Happy Life Before 40’s : Bayangan Mimpi Pensiun Dini

HAPPY-LIFE-BEFORE-40's

Mewujudkan mimpi adalah cita-cita semua orang. Dari sekian mimpi yang saya rajut dalam catatan kecil di buku harian, mimpi pensiun dini adalah salah satu yang paling ingin saya wujudkan. Bayangan menyambut hari tua lebih awal dengan jiwa yang tenang,agar dapat fokus beribadah serta memiliki waktu lebih banyak bersama keluarga, adalah mimpi yang sejak muda ini selalu membayang-bayang. Demi mewujudkan mimpi tersebut, perencanaan yang baik mulai saya lakukan sejak sekarang. Mulai dengan belajar membuat anggaran keuangan, mengatur cashflow, mengelola aset, menabung hingga mencoba berinvestasi.Tak lupa pula saya mempercayakan dana hari tua pada perusahaan asuransi jiwa terkemuka,untuk menjamin masa depan yang lebih cerah.

*****

Tentang Mimpi Pensiun Dini

Commonwealth-Life

Usia muda dengan pekerjaan&penghasilan yang mapan adalah gambaran ideal yang didambakan hampir semua orang di usia 25-30 an.Namun seringkali kemapanan di usia ini membuat orang lupa diri, terbiasa dengan gaya hidup tinggi, membuat banyak anak muda kekinian lupa untuk mempersiapkan dengan matang rencana kehidupannya di usia lanjut nanti. Tak banyak orang yang sadar untuk mulai merencanakan hari tua dengan berinvestasi.Ini menjadi pelajaran buat saya dan suami,kami sadar hidup tak hanya soal masa lalu dan masa sekarang,ada masa depan pula yang harus dipersiapkan.Dan demi mewujudkan mimpi pensiun dini dengan tenang, kami melakukan berbagai strategi.

COMMONWEALTH-HAPPY-LIFE-BEFORE-40

Merencanakan Keuangan Sejak Dini, Strategiku untuk Meraih Mimpi

Strategi keuangan yang saya lakukan pertama-tama adalah membuat anggaran rumah tangga,kemudian mencoba menganalisa kebutuhan tiap anggota keluarga untuk dimasukkan kedalam rencana anggaran yang telah dibuat,kelebihan dana dari penghasilan tak lupa pula saya gunakan untuk berinvestasi,menabung serta membeli produk asuransi jiwa. Bagi pasangan yang baru berumah tangga seperti kami,asuransi jiwa seringkali tak dijadikan prioritas utama. Namun,bagi kami asuransi jiwa adalah cara terbaik melindungi keluarga dengan memberikan proteksi finansial atas segala kerugian yang mungkin terjadi dikemudian hari. Sehingga saya tak perlu lagi memikirkan budget lebih apabila sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tak diinginkan. Karena percuma juga,apabila sudah bersusah payah menabung dan berinvestasi, tapi ketika ada anggota keluarga yang sakit, kami harus mengeluarkan dana lebih untuk biaya recovery. Lebih-lebih apabila terpaksa menjual aset jika persiapan dana tak mencukupi. Inilah salah satu manfaat asuransi yang membuat saya tertarik membeli produknya,meski usia kami terbilang masih muda. Toh,jika kami bernasib baik dan tak terjadi apa-apa, premi yang dikeluarkan dapat ditarik kembali di akhir masa kontrak. Sehingga disisi lain, asuransi jiwa juga menjadi investasi terbaik bagi kami sekeluarga.

HAPPY-LIFE-BEFORE-40

Dengan Perencanaan Keuangan yang Baik, Maka Resiko Kerugian yang Dapat Terjadi Sewaktu-Waktu Bisa Diminimalisir

Pilihan Asuransi Terbaik di Indonesia

Kebetulan,beberapa waktu lalu saya&suami hunting beberapa perusahaan asuransi untuk mempercayakan dana hari tua kami, dari pencarian  yang kami lakukan,saya temukan bahwa Commonwealth Life adalah perusahaan asuransi terbaik di Indonesia. Daftar asuransi jiwa unit link yang ditawarkan bermacam-macam serta legalitasnya sudah terjamin oleh OJK sehingga dipastikan aman.

Banyak keputusan finansial yang harus saya pertimbangkan dengan matang demi mewujudkan mimpi pensiun dini. Sebab saya sadari, tanpa persiapan yang matang secara mental, fisik dan materi, pensiun dini tak akan mendatangkan kebahagiaan namun justru membawa penderitaan. Menjadi istri sekaligus ibu yang “melek finansial” juga saya lakukan demi mewujudkan mimpi ini,sebab peran ganda saya dirumah menuntut saya untuk tak hanya cakap dalam urusan “dapur,sumur dan kasur” namun juga cerdas mengatur keuangan keluarga.

Rizka Edmanda

50 Comments

  1. Betul sekali nih artikelnya. Mumpung usia masih muda harus banyak investasi. Kita ga tau apa yg bakal terjadi nanti ya kan? Ga ada salahnya ikut program asuransi jiwa dimulai dr sekarang ya. 🙂

    • bener mba, kalo liat orang-orang pengen sih ya di usia muda ngabisin duit buang banyakin liburan dan segala macem tapi kok ya dipikir-pikir lebih baik disimpen atau diinvestasikan budget nya buat masa depan hehe, tapi prinsip orang beda-beda sih ya hihi

  2. Iya aku juga pengen pensiun dini, biar bisa berangkat haji tanpa dikejar-kejar cuti, bisa berkumpul dengan keluarga, dan bisa menyalurkan hobby traveling.

    • bener banget mba, orangtua ku aja berangkat haji tapi dikejar-kejar jadwal cuti mepet banget, kalo bisa pensiun dini dengan kondisi keuangan yang udah stabil kayaknya enak mau ngapa-ngapain waktu ada, uang ada, semuanya udah tercover hehe

  3. Peran seorang perempuan emang ya multi fungsi, dan harus smart dalam mengurus keuangan demi masa depan, terutama buat anak2..
    Semoga kita semua selalu dimudahkan ya mba..

  4. Wah itu jg mimpiku.. pensiun dini
    Atau at least bikin usaha sendiri 😀

    Btw mba. aku salah fokus sama infografismu. Bagus banget loh sampai niat bikin video 😀

  5. Dalam hidup berencana dan perencanaan itu memang harus dibuat ya. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi besok atau sedetik kemudian sekali pun…

  6. Yoi banget mbak. Setuju.
    IRT mmg dituntut utk bisa mengatur keuangan rumah tangga dengan bijak.
    Semoga rencananya berjalan lancar ya mbaak.

  7. Iyayaa, mba…
    Pensiun dini itu impian.

    Kebayang aja siih…kalo usia 40 ke atas, kerjanya jangan ngoyo kaya sekarang. Jadi tinggal dateng ke pengajian, shodaqoh dan silaturahm ke keluarga handai taulan.
    MashaAllah…nikmatnya.

    • wah itu lifegoals banget, umur 40 udah tinggal umroh atau naik haji tiap tahun, jalan-jalan sama suami,anak udah pada gede hidup udah tenang, ada passive income, keuangan udah stabil.. hmm siapa yang gak mau sih ya

  8. Secara kerja kantor alu pensiun dini, tapi secara kerja nyata aku belum pensiun. Masih banyak kekurangan materi untuk banyak kebutuhan, huhuhu

  9. idaman banget deh emng pensiun dini, apalagi kalau aset produktif sudah banyak. tinggal ongkang ongkang kaki sambil main instagram, duit ngalir *wkwkw ngimpi dulu*

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *