A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

kroepoek waroeng

Apapun Makanannnya, Kurang Lengkap Tanpa Kerupuk

Selain nasi dan sambal, ada satu lagi kuliner khas orang Indonesia yang hampir tak pernah absen di meja makan. Apalagi kalau bukan kerupuk. Apapun ragam kuliner modern yang ditawarkan saat ini, rasanya kerupuk tak akan pernah ketinggalan zaman. Kerupuk menjadi menu pelengkap yang paling sedap untuk menemani aneka jenis makanan. Mulai dari nasi dan lauk-pauknya, gado-gado, rawon, tahu campur, bubur hingga mie ayam. Dirumah saya pun, kerupuk juga menjadi menu wajib yang stoknya hampir tak pernah kosong. Entah itu kerupuk udang, kerupuk ikan, kerupuk singkong ataupun kerupuk bawang. Sebab semua anggota keluarga saya memang pecinta kerupuk. Selain menjadi pelengkap menu sajian, biasanya kerupuk juga kami jadikan camilan. Nikmat sekali rasanya jika kerupuk dicocol dengan sambal. Saya akui memang bagi orang Indonesia, makan makin nikmat pakai kerupuk.

Kerupuk adalah jenis makanan yang telah melegenda. Ia telah ada dan menjadi makanan favorit orang Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda. Hingga saat ini, kerupuk terus berkembang dan beradaptasi dengan cita rasa lokal khas masing-masing tempatan. Masyarakat Melayu pesisir misalnya, mengolah kerupuk dengan berbagai kekayaan laut seperti udang dan ikan. Masyarakat Sunda mengolah kerupuk dengan campuran ubi/singkong, Masyarakat Sumatera mengolah kerupuk yang dicampur kulit sapi (rambak) dan demikian pula masyarakat daerah lain mengolah kerupuk sesuai kearifan lokal masing-masing. Sampai hari ini, perkembangan cita rasa kerupuk terus berlanjut mengikuti perkembangan zaman dan akulturasi budaya kekinian.

Saking unik dan melegendanya, saya bahkan pernah membaca di sebuah berita bahwa beberapa waktu lau kerupuk menjadi salah satu barang komoditas yang dibarter dengan alutista & pesawat tempur Sukhoi SU-35 dari Rusia oleh Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu. Sebab kuliner kebanggaan kita ini memang sudah dikenal luas dan mendunia dengan kelezatannya. Saat ini, kerupuk pun menjadi makanan yang selalu meramaikan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia yaitu dengan “lomba makan kerupuk”. Ada yang pernah ikutan? ^^

Ngemil Kerupuk Sehat, Apa Manfaatnya?

Sebagaimana makanan lain pada umumnya, ternyata kerupuk juga memiliki kandungan gizi dan nutrisi didalamnya. Tentunya kandungan ini dapat bervariasi tergantung jenis dan jumlah kerupuk yang dimakan. Pada kerupuk yang dicampurkan dengan ikan atau udang, biasanya memiliki tambahan protein, kalsium dan fosfor yang baik bagi tulang serta gigi. Pada kerupuk yang dicampur dengan ubi atau ketela biasanya terdapat karbohidrat sebagai sumber energi. Ngemil kerupuk juga bisa jadi solusi untuk menghilangkan kejenuhan. Apalagi ruang gerak yang amat terbatas selama pandemi bisa menganggu kesehatan mental kita. Ngemil kerupuk sehat pun bisa menjadi alternatif pengusir kejenuhan. Semua itu tentunya dengan catatan kerupuk yang dikonsumsi dibuat dengan menggunakan bahan baku terbaik dan diolah dengan sehat serta tak berlebihan jumlahnya.

kroepoek waroeng

Namun kerupuk manfaat ini tentu tidak akan didapat jika kamu mengonsumsi kerupuk yang tidak sehat. Kita tentu tahu kalau zaman sekarang banyak banget pengusaha nakal yang memasarkan kerupuk yang tidak sehat. Pernah saya lihat pada berita di salah satu stasiun televisi, seorang produsen kerupuk nakal ditangkap polisi akibat memasarkan kerupuk dengan kandungan formalin dan boraks. Padahal kita tau, formalin dan boraks merupakan zat kimia yang amat berbahaya apabila dikonsumsi oleh tubuh. Sebab bila tertelan dalam jumlah yang tinggi, maka beragam gangguan kesehatan bisa menghantui. Seperti kanker, kerusakan otak, hati, paru-paru, jantung, ginjal dan kerusakan organ vital lainnya. Selain itu, sering pula saya dengar ada produsen yang menambahkan zat pemutih atau pewarna tekstil pada kerupuk. Ada lagi tuh, oknum pedagang kerupuk yang menjual kerupuk jadi (siap makan) yang digoreng dengan minyak jelantah yang sudah tidak layak konsumsi. Duh, semakin kesini kok jadi semakin ngeri yaa.

Rekomendasi Kerupuk Sehat untuk Anak dan Keluarga

kroepoek waroeng

Nah daripada bingung saat memilih kerupuk, saran saya sih beli saja kerupuk sehat dari produsen yang memang kredibel dan bertanggung jawab. Pilihan saya dan keluarga adalah Kroepoek Waroeng karena Kroepoek Waroeng sudah jelas terbukti kualitas dan rasanya sehingga kita tak perlu lagi ragu untuk mengonsumsinya.

Kroepoek Waroeng adalah kerupuk Indonesia berkualitas premium yang diproduksi oleh Cahaya Kencana dengan proses yang higienis dan kemasan yang modern. Semua bahan alami menjadikannya pilihan yang tepat untuk siapapun yang senang menjalani pola diet sehat dan mengonsumsi bahan alami. Dengan pengalaman lebih dari 25 tahun di bidang makanan, Kroepoek Waroeng menjamin bahan baku terbaik dan cita rasa yang enak sehingga kerupuk ini layak dijadikan pilihan camilan sehat dan enak untuk keluarga.

Buat Parents juga tak perlu khawatir memberikan Kroepoek Waroeng untuk anak-anak karena Kroepoek Waroeng dibuat dengan bahan-bahan alami, sehat, tanpa boraks dan formalin, pemutih atau zat pewarna dan pengawet berbahaya. Kroepoek Waroeng juga less baking soda, wet gluten free dan tidak diberikan tambahan MSG dalam proses pembuatannya. Nah untuk kamu yang lebih concern terhadap kesehatan ada juga varian camilan non MSG yaitu pada Kroepoek Waroeng varian mini rose dan cassava chips.

Kropoek Waroeng sudah terdaftar di BPOM dengan nomor pendaftaran 273513007315.  Selain itu juga sudah mengantongi sertifikat halal MUI dan sertifikat HACCP.

kroepoek waroeng

Meskipun diproses dengan teknologi modern, namun Kroepoek Waroeng tetap mempertahankan cita rasa khas kerupuk tradisional Indonesia. Pilihan variannya pun Indonesia banget, persis kerupuk yang biasa kita temui di warung-warung biasa namun dengan versi yang lebih sehat, enak dan berkualitas. Variannya terdiri dari Mini Rose Crackers yang berbentuk bunga berwarna putih dengan cita rasa bawang persis seperti kerupuk yang sering kita jumpai di warung makan. Kemudian Star Shaped Crackers kerupuk berbentuk bintang berwarna-warni dengan rasa bawang yang cocok dicemil atau disantap dengan bubur ayam. Shrimp Crackers dengan cita rasa  udang yang gurih dan mengandung protein serta Cassava Chips dengan cita rasa singkong serta memiliki sensasi pedas, manis dan gurih. Kroepoek Waroeng dikemas dengan kemasan ziplock yang super aman untuk memudahkan kita dalam penyimpanan.

kroepoek waroeng

Cara mengolah Kroepoek Waroeng cukup mudah. Persis seperti mengolah kerupuk pada umumnya.  Pertama kerupuk dijemur terlebih dahulu selama 1-2 jam di sinar matahari langsung ataupun dipanaskan terlebih dahulu di microwave selama 1-2 menit agar kerupuk mengembang sempurna saat digoreng. Setelah itu kerupuk tinggal digoreng dengan minyak yang panas dan terendam (deep fried) dengan menekan perlahan agar kerupuk lebih kembang. Setelah matang, tiriskan kerupuk kemudian Kroepoek Waroeng siap dinikmati. Ohya selain dengan metode deep fried, Kroepoek Waroeng juga bisa digoreng menggunakan air fryer lho agar lebih sehat dan kurang minyak. Jadi tergantung selera dan kebutuhan saja, ingin menggoreng dengan deep frying ataupun air frying.

