A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Aplikasi game edukasi anak – Lebih dari 8 bulan sudah pandemi corona yang melanda dunia termasuk Indonesia membuat mayoritas masyarakat harus berdiam diri dirumah. Bekerja, bersekolah bahkan berbelanja pun kini lebih banyak dilakukan dari rumah. Terkadang timbul rasa bosan, wajar saja sebab kita yang dulu biasanya bisa leluasa beraktivitas diluar kini harus selalu waspada akan bahaya virus yang mengancam. Akhirnya, kebutuhan yang tak terlalu genting seperti mencari hiburan diluar misalnya, harus diminimalisir.

Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun didera rasa jenuh yang berkepanjangan akibat pandemi corona ini. Sebagai orang tua saya sendiri sempat bingung memutar otak untuk mencari alternatif kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak dirumah. Mulai dari membacakan buku, berkebun serta sesekali bermain game edukasi di smartphone.

Memberikan game edukasi pada anak bisa jadi alternatif belajar sekaligus bermain yang menyenangkan. Asalkan ada pendampingan orang tua saat bermain dan game yang dipilih juga harus sarat nilai edukasi serta jangan lupa durasi bermainnya pun wajib dibatasi. Saat ini produsen smartphone sudah membekali produk smartphonenya dengan teknologi anti bluelight untuk meminimalisir dampak radiasi terhadap mata anak, kacamata anti radiasi pun sudah banyak beredar di pasaran, maka risiko kesehatan mata pun bisa dikurangi.

Saya sendiri juga sempat berkonsultasi dengan seorang pakar mengenai dampak bermain game di smartphone untuk anak. Dan jawabannya pun serupa, bahwa game edukasi untuk anak sebetulnya punya banyak manfaat asalkan memperhatikan hal-hal yang sudah saya sebutkan diatas.

Nah, berikut beberapa rekomendasi game edukasi untuk anak di Google Play yang telah saya rangkum. Semoga ada yang cocok untuk buah hati parents dirumah ya!

aplikasi game edukasi anak

Baby Games For 2,3,4 years old

Baby Games dikembangkan oleh developer game edukasi anak bernama bebi.family. Game edukasi ini cocok dimainkan oleh anak usia 2,5 sampai dengan 4 tahun. Baby Games merupakan game untuk balita yang cukup populer di Google Play sebab hingga saat ini tercatat bahwa game tersebut telah diunduh oleh lebih dari 5 juta pengguna di seluruh dunia. Game ini cukup menyenangkan karena berisikan 15 game untuk balita yang dapat dimainkan tanpa iklan dan secara offline. Mulai dari belajar mengenal warna, bentuk, hingga nama buah dan sayuran. Game ini juga dirancang oleh pakar edukasi sehingga disesuaikan dengan perkembangan kognitif anak. Namun untuk dapat menikmati semua game tentu saja pengguna harus berlangganan terlebih dahulu.

Animal Puzzle For Kids

Puzzle adalah permainan legendaris yang paling suka dimainkan oleh anak. Berbagai studi juga membuktikan bahwa bermain puzzle memiliki banyak manfaat untuk perkembangan kecerdasan otak anak. Selain melatih memori dan melatih ketrampilan motorik halus, bermain puzzle juga bisa mengasah ketrampilan visuospasial adalah suatu skil yang berhubungan dengan persepsi dan hubungan-hubungan ruang. Kemampuan ini dapat terasah dengan bermain puzzle, karena anak dituntut untuk mengenal dan memahami bentuk, ukuran, warna, serta ruang. Di Google Play, terdapat permainan puzzle yang cukup populer bernama Animals Puzzle For Kids. Permainan ini juga bisa dimainkan dengan offline, namun untuk bisa mengakses seluruh gameplay pengguna harus berlangganan terlebih dahulu. Game ini cocok untuk anak usia 2,5 – 5 tahun terdapat 100 puzzle binatang yang bisa dimainkan dengan berbagai jenis puzzle mulai dari jigsaw hingga memory game. Game ini dikembangkan oleh Abuzz, dan telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna Google Play.

Sweet Baby Girl Cleanup 5 – Messy House Makeover

Mengajarkan anak keterampilan hidup sehari-hari seperti berberes rumah adalah suatu hal yang cukup penting. Sebab keterampilan ini tentu tidak diajarkan di bangku sekolah. Selain mengajak anak untuk terlibat aktif dalam kegiatan merapikan rumah secara langsung misalnya membereskan tempat tidur atau membereskan tempat bermain, game juga bisa menjadi media alternatif untuk menanamkan budaya bersih-bersih kepada anak. Game Sweet Baby Girl Cleanup5 – Messy House Makeover cocok dimainkan oleh anak usia 3 sampai demgan 6 tahun untuk mengajarkan mereka pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian rumah. Lewat game ini, anak akan diajak membereskan rumah dengan cara yang menyenangkan. Mulai dari membereskan kulkas, dapur, kamar toilet hingga kandang hewan peliharaan. Game besutan TuTOONS ini cukup populer sebab nyatanya game tersebut telah diunduh oleh lebih dari 10 juta pengguna.

Semua aplikasi diatas bisa teman-teman unduh di Google Play. Untuk mendapatkan semua fitur dan bermain tanpa iklan, Parents bisa berlangganan atau membeli aplikasi game terasebut di Google Play. Cara pembayarannya gampang kok, karena sekarang kita bisa membayar biaya berlangganan untuk berbagai aplikasi game, e-book, musik hingga film yang ada di Google Play menggunakam GoPay. Namun sebelumnya tentu kita harus melakukan aktivasi GoPay terlebih dahuli di Google Play.
Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke akun Google Play di smartphone android kamu
2. Klik ikon tiga titik Di pojok kiri lalu klik “payment methods”
3. Kemudian klik “Add GoPay”
4. Klik “continue” setelah itu akan muncul laman baru
5. Masukkan nomor handphone yang terdaftar di akun GoPay lalu klik “continue”
6. Masukkan Pin GoPay
7. Apabila semua langkah telah dilakukan dengan benar akan muncul notifikasi “Linking Succesful” di layar dan sekarang pembayaran Google Play bisa dilakukan dengan GoPay

game edukasi anak

Cara Pembayaran Aplikasi dengan GoPay di Google Play

Selanjutnya, bagaimana nih cara pembayaran di Google Play dengan menggunakan GoPay? Caranya juga simple banget. Tinggal buka pengaturan aplikasi game, lalu klik subscribe atau “unlock all” kemudian nanti layar akan otomatis membuka laman pembayaran Google Play dan kamu tinggal klik metode pembayaran GoPay yang sudah terpasang di Google Play smartphonemu.

Jangan lupa rajin-rajin ngecek  promo di Google Play terutama untuk pembayaran dengan GoPay. Lumayan banget untuk dimanfaatkan.

Jadi, aplikasi game mana nih yang cocok dan menarik untuk buah hati Parents dirumah? Share di kolom komentar ya

error: content is protected