A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Perkenalan dengan dunia blogging boleh dibilang menjadi sebuah fase yang sangat berharga dalam hidup saya. Blog lebih dari sekedar tempat untuk saya menyalurkan hobi menulis namun blog juga telah menjadi ruang yang banyak memberi saya hal-hal berharga dalam hidup. Mulai dari ilmu, teman-teman baru, rezeki hingga kesempatan untuk jalan-jalan ke beberapa negara secara gratis. Jujur awalnya saya tak pernah menyangka akan menjadikan blogging sebagai profesi. Namun seiring waktu, mengingat telah banyak hal positif yang blog berikan kepada saya, maka saya tak segan membawa blogging menjadi sesuatu yang lebih “serius”. Hingga akhirnya kini blogging bagi saya tak Cuma sekedar hobi namun juga profesi. Pertanyaan ini pula yang banyak ditanyakan netizen di DM IG saya, tentang bagaimana langkah untuk menjadi blogger profesional? dan meskipun ilmu saya masih sangat-sangat dangkal namun izinkan saya berbagi sedikit hal tentang blogging berdasarkan pengalaman saya ngeblog selama ini.

Langkah Awal Membuat Blog

Sebelum menjadi seorang blogger, satu hal yang wajib kamu miliki tentunya adalah blog itu sendiri. Cara membuat website atau blog itu sebetulnya mudah. Kamu bisa mulai membuat blog dari yang gratisan dulu. Prosesnya mirip seperti membuat akun di sosial media. Cukup sign up menggunakan email, kemudian blogmu siap digunakan. Platform blog gratisan  ada bermacam-macam misalnya blogger, wordpress, tumblr dsb. Apabila membuat blog pada platform gratis tersebut maka nama blogmu kira-kira akan seperti ini, www.sicantik.wordpress(dot)com atau www.siganteng.blogspot(dot)com

Namun jika kamu ingin menjadikan blogging sebagai profesi, dan ingin menghasilkan uang dari blogmu tentu akan lebih optimal apabila kamu memiliki blog TLD (top level domain). Sederhananya, blog TLD adalah dimana blog menjadi kepunyaanmu sendiri, pengaturan blog tidak terbatas dan kamu jadi bisa lebih leluasa mengatur blogmu. Perbedaan paling mudah yang bisa dilihat dari blog TLD adalah melalui nama blognya, jika blog yang gratisan menggunakan embel-embel platform dibelakang nama blognya maka blog TLD tidak, misalnya seperti blog saya yang sedang kalian kunjungi ini www.rizkaedmanda.com . 

Blog TLD juga memiliki sejumlah keunggulan, antara lain nama blog yang mudah diingat orang, tampilan nama blog yang lebih profesional, lebih banyak plugin/tema yang bisa diinstal secara gratis dan tentu lebih mudah dimonetisasi baik melalui google adsense ataupun penghasilan dari job berbayar misalnya content placement, penulisan artikel dsb, sebab Klien tentu lebih memilih blog yang dari tampilan namanya saja sudah cukup meyakinkan. 

Keleluasaan fasilitas yang diberikan blog TLD ini membawa konsekuensi kalian harus mengeluarkan sejumlah uang untuk membeli domain dan menyewa hosting agar blog kalian bisa digunakan. Domain adalah nama dari website/blog yang kalian inginkan sementara hosting adalah sebuah sistem yang menampung data-data blog kalian agar dapat diakses lewat internet. Ibarat domain adalah apartemen maka hosting adalah tanahnya. Apabila domain adalah kepemilikan kalian pribadi maka hosting dipakai bersama-sama dengan pemilik blog/website lainnya. Itulah sebabnya domain dan hosting ini kalian perlukan untuk membangun rumah digital kalian di dunia maya.

Tapi tenang kalian tidak perlu memiliki skill pemrograman tingkat dewa untuk bisa membangun sebuah blog TLD. Sebab saat ini sudah banyak jasa penyedia domain & hosting yang dapat membantu. Salah satunya adalah Niagahoster. Melalui mereka, kalian bisa beli domain murah atau dan beli hosting sesuai keperluan. Ada beberapa paket yang ditawarkan untuk blogger pemula. Dengan harga mulai dari Rp 10.000 perbulan kalian sudah bisa memiliki blog TLD yang profesional. 

Niagahoster memberikan garansi harga termurah untuk domain dan hosting serta  support layanan terbaik. Dengan dukungan customer service 24 jam, Niagahoster mengutamakan kepuasan dam kenyamanan pengguna. Selain memberikan layanan domain dan hosting bagi pengguna baru, Niagahoster dapat membantu kamu yang sudah memiliki website/blog sebelumnya untuk pindah hosting. 

Blog Sudah Dibuat, Selanjutnya Apa? 

Setelah selesai membuat blog dengan domain kalian sendiri, selanjutnya adalah melengkapi navigasi blog, mulai dari halaman profil pemilik blog, kontak, sosial media, syarat & ketentuan pengguna, kebijakan privasi hingga kategori dan sub kategori dari tema tulisan yang akan kalian buat. Ini penting sebab navigasi yang baik akan menambah performa blog baik di mata mesin pemcari maupun menambah tampilan blog agar terlihat lebih profesional. Saran saya, banyak-banyaklah mengunjungi blogger lain yang lebih senior, lihat dan contoh navigasi blog mereka.  

Apabila navigasi telah selesai dibuat, kalian dapat memperbaiki tampilan blog dengan mengunduh berbagai tema. Jika kalian menggunakan platform wordpress berbayar maka urusan gonta-ganti tema ini menjadi lebih mudah sebab sudah ada ratusan tema yang bisa kalian gunakan secara gratis. Tak dapat dipungkiri, sebuah blog yang profesional juga ditentukan dari tampilan. Maka kalian bisa menambahkan beberapa widget ataupun plugin yang bisa mendukung tampilan blogmu. Namun jangan berlebihan dalam memasang widget dan plugin, sebab ini bisa menyebabkan loading blogmu menjadi lebih berat dan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. 

Dalam blog khususnya yang menggunakan platform wordpress, plugin ini cukup penting tak hanya sekedar soal penampilan namun juga untuk meningkatlan performa blog. Misalnya untuk SEO, melihat statistik, tombol membagikan artikel dsb. Beberapa Plug in yang saya rekomendasikan untuk dipakai di wordpress adalah Yoast , sebuah plugin yang memudahkan kita untuk membuat artikel yang SEO friendly, kemudian ada jetpack yang berisikan kumpulan plugin multi fungsi, ada untuk statistik, ikon media sosial, tombol berbagi, dan lain-lain serta aksimet, plugin yang akan membantu memfilter komentar spam serta yang terakhir adalah ithemes security untuk menyangkal serangan hacker. Kalau kalian punya rekomendasi plugin yang bagus lainnya, boleh lho sharing sama saya di kolom komentar.

Setelah urusan penampilan selesai, selanjutnya tinggal mengisi blog tersebut dengan berbagai konten berkualitas untuk menarik traffic atau kunjungan dari pembaca. Kalian bisa menulis tentang apapun yang kalian suka, tentu disesuaikan dengan niche atau tema blog kalian sendiri. Misalkan blog yang membahas tentang kuliner, kalian bisa menulis berbagai artikel rekomendasi tempat makan yang enak Ataupun jika kalian ingin menjadi beauty blogger kalian bisa menulis berbagai review produk kecantikan dan lain sebagainya. Intinya  tekun-tekumlah membuat konten berkualitas, agar blog kalian akan ramai dikunjungi oleh pembaca. Hal ini dilakukan demi meningkatkan kredibilitas dan popularitas blog kalian baik di mata mesin pencari (google, bing dsb), dimata pembaca serta dimata klien.

 

Blog sudah dibuat, dan diisi dengan konten-konten berkualitas. Selanjutnga bagaimana “menjual” blog tersebut kepada calon klien agar bisa menghasilkan uang? Dalam hal monetisasi blog atau usaha untuk menghasilkan uang dari blog dikenal beberapa metode diantaranya adalah google adsense dan melalui pembuatan artikel berbayar, serta program iklan sidebar dan afiliasi.  Untuk pemasangan google adsense, memerlukan proses yang panjang dan cukup rumit, sehingga rasanya tak mungkin saya jabarkan disini. Untuk bisa lolos memasang adsense di blogmu pun, biasanya dibutuhkam waktu dan usia blog yang sudah cukup lama. Rata-rata teman blogger saya yang memasang adsense di blognya memerlukan waktu minimal 1 hingga 2 tahun sejak blognya pertama kali buat barulah google mau menerima blog tersebut untuk adsense. Namun jika blogmu memang betul-betul berkualitas bukan tidak mungkin waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Sedangkan untuk mendapatkan job diluar adsense, saran saya bergabunglah dengan komunitas blogger. Sebab biasanya perusahaan/brand akan bekerjasama dengan komunitas blogger untuk mempromosikan produk/jasa mereka. Ada banyak komunitas blogger yang dapat kalian sesuaikan dengan tema/niche blog kalian. Misal kalian adalah seorang blogger perempuan kalian bisa bergabung dengan komunitas Blogger Perempuan Network. Kemudian jika kalian adalah seorang Ibu yang sering membahas seputar parenting atau keluarga di blog kalian, kalian bisa bergabung dengan Mom Blogger Community, ada pula komunitas khusus beauty blogger, food blogger dll. Bahkan di kota-kota besar banyak komunitas blogger yang mewadahi para blogger di kota tersebut.

 

Proses untuk membangun sebuah blog yang profesional memang panjang dan berliku. Membutuhkan waktu, tenaga, semangat dan konsistensi untuk menghasilkan konten-konten yang berkualitas. Namun saya yakin jika kalian tekun, maka seiring waktu kalian bisa belajar pelan-pelan secara mandiri. Sebab itulah yang saya rasakan, saya memulai blog ini dari ketidaktahuan, dari kegaptekan yang tiada obat. Tapi rasa ingin tahu yang besar, dan keinginan untuk terus belajar, bertumbuh dan berkembang menjadikan saya bisa membangun blog ini dengan lebih baik dari ke hari. Maka untuk kamu, yang sedang akan membawa blogmu ke level yang lebih “serius”, semangat terus ya! Selalu ada jalan untuk mereka yang bersungguh-sungguh
error: content is protected