NHW #7 – Tahapan Menuju Bunda produktif

NHW-7

NICE HOMEWORK #7- *TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF*

Bunda dan calon bunda yang masih semangat belajar sampai NHW #7. Selamat, anda sudah melampaui tahap demi tahap belajar kita dengan sabar. Setelah kita berusaha mengetahui dan mengenali diri kita lewat NHW-NHW sebelumnya, kali ini kita akan belajar mengkonfirmasi apa yang sudah kita temukan selama ini dengan tools yang dibuat oleh para ahli di bidang pemetaan bakat.

Ada banyak tools yang sudah diciptakan oleh para ahli tersebut, diantaranya dapat dilihat secara online dan offline. Salah satu tools yang bisa dicoba adalah www.temubakat.com yang kebetulan kita bisa mengkonfirmasi langsung ke penciptanya yaitu Abah Rama Royani, yang sering menjadi guru tamu di komunitas Ibu Profesional. Apabila teman-teman lain memiliki tools tentang pemetaan bakat ini yang bisa dikonfirmasi ulang ke penciptanynya silakan dipakai, sehingga kita jadi lebih banyak paham tentang berbagai alat konfirmasi bakat kita.

Tugas NHW 7 kali ini , Segera cocokkan hasil temu bakat tersebut dengan pengalaman yang sudah pernah teman-teman tulis di NHW#1 – NHW #6. Semua ini ditujukan agar kita bisa masuk di ranah produktif dengan BAHAGIA. Kemudian setelah mengkonfirmasi ulang bakat kita dengan tools yang ada, kami sarankan jangan percaya 100%.

Silakan konfirmasi ulang hasil tersebut sekali lagi dengan mengisi pernyataan aktivitas apa yang anda SUKA dan BISA selama ini.

Buatlah kuadran aktivitas anda, boleh lebih dari 1 aktivitas di setiap kuadran :

Kuadran 1 : Aktivitas yang anda SUKA dan anda BISA
Kuadran 2 : Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA
Kuadran 3 : Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA
Kuadran 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

******

Jawab :

Berikut hasil pemetaan bakat saya berdasarkan tes yang saya lakukan di situs temubakat.com

NHW-7

RIZKA AFRIANDITA EDMANDA, anda adalah orang yang senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik , banyak memiliki ide baik yang belum pernah ada maupun dari pikiran lateralnya , selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang , analitis dan senang berkomunikasi , senang mengkomunikasi ide nya , suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur , senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya ada yang melalui sifat empatinya ada juga karena selalu ingin memajukan orang lain , senang menghayal tentang apa yang mungkin terjadi jauh kemasa depan.

Berdasarkan hasil pemetaan bakat pada situs tersebut saya merasa 99% hasil tes sesuai dengan apa yang saya rasakan terhadap diri saya, namun untuk mengkonfirmasinya kembali saya membuat sebuah tabel kuadran aktivitas sebagai berikut :

NHW-7

Berdasarkan kuadran aktivitas yang saya buat dan setelah membaca pemetaan bakat dari situs yang disebutkan diatas serta mereview kembali pekerjaan-pekerjaan dari Nice Homework yang telah saya kerjakan sebelumnya maka di NHW 7 ini saya menjadi sadar bahwa ada arti penting dari sebuah ativitas rutin yang sering kita lakukan sehari-hari, meskipun aktivitas tersebut sederhana namun akan besar pengaruhynya terhadap potensi pencapaian yang akan kita dapatkan sesuai dengan target dan indikator yang sudah kita tentukan. Mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik terdengar mudah, namun seringkali tidak bisa atau tidak suka saya lakukan. Berdasarkan Kuadran Aktivitas yang saya buat di NHW 7 ini, maka saya akan mencoba untuk memperbaiki daftar aktivitas yang TIDAK BISA saya lakukan namun saya SUKAI, kemudian meningkatkan daftar aktivitas yang BISA saya lakukan dan yang saya SUKAI kemudian saya akan belajar untuk MENYUKAI aktivitas yang positif yang sebenarnya BISA saya lakukan namun TIDAK SAYA SUKAI dan benar-benar menghindari aktivitas yang TIDAK BISA saya lakukan sekaligus TIDAK SAYA SUKAI. Demikian yang saya dapatkan dari pengerjaan NHW 7 ini. Semoga kuadran aktivitas yang saya buat dapat memudahkan langkah saya untuk mencapai target sesuai indikator yang saya buat di NHW #2 INDIKATOR KEBERHASILANKU SEBAGAI INDIVIDU, ISTRI DAN IBU  kemudian dapat saya laksanakan dengan ILMU IKHLAS sebagaimana jurusan ilmu yang telah saya tentukan di NHW 1 ADAB MENUNTUT ILMU dan dapat didukung oleh partner dunia akherat saya yaitu suami sebagaimana saya ceritakan di NHW #3 MEMBANGUN PERADABAN DARI DALAM RUMAH .

Rizka Edmanda

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *