Kebaikan Fenugreek untuk Melancarkan ASI dalam segelas MAMAASIX

mamasix-pelancar-asi

Ngomongin pelancar ASI memang gak ada habisnya ya. Rasanya saya udah sering banget dikirimin sampel produk pelancar ASI oleh beberapa brand mulai dari brand baru sampe brand-brand pelancar ASI terkenal yang sering dipromosikan artis atau mom influencer lain. Jujur selama ini saya gak pernah berpatokan dengan memakai satu brand atau produk pelancar ASI (ASI booster) saja, karena seperti yang saya bilang pada artikel review ASI Booster sebelumnya kalau ASI Booster bukanlah jalan pintas satu-satunya untuk melancarkan ASI. 

ASI Booster buat saya sejatinya sama aja seperti makanan dan minuman lain, hanya saja dia memang memiliki kandungan khusus yang bisa membantu meningkatkan produksi ASI. Tapi dengan demikian, bukan berarti juga ujug-ujug kamu bisa tinggal makan/minum ASI Booster lalu berharap ASI lancar tapi  mengabaikan aspek lain yang gak kalah penting dalam meningkatkan produksi ASI. Penggunaan ASI Booster hanya bisa berhasil jika kamu memperhatikan aspek-aspek lain yang tak kalah penting dalam proses produksi ASI oleh tubuh.

Aspek apa aja yang saya maksud? Misalnya dengan makan makanan yang sehat dan bergizi sesuai porsi dan variasi untuk Ibu menyusui. Kementerian Kesehatan RI melalui tabel angka kecukupan gizi sudah menetapkan bahwa minimal kalori tambahan bagi ibu menyusui adalah antara 330-400 kkal. Jadi misalkan si ibu berusia 19-29 tahun, kebutuhan kalori hariannya normal nya kan 2250 kkal, nah ketika menyusui harus diberikan intake atau tambahan kalori 330kkal selama menyusui eksklusif (6 bulan pertama) dan 400kkal selama 6 bulan berikutnya.

Nah berarti dengan demikian, minimal kamu harus mencukupi jumlah kalori tersebut agar tubuhmu bisa memproduksi ASI secara optimal. Ini juga untuk membantu tubuh kamu supaya tetap sehat dan segar, meskipun “pabrik” ASI di tubuhmu sedang gencar memproduksi ASI untuk diberikan kepada sang buah hati. Soal makan sehat ini saya sering sedih sebenarnya karena saya sering banget menemukan ibu menyusui yang malas makan sehat selama masa menyusui, bahkan ada juga Ibu menyusui yang melakulan diet ketat saat menyusui lalu mengeluh karena ASI nya tidak lancar. Nah lho gimana mau ASI nya lancar sedangkan pasokan “bahan baku” nya saja kurang, yakan…

Aspek lain yang gak kalah penting adalah dengan memberikan sinyal atau perintah mepada tubuh untuk meningkatkan produksi ASI. Caranya bagaimana? Ya dengan terus menerus memberikan ASI kepada anak dong. Jangan lupa bahwa prinsip produksi ASI adalah supply by demand alias produksi ASI itu bergantung pada kebutuhan.  Allah telah menganugerahkan tubuh wanita dengan sedemikian sempurna sehingga tubuh kita sebetulnya bisa mengatur sendiri seberapa banyak ASI yang dibutuhkan oleh anak kita. Jadi jangan mengeluh ASI kurang kalau disusukan ke anak aja jarang, atau buat mama eping, jangan mengeluh hASI kurang kalau kamu malas pumping.

Lalu jika kedua cara diatas sudah dicoba tapi produksi ASI masih segitu-gitu aja, gimana dong? Nah disini galactogague mulai layak mengambil peran. Galactagogue apaan sih? 

Galactagogue adalah suatu substansi berupa obat atau zat yang dapat meningkatkan suplai air susu ibu (ASI). Untuk bisa meningkatkan produksi ASI, ibu harus lebih banyak mengonsumsi jenis makanan yang mengandung galactagogue. Galactagogue sendiri ad ayang alami atau buatan. Alami tentunya yang terbuat dari tumbuhan, makanan atau minuman sedangkan buatan biasanya berbentuk obat atau hormone tertentu yang dimasukkan kedalam tubuh.

Pada masyarakat awam kita sering menyebut galactagogue dengan sebutan ASI booster atau pelancar ASI. Nah, galactagogue atau ASI booster ini di pasaran bentuknya juga macam-macam mulai dari kapsul, pil, susu, teh sampai baru-baru ini ada yang bentuknya cokelat! Trus ASI Booster mana nih yang terbaik? Jawanan jujur dari saya adalah ASI Booster manapun yang kamu suka! Karena jangan lupa salah satu kunci produksi ASI juga adalah hormon oksitosin yang mana muncul saat kamu bahagia. Jadi makanlah makanan apapun yang kamu suka, minum apapun yang kamu suka selama itu baik buatmu! 

Ngomong-ngomong soal ASI Booster nih, salah satu tumbuham yang sejak dulu kebaikannya sudah dikenal bagus untuk meningkatkan produksi ASI adalah fenugreek. Fenugreek diyakini dapat menjadi galaktogog alami yang menstimulai produk ASI menjadi lebih baik dan banyak. 

Fenugreek atau yang biasa disebut klabet dalam Bahasa Indonesia memang telah digunakan secara turun temurun sebagai salah satu rempah-rempah makanan, namun nenek moyang kita percaya bahwa tanaman ini memiliki khasiat untuk melancarkan ASI.

Fenugreek  mengandung karbohidrat sampai dengan 60%, protein, minyak lemak, minyak atsiri, flavonoid, vitexin, sapogenin, kumarin, trigliserida tinggi dll yang baik untuk meningkatkan produksi ASI.  Hasil penelitian yang dilakukan di Mesir juga menemukan bahwa bahan tersebut juga dapat meningkatkan produksi hormon steroid. Karena pengaruh steroid yang dapat menimbulkan kontraksi perut pada kehamilan muda maka ibu yang sedang hamil DILARANG mengkonsumsi ini, KECUALI menjelang kelahiran untuk membantu merangsang dan melancarkan kelahiran. Jadi gak heran ya setiap menemukan ASI Booster yang terbuat dari fenugreek pasti ada tulisan “tidak untuk dikonsumsi ibu hamil”

Nah, selama ini saya juga sering mengkonsumsi sebagai selingan ASI Booster saya. Biasanya fenugreek saya konsumsi dalam bentuk sediaan pil atau serbuk. Untungnya sekarang sudah ada nih sediaan fenugreek dalam bentuk teh celup sehingga memudahkan kamu dalam mengkonsumsi fenugreek. Nama nya mamaasix. Fenugreek nya mamaasix beda dari yang lain, karena dalam teabags nya kamh bisa melihat bener-bener bentuk fenugreek yang sudah dikeringkan, sehingga fenugreek yang disediakan dijamin ASLI 

Teh pelancar ASI mamasix tidak hanya memiliki kandungan fenugreek tapi juga diperkaya dengan kandungan lain yang baik untuk tubuh. Seperti Adas, Bunga Lawang, Habbatussauda, Temulawak, Kayu Manis. Habatussauda sendiri adalah tanaman spesial yang sudah dikenal sejak zaman Rasulullah baik untuk kesehatan.

mamasix-asi-lancar

Beberapa keunggulan teh pelancar ASI dari mamasix adalah : 

– bentuknya teabag, jujur ini membuat saya yakin kalau bahanya beneran alami, karena kita bisa membuka teabags dan melihat sendiri bahan-baham yang digunakan dan sudah dikeringkan. 

– rasanya sama sekali tidak pahit. Saya pikir awalnya rasanya akan pahit tapi ternyata tidak sama sekali. Saya pribadi lebih senang mengkonsumsi teh pelancar ASI mamasix dalam keadaan dingin karna lebih segar

– Lebih hemat Mama Asix bisa untuk diminum selama 1 bulan. Netto 210 gram (isi 60 tea bag). Setiap hari anda hanya perlu minum 2x, pagi dan malam hari

Terjamin kualitas dan kehalalannya. Ini faktor paling penting khususnya bagi umat muslim, nah untungnya produk teh pelancar ASI mamaasix telah mendapatkan sertifikat Halal LPPOM MUI No. 07120052401218 dan DEPKES P-IRT No. 2133524010914-21

Pengalaman Mengkonsumsi Teh Pelancar ASI Mamaasix 

Jujur saya terkesan setelah mengkonsumsi teh pelancar ASI Mamaasix. Kesan pertama yang saya rasakan adalah segar, saya sama sekali tidak merasa sedang mengkonsumsi obat atau apa karena sama sekali tidak ada rasa pahit. Rasanya memang hambar, namun disajikan dingin menyegarkan dan disajikan hangat juga menenangkan. Memang the pelancar ASI mamasix ini bisa kamu konsumsi sesuai selera, dingin atau panas.

Kesan selanjutnya adalah soal kemasan, seperti yang saya katakana diatas, entah kenapa mengkonsumsi the pelanar asi mamaasix membuat saya lebih yakin bahwa bahan-bahan yang digunakan betul-betul alami, karena memang kita bisa melihat sendiri isi bahan yang ada pada tea bag.

Bagaimana efeknya pada produksi ASI? 3 hari pertama saya merasa belum ada perubahan berarti memang, atau mungkin sudah tapi saya gak begitu ngeh, maklum saya lebih banyak menyusui langsung sehingga saya sendiri tidak tau seberapa banyak ASI yang saya hasilkan dalam sehari. Tapi, hasilnya terlihat setelah saya mencoba pumping. Kebetulan memang belakangan ini, saya sedang melatih Qonita untuk minum ASIP alias ASI Perahan karena bulan depan saya akan mulai magang notaris, nah setelah mengkonsumsi The Pelncar ASI Mamasix, saya merasa hasil pumping saya memang lebih banyak dan payudara terasa lebih kosong.

Sejauh ini saya sudah hampir menghabiskan 1 botol the pelancar ASI mamasix, karena memang kadang sekali bikin saya bisa pakai 2 teabag supaya lebih “nendang” hehe,

Kalau kamu juga ingin mencoba the pelancar ASI mamasix ini, kamu bisa dapatkan di Instagram @mamasix ya!

Rizka Edmanda

4 Comments

  1. Kalau bagi saya booster ASI itu cake cokelat, hihi. Tapi memang pas saya kena mastitis dokter nyuruh minum vitamin pelancar ASI juga. Karena kata dokter ASI bukan cuma harus cukup, tapi juga harus lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *