ENERGEN SUPER, Solusi Sarapan Praktis, Sehat dan Bergizi

ENERGEN SEREAL

Bukankah menyenangkan apabila kita dapat melihat anak-anak kita tumbuh dan berkembang hingga ia dewasa? Bukankah menyenangkan pula, apabila sampai tua kelak fisik dan kesehatan kita terjaga? Selain tak merepotkan keluarga, dengan tubuh yang sehat juga kita dapat menghabiskan masa tua dengan penuh sukacita. Maka dari itu, demi hidup yang lebih baik kedepan, saya tak segan mengubah pola dan kebiasaan. Memperbaiki diri dengan pola hidup yang lebih sehat, serta mulai menjaga kesehatan dari hal-hal yang paling sederhana. Dengan cara mendisiplinkan diri untuk melakukan rutinitas sarapan sehat, misalnya. Jangan sepelekan urusan sarapan lho!, tak banyak yang sadar bahwa kebiasaan kecil ini ternyata dapat berdampak luar biasa pada kualitas kesehatan jangka panjang seorang manusia. Tapi bagaimana ya jika kita tak punya banyak waktu untuk menyiapkan menu sarapan sehat dalam sajian yang lengkap? Nah ENERGEN SUPER (susu sereal plus telur) dapat menjadi solusi pilihan menu sarapan keluarga yang praktis, sehat dan bergizi. Sebab Energen dengan segala kebaikannya menawarkan nutrisi sarapan yang super lengkap bagi semua orang dalam segala tahapan usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Yuk mulai gaya hidup sehat dengan disiplin sarapan sebelum jam 9 pagi !

*****

energen-vanila

Tidak terasa 28 minggu sudah janin ini berkembang di tubuh saya. Detik demi detik moment-moment kehamilan dan perjalanan menjadi seorang Ibu yang saya lalui ini terasa sangat berharga, mulai dari moment saat ia menendang hingga moment mengharukan ketika saya mengintip wajah lucunya dibalik layar scan USG 4 dimensi beberapa waktu lalu. Rasa cinta yang begitu besar perlahan tumbuh padanya, sekaligus rasa ingin selalu dapat membersamainya serta menemani setiap langkahnya, dalam tiap proses tumbuh kembangnya hingga kelak ia dewasa. Untuk dapat mewujudkan keinginan ini, saya sadar bahwa saya harus memiliki fisik yang kuat dan sehat, sebab umur panjang tak hanya perkara takdir dan ketetapan Tuhan, adalah soal bagaimana upaya kita pula untuk menjaga diri agar lebih sehat yang jadi salah satu penentunya. Maka dari itu, sejak hamil saya berusaha sedemikian rupa agar berubah menjadi pribadi yang jauh lebih baik dari sebelumnya serta menjaga pola hidup yang jauh lebih sehat. Sejak hamil saya mulai teratur mengkonsumsi karbohidrat, protein, vitamin,mineral dan gizi dalam porsi seimbang dalam setiap sajian makan, serta yang terpenting adalah saya berusaha untuk tidak pernah melalaikan sarapan.

Meski terdengar sepele, namun ternyata sarapan memiliki manfaat penting bagi kualitas kesehatan seseorang. Lebih dari sekedar aktivitas makan biasa, sarapan juga memiliki fungsi lain yang sangat berarti, diantaranya untuk melancarkan sistem pembakaran kalori sehingga akan membantu kita mengontrol berat badan, mengoptimalkan performa otak dan daya ingat, memaksimalkan metabolisme tubuh, meningkatkan fokus dan konsentrasi serta mencegah penyakit maag. Mengkonsumsi sarapan sehat sebelum jam 9 pagi juga akan mencukupi tubuh kita dengan asupan nutrisi harian yang diperlukan, sebab di malam hari ketika tidur, tubuh kita “berpuasa” sehingga agar tubuh tak kekurangan gizi saat bangun di pagi hari maka sarapan sehat menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hanya saja, sayangnya banyak orang kurang menyadari manfaat sarapan dan menganggap sarapan itu sekedar makan pagi biasa, jadi mereka berfikir makan apa saja tak menjadi persoalan. Padahal sarapan seharusnya dilakukan dengan mengkonsumsi makanan & minuman yang sehat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian yang diperlukan untuk beraktivitas sepanjang hari serta dalam rangka mengoptimalkan pertumbuhan, perkembangan dan pemeliharaan sel-sel didalam tubuh.

Bahkan, menurut Academy Of Nutritients and Dietics pada situs eatright.com, seseorang yang melakukan sarapan sehat di pagi hari menunjukkan performa kerja,daya ingat dan konsentrasi yang lebih baik, tak hanya itu kemampuannya dalam melakukan pemecahan masalah juga meningkat serta koordinasi antara otak dengan jaringan tubuh lain juga menjadi lebih maksimal. Hal ini disebabkan karena otak memerlukan oksigen serta asupan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan metabolismenya. Sehingga, mereka yang tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah / glukosa yang rendah akibatnya suplai nutrisi dan oksigen ke otak menjadi kurang, dan mengakibatkan kinerja otak terhambat, tubuh menjadi lemas, lesu, pusing, sakit kepala serta sulit berkonsentrasi. Tak hanya bagi otak, sarapan juga bermanfaat bagi kesehatan jantung, sebab orang yang terbiasa sarapan dengan makanan sehat terbukti memiliki kadar kolesterol yang lebih rendah.

Makanya, jangan heran kalau Pemerintah sampai-sampai menggalangkan kampanye khusus soal sarapan yaitu “Pekan Sarapan Nasional” yang dilaksanakan setiap tahun di tanggal 14-20 Februari  yang telah terlaksana sejak tahun 2013 lalu. Kampanye ini tentu bukan tanpa alasan, sebab ya seperti yang saya katakan tadi, di Indonesia aktivitas sarapan belum terlalu dianggap penting oleh banyak orang. Bahkan faktanya, 7 dari 10 anak Indonesia kekurangan gizi sarapan. Dikutip dari laman situs Persatuan Ahli Gizi Indonesia, kampanye “Pekan Sarapan Nasional” atau PSN ini bertujuan untuk memberikan informasi, mengajak dan mendorong masyarakat Indonesia agar menerapkan perilaku sarapan sehat dan gizi seimbang, dalam rangka menciptakan masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif serta meningkatkan angka harapan hidup manusia di Indonesia.

SARAPAN SEHAT ENERGEN

Sarapan yang baik dan sehat, adalah sarapan yang dilakukan sebelum jam 9 pagi. Selain itu perlu juga untuk memperhatikan apa yang dikonsumsi ketika sarapan. Menu sarapan yang baik dan sehat terdiri dari karbohidrat, protein, kalsium, lemak baik, vitamin dan mineral dengan jumlah total kalori per-sajian adalah sekitar 300-500 kcal. Karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi saat sarapan adalah karbohidrat yang bersumber dari biji-bijian utuh misalnya seperti nasi merah, roti gandum, dan oat. Atau bisa pula mengkonsumsi karbohidrat yang bersumber dari hasil ekstruksi oat bran dan corn meal yakni yang telah berbentuk sereal. Karbohidrat ini sangat penting untuk menjadi sumber energi bagi tubuh. Selain itu kita juga membutuhkan protein untuk menunda rasa lapar, memelihara  dan membentuk otot, serta memperbaiki jaringan sel yang rusak didalam tubuh. Sumber protein yang baik untuk sarapan antara lain adalah susu dan telur. Selain itu, vitamin dan mineral juga sangat dibutuhkan, sebab vitamin dan mineral berfungsi sebagai katalisator untuk memperlancar sistem metabolisme tubuh. Vitamin dan mineral ini bisa didapat dari sayur dan buah-buahan.

energen-super

Bagi sebagian orang, menyempatkan waktu untuk menyiapkan menu sarapan yang lengkap dan sehat serta mengkonsumsinya sebelum jam 9 pagi mungkin tidak akan terlalu merepotkan. Namun bagi saya yang harus bekerja dan tidak memiliki asisten rumah tangga, perkara menyiapkan sarapan yang lengkap dan sehat ini menjadi cukup sulit dan lumayan menyita waktu. Nah beruntung, sejak belum menikah dan sejak jaman duduk di bangku sekolah dulu, Ibu telah memperkenalkan saya pada kebaikan Energen SUPER (susu plus sereal) sebagai menu sarapan sehat keluarga. Energen adalah makanan minuman serbuk yang diolah dari susu, telur dan sereal. Selain mengandung protein, karbohidrat dan lemak baik, Energen juga diperkaya dengan sigmavit, yaitu paduan Vitamin A, Vitamin B1, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, Vitamin E dan Asam Folat serta Kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh sebagai asupan gizi harian. Energen tersedia dalam 5 varian rasa, yaitu kacang hijau, cokelat, vanilla, jahe dan jagung serta varian special yaitu Energen Less Sugar rasa cokelat untuk kita yang membutuhkan produk Energen dengan kadar gula yang lebih rendah. Diproduksi oleh Perusahaan ternama dibidang makanan & minuman , PT.Mayora Indah Tbk, Energen telah dikenal sejak belasan tahun lalu sebagai produk makanan-minuman instant bergizi favoritnya orang Indonesia. Selain itu, Energen dikemas dalam kemasan sachet yang praktis serta mengandung sejumlah gizi yang sehat dan lengkap, membuat kegiatan menyiapkan dan mengkonsumsi sarapan sehat sebelum jam 9 pagi yang biasa saya lakukan sehari-hari menjadi lebih mudah dan praktis. Untuk itu, saya selalu menyiapkan stock Energen dirumah untuk dikonsumsi sebagai makanan pengganti sarapan sehari-hari. Energen tidak hanya bergizi, namun dengan kandungan proteinnya yang cukup tinggi membuat kita akan merasa kenyang lebih lama dan bertenaga. Energen padat bernutrisi, sehingga cukup dengan 1 sachet setiap pagi saja kebutuhan gizi harian kita sudah tercukupi. Varian rasanya yang bermacam-macam membuat kita tidak akan bosan mengkonsumsinya, bila kreatif Energen juga dapat kita olah sedemikian rupa misalnya menjadi smoothie, jus ataupun disajikan dengan seduhan air hangat enak juga!

energen-cokelat

Nah, sekarang sudah tidak ada lagi dong ya, alasan untuk tidak mulai mendisiplinkan diri mengkonsumsi sarapan sehat sebelum jam 9 pagi. Karena kalaupun memang kita sibuk bekerja, atau harus berangkat ke kantor pagi-pagi dengan terburu-buru maka ENERGEN SUPER bisa menjadi solusi menu sarapan sehat keluarga. Ingatlah bahwa gaya hidup yang kita terapkan di masa muda ini, tentu akan memiliki dampak luar biasa di masa tua kedepan, maka cita-cita untuk memiliki umur  panjang dengan fisik dan kesehatan yang jauh lebih baik haruslah kita upayakan dengan menerapkan pola dan gaya hidup yang sehat dimulai dari hal-hal yang sederhana semacam ini. Hmmm, kalau saya sih paling suka ENERGEN rasa vanila,cokelat dan kacang hijau. Supaya tambah nikmat,  kadang-kadang segelas ENERGEN hangat juga saya kombinasikan dengan buah-buahan atau biji-bijian kering seperti dried cranberries, dried goji berry, kurma, kismis, dried apricot atau chia seeds. Ibu-ibu dirumah suka ENERGEN varian rasa apa? Sharing di kolom komentar yuk!

Semoga artikel ini bermanfaat dan menginspirasi ya!

Rizka Edmanda

66 Comments

  1. Penting banget ya sarapan. Kadang suka kelewat hehehe. Btw, selamat mbak Rizka tulisan energennya dapet juara nih di Kompetisi Blog Energen. Mantaap. Semoga berkah selalu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *