Tips Meningkatkan Traffic Blog Lewat Optimasi Sosial Media

optimasi-sosial-media

Rasanya bagi seorang blogger, bisa terus meningkatkan traffic atau jumlah pengunjung blog adalah sebuah keinginan sekaligus keharusan. Jangankan blogger yang memang profit oriented, atau yang ingin memonetisasi blog untuk menghasilkan uang, blogger yang sekedar menjadikan blog sebagai media curhat pun pasti akan senang jika blog nya ramai dikunjungi.

Sebagai blogger, kita tentu mengenal SEO (search engine optimization), kalau belum tau, googling yaaaa. Sebuah blog tanpa SEO yang baik pasti akan sulit bisa tampil eksis di mata google. Berbagai teknik,trik dan cara SEO pun digunakan oleh para blogger kawakan. Mulai dari mengatur keyword, meta description, tags dan unsur SEO lain dengan sedemikian rupa,mencari backlink sebanyak-banyaknya, melakukan blogwalking, membuat artikel berkualitas, rutin memposting tulisan, hingga menggunakan teknik “jahat” seperti black hat SEO dengan melanggar aturan-aturan pada Google. Semuanya menjadi pilihan masing-masing, yang mana tentu setiap pilihan ada konsekuensinya. Yang menggunakan cara yang baik pasti akan langgeng blog nya. Yang menggunakan cara jahat, biasanya wassalam, baru jalan beberapa bulan atau beberapa tahun akan di-banned oleh mbah google.

Kita tinggalkan bahas SEO, karena saya bukan ahlinya. dan kita beralih pada pembahasan tentang SMO. Rasanya istilah SMO di dunia per-blog-an raya masih kurang familiar. Sederhananya, SMO atau social media optimization ini adalah aktivitas yang kita lakukan pada sosial media dengan tujuan untuk mendatangkan pengunjung blog kita dari sosial media.

Sebab, Aktifitas kita di media sosial seperti Facebook, Twitter, Pinterest, Vivalog, ataupun Google+ bisa menimbulkan dampak yang besar untuk mendapatkan pengunjung. Makanya jangan heran jika banyak blogger sengaja memasang plug-in khusus untuk membantu pengunjung blog membagikan artikel ke social media mereka.

optimasi-sosial-media

Karena sadar diri kalau saya ini tak begitu jago soal SEO , maka SMO menjadi alternatif pilihan bagi saya untuk meningkatkan traffic dan engagement blog saya. Adapun beberapa teknik SMO yang biasanya saya lakukan antara lain :

  1. Twitter :
  • Membuat tweet berisi spoiler tema artikel kemudian menyematkan link/URL artikel yang ingin di-up traffic nya. Lalu memasang pinned tweet agar orang dapat lebih lama melihat tweet tentang artikel tersebut.
  1. Instagram :
  • Membuat postingan spoiler artikel dengan gambar yang relevan di feed Instagram lalu menyematkan link/URL artikel pada bio akun Instagram.
  • Membuat postingan spoiler artikel di Instagram story, kemudian ajak follower untuk mengunjungi link hidup bio (kalau follower dibawah 10ribu) atau jika follower sudah diatas 10ribu, bisa memasang fitur swipe-up sehingga ketika follower membaca postingan instastory tersebut dan mereka ingin membaca artikel blog yang dipromosikan, mereka tinggal mengusap layar ke atas.
  • Membuat postingan “sponsored post” . Namun untuk melakukan ini, kamu harus mengkoneksikan akun Instagram dengan akun facebook page dulu ya, dan untuk membuat sponsored post kita juga harus membayar sejumlah dana tergantung jangkauan pembaca yang kita inginkan.
  1. Youtube :
  • Membuat video motiongrafis/vlog kemudian mengarahkan viewers youtube ke link artikel blog yang ditulis pada description box
  1. Facebook :
  • Memposting status tentang spoiler artikel beserta link/URL artikel yang ingin dipromosikan. Tapi untuk melakukan ini kita harus hati-hati karena kalau terlalu sering, akun facebook kita bisa dianggap spam oleh pihak facebook dan bisa-bisa dihapus akun nya hehe.
  • Membuat postingan berbayar/facebook ads. Bentuknya mirip seperti Instagram ads/Instagram sponsored tapi bedanya ini diposting di facebook. Caranya gimana bisa googling yaaaaa

Hmmm sejauh ini, hanya itu sih beberapa teknik optimasi sosial media untuk meningkatkan traffic blog yang biasa saya lakukan. Beda blogger, beda teknik ya. Biasanya masing-masing punya jurus andalan sendiri-sendiri bagaimana cara untuk meningkatkan traffic blognya. Because sharing is caring, so, ceritain dong, kalau kamu biasanya menerapkan teknik seperti apa? Yuk berbagi di kolom komentar J

Artikel ini diikutsertakan dalam #BPN30Daysblogchallenge oleh Komunitas Blogger Perempuan Network

Rizka Edmanda

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *