A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Bagi saya internet menjadi kebutuhan penting saat keluar negeri. Selain untuk berkomunikasi, pekerjaan sebagai blogger & content creator juga menuntut saya untuk selalu online kapanpun dan kemanapun saya pergi. Gak peduli lagi dirumah atau lagi liburan, saya harus selalu siap sedia kapanpun klien menghubungi. Kalau kata orang, pamali kan menolak rezeki. Makanya keberadaan internet adalah hal yang buat saya tak bisa ditawar lagi.

Biasanya saat diluar negeri saya mengandalkan fasilitas wifi gratis dari hotel tempat menginap. Ataupun menggunakan fasilitas wifi public yang ada di berbagai tempat seperti objek wisata, bandara, terminal dsb. Jika terjangkau, saya juga biasanya akan membeli simcard lokal untuk digunakan di hp. Sedangkan membeli paket roaming dari Indonesia adalah alternatif terakhir yang sangat jarang saya pilih karena biasanya harganya cukup mahal. Namun belakangan saya merasa membeli simcard lokal juga terasa kurang efektif. Terlebih jika peraturan negara setempat menyulitkan turis asing untuk menggunakan simcard negara tempatan. Selain dimintai paspor, biasanya saat akan melakukan registrasi simcard kita juga akan dimintai IC / identity card (KTP) warga negara lokal sebagai penjamin. Hal ini tentu merepotkan, bukan! 

Akhirnya kini saya lebih suka mengandalkan pocket wifi sebagai perangkat penyedia internet kala sedang berada diluar negeri. Misalnya saat melakukan trip liburan bersama keluarga ke Malaysia dan Singapura beberapa waktu lalu. Dalam perjalanan tersebut saya mengandalkan pocket wifi dari Iziroam agar bisa tetap terhubung ke internet. 

Selama 7 hari perjalanan di Malaysia (Kuching/Sarawak, Johor Bahru) dan Singapura saya merasa keberadaan pocket wifi Iziroam sangat membantu konektivitas saya selama liburan. Makanya, di postingan kali ini saya ingin berbagi review tentang perangkat ini buat teman-teman. Siapa tau bisa jadi referensi buat teman-teman yang berencana akan keluar negeri dalam waktu dekat.

pocket wifi iziroam

Cara Menyewa yang Mudah

Cara menyewa pocket wifi Iziroam ini cukup mudah. Pertama kita hanya perlu mengunjungi website Iziroam kemudian pilih menu international wifi. Setelah itu isi kolom negara tujuan dan tanggal keberangkatan serta kepulangan. Kemudian sistem akan menghitung biaya sewa unit pocket wifi sesuai data yang kita input. Dalam setiap penyewaan pocket wifi, akan ada dana deposit yang harus kita bayarkan yaitu sekitar Rp 500.000. Namun dana ini akan dikembalikan kepada kita setelah kita selesai menggunakan pocket wifi dan mengembalikan unit pocket wifi yang kita sewa. Setelah mengisi data diatas, kita tinggal mengisi alamat, nama dan data diri kita. Kemudian tinggal duduk manis dirumah dan pocket wifi akan dikirimkan ke alamat kita. 

Pengalaman Penggunaan Pocket Wifi Iziroam 

Selama menggunakan Iziroam diluar negeri saya merasa sangat terbantu. Karena unit pocket wifi ini membantu saya untuk tetap terkoneksi dengan internet selama di negara tujuan. Saya mendapatkan kuota 1200 mb selama di Malaysia dan kuota Unlimited selama di Singapura. Dengan penggunaan 1 unit pocket wifi ini saya bisa berbagi internet dengan 5 device lainnya. Sehingga 1 pocket wifi bisa saya gunakan untuk saya sendiri, suami, adik, mama dan papa. Tentu jadi jauh lebih hemat ketimbang membeli simcard lokal. Cara aktivasi unit ini juga cukup mudah, tinggal nyalakan tombol power on/off di sisi samping unit kemudian tunggu hingga unit menyala dan sambungkan ke handphone/laptop/tablet dengan memasukkan password yang tertera di layar unit pocket wifi. Cara menyambungkannya mirip seperti saat kita akan menyambungkan gadget dengan wifi biasa. 

Untuk urusan kecepatan akses juga menurut saya sangat baik. Awalnya saya agak meragukan pocket wifi ini karena saya pikir tidak akan secepat simcard lokal, tapi ternyata saya salah. Sebab keceparan akses datanya bisa sampai 150mbps untuk download dan 50mbps untuk upload. Dengan koneksi 4G saya jadi lebih mudah dalam mengirim email, mengupload foto di sosmed bahkan untuk menonton youtube sekalipun. 

Hal yang paling saya suka dari pocket wifi ini adalah bentuknya yang ringkas. Hanya sebesar power bank. Sehingga tidak memakan tempat saat dibawa kemana-mana. Kemudian dalam setiap unit pocket wifi yang disewa juga disediakan pouch untuk menyimpan pocket wifi dan chargernya saat bepergian. Jadi lebih praktis dan aman untuk melindungi unit saat ditaruh didalam tas. Dalam keadaan baterai terisi penuh, pocket wifi ini bisa bertahan sekitar 1-2 hari. Tergantung berapa jumlah device yang terkoneksi dengan perangkat. Namun kalau sewaktu-waktu lowbat, bisa dicharge menggunakan power bank. Nah uniknya selain menjadi modem wifi perangkat ini juga bisa menjadi power bank untuk mengisi daya baterai gadgetmu jika sewaktu-waktu habis. Asik kan! 

Customer Service yang Tanggap

Satu hal yang juga saya sukai dari Iziroam adalah karena mereka memiliki customer service yang tanggap dan cekatan melayani pelanggan. Jika ada hal yang ingin ditanyakan seputar unit modem/pocket yang disewa bisa dengan mudah ditanyakan pada CS melalui whatsapp, email atau bahkan DM instagram mereka. Berdasarkan pengalaman saya, CS mereka juga sangat responsif. Bahkan ketika saya mengajukan pertanyaan seputar unit di malam hari, mereka segera menjawab pertanyaan saya dengan cepat tanggap. Hal ini juga menurut saya penting sebab jika kebutuhan internet kita untuk pekerjaan atau bisnis yang terkadang tak bisa ditunda, pastinya kita membutuhkan CS yang siaga menanggapi keluhan kita. 

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Pocket Wifi 

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat menggunakan pocket wifi adalah yang pertama pastikan bahwa kita telah me-log out semua akun sosial media tak terpakai selama di perjalanan. Apalagi jika kita menggunakan fasilitas kuota terbatas pada modem wifi yang disewa. Sebab tentu kita tak ingin jika sebelum masa liburan kuota internetnya sudah habis duluan kan. Kemudian kita juga harus mengecek aplikasi yang dapat diakses di negara tujuan kita. Sebab setau saya ada beberapa negara seprerti Cina yang memblokir beberapa aplikasi sosial media misalnya whatsapp dan instagram. Jadi jika hendak berlibur ke Cina pastikan kamu telah menginstal aplikasi VPN agar tetap dapat mengakses aplikasi sosmed tersebut ataupun kamu bisa meminta CS Iziroam untuk mengirimkan modem wifi khusus yang tidak mengharuskan kamu menggunakan VPN (tentu dengan biaya sewa yang sedikit lebih mahal)

Demikian review saya selama menggunakan modem/pocket wifi Iziroam. Pada intinya sih, menurut saya jika akan jalan-jalan keluar negeri entah itu untuk liburan, perjalanan bisnis, berobat dsb saya sangat merekomendasikan penggunaan modem/pocket wifi ini karena selain lebih hemat dan praktis, juga lebih efektif dan efisien ketimbang menggunakan simcard lokal apalagi sekedar mengandalkan wifi gratisan yang tak selalu tersedia.  

Liburan keluar negeri jadi gak perlu khawatir lagi deh, karena kita selalu bisa terkoneksi ke internet dengan pocket wifi dari Iziroam. Ohya selain ke Malaysia dan Singapura, Pocket Wifi travel dari Iziroam juga bisa kamu gunakan ke 135 negara di seluruh dunia. Keren kan ya! Untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut mengenai sewa modem/pocket wifi dari Iziroam ini kamu bisa menghubungi mereka di :

Instagram : @iziroam

Line : @iziroam

WA : +62813-8630-3856

Atau langsung saja melakukan pemesanan via website di : www.iziroam.com

Btw, jadi penasaran nih diantara teman-teman ada gak sih yang udah pernah pake Iziroam juga? Sharing kesan dan pengalaman kalian juga dong di kolom komentar 

error: content is protected