A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Bila Anda punya rencana mengunjungi Sulawesi Tengah, sekalian saja mampir ke Palu. Kini, objek wisata di ibu kota Sulawesi Tengah ini pun makin berkembang, apalagi ditambah 4 objek wisata baru yang membuat pilihan wisata semakin beragam. Buat Anda yang belum tahu, ini dia 4 objek wisata terbaru yang ada di Palu.

  1. Hutan Kota Kaombona

Hutan Kota Kaombona termasuk objek wisata baru di Kota Palu. Hingga saat ini, tempat wisata ini terus berbenah untuk menarik minat pengunjung. Daya tarik utama Hutan Kota Kaombona ialah deretan pepohonan yang ditanam oleh mendiang Tien Soeharto. Ranting-ranting yang tampak kering dan daun-daun yang berjatuhan mampu menciptakan kesan cantik ketika difoto. Inilah alasan mengapa banyak pengunjung suka selfie di kawasan ini.

Satu lagi yang unik, di Hutan Kota Kaombona ini Anda bisa merasakan sensasi mengenakan pakaian tradisional Korea atau biasanya disebut hanbok. Fasilitas ini tentunya membuat Anda tak perlu pergi jauh hingga ke Negeri Ginseng. Dengan membayar harga sewa kostum sebesar Rp15.000-Rp25.000, Anda sudah bisa bergaya ala masyarakat tradisional Korea.

Lokasi: Jalan Jabal Nur, Kelurahan Talise, Palu

Tiket masuk: Gratis*

2. Paralayang Salena

Sama halnya dengan Hutan Kota Kaombona, pemerintah Kota Palu saat ini tengah gencar memperbaiki kawasan Paralayang Salena sebagai objek wisata baru. Ke depannya, kawasan ini akan dibangun fasilitas untuk paralayang, bike mountain, dan flying fox. Menurut kabar, flying fox ini akan memiliki panjang lintasan mencapai 2.000 meter dan akan mengalahkan flying fox terpanjang di Indonesia yaitu flying fox Tretes Treetop di Pandaan Jawa Timur.

Untuk menuju puncak Bukit Paralayang Salena, Anda harus melakukan perjalanan selama 30 menit. Oh iya, selama mendaki pastikan Anda berhati-hati karena jalanannya cukup berkelok dan berbatu.

Sesampainya di puncak, Anda bisa melihat pemandangan Kota Palu dari ketinggian. Banyak pula yang datang ke lokasi ini hanya untuk berfoto, berkemah, hingga sekadar nongkrong.

Lokasi: Dusun Salena, Buluri, Palu

Tiket masuk: Gratis*

3. Bulu Tanda

Satu lagi lokasi yang pas untuk menikmati Kota Palu dari ketinggian adalah Bulu Tanda, sebuah bukit yang punya lekuk-lekuk memesona dan ditumbuhi oleh rumput halus layaknya lapangan bola atau banyak juga yang menyebutnya sebagai bukit teletubbies.

(sumber : festivaljalanjalan.com)

Setibanya di puncak bukit, hamparan pemandangan elok pun siap menyambut kedatangan Anda. Sejauh mata memandang Anda bisa menyaksikan deretan gunung yang membentang layaknya pagar yang mengitari bukit. Kalau Anda tengah mencari spot sunset dan sunrise di Kota Palu, datang ke Bulu Tanda bisa menjadi pilihan terbaik.

Lokasi: Sibedi, Marawola, Sigi

Tiket masuk: Gratis*

4. Air Terjun Loli Tasibur

Bergeser ke arah Kabupaten Donggala, meski tidak berada tepat di Kota Palu, Anda bisa mengunjungi Air Terjun Loli Tasiburi saat berkunjung ke Kota Palu. Untuk menyaksikan keindahan aliran air terjun, Anda harus melakukan treking sekitar 30 menit. Selama perjalanan, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang masih asri hingga deretan rumah perkampungan warga.

Setibanya di lokasi aliran air terjun utama, Anda akan menyaksikan keindahan air terjun dengan ketinggian rendah yang mengalir deras. Kalau ingin mandi di bawah aliran air terjun, Anda bisa melakukannya kok, karena kolam airnya tidak begitu dalam.

Lokasi: Loli Tasiburi, Banawa, Donggala

*Harga bisa berubah sewaktu-waktu

Dari ke empat lokasi wisata di atas, kira-kira mana nih yang paling menarik perhatian Anda? Kalau sudah punya rencana, yuk segera kemasi barang-barang Anda dan pesan hotel di Palu sekarang juga. Biar makin irit, booking hotel-nya di Airy saja. Selamat berlibur!

sumber foto cover : antaranews

error: content is protected