A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

E-book untuk Menambah Wawasan selama Program Hamil

Kehamilan merupakan anugerah yang sangat didambakan oleh pasangan yang telah menikah. Terlebih jika usia pernikahan telah berlangsung cukup lama. Segala upaya dilakukan, mulai dari melakukan diet khusus hingga mencoba beragam alternatif pengobatan di dokter spesialis kandungan agar kehamilan segera terjadi. Dari berbagai literatur yang saya baca, salah satu kunci sukses saat menjalani program kehamilan adalah dengan menambah wawasan seputar kehamilan itu sendiri. Mulai dari mempelajari seputar reproduksi hingga belajar tentang bagaimana ovulasi dapat terjadi.  Knowledge is power. Kalimat inilah yang saya pegang teguh saat pertama kali merencanakan kehamilan. Sebuah kalimat yang dulu saya dengar dari guru hypnobirthing & gentle birth saya yaitu Ibu Bidan Yessie Aprillia. Beliau mengatakan kehamilan memang proses alami seorang manusia, namun tanpa wawasan yang cukup kita tentu tidak akan mampu menjalani kehamilan dengan tenang dan nyaman tanpa cemas berlebihan.

Buku masih menjadi sumber ilmu pertama bagi saya dalam menambah wawasan mengenai apapun, termasuk seputar program kehamilan. Kendati saat ini banyak informasi yang bisa diakses bebas melalui internet, namun menurut saya justru tsunami informasi yang beredar di internet kerap menyulitkan kita untuk menyaring informasi yang tepat dan benar. Jika tak pandai memilih dan memilah, bisa-bisa kita terperangkap informasi yang tidak benar alias hoax. Membaca beragam informasi di internet memang perlu namun tentu tak bisa dijadikan satu-satunya sumber rujukan.

Di Google Play pun saat ini sudah banyak e-book yang membahas seputar program kehamilan dan fertilitas. Beragam e-book yang ada bisa teman-teman jadikan rujukan dalam menambah wawasan selama menjalani program kehamilan.

e-book untuk program hamil

Berikut rekomendasi E-book di Google Play yang layak dibaca jika anda sedang merencanakan kehamilan

1. What to Expect Before You Expecting – Heidi Murkoff

Heidi Murkoff adalah seorang penulis buku  yang dikenal lewat buku-bukunya yang telah menjadi best seller di seluruh dunia selama berpuluh-puluh tahun. Lewat bukunya, Heidi Murkoff banyak membagi informasi seputar kehamilan. Mulai dari perencanaan kehamilan, bagaimana proses menjalani kehamilan hingga seputar pegasuhan anak yang terbagi dalam serian What To Expect Series.

What to Expect Before you Expecting adalah salah satu seri dari buku What to Expect yang membahas seputar perencanaan kehamilan. Buku ini ibarat sebuah manual book yang membahas secara lengkap dan detail seputar hal-hal yang harus diketahui pasangan soal kehamilan. Mulai dari bagaimana pasangan menyiapkan kesehatan reproduksi masing-masing sebelum terjadinya ovulasi, diet apa saja yang harus dilakukan, tips-tips berhubungan di masa subur, cara menghitung masa subur, penyakit-penyakit yang menghambat kesuburan dan apa saja yang harus dilakukan selamasa masa pra-konsepsi atau sebelum terjadinya pembuahan.


2. Pejuang Dua Garis Merah : Kisah Perjuangan Kehamilan Para Istri Dania Puspitasari dan kawan-kawan 

Penerbit Pustaka Rumah C1NTA

Agar para pejuang garis merah tambah bersemangat dalam melakukan program hamil atau promil, perlu juga rasanya membaca pengalaman orang lain yang pernah melewati masa-masa tersebut. Buku ini memang tidak membahas hal-hal ilmiah seputar persiapan kehamilan dan fertilitas namun, buku ini lebih menceritakan kisah-kisah perjuangan para pejuang promil dalam mendapatkan buah hati. Buku ini tentu akan membuat pasangan yang mendambakan keturunan jadi tambah bersemangat, bahwasannya ternyata diluar sana ada banyak pejuang-pejuang yang juga pernah memperjuangkan hal yang sama. Semangat dan pengorbanan mereka tentu akan sangat memotivasi para pejuang dua garis merah.

3. 30 Hari Bimbingan Positif Hamil : Buku Praktek Bimbingan Program Klinik Holistik Elif Medika
Lulu Nurjannah A.Md, Keb, Akp., C., Herb.

Terakhir adalah buku 30 Hari Bimbingan Positif Hamil. Buku ini ditulis oleh seorang bidan yang telah berkecimpung di dunia kebidanan selaam bertahun-tahun. Lewat buku ini, penulis menjabarkan dengan detail mengenai langkah-langkah yang harus dilakukan pasangan untuk memperbesar peluang kehamilan. Mulai dari memahami penyebab sulitnya hamil (infertilitas) hingga bimbingan program cepat hamil yang dibahas secara step by step. Seperti 30 variasi menu makanan peningkat kesuburan, hal-hal yang harus dihindari selama program hamil, cara menentukan masa subur hingga teknik-teknik terapi infertilitas seperti penanganan PCOs dan lain sebagainya. Yang paling istimewa adalah, pada buku ini juga terdapat bonus konsultasi langsung dengan penulis via SMS maupun telepon, tentu yang hanya bisa dilakukan jika kamu membeli buku ini.

Ngomong-ngomong, selain buku seputar kehamilan, di Google Play juga terdapat ribuan koleksi buku elektronik (e-book) lainnya dengan berbagai genre yang seru dan menarik untuk dibaca. Bisa banget buat ngisi waktu luang selama kamu dirumah aja. Mulau dari buku cerita anak-anak, buku best seller, buku fiksi dan non fiksi, resep masakan, buku pendidikan, biografi, buku parenting dan keluarga, kesehatan, ekonomi dan bisnis, politik dan hukum, agama,seni budaya hingga buku seputar kesehatan mental. Harganya pun murah mulai dari Rp 10.000 aja. Selain itu harganya juga lebih murah dibanding toko buku offline.

 

Cara pembayarannya juga gampang kok, karena sekarang kita bisa membayar biaya berlangganan untuk berbagai aplikasi game, e-book, musik hingga film yang ada di Google Play menggunakan GoPay. Namun sebelumnya tentu kita harus melakukan aktivasi GoPay terlebih dahuli di Google Play. Berikut langkah-langkahnya.

1. Masuk ke akun Google Play di smartphone android kamu
2. Klik ikon tiga titik Di pojok kiri lalu klik “payment methods”
3. Kemudian klik “Add GoPay”
4. Klik “continue” setelah itu akan muncul laman baru
5. Masukkan nomor handphone yang terdaftar di akun GoPay lalu klik “continue”
6. Masukkan Pin GoPay
7. Apabila semua langkah telah dilakukan dengan benar akan muncul notifikasi “Linking Succesful” di layar dan sekarang pembayaran Google Play bisa dilakukan dengan GoPay

Selanjutnya pembelian buku di Google Play juga mudah banget. Tinggal buka Google Play, masuk ke menu Books kemudian pilih “Tap to Buy” Masukkan password untuk memverifikasi pembayaran setelah itu setelah pembayaran terkonfirmasi icon “buy” pada e-book yang dipilih akan berubah menjadi “read” artinya buku tersebut telah berhasil dibeli dan bisa dibuka di Play Books kita.

Berdasarkan pengalaman saya sih, membeli buku di Google Play menggunakan GoPay banyak banget keuntungannya. Selain lebih murah dan praktis, GoPay juga sering banget memberikan promo dan diskon menarik jadi jangan lupa rajin-rajin ngecek  promo di Google Play terutama untuk pembayaran dengan GoPay. Lumayan banget untuk dimanfaatkan.

Demikian rekomendasi e-book di GooglePlay untuk kalian-pejuang dua garis merah yang sedang menjalankan program hamil. Semoga perjuangan ini segera berujung manis ya!

error: content is protected