NHW #8 : MISI HIDUP & PRODUKTIVITAS

NHW-8

Program Matrikulasi Komunitas Ibu Profesional Sesi Tugas NHW #8

MISI SPESIFIK HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Disusun oleh tim Matrikulasi Institut Ibu Profesional

 

Bunda, perjalanan kita untuk menemukan misi hidup selaras dengan perjalanan produktivitas hidup kita. Maka materi menemukan misi hidup ini, akan menjadi materi pokok di kelas bunda produktif. Sebelumnya kita sudah memahami bahwa “Rejeki itu pasti, Kemuliaan yang harus dicari”. Sehingga produktivitas hidup kita ini tidak akan selalu diukur dengan berapa rupiah yang akan kita terima , melainkan seberapa meningkat kemuliaan hidup kita dimata Allah dan seberapa manfaat hidup kita bagi alam semesta.

Be Professional, Rezeki will Follow

Tagline Ibu Profesional di atas menjadi semakin mudah dipahami ketika kita masuk ranah produktif ini. “Be Professional” diartikan sebagai bersungguh-sungguh menjalankan peran. Kesungguhan dan keistiqomahan seseorang dalam menjalankan peran hidupnya akan meningkatkan kemuliaan dirinya di mata Allah dan kebermanfaatan untuk sesama. “Rejeki will follow’ bisa dimaknai bahwa rejeki setiap orang itu sudah pasti, yang membedakan adalah nilai kemanfaatan dan keberkahannya seiring dengan bersungguh-sungguh tidaknya seseorang menjalankan apa yang dia BISA dan SUKA.

Uang akan mengikuti sebuah kesungguhan , bukan bersungguh-sungguh karena uang.

Pada dasarnya menemukan misi hidup itu tidak ada hubungannya dengan usia seseorang. Semakin awal seseorang merasa “galau” kemana arah hidupnya, semakin “risau” untuk mencari sebuah jawaban “mengapa Allah menciptakan dirinya di muka bumi ini?” maka semakin cepat akan menemukan misi hidup. Kalau di pendidikan berbasis fitrah, proses ini secara alamiah akan dialami oleh anak-anak pre aqil baligh akhir (sekitar 10-13 th) dan memasuki taraf aqil baligh ( usia 14 th ke atas). Maka kalau sampai hari ini ternyata kita masih galau dengan misi hidup kita, maka bersyukurlah, karena kita jadi tahu kesalahan proses pendidikan kita sebelumnya, dan tidak perlu lagi mengalami hal tersebut di saat usia paruh baya yang secara umum dialami oleh sebagian manusia yang disebut sebagai (mid-life crisis). Maka sekarang, jalankan saja yang anda BISA dan SUKA tanpa pikir panjang, karena Allah pasti punya maksud tertentu ketika memberikan kepada kita sebuah kemampuan. Apabila kita jalankan terus menerus, kemungkinan itulah misi hidup kita.

Seseorang yang sudah menemukan misi hidup tsb apabila menjalankan aktivitas produktif akan lebih bermakna, karena keproduktivitasannya digunakan untuk mewujudkan misi-misi hidupnya. Sehingga selalu memiliki ciri-ciri :

a. Selalu bersemangat dengan mata berbinar-binar
b. Energi positifnya selalu muncul, rasanya tidak pernah capek.
c. Rasa ingin tahunya tinggi, membuat semangat belajar tinggi
d. Imunitas tubuh naik, sehingga jarang sakit, karena bahagia itu imunitas tubuh yang paling tinggi.

Ada 3 elemen yang harus kita ketahui berkaitan dengan misi hidup dan produktivitas :
a. Kita harus menjadi (memiliki mental) seperti orang yang kita harapkan (be)
b. Kita harus melakukan hal-hal yang seharusnya kita lakukan (do)
c. kita mempunyai semua yang kita inginkan (have)

Dari aspek dimensi waktu ada 3 periode yang perlu kita perhatikan :
a. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
b.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan ( strategic plan)
c. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

Setelah mendapatkan jawaban-jawaban dari pertanyaan di atas, maka mulailah berkomitmen untuk “BERUBAH” dari kebiasaan-kebiasaan yang anda pikir memang harus diubah.

Berikutnya mulai susun langkah-langkah usaha apa saja yang bisa kita lakukan untuk menunjang sebuah produktivitas hidup kita.Mulailah dengan menetapkan target waktu dan jadwal kegiatan selama satu tahun, serta menentukan ukuran atau indikator keberhasilan dalam setiap kegiatan yang kita lakukan.Buatlah prioritas dan pilih hal-hal yang memang kita perlukan. Hindari membuat daftar yang terlalu panjang, karena hal tersebut membuat kita “gagal fokus”.

Demikian sekilas tentang pentingnya misi hidup dengan produktivitas, silakan dibuka diskusi dan nanti kami akan lebih detilkan materi ini secara real di nice homework #8 berbasis dari kekuatan diri teman-teman yang sudah dituliskan di Nice homework #7.

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulasi IIP/

Sumber bacaan:
Antologi para Ibu Profesional, BUNDA PRODUKTIF, 2014
Materi Matrikulasi IIP, Bunda Produktif, 2016
Materi kuliah rutin Ibu Profesional, kelas bunda produktif, Salatiga, 2015

******

TUGAS NHW 8  MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

Bunda, setelah di materi NHW#8 kita belajar tentang bagaimana pentingnya menemukan misi hidup untuk menunjang produktivitas keluarga. Maka saat ini kita akan lebih menggali bagaimana menerapkannya secara teknis sbb :
a. Ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah teman-teman tulis di kuadran SUKA dan BISA (lihat NHW#7)
b. Setelah ketemu satu hal, jawablah pertanyaan “BE DO HAVE” di bawah ini :

1. Mental seperti apa yang harus anda miliki untuk menjadi seperti yang anda inginkan ? (BE)
2. Apa yang harus anda lakukan untuk menjadi seperti yang anda harapkan ? (DO)
3. Apa yang akan anda lakukan apabila anda sudah memiliki yang anda harapkan? (HAVE)

c. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:
1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)
2.Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahunke depan (strategic plan)
3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun (new year resolution)

Salam Ibu Profesional,

/Tim Matrikulsi IIP/

 ******

Jawaban :

Berdasarkan kuadran aktivitas yang saya buat di NHW #7 : Tahapan Menuju Bunda Produktif  sebagaimana terlihat dalam tabel dibawah ini, maka aktivitas yang paling saya SUKA dan BISA saat ini adalah mengenai meningkatkan skill sebagai Istri sekaligus Ibu yang baik, sebab sejak menikah saya berkomitmen itulah satu-satunya tugas pokok terakhir di dunia yang bisa saya lakukan selain menjadi hamba Allah yang lebih taat, sementara tugas, peran dan aktivitas lain hanya pengisi waktu senggang diluar tugas pokok saya tersebut. Saya berpendapat bahwa makna “Bunda Produktif” bagi saya adalah dimana seorang wanita dapat menjadi sebaik-baiknya bunda yang mampu menjalani tugas pokok dan peran nya di dunia yaitu sebagai BUNDA, sedangkan produktif dalam urusan materi, karir dan finansial, hanyalah bonus tambahan.

NHW-7

Be Do Have yang Harus Saya Lakukan Demi Mewujudkan Misi Hidup dan Produktivitas

  1. BE : Mental yang harus saya miliki untuk mewujudkan Misi Hidup dan Produktivitas ini adalah Mental Ikhlas, melakukan segala sesuatu semata-mata karena Allah, sebagaimana jurusan ilmu yang ingin saya tekuni di Tugas NHW #1 
  2. DO : Hal yang harus saya lakukan untuk mewujudkan Misi Hidup dan Produktivitas yang saya harapkan adalah menempa diri dengan sebaik-baiknya, untuk belajar mengenai berbagai life skill seputar parenting, manajemen rumah tangga, manajemen keuangan keluarga, pengetahuan seputar gizi & nutrisi seimbang serta yang terpenting adalah pengetahuan agama agar menjadi istri dan bunda yang LAYAK bagi suami dan anak-anak saya.
  3. HAVE : Hal yang akan saya lakukan apabila saya telah memiliki semua “ilmu” yang saya harapkan adalah, mempertahankan ilmu tersebut sebab sebagaimana pisau yang dapat tumpul bila tak diasah, begitupula ilmu yang dapat hilang apabila tak diamalkan. Maka saya akan berusaha sebaik mungkin mengamalkan sekecil apapun ilmu kebaikan yang saya dapatkan.

Berdasarkan 3 aspek dimensi waktu yakni Lifetime Purpose, Strategic Plan dan New Year Resolution , maka :

  1. Lifetime Purpose : Saya percaya bahwa dalam hidup ada alasan Allah menciptakan manusia di dunia, ada alasan mengapa Allah mempertemukan saya dengan laki-laki yang saya nikahi saat ini, ada alasan mengapa Allah memberi saya kemampuan menulis dan berkomunikasi, saya percaya selalu ada HIKMAH dari Allah atas segala hal yang terjadi pada diri dan tubuh saya ini, maka hal yang ingin saya capai selama hidup  adalah untuk menjalankan dengan sebaik-baiknya amanah Allah atas tubuh dan raga yang telah Dia berikan pada saya , menggerakkan tubuh ini untuk segala sesuatu yang baik, menjalankan peran di muka bumi dengan baik. Peran sebagai istri dan sebagai ibu, meski terdengar sepele tapi saya tak akan menyepelekan peran ini, sebab saya percaya perubahan besar di dunia dimulai dari rumah.
  2. Strategic Plan : Dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan, capaian yang saya inginkan adalah menjadi seorang IBU PROFESIONAL dimata keluarga, kemudian dapat membagi ilmu itu ke dunia melalui berbagai media, lewat blog, sosial media dan lain sebagainya.
  3. New Year Resolution : Dalam 1 tahun ke depan, target yang ingin saya capai adalah memiliki 1 menu khusus soal parenting di blog dan bisa mengisi menu tersebut secara rutin, agar ilmu yang saya dapatkan bisa saya tularkan kepada new mom lain yang membutuhkan.

Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

Rizka Edmanda

4 Comments

  1. Wah iya ya, sangking sibuknua dengan rutinitas irt dan kerja saya ga pernah bikin strategic plan atau lifetime purpose. Palingn cuma new year resolution. Tapi habis baca ini jadi pengen bikin juga 🙂

    • hihi saya juga baru-baru ini mulai rapi ditulisin, ngurus keluarga udah kayak ngurus perusahaan semenjak kenal komunitas ibu profesional

  2. Assalamualaikum. Kak Rizka, saya ingin sekali bisa belajar menulis seperti ka Rizka. Menulis tentang apa saja yang bermanfaat utk kehidupan. Dapatkah mengajari saya dengan menularkan ilmu kepenulisan ka Rizka?

    • Waalaikumsalam, hehe saya sendiri kalau menulis mengalir aja, apa yang dirasakan dan dfikirkan dituangkan kedalam tulisan. sering sering berlatih aja kuncinya, menulis di berbagai media. kalau mau sharing, boleh email saya : rizkaedmanda@gmail.com atau DM ke instagram @rizkaedmanda. semangat yaaa ^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *