JENDELA360 : SOLUSI APARTEMEN IDEAL UNTUK SANG MILENIAL

jendela-360

Tak banyak yang sadar, bahwa sejatinya kebahagiaan tak selalu berwujud benda-benda. Tak selalu berwujud rumah yang megah, atau hanya sekedar soal mobil yang mewah. Bagi sebagian orang, kebahagiaan itu adalah sesederhana tinggal di hunian yang dekat dengan tempat kerja sehingga tak perlu berdesak-desakan di commuter line setiap pagi, tak perlu berangkat kerja saat anak belum bangun lalu pulang saat anak sudah tidur. Sayangnya, harga properti yang semakin hari semakin tinggi namun tak selaras dengan kenaikan gaji, membuat banyak para milenial di ibukota terpaksa tinggal di daerah pinggiran seperti Depok, Tangerang, Bekasi dan sekitarnya. Akibatnya, waktu yang seharusnya bisa dipakai untuk berkumpul bersama keluarga harus tergerus oleh jarak, waktu dan macetnya Ibu kota. Semua orang tentu ingin tinggal di pusat kota, dekat dengan kantor sehingga tak perlu membuang waktu dijalan untuk berangkat dan pulang kerja,atau bahkan di jam istirahat bisa pulang sebentar untuk makan siang bersama keluarga. Namun demikianlah, membeli rumah di Jakarta rasanya adalah mimpi di siang bolong, terlebih bagi para milenial yang baru memulai karirnya. Jendela360 hadir, menjadi solusi bagi para milenial di Jakarta yang ingin menikmati berbagai kemudahan hidup di tengah kota, dekat dengan keluarga dan tempat kerja serta lebih mudah mendapatkan fasilitas penunjang lainnya. Bersama Jendela360, kemudahan mencari apartemen idaman dengan harga bersahabat kini bukan hanya sekedar impian.

*****

Lidya.. Oh.. Lidya..

jendela360

Hari masih siang, Jam pulang kantor masih 6 jam lagi namun Lidya sudah kehilangan fokus. Bertubi-tubi notifikasi berbunyi menandakan pesan masuk di aplikasi Whatsapp pada telepon genggamnya, notifikasi ini terus megusik ketenangannya. Pesan dari Ibu itu telah Ia baca namun sengaja tak terlalu Ia gubris, bukannya tak peduli, Ia bahkan tidak tau harus berbuat apa. Anak semata wayangnya tengah sakit dirumah, sang Ibu mengabarkan sekaligus meminta Lidya untuk pulang sebentar. Namun apa daya, jatah istirahat kantor yang hanya 2 jam tak mungkin Ia pakai untuk pulang kerumah sebab sudah jadi rahasia umum jarak Jakarta-Depok memang hanya tampak dekat didalam peta, namun kenyataannya.. yha begitulah.

Akhirnya Lidya memutuskan untuk tetap tak pulang kerumah, tanggung jawab di kantor menahan raganya untuk tak kemana-mana, namun tak pula bisa Ia pungkiri bahwa hati dan pikirannya telah tertawan dirumah. Rasa cemas sekaligus rasa bersalah membuncah. Apalagi tadi pagi Ia tak sempat pamitan dengan sang buah hati sebelum berangkat kerja. Boro-boro pamitan ah, saat si kecil masih terlelap tidur saja Lidya sudah berjibaku mengantri di peron commuter line. Lidya berandai, jika saja Ia tinggal didekat kantor, mungkin akan beda ceritanya. Setidaknya Ia bisa pulang sebentar menjenguk anaknya atau bahkan makan siang bersama dirumah, lalu kembali lagi ke kantor untuk menyelesaikan pekerjaannya, setidaknya Ia bisa berpamitan dengan anaknya setiap hari sebelum pergi kerja.

sewa-apartemen-jendela360

Lidya hanyalah satu diantara sekian banyak milenial yang mengalami permasalahan tentang sulitnya mencari hunian layak dengan harga bersahabat di ibukota. Ada banyak Lidya-Lidya lain di Ibukota yang mengalami permasalahan yang sama. Tak hanya bagi pekerja kantoran, permasalahan semacam ini pun kerap melanda para mahasiswa, perantau hingga ekspatriat yang datang mengadu nasib ke Ibu kota.

Tanah di Jakarta Mulai Sudah Langka…

harga-tanah-katadata

Jakarta, dengan segala kemajemukannya telah bertransformasi menjadi pusat dari berbagai sektor, mulai dari industri, ekonomi, perdagangan, pemerintahan, pendidikan dan lain sebagainya. Kenyataan ini akhirnya menyulap tanah-tanah di Jakarta menjadi barang mewah sekaligus langka. Sebab kini, Jakarta hanya menyisakan sedikit wilayah untuk kantong-kantong pemukiman warganya. Sisanya, terpaksa “hijrah” ke daerah-daerah penyangga, seperti Depok, Tangerang dan Bekasi misalnya.

Kalaupun masih ada, harga rumah di Jakarta pasti sudah selangit harganya. Jangankan rumah, tanahnya saja sudah pasti sangat mahal. Berdasarkan data yang dilansir dari situs katadata, rata-rata harga tanah perumahan di wilayah DKI Jakarta adalah berkisar antara 7,9juta hingga 18,7 juta per meter persegi. Itu baru harga tanahnya saja, belum termasuk bangunannya. Untuk membangun sebuah rumah tipe 21 saja, setidaknya dibutuhkan tanah seluas 60 meter persegi. Nah, monggo dikalikan dulu, lalu lihat sendiri berapa total harga tanahnya.

Hidup di Ibukota? Mending Tinggal di Apartemen Aja!

apartemen

Maka tak heran, kini banyak milenial yang lebih memilih tinggal di bangunan hunian vertikal. Bagi para milenial, membeli atau menyewa apartemen sekarang sudah bukan lagi menjadi lambang kemewahan, melainkan kebutuhan . Fasilitas penunjang bak hotel bintang 5, lokasi yang strategis, kemudahan akses menuju berbagai tempat, keleluasaan pribadi hingga faktor keamanan menjadi alasan-alasan kaum urban milenial menjadikan apartemen sebagai alternatif hunian layak tinggal. Terlebih bagi para pendatang yang tak menetap lama di Jakarta, tinggal di apartemen tentu akan membuat hidup mereka jauh lebih mudah.

Soal harga, relatif sebenarnya karena kini tarif sewa apartemen terbilang cukup terjangkau, untuk sewa apartemen di Jakarta Selatan misalnya, beberapa unit apartemen dengan tipe studio ditawarkan dengan harga mulai dari 2 jutaan Rupiah saja. Harga yang masih masuk akal untuk kalangan mahasiswa atau fresh graduate yang baru merintis karir di ibukota. Bayangkan jika dibandingkan dengan menyewa rumah atau kos-kosan, dengan harga yang sama, fasilitas yang didapatkan oleh penyewa tentu tidak sama dengan fasilitas yang didapatkan jikalau tinggal di apartemen.

apartemen-jakarta

Apalagi bagi mereka yang memiliki dana lebih, tinggal di apartemen tentu akan menjadi pilihan utama oleh karena berbagai fasilitas dan kemudahan yang disebutkan diatas tadi. Soal harga, bagi kalangan menengah ke atas ini tentu tak jadi masalah sebab bila dibandingkan dengan fasilitas yang didapat mengeluarkan uang belasan hingga puluhan juta untuk sebuah kenyamanan tempat tinggal tentulah tidak seberapa. Untuk sewa apartemen central park misalnya, dengan harga 20jutaan rupiah, penyewa sudah mendapatkan berbagai fasilitas tambahan seperti kamar dengan city view, air panas, AC, access card, unit yang sudah fully furnished dan tentu ruangan yang lebih luas dan lega. Puas kan.

Maka tak heran, apartemen kini menjadi pilihan hunian yang paling realistis untuk hidup di ibukota.

Jendela360, Solusi Apartemen Ideal Untuk Sang Milenial

kantor-jendela360

Kantor Jendela360 (picture via duniafintech)

Namun, permasalahannya disini adalah soal sulitnya menyewa apartemen dari agen atau pihak-pihak yang terpercaya. Sedangkan bagi pemilik apartemen, kendala yang dirasakan adalah sulitnya menemukan calon penyewa. Mengingat ada ribuan unit apartemen lain di Jakarta yang juga saling berlomba-lomba untuk disewakan.

Menjawab masalah ini, Jendela360 hadir untuk menjembatani pihak penyewa dan pemilik apartemen agar dapat bertemu dalam sebuah transaksi persewaan apartemen dengan proses yang cepat,praktis, jujur dan tidak berbelit-belit. Sebagai sebuah startup business yang dipimpin oleh CEO yang berjiwa muda dan milenial, Jendela360 berupaya mengubah paradigma tentang sulitnya mencari apartemen ideal di ibukota.  Meskipun  masih relatif baru, namun kehadiran Jendela360 dibawah naungan PT.Vidi Vici Digital, menjadi angin segar bagi geliat usaha properti di Indonesia.

sewa-apartemen-jendela360

Hingga kini, ada lebih dari 2000 listing unit apartemen yang disewakan melalui Jendela360. Dengan situs yang dikunjungi lebih dari 5000 visitor perhari, puluhan transaksi yang berhasil dibukukan perbulan, dan omset yang menyentuh angka 2 milyar, Jendela360 mampu meyakinkan calon pengguna jasa mereka bahwa layanan agen properti online yang berkantor di Ruko Business Park, Kebon Jeruk, Jakarta Barat ini berkualitas dan terpercaya.

Jendela360 memberikan layanan terpadu baik bagi penyewa maupun pemilik apartemen. Sehingga penyewa maupun pemilik unit tak perlu mengalokasikan waktu yang berharga hanya untuk saling bertemu untuk melihat unit apartemen yang hendak disewa. Hal ini dikarenakan Jendela360 menawarkan sistem end-to-end property solution dimana Jendela360 yang akan mengerjakan seluruh aspek, mulai dari pengambilan gambar unit, pemasaran hingga penawaran ke penyewa. Dipihak penyewa, Jendela360 akan memberikan informasi, detail dan gambar yang jujur mengenai unit tersebut kemudian menyajikan harga dan membantu penyewa dalam melakukan administrasi dan pengurusan kontrak sewa yang legal. Kalaupun penyewa merasa perlu melihat unit secara langsung, tim account representative Jendela360 lah yang akan menemani penyewa untuk meninjau langsung lokasi unit. Layanan terpadu ini tentunya memberikan keuntungan dan kemudahan baik dari sisi penyewa maupun pemilik unit.

apartemen-jakarta-jendela360

Meskipun agen properti baik yang konvensional maupun yang berbasis online kini sudah marak, namun Jendela360 tampil dengan keunggulan yang tak dimiliki agen properti lain. Keunggulan pertama adalah soal kejujuran dan transparansi yang menjadi core value dalam prinsip bisnis yang dijalankan oleh Jendela360 . Sesuai namanya, prinsip ini diwujudkan dengan teknologi virtual tour 360 untuk memudahkan penyewa mendapatkan informasi, detail foto yang representatif serta kondisi jujur apartemen yang hendak disewa. Sehingga dipastikan penyewa tidak perlu khawatir “zonk”, alias informasi apartemen yang tersaji dengan kondisi realitasnya berbeda. Melalui teknologi ini, penyewa dan pemilik unit juga tidak perlu membuang waktu untuk melakukan janji temu saat meninjau lokasi unit. Apalagi biasanya sulit sekali menemukan waktu yang cocok antara penyewa dan pemilik unit untuk saling bertatap muka.

Ngomong-ngomong, Virtual Tour 360 itu apa ya? Jadai, teknologi ini adalah simulasi maya yang bisa memudahkan penyewa untuk berinteraksi dengan objek unit apartemen melalui gambar/foto 360 derajat. Teknologi yang belakangan banyak digunakan pada game RPG ini memungkinkan penyewa untuk melihat setiap sudut dan detail-detail unit apartemen, mulai dari ruangan/kamar hingga fasilitas apartemen yang tersedia.

Fitur Virtual Tour 360 di Jendela360

Keunggulan lain, adalah soal pembayaran. Jendela360 memberikan penawaran kepada penyewa untuk memilih metode pembayaran yang dirasa paling memudahkan. Pembayaran bisa dilakukan dengan bulanan seperti layaknya saat kita membayar kos-kosan, sehingga tak perlu membayar dimuka untuk biaya sewa full 1 tahun. Jadi penyewa bisa mengalokasikan uang yang dimiliki untuk kebutuhan lain, misalnya untuk kebutuhan hidup (daily cost), investasi, hingga kebutuhan leisure seperti traveling. Hal ini tentu meringankan milenial yang biasanya tidak memiliki saving terlalu banyak namun memiliki gaji atau pendapatan pasti perbulan. Istimewanya lagi, bagi pemegang kartu kredit VISA atau Master Card, Jendela360 juga memberikan layanan cicilan 0% selama 12 bulan.

Selain itu Jendela360 juga didukung oleh customer service yang responsif, profesional dan sangat membantu. Penyewa dapat langsung meminta bantuan kepada tim customer service melalui fitur live chat, telepon, whatsapp atau mengisi form kunjungan online yang ada di setiap halaman unit apabila merasa perlu meninjau lokasi secara langsung.

Selanjutnya adalah soal kemudahan bertransaksi. Semua layanan Jendela360 bisa diakses dengan mudah secara online. Dengan tampilan website yang clean dan easy to use maka pihak penyewa bisa lebih memudah menemukan apartemen ideal sesuai keinginan dan kebutuhannya. Penyewa pun  tak perlu melakukan log in untuk menggunakan layanan pada situs Jendela360 sehingga tentunya akan lebih memudahkan penyewa dan tidak membuat rumit dengan urusan administrasi yang tidak perlu.

Pencarian apartemen di Jendela360 dilakukan berdasarkan lokasi, setelah memasukkan lokasi apartemen yang diinginkan kemudian situs akan menampilkan unit apartemen yang paling sesuai berdasarkan lokasi yang dipilih, lengkap dengan ulasan,informasi, harga, rating dari penyewa lain hingga fasilitas yang tersedia disekitar unit tersebut.

Menyewa dan Menyewakan Apartemen di Jendela360, bagaimana caranya ya?

Menggunakan situs Jendela360 untuk menyewa dan menyewakan apartemen itu sangatlah mudah, penasaran caranya? Lihat di video berikut ya

Lidya : “Ah, coba dari dulu udah kenal sama Jendela360 pasti gue akan sangat terbantu”

JENDELA360

“Collect moment not things” adalah jargon yang banyak dipakai oleh para milenial, termasuk Lidya. Baginya, daripada harus berangkat kerja pagi-pagi buta saat anak belum bangun dan baru pulang kembali di larut malam saat mereka sudah tidur setiap harinya, ditambah lagi harus berjibaku dengan macetnya ibukota dan berdesak-desakan di commuter line setiap pagi dan sore hari maka baginya tentulah jauh lebih baik jika Ia tinggal di hunian yang dekat dengan tempat kerja.

Kalaupun harus mengeluarkan dana lebih untuk menyewa apartemen bagi Lidya tak apa-apa, karena uang bisa dicari sementara waktu sangatlah berharga, karena secanggih apapun teknologi, saling bertukar gambar dan suara sungguh tak akan bisa menggantikan perjumpaan raga.

Maka sejak berkenalan dengan Jendela360 hidup Lidya jauh lebih bahagia. Kini Ia tinggal di salah satu unit di Apartemen di Sudirman Park. Ia jadi lebih santai saat berangkat kerja, cukup berjalan kaki atau naik transportasi online selama beberapa menit saja, Lidya sudah bisa mencapai lokasi kantornya. Kini kualitas hidupnya jadi terasa jauh lebih baik daripada yang pernah Ia bayangkan. Di akhir pekan, Ia bisa membawa anaknya jalan-jalan ke mall-mall besar yang ada di sekitaran kawasan apartemen.

“Gue jadi lebih bahagia sekarang, ke GI deket, ke PI deket, ke kantor gue  deket, semua fasilitas kayak supermarket, rumah sakit, ATM, playground, café sampai daycare dan preschool pun ada di sekitaran apartemen gue. Budget untuk Life cost gue juga gak keganggu, karena biaya sewa apartemen bisa gue bayar perbulan, nanti kalau udah bener-bener mantep tinggal di apartemen ini baru deh gue sewa pertahun dengan fasilitas cicilan 0% yang disediakan Jendela360. Beruntung deh gue kenalan sama Jendela360 karena berkat mereka, tinggal di hunian yang nyaman dan serba memudahkan jadi bukan sekedar impianterang Lidya tentang mengapa Ia memilih Jendela360.

Bersama Jendela360, Lidya membuktikan bahwa kebahagiaan itu tak selalu berwujud benda-benda. Tinggal di apartemen ideal juga adalah salah satu wujudnya.

Terakhir, yuk kita doakan supaya Jendela360 segera melebarkan sayapnya ke kota-kota lainnya. Untuk membantu Lidya-Lidya lain di seluruh Indonesia.

******

Sumber-Sumber :

https://jendela360.com

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2017/03/31/dimana-harga-tanah-termurah-di-jakarta

https://teknologi.id/sosok/daniel-rannu-founder-dan-ceo-jendela360-passion-paired-with-a-humble-heart-will-eventually-beat-talent/

Youtube Channel Jendela360

Sosial Media Jendela360

Foto Pelanggan : Instagram @jendela360

Disclaimer :

  1. Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition yang diselenggarakan oleh Jendela360
  2. Kisah Lidya Veronica sebagai tokoh utama dalam tulisan ini, diangkat dari cerita nyata seorang sahabat penulis, yang enggan disebutkan nama aslinya. Sedangkan tentang “Lidya-Lidya lain” sebagaimana tercantum di infografis hanyalah fiktif belaka, apabila ada kesamaan nama ataupun tokoh, itu adalah kebetulan semata tanpa ada unsur kesengajaan.

JENDELA360 SOLUSI BAGI PEBISNIS PROPERTI?

 

Rizka Edmanda

80 Comments

  1. Kepikiran mau punya apartemen, tapi kalau apartemen bakalan susah punya banyak anak. Bisa ganggu tetangga sekitar

  2. wah ada namaku mbak Lidya 🙂
    Praktis ya sekarang ada Jendela360 jadi bisa membantu kita mencari apartemen ideal lewat online.

  3. Dari dulu penasaraaan gimana kalau tinggal di apartemen. Nggak punya halaman, nggak bisa berisik nanti mengganggu tetangga *ups, juga tegah malam terbangun karena suara lift, hahaha. Tau begini karena baca cerita temen yang tinggal di apartemen. Tapi kalau sehari-hari kerja memang nggak masalah ya Mba, istilahnya pulang tinggal istirahat. Tapi kalau ibu rumah tangga kayak aku kayaknya bakalan bosan. Kayaknya lho ya, soalnya kan belum pernah ngrasain, hihi.

    • hehehe iya mba soalnya memang tinggal di apartemen ruang lingkup nya ya situ situ aja cuman kalau bosen bisa maen ke fasilitas apartemen juga lho

  4. Solusi banget nih, nggak repot lihat-lihat rumah kesana kemari kalau mau beli ya mbak, bisa lihat bagian dalam rumah juga..komplit ya

  5. Kalau di kota besar memang lebih baik tinggal di apartemen yang dekat dengan tempat kerja. Biar gak ‘ketuaan’ di jalan. Ternyata Jendela 360 bisa memberikan solusinya buat para working mom.

  6. Wah, sangat menarik. Di jendela360 juga bisa sewa apartemen Taman Anggrek Residence, apartemen yang berada di jakarta barat dengan 43 fasilitas dan developer yang sangat berpengalaman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *