A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Setiap orang pasti punya cita-cita hidup sehat sampai tua. Agar bisa membersamai anak tumbuh dewasa dan nemenin cucu-cucu main nantinya. Tapi umur dan nasib kan nggak ada yang tau ya. Apalagi di zaman sekarang, yang namanya penyakit nggak pandang bulu dan usia. Gaya hidup modern yang serba cepat dan instan ternyata diam-diam juga mengancam kesehatan. Bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan misalnya, makanan cepat saji dan malas gerak konon jadi pemicu berbagai penyakit degeneratif berbahaya bahkan sejak usia muda. Salah satunya adalah kanker.

Dilansir dari situs resmi Kemenkes RI, disebutkan bahwa data Globocan menunjukkan di tahun 2018 terdapat 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta kematian, dimana 1 dari 5 laki-laki dan 1 dari 6 perempuan di dunia mengalami kejadian kanker. Data tersebut juga menyatakan 1 dari 8 laki-laki dan 1 dari 11 perempuan, meninggal karena kanker. Sedangkan angka kejadian penyakit kanker di Indonesia berada pada urutan 8 di Asia Tenggara dan di Asia berada pada urutan ke 23. 

Angka kejadian tertinggi di Indonesia untuk laki laki adalah kanker paru yaitu sebesar 19,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 10,9 per 100.000 penduduk, yang diikuti dengan kanker hati sebesar 12,4 per 100.000 penduduk dengan rata-rata kematian 7,6 per 100.000 penduduk. Tak heran, kanker disebut sebagai pembunuh ketiga di Indonesia setelah jantung dan stroke. Yang cukup mencengangkan adalah, pada kenyataannya kanker tak hanya menyerang lansia, namun generasi muda bahkan anak-anak pun banyak yang mengalaminya.

Sadar bahwa ancaman kanker dan penyakit degeneratif lainnya begitu nyata, aku pun tersadar untuk menjalankan pola gaya hidup sehat dari yang paling sederhana. Misalnya dengan mengonsumsi aneka varian sumber pangan dengan gizi seimbang dan home workout setidaknya 60 menit setiap hari (anyway beberes rumah termasuk home workout ala ibu-ibu kan? :p)

Selain itu aku pun mulai menjaga lingkungan dari bahaya rokok. Beruntung di rumahku saat ini baik mertua dan suami tidak ada yang merokok setidaknya hal itu bisa meminimalisir paparan asap rokok sehari-hari. Sebagai milenial, aku nggak bisa memungkiri memang rasanya sulit menjaga pola makan selalu sehat setiap hari tapi setidaknya aku berusaha untuk sangat membatasi jajan tidak sehat seminimal mungkin. Umur memang gak ada yang tau, tapi bisa hidup sehat dan bugar tentunya harus diupayakan dong ya.

Sehat Fisik, Sehat Finansial

Selain sehat fisik, sehat finansial juga nggak boleh dilupakan. Karena kita hidup bukan hanya untuk masa sekarang. Makanya sejak awal menikah, aku dan suami mencoba untuk melakukan perencanaan keuangan sebaik mungkin. Selain untuk mewujudkan semua cita-cita keuangan, ini pun kami lakukan supaya kami bisa menopang kehidupan finansial secara mandiri di masa tua. Inginnya sih, tidak memberatkan anak di masa pensiun kami nanti. Apalagi kami sadari, sebaik apapun upaya menjaga kesehatan ancaman penyakit di hari tua pasti akan selalu ada. Terlebih di zaman sekarang, yang sakit-sakitan bukan hanya orang tua dan lansia kan.

Dalam perencanaan keuangan yang kami lakukan, aspek proteksi finansial menurut kami adalah hal yang sangat krusial. Ini penting banget sih. Sebab bagaimanapun punya proteksi keuangan tentunya membuat kita lebih tenang menghadapi segala risiko keuangan yang nanti mungkin terjadi. Mulai dari untuk mengcover biaya berobat, pertanggungan perawatan dan lain sebagainya. Jadi ketika punya proteksi finansial, aset, investasi, tabungan dan portofolio lainnya jadi tak terganggu sebab sudah tercover oleh proteksi tersebut.

Nah kebetulan banget, pada tanggal 8 September 2020 lalu aku mengikuti virtual press conference dan blogger gathering online yang diadakan oleh FWD Life sekaligus peluncuran FWD Cancer Protection. Lewat kegiatan ini aku banyak mendapatkan insight baru seputar kesehatan fisik dan juga kesehatan finansial.  Seorang pakar kesehatan yang menjadi narasumber dalam event tersebut memberikan beberapa tips untuk menjalankan pola hidup sehat dan bugar agar terhindar dari penyakit degeneratif. 

Cara paling sederhana namun sering dilupakan yaitu adalah dengan memperhatikan porsi, jenis dan jumlah makanan sehari-hari. Ini penting sebab nyatanya kebiasaan makan sangat menentukan kesehatan seseorang. Menjaga asupan gula juga wajib diperhatikan. Tak hanya bagi mereka survivor penyakit degeneratif tapi juga bagi orang sehat pada umumnya. 

Hadirkan 4 Kemudahan dengan Solusi Digital End-to-End, FWD Life Luncurkan Asuransi Kanker Online “FWD Cancer Protection”

Dalam virtual press conference dan blogger gathering yang aku ikuti, FWD life – perusahaan asura di terkemuka di Indonesia juga merilis produk terbaru mereka yaitu FWD cancer protection. Produk ini hadir dengan proses digital end-to-end mulai dari pembelian hingga proses klaim. FWD Cancer Protection memberikan 4 kemudahan dalam prosesnya mulai dari pengajuan online yang mudah melalui website e-commerce FWD Life, iFWD.co.id, hingga klaim secara online yang mudah di satu aplikasi FWD MAX. 

Produk perlindungan ini memberikan manfaat 100% uang pertanggungan apabila didiagnosis kanker, termasuk kanker stadium awal, dan bisa didapatkan dengan premi yang
terjangkau mulai dari Rp10.000 per bulan.

Manfaat utama FWD Cancer Protection meliputi:


  • Uang Pertanggungan 100% dibayarkan saat didiagnosis kanker pada tahap apapun*
    • Premi terjangkau mulai dari Rp10.000 per bulan
    • Proses pengajuan yang simpel dan mudah melalui website iFWD.co.iddengan hanya
    menjawab tiga pertanyaan kesehatan
    • Nasabah akan mendapatkan e-Policy di hari yang sama
    • Nasabah dapat memiliki nilai uang pertanggungan sampai dengan Rp 500 juta
    • Pengajuan klaim yang mudah menggunakan fitur e-Services pada aplikasi FWD MAX


Jadi siapa saja sih yang butuh produk proteksi ini? Menurutku sih siapa aja ya. Orang yia, dewasa, bahkan remaja.  Karena sekali lagi yang namanya penyakit kanker memang gak mengenal batas usia, jenis kelamin dan lain sebagainya. Ancaman serius kanker bisa diminimalisir dengan menjaga kesehatan, namun tentu akan menjadi lebih tenang jika kita punya proteksi finansial untuk melindungi diri jika nanti penyakit tersebut menghampiri. Naudzubillah min dzalik.

Bebaskan Langkah dan Jadikan  Hidup Lebih Mudah


Menjalani hidup dengan bebas tanpa rasa cemas adalah impian semua orang. Namun ketenangan hati dalam menghadapi segala risiko baik itu risiko kesehatan maupun risiko finansial hanya bisa diwujudkan apabila kita memiliki perencanaan dan persiapan yang matang. ukup hanyalah segelintir usaha yang aku lakukan untuk menjaga kesehatan namun jika nasib baik tak berpihak. 

Semoga kita semua sehat fisik, sehat finansial yaaa Aamiin!  #fwdcancerprotection #asuransimudahbeneran

error: content is protected