Rasakan Sensasi Berbeda Menikmati Kerupuk dengan Kroepoek Waroeng

Ohya selain dijadikan cemilan atau pelengkap makanan, Kroepoek Waroeng juga cocok lho divariasikan menjadi aneka jenis makanan. Kebetulan saya juga kepo-kepo ke akun youtube eatwaroeng dan menemukan beberapa referensi ide masakan yang cocok dibuat dengan olahan Kroepoek Waroeng. Yaitu seblak dan mozarella corndog ala korea. Wah keren ya! Jadi terinspirasi juga nih untuk coba dirumah. Nah untuk intip resepnya kalian bisa klik video dibawah ini ya.

Cahaya Kencana, Hadirkan Kroepoek Waroeng untuk Keluarga Indonesia

Kroepoek Waroeng diproduksi oleh Cahaya Kencana, sebuah perusahaan keluarga asal Sidorajo yang telah eksis sejak tahun 1987. Cahaya Kencana berfokus pada penyediaan kerupuk dan mi berkualitas tinggi dengan beragam pilihan variasi. Dikerjakan oleh tenaga ahli dan diawasi oleh laboraturium profesional untuk menjaga jaminan kualitas makanannya. Cahaya Kencana juga telah mengantongi sertifikat HALAL dari Majelis Ulama Indonesia dan Badan Pengawas Obat dan Makanan serta mengantongi sertifikat keamanan pangan ISO-22000:2005 food safety system serta sertifikat HACCP yang menandakan jaminan keamanan makanan, kualitas, kehigienisan makanannya tak perlu lagi diragukan.

Hingga saat ini, Cahaya Kencana sendiri sudah memasarkan produk-produknya didalam dan luar negeri seperti Malaysia, Philippine, Sri Lanka, India, Yaman, and Bangladesh. Bahkan beberapa varian Kroepoek Waroeng telah menjadi best seller di beberapa negara. Seperti Mini Rose Crackers yang menjadi best seller di Korea Selatan, Cassava Chips yang menjadi best seller di Netherlands dan Star Shape Crackers yang menjadi best seller di Timur Tengah & India.

Events & Awards

Kroepoek Waroeng kerap pula mengikuti berbagai bazaar dan expo produk makanan diluar negeri. Salah satunya adalah GULFOOD di Dubai World Trade Center yang diikuti pada 2016 lalu. Dalam pameran industri makanan terbesar di dunia ini  Kroepoek Waroeng mendapatkan penghargaan sebagai Finalia Best New Fast Food Product & Innovation of GULFOOD Award 2016 serta Best Halal Food GULFOODD Award 2016. Sedangkan didalam negeri, Kroepoek Waroeng pernah dipamerkan pada event SIAL Interfood Jakarta 2019 dan meraih penghargaan Finalis SIAL Innovation 2019. Waaah keren banget ya capaian prestasinya.  Jadi makin bangga sama produk asli Indonesia.

Harga dan Cara Pembelian

kroepoek waroeng

Harga Kroepoek Waroeng ini terbilang cukup terjangkau. Untuk varian star shaped, mini rose, shrimp dan cassava dengan kemasan 300 gram harganya Rp 32.000. Sedangkan untuk pembelian bisa dilakukan secara online di Shopee dan Tokopedia Toko Kerupuk Mall Jakarta & Surabaya @eatwaroeng dan @themunchingqueen ataupun melalui stockist dan reseller resmi yang tersebar di seluruh Indonesia. Kamu juga bisa bergabung dengan kemitraan bersama Eat Waroeng dengan menjadi reseller resmi Keroepoek Waroeng.

Saya sendiri membeli Kroepoek Waroeng di official store di Shopee, pelayanannya baik dan memuaskan serta pengiriman juga cepat. Makanya saya jadi tak ragu memberikan penilaian bintang 5 untuk pembelian Kroepoek Waroeng di store tersebut.

Yuk, Cobain “Kroepoek Waroeng”

karena Makan Makin Enak Pakai Kerupuk

Sejak pertama kali mencoba nikmatya Kropoek Waroeng yang enak dan sehat, rasanya saya jadi tak ragu lagi untuk menetapkan Kroepoek Waroeng sebagai kerupuk favorit kami sekeluarga. Sekarang Kroepoek Waroeng selalu kami stok dirumah agar ketika ingin makan kerupuk tinggal goreng saja. Saya berharap semoga inovasi Cahaya Kencana semakin meluas dan bisa lebih banyak menghadirkan varian kerupuk tradisional Indonesia dengan jaminan kualitas terbaik, agar kerupuk semakin dikenal sebagai kuliner asli Indonesia yang membanggakan di mata dunia. Yuk makan kerupuk sehat dengan Kropoek Waroeng, karena makan makin nikmat pakai kerupuk!

Media   Sosial   Kroepoek   Waroeng

error: content is protected