A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

“Alhamdulillah, Closing lagi nih! berkat foto produk yang kece dari Blibli jualan gue cepat closing! Customer jadi gak mikir panjang buat beli karena dari tampilan foto produknya aja sudah meyakinkan. Beneran deh jualan online di Blibli, untungnya gak tanggung-tanggung”

Miranda (Bukan Nama Sebenarnya)

Blibli Seller

Ilustrasi Miranda diatas setidaknya dapat menggambarkan bahwa bagi seorang pebisnis, kata-kata “closing“sangatlah diidam-idamkan. Ibarat sebuah cita-cita, closing menggambarkan saat-saat dimana cita-cita itu sudah kesampaian. Sederhananya, closing berarti telah selesainya proses transaksi jual beli dimana uang telah diterima oleh penjual dan produk sudah diterima oleh pembeli, atau dalam kata lain telah terjadi kesepakatan sehingga proses jual beli dapat tercapai. Agar dapat mewujudkan closing, tentunya penjual harus melakukan berbagai teknik  dan strategi untuk memikat hati para calon pembeli. Salah satu teknik yang selalu digunakan oleh para penjual online untuk mempercepat closing, adalah dengan cara memajang foto produk yang berkualitas. Ingin tahu bagaimana Blibli.com bisa mewujudkan mimpimu untuk mendapatkan foto produk yang bening dan berkualitas secara gratis? Ingin tahu mengapa jualan di Blibli.com untungnya gak tanggung-tanggung?

Supaya tidak penasaran, simak sampai habis cerita dibawah ini ya!

*****

Bicara tentang berjualan, saya teringat akan sebuah pengalaman pahit sewaktu pertama kali mencoba peruntungan membuka sebuah bisnis online. Sebagai seorang mahasiswi perantauan waktu itu, berjualan memang adalah salah satu cara menyambung nyawa yang banyak dilakukan oleh teman-teman kampus saya terkhusus bagi  mereka yang datang ke Jogja sebagai perantau. Untung yang didapat dari berjualan memang tak begitu banyak, tapi bagi kami para mahasiswa, keuntungan tersebut cukup dapat diandalkan kala uang bulanan sudah habis sebelum waktunya, entah itu untuk biaya fotokopi, membeli buku dan lain sebagainya.

Saya pribadi memang sengaja menjadikan aktivitas berjualan sebagai “ekstrakulikuler” mandiri disebabkan beberapa alasan, selain tentu untuk menambah penghasilan, saya pikir berjualan juga dapat menjadi media yang baik untuk belajar banyak hal. Mulai dari melatih diri untuk bersosialisasi, menempa kemahiran berkomunikasi, mendalami teknik dasar pemasaran hingga belajar mengelola keuangan. Berjualan tak hanya mengajarkan saya soal untung rugi, namun juga mengajarkan saya soal perjuangan yang hakiki. Terlebih saya memang telah lama bercita-cita menjadi seorang pengusaha sukses di kemudian hari, maka berjualan di kampus adalah tonggak awal saya meraih mimpi.

Hijab adalah komoditi usaha yang saya pilih untuk di jual online. Alasannya sederhana saja, sebab hampir rerata teman kuliah saya menggunakannya sehingga sudah tentu target market ada di depan mata. Lagipula, Jogja dan Solo boleh dibilang adalah surganya kain kulakan murah, maka saya tak ingin menyia-nyiakan kesempatan ini. Demi menekan biaya produksi, saya memproduksi sendiri hijab-hijab yang akan dijual. Setiap sabtu saya berangkat naik kereta ekonomi prameks dari Jogja ke Solo untuk berburu kain kulakan, kemudian pada minggu pagi esoknya kain yang sudah dibeli akan saya antarkan ke tukang jahit langganan di daerah Magelang. Demikianlah rutinitas saya hampir setiap sabtu dan minggu. Maka berbeda dengan mahasiswa Jogja kebanyakan yang biasanya nongkrong di Amplaz pada akhir pekan, saya sendiri justru sibuk mengurus jualan.

Untuk menjual hijab tersebut biasanya saya rutin mengikuti bazar baik yang diadakan kampus maupun pihak swasta sedangkan dalam hal promosi saya mengandalkan sosial media yaitu instagram. Prosesnya, hijab yang telah selesai diproduksi akan saya foto dengan kamera saku bersama seorang teman kampus sebagai modelnya. Dinding polos kamar kosan adalah background yang selalu saya pakai ketika memotret hijab. Terkadang, jika teman kampus yang biasa saya mintai pertolongan untuk menjadi model tersebut tiba-tiba berhalangan, terpaksa saya memotret hijab dengan ala kadarnya hanya dilipat rapi kemudian diletakkan diatas sebuah alas foto sedehana. Niatnya sih ingin dibuat ala foto flatlay yang kekinian namun tak jarang juga orang-orang justru “julid” dengan mengatakan, “Sis itu hijab apa taplak meja?” sakit hati sih tapi apa mau dikata memang demikianlah batasan kemampuan fotografi yang saya punya.

,Tahun-tahun awal berjualan, laba yang didapat memang sempat berbuah manis namun lambat laun penjualan hijab saya kian menurun. Saya pun mencoba mengkroscek kekeliruan dalam bisnis yang saya jalankan agar bisa segera diperbaiki. Usut punya usut ternyata kesalahan fatal yang saya lakukan adalah akibat saya terlalu terlena pada foto produk yang terlampau ala kadarnya. Sedangkan semakin hari, persaingan ketat di bidang bisnis hijab online semakin meningkat luar biasa. Foto sederhana saya sudah tak mampu lagi menggaet minat calon customer untuk membeli. Ibarat makanan foto produk saya sudah tak lagi tampak menggiurkan. Ditambah lagi banyak kompetitor penjual hijab lain yang berani menggelontorkan modal besar untuk mendapatkan foto produk yang profesional misalnya dengan cara menyewa jasa fotografer. Sedangkan saya, apalah daya sudahlah skill fotografi tak mumpuni, modal untuk menyewa jasa fotografer pun saya tak punya. Tersisihlah saya diantara para kompetitor yang merajalela.

Bisnis hijab itu kini telah gulung tikar, terkubur menjadi sebuah kenangan yang tak akan pernah saya lupakan. Namun pengalaman memang adalah guru terbaik. Lewat pengalaman pahit itu, setidaknya saya mendapatkan satu pelajaran berharga yaitu agar untuk tidak meremehkan urusan foto produk. Sebab tak bisa ditampik bahwa tonggak kesuksesan sebuah bisnis online adalah kualitas foto yang baik, jelas, bening dan profesional.

Foto Produk adalah Faktor Penting untuk Meningkatkan Penjualan 

Belajar dari kegagalan, saya jadi paham bahwa foto produk merupakan hal yang sangat krusial bagi para pebisnis online. Foto produk merupakan faktor utama yang menentukan keputusan membeli dari seorang calon buyer (pembeli). Peribahasa “dari mata turun ke hati” sangatlah pas untuk menggambarkan kondisi ini. Sebab dalam sebuah bisnis online, apa yang tampak menarik di layar gadget customer itulah yang akan memikat hatinya untuk membeli.

Selain tentu bertujuan untuk meperlihatkan kepada customer wujud barang yang kita jual, disisi lain foto produk juga menjadi branding image yang mewakili kualitas dan kredibilitas brand yang kita usung. Katakanlah sebuah brand fashion hijab, tentu foto produk yang menggunakan model profesional, dengan pose yang pas akan lebih memikat ketimbang foto produk hijab yang hanya diletakkan di atas sebuah alas foto saja.

Kualitas foto produk yang baik juga dapat menjadi nilai tambah bagi suatu produk sebab dalam rimba dunia maya, tentu ada ratusan bahkan ribuan seller yang memiliki produk jualan persis seperti yang kita jual. Inilah manfaat foto produk yaitu untuk membedakan produk kita dengan seller lainnya. Dalam ilmu marketing ini disebut dengan unique selling proportion yaitu strategi positioning untuk menanamkan citra brand di benak customer.

Blibli.Com Solusi Gratis Foto Produk dan Upload Foto Produk. Jualan Dijamin Closing!

Mengingat betapa pentingnya keberadaan foto produk dalam sebuah bisnis online. Maka saya akui, membuat foto produk yang biasa-biasa saja seperti yang saya lakukan pada bisnis hijab saya beberapa tahun lalu tentu kini sudah tak relevan. Apalagi persaingan bisnis online semakin gila-gilaan maka foto produk yang dibuat haruslah berkualitas serta bening dan jernih agar dapat memperlihatkan secara jelas objek produk yang dijual. Namun, saya juga memahami bahwa tak semua seller memiliki kemampuan fotografi yang mumpuni, kalaupun harus menyewa jasa fotografer tentu biayanya akan sangat mahal.

Blibli.com sangat memahami kondisi ini. Dengan semangatnya untuk terus gigih mendukung pengusaha sekaligus pelaku UMKM di Indonesia, Blibli.com menghadirkan fasilitas gratis foto produk dan upload foto produk di Blibli.com untuk memudahkan para Blibli seller-sebutan bagi para penjual di Blibli.com untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas, bening, jernih dan tentunya  GRATIS. Fasilitas ini cocok sekali untuk kamu para pengusaha muda atau pelaku UMKM yang baru memulai bisnis dan tidak memiliki kemampuan menjepret foto yang baik, ataupun belum memiliki cukup modal untuk membayar jasa fotografer handal sebab bersama Blibli kamu bisa mendapatkan foto produk yang berkualitas secara gratis demikian pula saat akan melakukan upload produk bisa dilakukan secara mudah, anti ribet dan juga gratis tentunya. Jadi kamu tak perlu cemas, kegagalan bisnis yang dulu saya rasakan tak akan kamu alami jika berjualan bersama Blibli.

Cara mendapatkan fasilitas foto produk gratis ini sangat mudah. Para seller/merchant partner hanya perlu mendaftar lewat email ke merchant.email.blibli.com untuk booking tanggal photoshoot kemudian merchant care akan menghubungi Blibli seller dalam waktu 1×24 jam untuk mengkonfirmasi tanggal yang hendak dipesan. Fasilitas ini tentu tak diberikan dengan asal-asalan, sebab Blibli menyediakan fotografer handal lengkap dengan studio foto untuk memotret produk secara profesional.

Jika memiliki produk yang khas, menarik dan unik bukan tak mungkin pula brand kita bisa berkolaborasi secara exclusive dengan Blibli dan difoto bersama model atau artis terkenal. Saat ini sudah ada beberapa brand fashion lokal yang menjalin kerjasama exclusive dengan Blibli dan produk mereka difoto bersama artis dan model terkenal. Ini adalah bukti nyata bagaimana keseriusan Blibli dalam mendukung pelaku usaha di Indonesia.

Untuk mendapatkan fasilitas gratis foto produk ini pihak seller/merchant partner benar-benar cukup menyediakan produk yang ingin difoto saja, kemudian Blibli yang akan menyediakan segala keperluannya. Setelah foto produk selesai dibuat, seller/merchant partner hanya perlu melakukan upload foto produk ke Blibli.com dan produk siap untuk dipasarkan. Mudah kan!

Nah, sebelum cerita ini berlanjut kita intip dulu yuk keseruan proses photoshoot Blibli.com dalam tayangan video yang diunggah di YouTube channel Blibli berikut ini :

Kemudahan Upload Foto Produk Blibli.com

Selain kemudahan dalam mendapatkan layanan gratis foto produk ini, kamu juga bisa dengan mudah mengunggah atau upload foto produk di Blibli sebab semuanya bisa kamu lakukan secara satuan atau secara massal agar produk lebih cepat tampil. Tentunya ini akan memudahkan kamu jika memiliki banyak varian produk untuk dijual. Jika kamu ingin mengunggah foto produk yang sudah pernah diunggah, ada fitur master data sehingga kita bisa mengunggah kembali produk yang pernah diupload. Cara mudah mengupload foto produk di Blibli bisa kamu lihat pada video Blibli University dibawah ini.

Berbagai Keunggulan Berjualan di Blibli.com

Memilih e-commerce yang paling tepat sebagai tempat berjualan memang susah-susah gampang, terlebih bagi para perintis  usaha yang masih baru menjajali dunia bisnis online. Namun kamu tak perlu ragu, tak perlu bimbang, sebab berjualan di Blibli adalah solusi tepat yang dapat memberikanmu banyak keuntungan dalam jualan online. Selain menawarkan fasilitas gratis foto produk dan upload foto produk, ada banyak keuntungan berjualan di Blibli.com 8 diantaranya bisa kamu lihat pada image slider dibawah ini, silahkan geser kesamping ya!

Keleluasaan Pilihan Kategori

Sebagai mall online pertama di Indonesia Blibli menyediakan ragam pilihan kategori produk yang sangat lengkap. Hampir semua kebutuhan hidup sehari-hari ada di Blibli. Terdapat jutaan produk dari 16 kategori yang dijual mulai dari Galeri Indonesia, Blibli Mart, handphone & tablet, perlengkapan olahraga dan outdoor, komputer & laptop, kamera, mainan & video games, peralatan elektronik, home & living, fashion, perlengkapan ibu & bayi, tiket & voucher hingga tour & travel. 

Gratis Foto Produk

Blibli menyediakan layanan foto gratis untuk setiap seller atau merchant dengan fasilitas foto produk menggunakan jasa fotografer profesional lengkap dengan studio foto dan model yang sudah disediakan. Blibli seller dapat mendongkrak penjualan dengan tampilan foto produk yang lebih kece!

Kemasan Gratis

Blibli menyediakan box untuk membuat kemasan produk terlihat lebih baik, exclusive dan tentunya aman dari cacat, basah dan lain sebagainya. Box terbuat dari kardus yang cukup kokoh sehingga dapat melindungi isi dari barang yang akan dikirimkan kepada pembeli. Untuk produk elektronik terdapat pula pengaman lain seperti bubble wrap untuk menjaga keamanan barang.

Gratis Biaya Kirim

Blibli menyediakan layanan gratis ongkos kirim untuk berbagai produk reguler. Dengan fasilitas ini produk dapat menjangkau lebih luas hingga keseluruh pelosok nusantara dan tentunya pembeli akan merasa lebih tertarik untuk membeli barang yang tidak dikenakan biaya ongkos kirim.

Kemudahan Proses Pengiriman

Blibli bekerjasama dengan 30 kurir dan ekspedisi untuk memudahkan pengiriman ke pelosok nusantara, jangkauan produk akan lebih luas dan produk merchant akan lebih mudah dikenal. 

Asuransi Pengiriman Produk

Tak perlu khawatir barang rusak atau cacat sebab Blibli memberikan layanan asuransi untuk barang yang dikirimkan kepada pembeli. Hal ini membuat barang yang dikirim aman dari segala kerusakan, dan lebih terjamin.

Layanan Merchant Care

Tak perlu cemas apabila ada kendala dalam hal transaksi penjualan sebab Blibli menyediakan merchant care (Call center) yang akan selalu siap sedia membantu setiap permasalahan yang dialami oleh merchant.

Terdepan dalam Inovasi In Store

Dalam beberapa kondisi biasanya pembeli akan tertarik pada penjualan dengan sistem offline misalnya agar dapat melihat secara langsung barang yang ingin dibeli. Blibli menyediakan layanan penjualan offline dengan sistem pembayaran online untuk memudahkan segala transaksi.

Tak hanya itu saja, Blibli membuktikan komitmennya untuk mendukung para merchant-nya secara maksimal dengan memberikan berbagai program untuk meningkatkan penjualan bagi para merchantMelalui program Blibli University kita dapat belajar mengembangkan bisnis online dan memulai bisnis, ada video learning, dan artikel pengembangan bisnis online ada pula komunitas merchant untuk menghubungkan kita dengan penjual lain di Blibli agar dapat saling bertukar informasi mengenai cara meningkatkan performa toko. Jadi tak perlu cemas, ketika memilih jualan di Blibli kita akan dibimbing sampai sukses!

Lantas bagaimana caranya untuk bergabung menjadi Blibli Seller? Caranya mudah, hanya dengan 4 langkah sederhana kita bisa mulai berjualan di e-commerce sekaligus mall online terkemuka di Indonesia ini, langkah pertama kita cukup mendaftar dengan cara masuk ke situs Blibli.com kemudian klik “Jual di Blibli.com” isi kelengkapan data yang dibutuhkan, kemudian upload produk, respon pemesanan dan terakhir kita hanya menunggu pembayaran dan mengirimkan pesanan.

Kehadiran fasilitas gratis foto produk di Blibli.com menjadi angin segar bagi saya serta tentunya bagi banyak pebisnis pemula di Indonesia. Fasilitas ini membuat saya tak perlu lagi cemas untuk bersaing dengan brand lain sebab dengan foto produk yang berkualitas, produk saya pun bisa tampil “stand out” diantara ribuan produk lainnya. Kini saya tengah memupuk kembali semangat untuk bangkit dari kegagalan yang pernah saya rasakan dan membangun kembali sebuah bisnis yang baru bersama Blibli.com.

Saya yakin bahwa kelak saya juga dapat mengecap manisnya kesuksesan berjualan sebagaimana yang sudah dirasakan oleh ribuan Blibli seller lainnya. Sebab dengan berbagai keunggulannya Blibli siap membersamai para merchant untuk meraih kesuksesan berjualan online dan memperkenalkan produknya hingga keseluruh pelosok nusantara.

Tunggu Apalagi, Yuk Berjualan di Blibli.com,

Jualan Untung Gak Tanggung-Tanggung!

Sumber :

  1. https://www.blibli.com/pages/merchant-corner-photo-shoot
  2. https://www.blibli.com/pages/merchant-corner
  3. https://marketing.co.id/unique-selling-proposition/
  • Sumber foto : Blibli.com & Dokumen Pribadi Rizka Edmanda
  • Infografis : Rizka Edmanda
  • Video : YouTube Channel Blibli.com

 

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blibli Jualan Untung Gak Tanggung-Tanggung Edisi Agustus 2019

error: content is protected