A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Tak Perlu Ragu Melangkah, Kemanapun Pergi #PASTIADAOYO

Banyak cara untuk membuktikan rasa cinta. Salah satu diantaranya adalah dengan  menghabiskan waktu bersama. Momen kebersamaan baik itu saat liburan ataupun sekedar staycation di hotel yang nyaman bagi kami sekeluarga adalah ritual penting untuk mengukuhkan tali kasih sayang. Sebab bagi kami, kebersamaan keluarga adalah momen hidup yang teramat berharga. Tak ada nilai materi yang mampu menggantikannya. Bersama OYO Hotels, mimpi kami untuk liburan keluarga ke berbagai tempat ataupun menginap nyaman tanpa terhambat, akan dapat terwujud nyata. Penasaran mengapa? Begini ceritanya….

 

Cinta Tak Melulu Dibuktikan dengan Memberikan Benda-Benda…

Entah siapa yang memulai tren ini. Namun beberapa tahun belakangan, pergi liburan menjadi bagian dari gaya hidup yang kian diminati. Dulu liburan seringkali dianggap barang mewah. Namun sekarang liburan justru disebut-sebut menjadi sebuah kebutuhan. Tak peduli latar belakang sosial, budaya bahkan status ekonominya. Kegiatan liburan  acapkali menjadi agenda penting bagi seseorang.

Ada yang menganggapnya sarana melepas penat dan kebosanan, ada pula yang menganggapnya penghargaan pada diri sendiri atas jerih payah pekerjaan yang sudah dilakukan. Ada yang pergi liburan sekedar untuk mencari pengalaman, ada juga yang melakukannya karena memang menyukai tantangan. Apapun alasan yang melatarinya, liburan di zaman sekarang sudah menjelma menjadi kebutuhan primer bagi banyak orang. Sandang, pangan, papan daaaan jalan-jalan…..  smile

Demikian pula halnya bagi kami sekeluarga. Liburan bagi kami adalah momen penting yang tak boleh dilewatkan. Setidaknya setahun tiga kali, yaitu ketika cuti, libur hari raya atau liburan sekolah kami selalu menyempatkan diri pergi liburan bersama. Maklum, kami sekeluarga tinggal berjauhan. Bapak dan Mama di Pontianak, sedang saya dan suami menetap di Pangkalanbun. Adik perempuan kuliah di Yogyakarta, sementara dua adik laki-laki lainnya tinggal di Banjarmasin dan Jakarta.

Terpisah oleh jarak ribuan kilometer membuat kami harus melakukan berbagai cara agar tetap dapat selalu terhubung antara satu dan lainnya. Fasilitas group video call di salah satu aplikasi percakapan pun akhirnya menjadi media virtual kami untuk berjumpa. Saya akui, hubungan jarak jauh yang terjalin diantara kami ini kadang menyiksa. Seringkali saya tetiba rindu bercengkrama dengan Bapak dan Mama. Sering pula, ada rasa rindu bersenda gurau dengan adik-adik tercinta.

Jika rindu itu sudah terlalu menyesakkan dada, maka hal yang saya lakukan adalah mencari waktu kosong seperti long weekend atau “hari kejepit” lalu mengajak seluruh anggota keluarga liburan bersama atau setidaknya pulang ke kampung halaman tercinta.

Demikianlah, bagi kami sekeluarga liburan itu tak hanya soal berwisata. Namun adalah momen sakral berkumpulnya keluarga yang jarang-jarang berjumpa. Meski harus merogoh kocek memberikan subsidi tiket dan penginapan karena saya anak tertua dan telah bekerja, namun bagi saya tak mengapa. Sebab inilah momen dimana kami bisa sejenak melepas rindu antara satu dan lainnya. Sebab toh bagi saya, cinta itu tak melulu dapat diwujudkan dengan memberikan benda-benda. Meluangkan waktu dalam hangatnya perjumpaan dan kebersamaan keluarga juga dapat menjadi bukti cinta yang sesungguhnya.

Biar Liburan Keluarga Menyenangkan dan Dompet Tetap “Tenang”, Saya Melakukan Berbagai Upaya.. Salah Satunya adalah Menghemat Biaya Penginapan laughing

Sebagai freelancer yang penghasilannya tak tetap namun punya mimpi bisa sering-sering mengajak keluarga besar liburan bersama, saya pun akhirnya terpaksa memutar otak. Agar dapat merencanakan liburan keluarga yang nyaman dan menyenangkan tanpa harus memberatkan anggaran. Maaf bukannya pelit, saya hanya mencoba realistis. Saya sadar akan kemampuan diri yang belum terlalu stabil secara ekonomi namun disisi lain tentu juga ingin memberikan pengalaman liburan terbaik bagi keluarga.

Demi menjembatani hasrat liburan dengan kemampuan dompet, saya pun akhirnya melakukan beberapa upaya. Salah satunya adalah dengan memangkas biaya penginapan. Meskipun  budget penginapan yang dianggarkan pas-pasan, namun saya tetap mencoba mencari pilihan akomodasi terbaik yang dapat memberikan fasilitas yang nyaman. Sebab pengalaman menginap yang baik tentu akan membuat momen liburan jadi tambah berkesan. Kriteria hotel idaman saya tidak muluk-muluk memang. Setidaknya hotel tersebut wajib menyediakan kasur dan linen yang bersih, wc pun harus bersih, amenities-nya lengkap, serta ada pendingin ruangan. Oh ya, serta yang terpenting tentu : HARGANYA TERJANGKAU! laughing

daaaan OYO Rooms, Membuatku

Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama!

Lewat perkenalan saya dengan OYO beberapa waktu lalu, saya seakan mendapatkan jawaban atas semua kriteria hotel idaman yang saya dambakan. Sebab sejak pertama kali mencoba pengalaman menginap di jaringan hotel murah terkemuka di dunia ini, saya memang telah jatuh cinta pada pandangan pertama. Awalnya, saya mengenal OYO secara tak sengaja lewat sosial media. Banyak review positif yang saya baca dari sesama teman-teman blogger yang punya pengalaman menginap di hotel ini. Ada yang memuji fasilitasnya, ada pula yang memuji harganya yang murah meriah. Sebagai backpacker dan pemburu akomodasi murah, tentu gaung ulasan yang didendangkan teman-teman membuat saya penasaran.

Akhirnya sayapun menebus rasa penasaran itu dengan mencoba menginap di OYO 101 Apple Platinum saat berkunjung ke Jakarta untuk suatu kegiatan beberapa waktu lalu. Dan dari pengalaman inilah, awal kisah cinta antara saya dan OYO Hotels bermula.

Pengalaman Asik Menginap di OYO 101 Apple Platinum Jakarta

Simak yuk video saya saat staycation di OYO Hotels ↓

Langkah pertama yang saya lakukan sebelum menjajal pengalaman staycation  di OYO  Hotels adalah tentu dengan mendownload aplikasi OYO di smartphone. Tampilan aplikasi yang ringan dan responsif memudahkan saya dalam melakukan pencarian. Pada aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang sangat memudahkan.

Aplikasi OYO juga menampilkan secara jujur detail foto hotel, deskripsi hingga ulasan mengenai setiap hotel yang ada. Kita jadi bisa mempertimbangkan hotel mana yang akan dipilih. Ada pula fitur “update booking by whatsapp” agar kita bisa dengan mudah menerima pembaharuan pemesanan kamar kita melalui aplikasi whatsapp. Dan yang tak kalah penting pada beranda aplikasi ini, terdapat banyak flyer promo diskon menarik dari OYO agar kita bisa mendapatkan potongan harga saat akan menginap. Lumayan kan, sudahlah hotel OYO itu murah dikasi tambahan diskon pula.

Kesan pertama yang menyenangkan kala menggunakan aplikasi OYO membuat saya jatuh cinta sejak pertama kali menggunakannya. Ini memang sepele, tapi bagi saya ini penting. Sebab sebagai jaringan hotel yang menawarkan pemesanan kamar secara online, tentunya kemudahan penggunaan aplikasi menjadi faktor yang tak boleh diabaikan. Tampilan aplikasi yang didominasi warna putih dan merah juga terkesan fresh, saya merasa sangat nyaman saat membuka satu persatu daftar pilihan hotel yang tersedia. Aplikasi OYO bisa dijalankan pada sistem operasi IOS dan Android. Jadi apapun jenis smartphone kamu, bisa download aplikasi OYO melalui playstore/appstore ya.

Pada aplikasi tersebut saya pun mulai mencari rekomendasi pilihan hotel OYO di Jakarta. Cara pemesanannya sangat mudah. Pertama kita hanya perlu memasukkan destinasi tujuan, tanggal menginap, jumlah tamu dan kamar kemudian sistem akan menampilkan daftar hotel pilihan. Untuk memudahkan pencarian, tinggal gunakan filter-filter yang tersedia untuk menyaring preferensi hotel sesuai kebutuhan. Misal kategori OYO hotels, tipe akomodasi, fasilitas, rating pengguna, range harga dan lain sebagainya.

Hal yang paling membuat saya surprised adalah, pada pilihan filter fasilitas tersedia beragam pilihan fasilitas yang seakan-akan “mustahil” bagi hotel budget seperti kulkas mini, restoran, kolam renang, dapur dsb. Ini keren sih, karena berarti image hotel murah minim fasilitas bisa terbantahkan oleh OYO. Selain itu, pilihan metode pembayaran yang tersedia juga beragam bisa menggunakan fitur pay at hotel, transfer antar bank, mobile banking, hingga pembayaran melalui Alfamart terdekat. Serta yang istimewa, pada aplikasi OYO ini juga terdapat menu OYO Points sebagi reward bagi pelanggan setia OYO yang telah mengajak orang lain untuk mengunduh aplikasi OYO. Setiap point bisa ditukarkan menjadi potongan harga saat akan menginap. Asik kan!

Pencarian di aplikasi mengantarkan saya pada OYO 101 Apple Platinum. Lokasinya tak jauh dari tempat saya hendak berkegiatan. Hotel pilihan sudah dipesan dan saya bayarkan melalui transfer antar bank. Sesaat setelah melakukan pembayaran notifikasi konfirmasi pemesanan langsung saya terima melalui email, whatsapp hingga sms. Selain konfirmasi, OYO hotels sampai “repot-repot” menjelaskan kepada pelanggan detail lokasi dan cara menuju ke lokasi OYO hotel yang sudah dipesan.

Tak sampai disitu, OYO pun mengabarkan bahwa jika mengalami kendala apapun, customer service OYO selalu siap sedia dihubungi kapanpun dibutuhkan. Bisa lewat telfon atau email. Menurut saya ini sebuah terobosan yang sangat keren. Mana ada sih, jaringan hotel lain yang sedemikian perhatian sama pelanggan sampai-sampai mengingatkan pemesanan dan peta arah melalui sms, email hingga whatsapp. Ini pertanda baik, artinya OYO adalah jaringan hotel yang betul-betul mengutamakan pelanggan.

Pagi pukul 10 saya tiba di Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Pengemudi taxi online yang telah saya pesan mengarahkan kendaraannya sesuai peta di telepon genggam. “Oh OYO Apple Platinum yang dekat Tanah Abang ya Bu? Saya tau tuh. Sering antar tamu kesana juga” ujar pengemudi taxi kepada kami. Sang pengemudi mengaku memang telah familiar dengan hotel OYO yang hendak kami tuju. Ini tentu membuat kami tenang sebab tidak akan ada risiko tersesat atau salah jalan.

Setelah 40 menit berkendara, mobil yang kami tumpangi tiba di halaman OYO 101 Apple Platinum. Satpam hotel bergegas membantu menurunkan koper-koper kami. Masuk ke ruang tunggu, saya disambut dengan senyum ramah mas-mas resepsionis yang berjaga. Tak butuh waktu lama, pembayaran yang sudah saya lakukan lewat aplikasi OYO di smartphone ternyata telah terkonfirmasi. Resepsionis pun segera memberikan kami kunci dan meminta petugas lain untuk membawakan koper kami ke kamar. Jujur layanan ini membuat kami terkesan. Betapa tidak, dengan harga permalam lebih kurang Rp 200.000an saja saya bisa mendapatkan pelayanan bak hotel bintang lima. Saya sampai segan, tak nyaman hati membuat petugas hotel kerepotan. “Tidak apa-apa bu, memang sudah fasilitas dari kami membantu tamu membawa barang” ujar petugas dengan senyum yang riang.

Berbagai Keunggulan & Fasilitas OYO Membuat Saya Makin Cinta

Sesampainya di kamar saya kembali dibuat terkesan dengan kasur dan linen yang tampak bersih dan rapi. Kualitas kebersihan kamar dan fasilitas yang diberikan tak henti-hentinya membuat saya dan suami terkagum-kagum. Linen yang digunakan untuk sprei dan bed cover pada hotel ini menggunakan standar linen hotel berbintang. Selain putih bersih, bahan kain dobi yang digunakan juga bukan kain abal-abal. Kasurnya yang empuk membuat siapapun yang berbaring diatasnya langsung auto mengantuk. Bed cover/selimutnya yang hangat membuat kami jadi lebih nyaman untuk “ndusel-ndusel” bertiga didalamnya. Hihii kebayang kan ya, nonton film, matiin lampu kemudian ndusel-ndusel bersama orang tercinta didalam selimut yang lembut.. ahhhhh syurgaaaa! laughing

Tak cuma soal kasur dan linen yang bersih saja. Kamar di OYO 101 Apple Platinum Jakarta juga dilengkapi dengan beragam fasilitas lain. Seperti televisi LCD dengan TV cable, internet gratis (free wifi), pendingin ruangan, dua botol air minum ukuran sedang, toilet yang bersih dan wangi dengan keran air panas/dingin, hingga amenities super lengkap mulai dari sabun, shampoo, sikat gigi, pasta gigi, body lotion serta dua buah handuk yang bersih untuk setiap kamar. Sebagai tambahan, pihak hotel juga menyediakan beberapa buku bacaan tentang rekomendasi wisata terbaik di Jakarta. Sebagai pendatang, tentu saya bahagia sebab mendapatkan banyak inspirasi di buku ini untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga di ibukota.

Setelah puas “ndusel-ndusel” seharian bersama suami dan putri semata wayang saya. Kami bertiga turun ke lantai bawah untuk makan. Di hotel ini terdapat restoran mini yang buka mulai dari pukul 7 pagi hingga 11 malam. Kami memesan menu ayam bakar solo lengkap dengan nasi dan lalapan. Kata Mas waitress bilang, menu ini dimasak langsung oleh chef lulusan sekolah tata boga. Apa??? Hotel semurah ini punya chef di restorannya? Saya hampir-hampir tak percaya! Menu yang lezat dengan harga terjangkau memuaskan lidah kami hari itu. Sebagai pelengkap, saya juga memesan secangkir machiatto untuk menemani saya mengerjakan beberapa deadline yang harus diselesaikan sebelum kegiatan saya esoknya dimulai. Setelah makan malam dan anak perempuan saya tidur di kamar bersama ayahnya, saya pun turun kembali ke cafe lalu duduk bersantai di sofa empuk di cafe untuk menyelesaikan pekerjaan. Gak capek tuh bolak-balik naik turun? Gak dong, karena OYO 101 Apple Platinum dilengkapi dengan Lift! Woww keren gak tuh! Yang terakhir, urusan keamanan menginap di OYO 101 Apple Platinum juga tidak perlu diragukan,karena selain security berjaga siang-malam, hotel ini juga dilengkapi dengan CCTV yang aktif 24 jam. Mantaappp bener ya.

Jujur, pengalaman menginap di OYO dengan budget hanya sekitar Rp 200.000an permalam ini jauh melampaui ekspetasi saya. Rasanya tak menyangka dengan budget yang menurut saya sangat murah ini saya bisa mendapatkan pelayanan dan fasilitas yang istimewa. Sebab sebelumnya saya sering menginap di hotel lain yang jauh lebih mahal namun mendapatkan fasilitas seadanya.  Maka dari itu, saya bilang pada suami, lain kali ketika akan liburan bersama keluarga atau melakukan perjalanan ke luar kota lainnya, kami pilih menginap di OYO sajalah. Sudahlah murah, fasilitas yang diberikan juga cukup mewah untuk standar hotel di kelasnya.

Apalagi OYO Hotels merupakan jaringan hotel murah yang sudah tersebar di lebih dari 800 kota di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri OYO sudah melebarkan sayap di lebih dari 100 kota seluruh Indonesia. Saya jadi tak perlu khawatir karena kemanapun saya pergi #PASTIADAOYO. Selain itu saya juga bisa menyesuaikan rencana perjalanan dengan kategori produk OYO Hotel.

Misalnya nih, ketika akan melakukan perjalanan dinas atau keperluan bisnis saya bisa memilih kategori hotel OYO Rooms, OYO Flagship atau Premium yaitu OYO hotel yang menawarkan harga terjangkau namun terletak di lokasi yang strategis. Atau ketika liburan bersama keluarga besar, saya bisa memilih kategori Collection O atau Capital O karena meskipun harganya murah namun kedua kategori ini menawarkan beragam fasilitas mewah bak hotel bintang 5, seperti kolam renang, gym, taman dsb. Lumayan kan buat staycation asik bersama keluarga.

Kemudian saat keluar kota bersama teman-teman misalnya untuk traveling, saya bisa memilih OYO Townhouse atau Spot On yang memang dikhususkan bagi milennial traveler sehingga cocok dengan gaya hidup perkotaan. Kemudian, jika butuh akomodasi untuk menginap dalam jangka waktu yang lama saya bisa memilih OYO Life yang mengusung konsep rumah hunian/kost dengan fasilitas hotel. Tuh terbukti kan, semua kategori dan segala kebutuhan akomodasi ada di OYO ! Gimana saya gak makin cinta sama OYO coba!

Dengan segala keunggulan dan kategori produk yang beragam, maka tidak heran sih ya perusahaan jaringan hotel besutan Ritesh Agarwal ini telah menjadi jaringan hotel terbesar di dunia. Ugggh, Mantap!

Nah, kata pepatah bilang tak kenal maka tak sayang. Makanya nih, saya mau kenalin OYO Hotels sama kalian, biar teman-teman pembaca juga ikutan jatuh cinta laughing

Simak profil OYO Hotels di videografis berikut ya!

Staycation Selanjutnya, Kemana Lagi Kita???

Pengalaman menginap di OYO 101 Apple Platinum ini mengawali kisah cinta saya dengan OYO hotels, sang hotel idaman. Fasilitas terbaik, layanan berkualitas dengan harga yang terjangkau membuat saya semakin yakin menjatuhkan pilihan pada OYO hotels untuk perjalanan-perjalanan saya selanjutnya. Entah itu untuk urusan bisnis, pekerjaan atau saat akan mengajak keluarga besar liburan bersama. Saya pun berandai-andai, jika kelak saya bisa kembali membawa keluarga pergi liburan atau staycation bersama, maka saya ingin memilih Yogyakarta sebagai destinasi tujuannya. Alasannya sederhana, karena saya memang secinta itu pada Yogyakarta.

Jika teman-teman sering mampir ke blog ini pasti tau, betapa saya mencintai Yogyakarta (Jogja) lebih dari sekedar kota. Meskipun entah sudah berapa belas kali saya mengunjungi Jogja dan bahkan pernah menetap beberapa tahun disana namun bagi saya Jogja selalu menarik untuk dikunjungi berkali-kali. Selain menjadi tempat kuliah, Jogja juga dulu adalah tempat dimana saya dan suami pertama kali berjumpa. Maka boleh dibilang kota ini adalah kota favorit kami. Kata orang Jogja itu kota yang bikin candu. Bagi saya ini benar adanya. Sebab setiap kali mendengar orang berbicara tentang Jogja selalu ada rasa rindu untuk kembali mengunjunginya.

Kesempatan untuk “pulang” ke Yogyakarta bersama keluarga nanti akan saya manfaatkan  untuk mengunjungi berbagai objek wisata favorit kami. Mulai dari melihat gagahnya Gunung Merapi, bermain dengan satwa lucu di Gembira Loka, duduk bersantai di Jalan Malioboro, Berselfie ria di megahnya Candi Prambanan, hingga menjajal pantai-pantai cantik di Gunung Kidul. Ahhh, rasanya saya sudah tak sabar ingin kembali mengunjungi Yogyakarta.

Apalagi di Jogja ada RATUSAN pilihan akomodasi OYO hotels di Yogyakarta yang akan siap memberikan pengalaman staycation terbaik selama saya disana. Saya jadi tak perlu pusing mencari hotel murah di Yogyakarta sebab ada berbagai kategori produk OYO Hotels di kota ini.  Harga menginap di  OYO Hotels Yogyakarta pun terbilang murah mulai dari Rp 72.000 hingga Rp 300.000 saja per malamnya. Tergantung dari kategori akomodasi dan fasilitas yang dipilih. Dari berbagai pilihan yang tersedia ada 3 OYO Hotel di Jogja yang bisa saya rekomendasikan jika kamu juga berencana menginap di Jogja.

OYO 583 ROYAL GEJAYAN / RATING 4.9

Terletak di Jalan Affandi atau biasa dikenal dengan sebutan Jalan Gejayan, OYO 583 ROYAL GEJAYAN menjadi salah satu akomodasi OYO Hotels terfavorit di Yogyakarta. Selain ruangan yang nyaman dengan desain interior modern minimalis, hotel ini juga menawarkan kolam renang yang dapat dipakai oleh semua tamu secara gratis. Lokasinya juga cukup strategis, terletak 1,9 km dari Monumen Tugu, 1,8 km dari Mall Ambarukmo Plaza serta dikelilingi berbagai universitas terkemuka di Yogyakarta seperti UGM, UNY dsb. 

OYO  444 RAFITHA HOMESTAY / RATING 4.6

Menawarkan konsep yang “homey”, OYO 444 RAFITHA HOMESTAY akan membuat siapa saja yang menginap disana seperti dirumah sendiri. Lokasinya cukup strategis, terletak hanya  2 km dari Bandara Internasional Yogyakarta, 2,6 km dari Mall Plaza Ambarukmo serta 5,4 km dari jantung Yogyakarta yaitu Jalan Malioboro. Cocok bagi pejalan yang ingin mengeksplor Yogyakarta dan mendambakan hunian yang tenang dan nyaman.

OYO 549 KOTAGEDE HERITAGE HOMESTAY 

Belum ke Jogja namanya jika tak merasakan sensasi menginap di akomodasi tradisional yang apik dengan nuansa yang etnik. Di OYO 549 Kotagede Heritage Homestay kita bisa merasakannya. Hotel ini menawarkan pengalaman menginap yang berbeda dari hotel biasa. Dengan desain interior hotel yang klasik, furnitur yang didominasi oleh kayu jati yang terawat baik serta akomodasi yang berlokasi di kawasan tujuan wisata budaya menjadikan hotel ini pilihan terbaik jika ingin menjelajah pesona budaya dan sejarah kuno Jogja di Kotagede.

OYO dan Bukti Cintaku Padanya

Ada banyak cara membuktikan cinta. Jika OYO membuktikan cinta bagi para pelanggan setianya dengan cara memberikan fasilitas yang apik dengan harga akomodasi terbaik maka saya sebagai pelanggan pun membuktikan cinta pada OYO dengan merekomendasikan dan mempromosikan OYO hotels pada keluarga, teman-teman serta pada pembaca blog saya tercinta.  Sebab saya percaya momen liburan terbaik tentunya akan terasa makin sempurna dengan pengalaman staycation di hotel yang nyaman dan yang tentu harganya juga membuat kita tetap tenang. Maka tak perlu ragu untuk #STAYFORLOVE sebab OYO Hotels adalah pilihan yang tepat untuk urusan penginapan. Kedepan ada banyak destinasi impian yang ingin saya jelajahi bersama keluarga. Selain ke Jogja, saya juga ingin mengajak keluarga liburan ke Bali, Belitung, Bandung, Malang hingga Lampung. Tak perlu cemas urusan menginap sebab kemanapun perginya #PASTIADAOYO .

 Ini cerita cinta OYO versi saya, bagaimana dengan versi kamu? Ceritakan di kolom komentar juga ya. Dan biar gak ketinggalan informasi promo, giveaway dan program diskon terbaru dari OYO Hotels, jangan lupa follow OYO Hotels di sosial media dengan cara klik icon dibawah ini ya:

Jangan lupa juga download aplikasi OYO di smartphone kamu dan gunakan kode referral saya : RIZKEEAOLX

Selamat menyambut pengalaman menginap murah terbaik bersama OYO Hotels!

Sumber-sumber :

  • Foto-foto : Rizka Edmanda
  • Infografis : Rizka Edmanda
  • Video : Rizka Edmanda
  • Motiongrafis : Rizka Edmanda

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog LOVE OYO BLOG COMPETITION yang diselenggarakan oleh OYO Indonesia

error: content is protected