A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Mengapa domain penting untuk bisnis?

Pertanyaan diatas seringkali membayangi pelaku usaha di era digital. Terlebih sejak memasuki era industri 4.0 dimana hampir semua bidang usaha telah terintegrasi dengan internet. Hal ini membuat pengusaha konvensional beramai-ramai mendigitalisasi bidang usaha yang ia tekuni. Langkah paling awal yang dilakukan biasanya adalah dengan membuat sebuah website. Tentu website yang dibuat menggunakan nama domain yang mewakili bisnis itu sendiri. Lantas apa tujuannya domain ini? apa pula pentingnya nama domain bagi sebuah bisnis? Artikel ini akan mengulas tentang mengapa domain dianggap penting bagi eksistensi sebuah bisnis. Hingga bagaimana caranya seorang pengusaha bisa mendapatkan domain yang murah namun berkualitas agar dapat mendongkrak popularitas dan kredibilitas bisnisnya. Agar tak penasaran, simak sampai habis cerita dibawah ini ya!

Mengenal Domain

Beberapa tahun lalu ada kebiasaan diantara para pengusaha untuk saling bertukar kartu nama. Didalamnya, tertera alamat kantor yang konon juga menjadi salah satu penanda kredibilitas usaha. Karenanya tak jarang, para pengusaha menggelontorkan dana yang tidak sedikit demi menyewa kantor di kawasan ternama. Namun zaman telah berubah. Teknologi internet yang kian mewabah, membawa perubahan besar-besaran dalam skema bisnis yang dijalankan. Bangunan kantor secara fisik kini bukan lagi satu-satunya penentu kasta seorang pengusaha. Sebab nyatanya, saat ini banyak pengusaha  yang justru tak memiliki bangunan fisik sebuah kantor. Mereka lebih senang menggunakan kantor virtual serta menjalankan aktivitas bisnis secara online. Alasan yang melatarinya bermacam-macam, mulai dari demi menekan biaya operasional hingga untuk meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi pekerjaan.

Perubahan tren bisnis yang kini lebih cenderung pada konsep IoT (internet of things) inilah yang akhirnya mendorong para pelaku usaha untuk berbondong-bondong membuat website, yang digunakan sebagai kantor virtual untuk mewakili “bangunan fisik” kantornya di dunia maya. Melalui website, pengusaha dapat mempromosikan produk barang/jasa miliknya, menerima dan menanggapi pemesanan, hingga menjual produk secara langsung kepada end user.

Sebagaimana bangunan fisik sebuah kantor yang memiliki alamat, maka sudah tentu website juga memiliki alamat/nama unik agar orang dapat dengan mudah mengingat dan mengunjunginya. Nama unik pada website inilah yang kemudian kita kenal sebagai Domain. Di rimba internet, ada puluhan juta website baik yang dimiliki oleh perorangan, swasta, pemerintah, dsb. Domain adalah nama yang berfungsi untuk membedakan satu website dengan website lainnya. Nama domain dapat mengidentifikasi alamat IP server pada website sehingga pengunjung tak perlu mengetikkan alamat IP server yang berwujud angka-angka yang tersusun rumit. Cukup ketikkan nama domainnya saja, maka pengunjung akan segera terhubung ke website yang dimaksud. Sebagai contoh, ketika anda ingin mengunjungi website milik Toko Sinar Jaya anda tak lagi perlu mengetikkan 171.1881.9348473 melainkan cukup www(dot)tokosinarjaya(dot)com.

Domain merupakan bagian penting dan sangat vital dari sebuah website, selain hosting dan konten website itu sendiri. Sebab bagaimana mungkin pengunjung dapat mengakses “isi sebuah rumah” ataupun isi website itu tanpa mengetikkan nama domain/URL yang ingin dituju. Dilihat dari jenisnya, domain dapat diklasifikasi menjadi Top Level Domain, Second Level Domain, hingga Third Level Domain. Sedangkan elemen domain terdiri dari nama domain (misal tokosinarjaya) dan esktensi domain misal .com , .org, .mil, dsb. Ketika dikombinasikan, maka inilah yang membentuk nama/alamat domain sebuah website.

Manfaat Penting Domain Untuk Sebuah Bisnis 

1. Sebagai Branding Bisnis di Jagad Internet

Nama domain bisnis yang unik dan mudah diingat membuat konsumen lebih mudah untuk berkunjung berulang kali ke website bisnis tersebut misalnya untuk berbelanja atau sekedar melihat-lihat katalog produk. Domain dapat mencerminkan nama, tagline atau komoditas yang ditawarkan perusahaan.

3. Media promosi dalam bisnis. 

Pebisnis dapat menggunakan domain TLD sebagai media branding untuk mencitrakan profesionalisme bisnisnya di mata pelanggan. Branding dapat meningkatkan pengalaman pelanggan dalam menggunakan website perusahaan.

3. Memudahkan pengunjung mengidentifikasi lokasi penjual/perusahaan.

Katakanlah, ketika orang ingin mencari website yang menjual baju grosir di Indonesia, maka mereka tentu akan lebih tertarik mencari deretan website dengan ekstensi domain Indonesia misal .id, co.id dsb. Sebab orang tahu, website dengan ekstensi domain .my (malaysia), .sg (singapore) ataupun lainnya adalah website luar negeri sehingga tidak relevan dengan pencariannya. Pemilihan domain yang tepat memudahkan pelanggan mengidentifikasi lokasi penjual dan pengusaha juga lebih mudah membuat target pemasaran.

4. Mendongkrak kredibilitas bisnis baik di mata pelanggan, rekanan hingga pesaing.

Setidaknya, ketika seorang pelaku usaha bertukar kartu nama dengan pelanggan atau rekan bisnisnya, terdapat nama domain & website bisnis yang tertera. Yang mana ini menunjukkan bahwa bisnis yang dijalankan itu profesional, kredibel dan kekinian.

Lantas mengapa domain berbayar (TLD) lebih disarankan daripada yang gratisan, seperti .wordpress.com atau .blogspot.com? Alasannya adalah, sebab dengan menggunakan domain TLD maka website perusahaan kita akan terlihat lebih profesional, kredibel dan mencerminkan kesungguhan perusahaan dalam berbisnis. Lagipula dengan domain TLD, pengunjung lebih mudah mengingat domain tersebut dan anda dapat lebih leluasa mengatur dan mengelola domain anda sendiri.

Yuk Registrasikan Domainmu Sekarang,

Sebelum Domain Idamanmu Diambil Orang Lain 

Sebagaimana yang saya katakan diatas, bahwa nama domain adalah sesuatu yang sangat unik. Sekalipun ada puluhan juta website di rimba internet namun tak akan ada nama domain yang sangat persis antara satu dan lainnya. Maka dari itu, jika anda telah mendapatkan inspirasi nama domain yang tepat untuk bisnis anda, saran saya segeralah menghubungi jasa penyedia hosting untuk meregistrasi nama domain tersebut sebab jika sedikit saja terlambat nama domain idaman anda bisa jadi milik orang lain.

Jika anda ingin mencari domain yang murah namun berkualitas, cobalah berkunjung ke Rumahweb. Jasa penyedia hosting Indonesia dan domain murah yang berkualitas. Anda tak perlu takut anggaran kebobolan sebab Rumahweb menawarkan jasa domain murah dan hosting murah untuk membangun website anda dengan harga mulai dari Rp 19.900 saja perbulannya. Rumahweb menyediakan layanan domain terlengkap yang bisa anda pilih sesuai kebutuhan. Selain itu, mereka telah mengantongi akreditasi ICANN dan PANDI-lembaga pengawas domain ternama sebagai registrar terakreditasi sehingga dipastikan layanan yang diberikan benar-benar profesional.

Kesimpulan

Dalam berbisnis, modal memang dapat berpotensi menjadi tonggak keberhasilan. Domain pada website anda pun demikian, sangat berpotensi mendongkrak ketertarikan pengunjung untuk datang. Bagi seorang pelaku bisnis di era digital, memiliki website bisnis dengan domain TLD adalah kebutuhan yang teramat vital. Sebab customer Indonesia saat ini sudah sangat melek teknologi sehingga keberadaan website dan domain perusahaan dapat menjadi penentu sebelum mereka memutuskan untuk membeli.

Jadi yuk, jangan ditunda lagi segera registrasikan nama domain idamanmu sekarang!

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition Rumahweb. 

error: content is protected