A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Misteri dan Mitos Dibalik Megahnya Candi Borobudur

Seperti halnya bangunan – bangunan bersejarah lainnya, Candi Borobudur dikenal luas tak hanya karena kisah sejarahnya yang panjang, namun juga karena banyaknya mitos yang beredar pada masyarakat terkait candi ini. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini adalah beberapa misteri dan mitos mengenai candi Borobudur, di antaranya :

Misteri pencipta Candi Borobudur

Misteri pertama yang berkembang luas di masyarakat adalah terkait siapakah orang yang menciptakan candi megah ini. Hal ini karena pada masa candi dibuat tentu belum ada peralatan canggih yang memungkinkan untuk menciptakah arsitektur kelas tinggi pada fragmen batuan dan tanpa ada pondasi tanam. Banyak orang yang mempercayai bahwa candi Borobudur ini diciptakan oleh Gunadharma, yang merupakan tokoh intelektual dengan kecerdasan di atas rata – rata pada masa itu.

Mitos lanjutan terkait Gunadarma selanjutnya adalah setelah selesai membuat candi ini, ia kemudian menjelma menjadi pegunungan Menoreh yang ada tak jauh dari candi Borobudur. Hal ini banyak dipercaya penduduk karena bila diamati dari kejauhan, pegunungan ini menyerupai tubuh manusia yang sedang berbaring menghadap ke candi.

Mitos Kunto Bimo

Salah satu mitos yang banyak dipercaya mengenai Candi Borobudur adalah mitos Kunto Bimo. Mitos ini mengatakan bahwa siapa saja yang berhasil meraga sebuah stupa dan menyentuh bagian tertentu dari arca Buddha yang ada di dalamnya akan mendapatkan keberuntungan. Adapun menurut mitos, bagi para pria, bagian yang harus dipegang adalah bagian jari manis atau kelingking dari arca Buddha yang berada dalam posisi Dharmachakra. Sementara bagi wanita, bagian yang harus disentuh adalah telapak kaki atau ibu jari kaki. Arca berada pada salah satu stupa yang ada di di teras bundar pertama dari tingkat Arupadhatu. Namun seperti halnya mitos pada umumnya, kebenaran dari hal ini tidak dapat dibuktikan.

Relief misterius yang menyerupai UFO

Misteri lain yang ada pada bangunan megah candi Borobudur ini adalah keberadaan relief yang menyerupai UFO yang identik sebagai kendaraan makhluk dari luar angkasa. Pada salah satu dinding candi, terpahat ukiran dengan bentuk piringan yang melayang. Tetapi bila diteliti lebih lanjut, objek piringan melayang itu dimaksudkan untuk menggambarkan ilmu kosmologi Buddha mengenai Chakravartin atau 7 permata raja. Beberapa di antaranya adalah kuda (Asvaratna), gajah (hastiratna), roda emas (cakraratna) dan permata harapan (maniratna).

Misteri Patung ‘Unfinished Buddha’

Unfinished Buddha atau patung Buddha yang belum selesai ini merupakan patung atau arca Buddha yang dianggap belum selesai pengerjaannya karena beberapa bagian terlihat masih janggal, seperti tangan yang berbentuk kotak dan rambut yang belum diukir. Banyak pendapat berbeda – beda mengenai patung ini. Konon, patung ini merupakan bagian dari stupa utama Candi Borobudur yang ditemukan saat restorasi oleh Raffles pada tahun 1907.namun tidak sedikit yang menyanggah anggapan ini karena keterangan terkait patung unfinished buddha ini tidak tertulis dalam buku Raffles. Anggapan lain yang beredar, patung ini berasal dari stupa lain, dan bukan dari stupa utama, karena sang Buddha memiliki sifat ketiadaan, sehingga stupa utama candi ini sudah seharusnya dibiarkan kosong. Bagi Anda yang penasaran dengan patung ini, Anda dapat melihatnya di museum Karmawibhangga.

Mitos Singa Urung

Mitos lainnya yang berkembang luas mengenai candi Borobudur ini adalah mitos Singa Urung. Dalam bahasa Jawa, Singa Urung memiliki arti harimau gagal. Hal ini karena bentuk arca harimau yang ada di candi ini merupakan harimau gagal. Arca Singa Urung ini dapat Anda temukan di sebelah kanan dan kiri tangga pintu masuk candi. Menurut mitos yang beredar, bang siapa yang melihat atau menyentuh arca singa urung ini maka akan urung atau gagal dalam urusannya. Karena mitos ini lah, banyak pengunjung candi memilih untuk menjauhi arca ini, meski tak sepenuhnya mempercayai mitos yang beredar.

Bagi Anda yang tertarik untuk merasakan sendiri keunikan mitos serta misteri yang berkembang mengenai Candi Borobudur, Anda dapat mulai merencanakan liburan ke sini dengan memesan tiketnya di Traveloka.

error: content is protected