A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Kiat sukses menjadi blogger di era digital bersama Dunia Tri – Aku tidak pernah menyangka blogging-pekerjaan yang dulu sempat dipandang orang  tuaku sebelah mata- kini justru jadi sumber penghasilan yang memberiku rezeki-rezeki tak terduga. Mulai dari uang jajan tambahan, membawa keluargaku pergi liburan, dapat gadget gratisan, mendaftar haji, menabung untuk umroh, membeli aset, berinvestasi hingga perjalanan ke berbagai negara impianku selama ini- semua terwujud berkat blog. MasyaAllah. Alhamdulillah. Pengalamanku ini membuktikan, bahwa sudah saatnya pekerjaan digital seperti blogger dilirik dan digarap dengan serius, terkhusus bagi generasi milenial yang suka menulis.

 

Perubahan zaman mengakibatkan perubahan teknologi dan gaya hidup masyarakatnya pula. Jika pada beberapa tahun ke belakang penggunaan-penggunaan teknologi dalam bidang kepenulisan masih sangat minim, maka penulis kekinian justru terbawa arus baru untuk melahirkan hal-hal yang sebelumnya tidak terjadi atau jarang terjadi. Penulis konten yang dulu kerap mengisi kolom-kolom berita atau pojok media lokal, kini mulai beralih ke berbagai platform digital. Mulai dengan membangun dan mengembangkan blog pribadi ataupun menjadi kontributor di berbagai portal media online. Tak ayal, di zaman sekarang kita mengenal istilah “Penulisan Digital” sebuah aktivitas atau kegiatan menulis yang memanfaatkan perangkat gawai ataupun laptop serta jaringan nirkabel, sehingga tulisan yang dibuat dapat dibaca oleh masyarakat internet (netizen). Bahkan, dengan kemajuan teknologi saat ini,  berbagai pekerjaan baru di bidang kepenulisan turut muncul mulai dari Blogger, Content Writer, Content Creator dan lain sebagainya.

Kendati awalnya hanya menjadi tempat “bermain” namun aku tetap menggarap blog ku dengan serius dan tak main-main. Aku tekun belajar untuk membangun blog ku sebaik mungkin. Mulai dengan mengikuti kelas-kelas menulis yang diadakan secara virtual agar aku dapat meramu sebuah struktur tulisan yang lebih baik hingga belajar untuk memperbaiki tampilan layout blog agar tampak lebih apik.

Hasilnya Alhamdulillah, kini satu persatu rezeki dari berbagai tawaran pekerjaan akhirnya datang. Mulai dari content placement hingga pembuatan artikel promosi untuk meningkatkan brand awareness brand/perusahaan. Aku pun mulai sering diminta untuk mengisi kolom blog di website-website berbagai perusahaan terkemuka, tak sampai disitu saja aku pun mengasah skill dengan mengikuti berbagai lomba. Hingga kini, Alhamdulillah, 46 kali sudah aku memenangkan berbagai lomba blog di Indonesia.

Kiat Sukses Ngeblog ala Rizka Edmanda

Aku memang masih jauh dari kata sukses. Blog www.rizkaedmanda.com ini pun baru 4 tahun aku rintis. Tapi jika boleh sedikit memberi tips, kiranya ada beberapa hal yang  telah aku lakukan dan barangkali bisa menginspirasi teman-teman sekalian yang ingin menekuni dunia blogging khususnya untuk menyalurkan hobi sambil mendapatkan cuan.

  1. Tingkatkan skill menulis

Ini wajib rasanya. Kendati blog kekinian tak hanya dinilai dari kualitas tulisannya namun juga tampilannya, namun tetap saja, tulisan adalah ruh dari artikel blog itu sendiri. Banyak sekali topik dan tema tulisan yang bisa dieksplor. Maka, perbanyaklah jam terbang untuk membuat tulisan-tulisan dari berbagai topik agar kamu menguasai berbagai gaya penulisan. Sebelum menulis, pelajari terlebih dahulu karakter audience yang kira-kira akan membaca tulisanmu. Pahami siapa mereka, apa minatnya, apa kebutuhannya. Dari situlah kita bisa membuat tulisan yang tak hanya bagus tapi juga nyaman dibaca.

  1. Kuasai Pula Skill lainnya : Videografi, fotografi, desain grafis dll

Keunikan blog dibandingkan konten digital lainnya seperti vlog ataupun podcast adalah karena blog merupakan media sosial yang dapat memuat berbagai konten di dalam 1 artikel. Di dalam konten artikel blog kekinian biasanya tak hanya ada gambar (thumbnail) dan tulisan. Tapi blogger juga kerap menyisipkan infografis, foto, video, podcast dsb. Maka, selain menguasai skill menulis penting juga bagi seorang blogger untuk menguasai skill fotografi, videografi, mengolah data untuk membuat infografis, desain dsb. Saat ini sudah banyak tutorial gratis yang bisa dipelajari di internet. Manfaatkanlah dengan baik untuk mengasah skill agar mampu membuat tampilan konten artikel yang lebih menarik.

  1. Kuasai Teknik SEO

Tak dapat dipungkiri bahwa, agar sebuah blog bisa eksis di mesin pencari (google, bing, yahoo dsb) maka blog tersebut haruslah menggunakan teknik optimasi khusus agar konten-konten artikelnya bisa muncul di daftar pencarian teratas mesin pencari. Teknik optimasi ini dikenal dengan istilah SEO (search engine optimization). Saat menawarkan kerjasama dengan blogger, klien biasanya akan meminta blogger untuk membuat artikel dengan kata kunci yang relevan dengan brand/produk dari perusahaan klien tersebut. Nah disinilah, letak urgensi dimana blogger harus piawai membuat konten artikel yang ramah SEO dengan kata kunci yang dipersyaratkan namun tetap nyaman dibaca oleh manusia dan tetap terkesan natural.

  1. Bangun Jaringan yang Luas dengan Agency ataupun Komunitas Blogger

Kemudian penting juga bagi seorang blogger untuk membangun jaringan lewat agency ataupun komunitas. Terutama jika blogger ingin menjadikan blogging sebagai sebuah pekerjaan yang profesional dan menghasilkan cuan. Sebab biasanya, tawaran pekerjaan datang dari teman-teman sesama blogger di komunitas ataupun dari agency blogger sebagai pihak ketiga yang mewakili brand/perusahaan. Blogger bisa bergabung dengan berbagai komunitas dan agency yang ada di Indonesia maupun diluar Negeri.

 

  1. Laptop yang mumpuni dan Jaringan Internet yang Stabil

Laptop dan jaringan internet yang stabil adalah modal penting bagi seorang blogger agar bisa terus eksis. Sebagai sebuah pekerjaan/profesi digital, kebutuhan blogger akan kuota internet memang cukup tinggi. Aku sendiri menyediakan kuota khusus untuk blogging di smartphone selain juga menggunakan WiFi dirumah. Kuota tersebut biasanya aku gunakan untuk mengakses blog disaat-saat tertentu dimana aku sedang tidak memungkinkan untuk membuka laptop atau misalnya saat ingin mengakses blog hanya untuk membalas komentar di artikel, blogwalking atau mengunjungi blog orang lain dsb. Bisa dibayangkan betapa menyulitkannya jika saat dikejar deadline konten, jaringan internet tiba-tiba lemot atau terputus. Maka, pastikan jaringan internetmu stabil agar bisa ngeblog dengan nyaman. 

Dunia Tri, Provider yang Selalu Mendukung Apapun

Aktivitas Digitalmu agar AlwaysOn

dunia tri

Ngomong-ngomong soal internet. Jaringan internet yang stabil sebetulnya adalah kebutuhan primer bagi setiap orang di zaman sekarang. Terlebih di masa pandemi dimana hampir semua kegiatan masyarakat harus dilakukan secara online. Mulai dari belajar, bekerja, berbisnis, mencari hiburan hingga berbelanja kini harus menggunakan platform digital. Maka dari itu,  memilih atau jasa penyedia internet adalah suatu hal yang bisa dibilang susah-susah gampang. Terkadang provider yang digunakan sudah sesuai dengan kebutuhan termasuk tentang kecepatan atau bandwidth yang diinginkan namun ternyata sering mengalami kendala seperti koneksi yang tiba-tiba mati dan terputus, atau jaringan yang kurang stabil. Makanya, jangan cepat tergiur dengan harga yang murah. Cari tau terlebih dahulu seluk beluk provider tersebut agar tak kecewa di kemudian hari.

Dalam rangka mendukung aktivitas digital anak muda agar terus semangat dalam berkarya, 3 Indonesia menghadirkan Dunia Tri, sebuah ekosistem lengkap yang membawa rangkaian produk terpadu untuk memenuhi digital lifestyle anak muda didukung dengan jaringan baru 3 Indonesia yang lebih luas dan kuat terdiri dari tujuh produk dan inovasi unggulan yang khusus diberikan untuk pelanggan 3 Indonesia.

Yaitu diantaranya:

1. Puas tanpa batas dengan AlwaysOn
AlwaysOn adalah perdana dan kuota dengan masa aktif panjang mengikuti masa aktif kartu. Dengan masa aktif selamanya, pelanggan bisa puas mengakses internet tanpa batas, tanpa perlu khawatir kuota hangus.

2. Kuota Unlimited Internetan 24 jam mulai 1.000
Melengkapi kebutuhan pelanggan akan kuota harian, 3 Indonesia hadirkan kemudahan isi ulang mulai 1.000 saja yang bisa digunakan untuk membeli kuota Unlimited Chatting 24 jam hingga mengakses berbagai aplikasi seperti aplikasi streaming, media sosial dan gaming tanpa batas. Kuota Unlimited Internet 24 Jam ini memiliki berbagai pilihan paket yang disesuaikan kebutuhan digital pelanggan.

3. Ekosistem Gaming H3RO
3 Indonesia juga menghadirkan sebuah platform digital sebagai sebuah hub atau pusat gaming ecosystem di h3ro.tri.co.id. Sebagai pelengkap dari kartu perdana dan isi ulang H3RO, gaming ecosystem dari 3 Indonesia memberikan pengalaman one-stop-gaming kepada mobile gamers. Terintegrasi dengan bima+, H3RO siap mendampingi mobile gamers dengan memberikan jaringan prioritas untuk gamers, menyediakan dukungan, solusi serta hiburan agar pengalaman gaming menjadi lebih seru dan siap untuk jadi jawara.

Aplikasi bima+ untuk keseruan hidup digital
bima+ lebih dari sekedar digital assistant yang bisa membantu pelanggan mengecek kuota maupun pulsa, namun juga akses ke dalam keseruan hidup digital seperti film, musik, game, dan bahkan platform e-commerce bima market. Hingga September 2020, bima+ telah di download oleh lebih dari 40 juta pengguna.

5. Buka peluang usaha lewat Bima Agent
Melalui bima Agent, 3 Indonesia berharap bisa membantu para pelanggan yang memiliki keinginan untuk berwirausaha atau mendapat pemasukan tambahan tanpa perlu mengeluarkan modal yang besar. Menjadi Bima Agent, pengguna bisa melakukan KiKiPu (kirim-kirim pulsa) maupun KiKiDa (kirim-kirim data) dari rumah dengan modal dibawah Rp. 100,000.

6. KeepOn untuk Inspirasimu
KeepOn adalah paket isi ulang lengkap untuk memenuhi kebutuhan telepon, sms, hingga konten digital seperti musik, maupun video streaming, yang sudah menjadi kebiasaan anak muda sehari-hari. Meningkatnya data trafik pada aplikasi video streaming on demand seperti VIU, KlikFilm, Netflix, Amazon Prime Video, memunculkan kebutuhan akan bundling kuota streaming dan akses berlangganan aplikasi on demand, KeepOn hadir menjawab kebutuhan tersebut.

7. Poin BonsTri
Sebuah program reward bagi pelanggan 3 dalam melakukan isi ulang, pelanggan akan mendapatkan poin BonsTri yang bisa ditukar dengan berbagai voucher diskon serta produk 3. Pelanggan juga bisa dengan mudah menukar poin BonsTri melalui aplikasi bima+, dengan berbagai voucher diskon untuk aplikasi belajar, e-commerce, F&B, travel dsb.

Siap Sukses di Era Digital? 

dunia tri

Menjadi blogger yang sukses bukanlah hal yang sulit jika kita punya kemauan yang keras untuk terus berbenah dan mengembangkan diri. Perkembangan teknologi dan terbukanya informasi saat ini harusnya kita manfaatkan untuk terus belajar mengasah kemampuan agar bisa menjadi seorang blogger profesional. Tak hanya blogger sebetulnya, apapun profesi digital yang kamu pilih tentunya membutuhkan kegigihan dan keuletan. Serta tak lupa dukungan fasilitas teknologi yang mumpuni dan jaringan 4.5G Pro yang lebih luas dan kuat, sehingga lebih stabil agar bisa makin semangat berkreasi. Kehadiran  Dunia Tri yang mendukung potensi dan ambisi anak muda untuk berkembang dengan memanfaatkan teknologi harusnya kita sambut dengan semangat yang tinggi. Semangat untuk bisa terus berkarya dan berinovasi. Jadi sudah siapkah kamu untuk meraih sukses di era digital? Tinggalkan dunia lama, saatnya jadi lebih dengan Dunia Tri!

error: content is protected