ini masih banyak yang mengabaikan bagian ini. Misalnya izin usaha, akta pendirian perusahaan dan lain sebagainya. Kalah deh sama adik-adik hebat ini. Saya doakan semoga kelak adik-adik ini bisa mendirikan perusahaan sungguhan yang profesional. Aamiin

Menyaksikan proyek-proyek bisnis keren dari adik-adik ini seketika membuat saya terkagum-kagum dan langsung melakukan kulas balik. Duh, aku zaman SMA ngapain aja ya? mereka lho udah bikin bisnis dan dengan omzet ratusan juta. Keren!

Video peserta selengkapnya bisa dilihat dibawah ini ya :

Menurut aku kegiatan positif semacam ini harus semakin digalangkan  agar kelak raihan prestasi Indonesia dalam Global Entrepreneurship Index bisa meningkat. Terlebih di masa pandemi seperti saat ini dimana resesi dan kemerosotan ekonomi menjadi ancaman maka menggiatkan kewirausahaan seharusnya ditingkatkan.

Sektor UMKM harus terus digalangkan agar Indonesia dapat berdiri di atas kaki sendiri, menopang perekonomiannya secara mandiri melalui bisnis-bisnis lokal. Nah, melalui program student company ini, Prestasi Junior Indonesia (PJI) memberikan kesempatan bagi pelajar SMA dan SMK untuk memperoleh pengetahuan dan keterampilan praktis untuk mewujudkan sebuah ide bisnis serta mengelola usaha yang mereka dirikan secara mandiri.  Dimana lewat kegiatan ini pula, PJI berharap berwirausaha bisa dipandang oleh generasi muda sebagai sebuah karir potensial di masa depan sehingga Indonesia akan punya lebih banyak lagi pengusaha lokal yang sukses dan maju.

Awarding Night Indonesia Student Company Of The Year Competition 2020 :

Menutup artikel ini, aku ingin menyampaikan bahwa aku merasa bangga bisa menjadi bagian dari media yang turut memberitakan kabar bahagia ini. Harapan aku, ini menjadi motivasi bagi pemerintah, swasta, hingga para orang tua untuk selalu mendukung generasi muda kita dalam mengembangkan diri mereka sesuai minat dan bakat mereka di bidang apapun. Ini juga menjadi bukti bahwa generasi muda Indonesia punya banyak potensi yang seharusnya disambut dengan dukungan secara penuh baik secara moril maupun materil.

error: content is protected