A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Perlengkapan MPASI – Masa-masa MPASI adalah suatu fase yang seru dan menyenangkan. Mulai dari merancang menu, sampai urusan menyiapkan perlengkapan. Sayapun demikian, sejak Qonita usia 5 bulan saya udah sibuk ngepoin online shop buat hunting perlengkapan MPASI, sekaligus tanya kesana-sini tentang peralatan MPASI apa aja yang harus disiapkan. Nah, kali ini saya pengen berbagi ke teman-teman Ibu disini seputar serba-serbi perlengkapan MPASI. Semoga menginspirasi ya! 

Hal-hal yang harus diperhatikan sebelum menyiapkan perlengkapan MPASI

Hal yang penting untuk diperhatikan saat akan memulai hunting perlengkapan MPASI adalah melakulan riset sebanyak-banyaknya. Kalau saya kemarin, selain dengan ngepoin online shop dan tanya-tanya teman, saya juga banyak membaca review-review setiap barang yang ingin saya beli baik review di blog, youtube channel atau instagram. Buat saya, sebelum memutuskan untuk membeli riset ini perlu banget ya, supaya kita benar-benar bisa memutuskan apakah barang tersebut worth to buy. 

Selain riset, dalam membuat daftar perlengkapan bayi ini, penting juga untuk membuat skala prioritas. Nah skala prioritas ini personal banget, karena mana barang yang benar-benar dibutuhkan akan berbeda antara satu Ibu dengan Ibu lainnya. Know your self, know your needs. Itu sih kuncinya. Tanyain sama diri sendiri, apakah barang itu benar-benar perlu. Punya anggaran yang cukupkah untuk membelinya dan pertimbangan lainnya. 

Pastikan Bahan Wadah Makanan Food Grade & BPA Free

Ngomong-ngomong, biasanya perlengkapan MPASI rata-rata terbuat dari plastik, Nah jadi Ibu harus pastikan bahwa wadah makanan dari plastik itu wajib BPA Free (Bisphenol A Free). Biasanya produsen wadah makanan berbahan plastik, akan menuliskan keterangan BPA Free jika memang produk mereka bebas BPA. Perhatiin bener-bener ya logo ini karena BPA itu bahaya banget, jika tubuh terkontaminasi BPA dalam jangka waktu yang panjang, dapat memicu kanker. Selain BPA, perhatikan juga apakah perlengkapan makan berbahan plastik itu microwave safe, karena kalau tidak microwace safe artinya plastik bisa memuai jika terkena panas. Kebayang kan saat sedang menghangatkan makanan bayi menggunakan wadah tersebut, residu sisa plastik terkontaminasi kedalam makanan. hiiii~

Ada beberapa tips dari saya dalam menyiapkan perlengkapan MPASI, Tips ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, barangkali bisa juga membantu Ibu lainnya :

  1. Peralatan masak seperti pisau, talenan, panci, parutan keju dll tidak perlu beli baru pakai saja yang ada dirumah, yang biasa dipakai sehari-hari. Tapi usahakan untuk memisahkan pisau dan talenan untuk memtong sayur dan daging mentah. Ini bertujuan supaya gak terjadi kontaminasi bakteri.
  2. Usahakan untuk mensterilkan peralatan masak dan perlengkapan MPASI secara berkala, minimal dengan air panas terlebih ketika anak baru mulai MPASI di usia 6-7 bulan karena di masa-masa ini, anak baru beradaptasi, khawatir aja kena diare.
  3. Biasanya ada anak yang sering penasaran untuk menggunakan peralatan makan orang dewasa, biarkan saja mereka sesekali menggunakan peralatan orang dewasa hanya saja kita harus memberi perhatian lebih karena bahan-bahan peralatan makan orang dewasa seperti piring keramik, atau sendok besi tentu tidak aman untuk bayi/anak.

Perlengkapan MPASI yang menurut saya benar-benar terpakai sampai sekarang 

Slaber/bib : Saya menggunakan bib berbahan silicon yang ada kantung didepannya. Menurut saya jauh lebih praktis menggunakan bib silicon ini, karena makanan yang tumpah dari mulut anak akan jatuh ke kantungnya sehingga tidak terlalu mengotori area makan. Jadi saya bisa lebih cepat membereskan sisa makanan Qonita. Slaber/bib silicon ini juga mudah banget dibersihkan tinggal dibasuh air saja. Punya Qonita, Nuby Silicon Bib. Bahannya enak, tebal dan bisa digulung karena lentur jadi bisa dibawa traveling, yang paling penting sih dia BPA Free dan udah food grade.

Booster seat/High Chair : Beberapa orang menganggap booster seat atau high chair itu tidak perlu tapi menurut saya perlu banget. High chair terpakai saat dirumah baik ketika saya menyuapi Qonita atau saat mengajak Qonita makan bersama keluarga. Karena kultur makan dikeluarga kami adalah makan bersama. Bayangin kalau gak ada high chair, saya harus memangku Qonita sambil makan jadi agak repot aja sih. Sesekali saya membiasakan Qonita duduk dan makan sendiri sejak usia 7 bulan, kebetulan Qonita sudah bisa duduk tegak di usia 6 bulan. Jadi kadang saya buatkan dia finger food seperti sayur kukus, atau makanan yang lembut agar dia bisa ikut bergabung makan bersama kami di kursinya sendiri. Ini bertujuan untuk mengajarkan Qonita budaya makan keluarga. Karena sejatinya proses MPASI bukan hanya sekedar proses memberi makan, tapi juga mengenalkan budaya makan keluarga. Proses interaksi antara anak dan keluarga saat makan itu penting banget, dan justru kadang anak lebih bersemangat makan lho kalau rame-rame makannya. Selain high chair saya juga pake booster seat. Jadi booster seat ini sama dengan high chair tapi modelnya bisa dilipat-lipat sehingga bisa dibawa traveling. 

Peralatan makan : Piring, sendok, gelas, mangkuk dll. Ini sih esensial ya buibuk, wajib banget ada. Untuk sendok sendiri sekarang ada macem-macem bentuknya bahkan bisa disesuaikan usianya, misal anak yang baru usia 6-8 bulan biasanya pakai sendok yang ujungnya lancip karena mulutnya masih kecil, sedangkan anak yang lebih besar dan sudah bisa belajar makan sendiri bisa menggunakan sendok yang ada hand grip nya untuk melatih mereka makan. Sedangkan piring juga ada macem-macem ya, saya punya beberapa piring MPASI. Saat Qonita makan disuapi, urusan piring sih fleksibel yak arena saya yang pegang kendali piringnya tapi ketika saya membiarkan Qonita makan sendiri, saya lebih suka menggunakan piring silicon yang bisa nempel di lantai gitu, kayak Nuby Silicon Mat Plate, dia bisa nempel di lantai atau di meja kaca jadi aman gak khawatir kebalik. Bahannya juga menggunakan silicon tebal dan berkualitas ya, lentur tapi dibagian tatakan makanannya lumayan keras supaya bisa menyangga makanan. dan dia juga sudah BPA Free.

Ohya untuk peralatan makan ini, biar hemat buibuk juga bisa beli yang udah 1 set. Ada tuh biasanya yang udah dalam 1 Gift Set. Kalo saya punya Nuby Sure Grip Eating Set. Mangkok ini juga memudahkan kehidupan banget karena dia juga bisa nemplok di lantai, kaca atau meja makan. Cocok pas kalau lagi ngajarin anak makan sendiri, misal makan sup atah makanan berkuah lain gak terlalu khawatir tumpah. Sendok dan garpu nya juga pas dengan tangan bayi/anak , ada hand gripnya juga biar lebih mantal digenggam anak saat makan. Nuby Sure Grip Eating Set ini sudah BPA Free ya, dan dia microwave safe jadi ketika mau menghangatkan makanan bisa langsung ditaro di mangkoknya lalu masuk ke microwave.

Untuk gelas biasanya gelas MPASI itu ada tahapan gitu, mulai dari sippy cup, spout cup, straw cup sampai gelas biasa. Tapi sejak awal MPASI saya udah ngajarin Qonita menghisap air putih atau ASIP menggunakan sedotan air mineral, jadi dia cukup terampil menggunakan model cup dan sedotan apapun sejak usia 7 bulan. Jadi untuk gelas-gelasan ini, Qonita fleksibel aja bisa pake yang manapun. Tapi, saat traveling saya biasanya selalu bawa botol minum (spout cup) untuk membawa bekal air putih atau jus di perjalanan. Saya punya Nuby Stainless Spout Cup, botol ini terbuat dari stainless, dan bisa menahan suhu panas atau dingin sampai 6 jam. Cocok juga untuk ibu yang anaknya minum sufor, jadi bisa bawa air hangat pas jalan-jalam, gak perlu bawa termos.

Food grinder manual / Alat Pengolah MPASI Manual : Kalau sering traveling, alat ini amat sangat penting apalagi kalau anak masih baru memulai MPASI (6-9 bulan) karena dengan alat ini kita bisa mengolah MPASI kapanpun dimanapun, ga perlu ribet cari colokan listrik atau baterai, tekstur makanan pun bisa disesuaikan dengan usia anak. Misal nih, ketika di hotel ada breakfast buffet dengan menu potato widges, sup ayam, vegetable stew dan tofu atau buah-buahan. Nah, buibuk tinggal ambil setiap menu sesuai porsi anak lalu dihaluskan dengan alat ini sesuai tekstur anak. Simpel, jadi deh menu 4 bintang. Iya bukk, sesimpel itu saya nyiapin MPASI apalagi kalau traveling, Qonita saya ajak makan apa yang saya makan.  Btw Nuby juga punya nih alat pengolah MPASI manual namanya Nuby Garden Fresh Mash and Feed. Alat ini kecil jadi gak makan tempat kalau dibawa-bawa, plastiknya juga tebal jadi cukup kokoh untuk menghancurkan makanan seperti alpokat, ubi, kentang atau sayur rebus hingga ayam kukus. Untuk mengatur tekstur tinggal tambahkan ASIP, air putih atau kuah sup. Alat ini juga sudah dilengkapi sendok dan tutup mangkok jadi makanannya bisa langsung dibawa. Simpel ya!

Dari sekian banyak perlengkapan MPASI, menurut saya itu sih yang paling penting. Tapi kebutuhan ibu memang berbeda-beda, jadi tinggal disesuaikan saja yang terpenting sih beli produk yang memang bagus dan pasti-pasti aja, supaya awet dan aman untuk anak-anak kita kayak misalnya Nuby, yang udah terbukti sejak tahun 1933 menjadi produsen perlengkapan makan bayi & anak yang dipercaya para ibu di lebih dari 155 Negara di seluruh dunia, produknya berkualitas, BPA Free, dan sudah banyak meraih berbagai penghargaan. Kerennya lagi setiap pembelian produk Nuby, berarti Ibu-ibu juga sudah ikut berdonasi pada program pemberdayaan anak tunarungu pada  Deaf Children’s Literacy Project (DCLP) yang diasuh oleh National Cued Speech Association.

Produk-produk Nuby bisa didapatkan di berbagai toko bayi kesayangan Ibu-ibu, atau di akun resmi Nuby Indonesia pada marketplace seperti Tokopedia ataupun Shopee. Ohya, saat ini ada promo ramadhan dan lebaran Buy 2 Get 3 Semua produk tableware di Baby Shop Terdekat mulai dari 01 May  – 06 Juni 2019. 

Hmmm, belanja perlengkapan MPASI memang seru dan menyenangkan ya! Pokoknya buat Ibu-ibu yang sedang bersiap memasuki fase MPASI bersama anaknya, selamat berproses ya! Selamat belajar memahami anak karena fase MPASI mulai dari 6 bulan sampai 2 tahun adalah fase yang baik untuk kita benar-benar memahami keinginan dan kebutuhan anak. Apapun tantangannya, semoga masa-masa MPASI ini akan jadi masa yang menyenangkan dalam kenangan parenting kita ya!

Goodluck, Ibu-ibu!

error: content is protected