A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Filosofi Bisnis di Era Digital

Bisnis itu ibarat lautan. Pengusaha adalah nelayannya. Perusahaan adalah kapal-kapalnya. Produk yang dijual adalah umpan, sedangkan konsumen adalah ikan-ikannya. Menaklukan lautan bisnis itu tak semudah membalikkan telapak tangan. Selain modal dan keberanian, diperlukan pula tekad yang gigih dan semangat yang tak gampang padam. Setidaknya, itulah yang saya rasakan selama beberapa tahun mencoba peruntungan mengarungi lautan bisnis online. Agar dapat memenangkan ketatnya persaingan, seorang pebisnis harus cekatan mengikuti arus tren yang kekinian. Salah satunya adalah dengan mengikuti tren perkembangan pemasaran melalui media digital. Sebab di zaman sekarang, jika seseorang ingin sukses menaklukan pasar maka melakukan digital marketing atau pemasaran digital adalah hal yang tak bisa ditawar.

 

Berbagi Pengalaman Berbisnis Online

     Naluri bisnis sebetulnya telah saya miliki sejak duduk di bangku sekolah. Mulai dari berjualan karet penghapus, pulpen, kue, hingga casing handphone semua pernah saya lakoni. Hingga akhirnya beberapa tahun silam, saya mencoba peruntungan  merintis bisnis yang lebih serius yaitu berjualan hijab online.

Sebetulnya tak ada alasan khusus mengapa saya memilih hijab untuk dijadikan komoditi dagangan. Alasannya sederhana saja, karena rata-rata teman perempuan di kampus menggunakan hijab. Maka, target market sudah tentu ada didepan mata. Apalagi Jogja, tempat saya merantau dan berkuliah adalah surganya kulakan kain murah. Ongkos tukang jahit pun cukup terjangkau disana. Itulah sebabnya, insting bisnis saya langsung tanggap menjodohkan peluang-peluang tersebut dalam sebuah wadah bisnis yang saya namakan “Hijab Edmanda”.

Bisnis hijab tersebut saya jadikan usaha sampingan untuk menambah uang jajan dikala transferan bulanan dari orang tua tak lagi cukup menopang beragam kebutuhan. Meskipun tergolong usaha kecil, namun hasil dari bisnis hijab itu nyatanya lebih dari lumayan. Paling tidak, saya bisa membantu orang tua menyetor uang semesteran, membayar sewa kos bulanan hingga dapat menabung sebagian hasil pendapatan.

      Bicara tentang bisnis, sebagai pedagang yang juga adalah seorang milenial, hidup saya sangat dekat dengan internet dan media digital. Karena itu, digital marketing atau pemasaran digital adalah strategi yang saya pilih untuk memasarkan Hijab Edmanda kala itu. Apalagi saya sadar, bahwa saat ini hampir semua orang sudah “go online” atau melek internet.

Bahkan Asosiasi Pengguna Jasa Internet (APJII) juga menyebutkan bahwa saat ini ada 171 juta penduduk Indonesia yang menggunakan internet. Angka ini, setara dengan 64,8% dari total keseluruhan penduduk Indonesia. Dengan jumlah pengguna internet sebesar itu maka hampir dapat dipastikan, bahwa internet akan sangat mempengaruhi orang dalam aktivitasnya sehari-hari termasuk dalam urusan berbelanja.

Perkembangan yang pesat membuat masyarakat mau tak mau harus menerima media digital dan internet sebagai sumber informasi pertama. Bagi pebisnis seperti saya, ini tentu menjadi peluang untuk memperkenalkan produk yang dijual. Itulah sebabnya, digital marketing menjadi teknik pemasaran yang digandrungi para pelaku bisnis akhir-akhir ini.

Digital Marketing, Wajah Baru Pemasaran di Era Kekinian

       Digital marketing atau pemasaran digital adalah semua usaha untuk memasarkan atau mempromosikan suatu produk dengan menggunakan media digital serta melalui internet. Semua strategi digital marketing dan aset-aset digital yang digunakan bertujuan agar brand atau perusahaan dapat selalu terhubung dengan konsumen secara online. Pemasaran digital sering dianggap sebagai wajah baru dari dunia pemasaran sebab ia membuat sistem promosi dan pemasaran jadi lebih mudah, murah dan terarah. Itulah sebabnya, banyak yang beranggapan bahwa digital marketing memiliki lebih banyak keunggulan dibanding pemasaran konvensional.

       Keunggulan pertama, adalah soal efektivitas dan efisiensi biaya. Mengacu pada data McKinsey sebagaimana dilansir dari Katadata, pemasaran melalui media digital terbukti dapat meningkatkan efisiensi budget marketing hingga 15%. Melalui digital marketing kita bisa menarget siapa saja yang nanti akan melihat iklan yang kita tayangkan. Kita juga bisa mengetahui siapa saja audiens yang sudah melihat iklan kita, kata kunci yang mereka gunakan dalam melakukan pencarian hingga data-data mereka seperti gender, usia, minat, dan lokasinya.

Data-data tersebut sangatlah penting agar kita dapat mengoptimalkan saluran promosi yang kita pilih. Kita jadi bisa tau berapa persen konversi penjualan yang terjadi di masing-masing iklan yang dipasang. Sehingga dapat menghitung ROI atau return of investment dari budget yang dipakai dalam kegiatan marketing yang dilakukan. Hingga akhirnya kita dapat mengevaluasi iklan mana yang optimal dan mana yang tidak, agar tidak ada pemborosan dalam anggaran.

Selain soal efektivitas dan efisiensi biaya, melalui pemasaran digital tentunya jangkauan promosi akan lebih luas. Sebab iklan digital dapat diakses oleh orang dari belahan dunia manapun selama mereka memiliki perangkat gawai dan internet. Misalnya, pengusaha batik di pekalongan dapat memasarkan produknya hingga ke Amerika lewat website atau media sosialnya. Dengan digital marketing, jangkauan target market menjadi tak terbatas ruang, jarak ataupun waktu.

Tips Digital Marketing Ala Saya & Hijab Edmanda

     Bicara soal digital marketing, sebetulnya mekanisme pemasaran yang saya gunakan untuk membesarkan nama Hijab Edmanda sudah cukup terdigitalisasi. Sejak awal Hijab Edmanda berdiri, saya sudah mengikuti tren pemasaran produk secara online lewat media sosial seperti Facebook, Instagram, Line hingga Whatsapp. Berikut beberapa digital marketing life hacks yang pernah saya terapkan untuk bisnis saya. Akan saya bagi secara gratis untuk anda. Semoga bermanfaat ya!

1. Membidik Target Market dan Mempelajari Karakternya

   Menurut saya membidik target market penting dilakukan sebelum memulai langkah-langkah lainnya. Sebab bagaimana mungkin kita tau strategi pemasaran yang paling tepat jika tak mengetahui siapa target market yang akan jadi sasaran penjualan. Mengetahui siapa target market utama dalam penjualan memudahkan saya dalam menyesuaikan konten-konten iklan yang disajikan, agar cocok dengan karakter sang target market.

Karakter pelanggan antara satu bisnis dengan bisnis lain tentu berbeda. Misal, karakter pelanggan Hijab Edmanda adalah wanita muslimah, sehingga saya harus menyajikan konten pemasaran yang sesuai dengan karakter tersebut. Namun konten itu tentu tidak akan cocok dengan karakter pelanggan Toko sparepart moge/motor gede. Sehingga pendekatan promosi serta tampilan konten iklan yang digunakan juga tentu akan berbeda. Pesan saya, pahamilah karakter pelanggan anda agar dapat merebut hatinya.

2. Menerapkan Strategi Kreatif Melalui Media Sosial (Social Media Marketing)

    Dalam pemasaran digital tentu dibutuhkan aset digital. Aset digital tersebut berfungsi sebagai channel untuk menyebarluaskan iklan. Aset digital pertama yang wajib dimiliki adalah media sosial.  Menurut data Hubspot, 71% pengguna media sosial mengatakan bahwa mereka akan lebih mungkin melakukan pembelian setelah melihat review atau referensi dari media sosial. Kemudian Market Force turut menyebutkan, 81% keputusan pembelian yang dilakukan oleh pelanggan sangat dipengaruhi oleh postingan media sosial teman-temannya atau para social media influencer yang mereka ikuti. Dengan kata lain, di zaman sekarang media sosial tak hanya menjadi alat berkomunikasi namun juga dapat mempengaruhi seorang calon pembeli.

Ada beragam cara untuk melakukan pemasaran melalui media sosial. Mulai dari membenahi tampilan feed agar lebih kekinian, membangun brand awareness lewat hashtag khusus, kemudian melakukan endorsement kepada social media influencer seperti artis atau selebgram & selebtwit, merekrut para content creator seperti blogger dan vlogger hingga meningkatkan interaksi dengan para pengikut di media sosial dengan cara berbalas komentar. Sampai mengadakan program giveaway (kuis berhadiah) dengan hadiah yang menarik. Teknik lainnya adalah dengan layanan iklan berbayar di facebook fanpage dan instagram. Iklan berbayar ini memudahkan kita mengatur siapa saja yang akan menjangkau iklan tersebut, disesuaikan dengan karakterisitik target market kita.

Tak hanya di instagram dan facebook, saya juga “menyentuh” twitter untuk melakukan soft selling. Di twitter, biasanya saya tidak langsung terang-terangan “menjual” produk namun lebih ke pendekatan kepada warga internet atau warganet untuk menanamkan awareness/kesadaran terhadap produk yang saya jual. Caranya misal dengan membuat “kultwit” alias kuliah twitter atau thread yang bercerita tentang mengapa seorang Muslimah harus berhijab, bagaimana memilih hijab yang baik hingga referensi OOTD atau “outfit of the day” menggunakan hijab. Jika berhasil membuat thread yang menarik hingga menjadi “trending topic” biasanya netizen akan penasaran dengan produk kita dan mereka akan mengunjungi profil twitter kita untuk kemudian mencari tahu lebih lanjut mengenai brand kita.

3. Meningkatkan “Brand Awareness” dengan Kekuatan Konten Visual 

       Visualisasi konten menjadi hal yang sangat vital di era hiperkonektivitas seperti saat ini. Maka dari itu sebuah brand harus berjuang keras agar dapat meraih hati audiens di era internet. Sebab jangan lupa bahwa saat ini, ada milyaran pesaing lain yang mungkin juga sama-sama sedang berusaha menampilkan visualisasi produk dan konten marketing yang terbaik. Satu hal yang membuat konten marketing menjadi sangat penting adalah karena manusia merupakan mahluk visual. Sam Kusinitz dari HubSpot menyebutkan, konten visual membantu menarik perhatian target audiens dan lebih cepat diserap oleh otak manusia. Sebab itu, komunikasi melalui gambar dan video jauh lebih direspons ketimbang sekadar lewat kata-kata. Bahkan, ada penelitian yang mengatakan otak manusia itu mampu memproses informasi 6.000 lebih cepat informasi visual ketimbang tekstual. 

Fakta lain menyebutkan konten visual seperti foto, video, meme, infografis lebih mudah viral dibanding konten tulisan. Hal ini tentunya akan berdampak pada penambahan followers atau subscriber di media sosial kita. Bahkan juga akan meningkatkan engagement (interaksi) di media sosial.  

contoh konten video iklan dengan storytelling (alur cerita)

Konten iklan dengan storytelling (alur cerita) seperti contoh video iklan Hijab Edmanda diatas juga dapat ditiru. Sebab nyatanya masyarakat sudah jenuh dengan iklan hard-selling yang terlalu to the point.  Namun usahakan alur cerita tidak terlalu panjang. Bisa juga disajikan dalam beberapa episode agar audiens penasaran dengan kelanjutannya. Selain contoh video iklan Hijab Edmanda diatas, anda juga dapat melihat iklan-iklan produk retail dari Thailand di youtube. Ada yang penuh dengan humor, ada yang justru dramatis. Alih-alih merasa risih menonton iklan, banyak penonton yang justru penasaran dengan ending cerita iklan tersebut hingga akhirnya mereka menikmati keseluruhan iklan dengan sukarela. Tanpa disadari, di alam bawah sadar mereka sudah tercipta brand awareness terhadap produk yang diiklankan. Cerdas bukan!

Website, Kunci Keberhasilan Strategi Digital Marketing

  Sepandai-pandainya saya menerapkan tips dan strategi digital marketing khususnya di media sosial, namun tetap saja ada kekurangannya. Satu kesalahan fatal yang saya lakukan kala berjuang membesarkan Hijab Edmanda adalah sebab saya hanya semata-mata berorientasi pada media sosial saja dan mengabaikan peranan sebuah website bisnis.

Jujur pada saat itu saya belum begitu memahami cara membuat website dan bagaimana mengelolanya. Bahkan saya pikir, membangun website membutuhkan biaya yang sangat besar. Maklum, saya belum kenal dunia blogging pada waktu itu. Itulah sebabnya Hijab Edmanda tak memiliki website. Dan saya sadari, hal ini menjadi kesalahan terbesar saya dalam berbisnis.

Sebab, pada era pemasaran digital website adalah kanal yang memegang peran paling krusial. Entah itu perusahaan besar maupun UMKM. Pasalnya, sejak aplikasi mesin pencari (search engine) mulai berkembang di akhir tahun 90an, mesin pencari menjadi sumber informasi utama bagi banyak orang untuk mencari apa saja. Bahkan Web Presence Solution menyebutkan, 94% traffic di internet saat ini berasal dari pencarian di Google. 

Setidaknya ada 4 alasan utama mengapa seorang pebisnis wajib memiliki website. Pertama adalah perkara branding. Sudah menjadi rahasia umum bahwa kredibilitas sebuah bisnis akan lebih baik dimata pelanggan jika mereka memiliki website. Keberadaan website bagi sebuah bisnis dapat mencerminkan bisnis tersebut profesional, kredibel dan kekinian.

Alasan kedua adalah untuk keperluan data. Jika sudah mendapatkan traffic dari media sosial, maka pebisnis bisa membawa calon konsumen menuju website untuk melakukan pembelian produk (closing) di website. Jika melakukan transaksi di website, maka kita bisa dengan mudah menangkap data analytics dari sumber traffic yang masuk. Sehingga data-data tersebut bisa dijadikan dasar untuk melakukan beragam strategi pemasaran nantinya. Website juga memudahkan kita untuk melayani pelanggan selama 7×24 jam. Dengan peningkatan pelayanan, maka ketertarikan calon pelanggan terhadap produk kita akan semakin meningkat.

Kemudian alasan ketiga adalah untuk menjaga keberlangsungan bisnis agar tak lekang dimakan zaman. Coba renungkan, hingga saat ini sudah ada berapa banyak media sosial yang “tumbang”? sebutlah Friendster, Tumblr, Myspace hingga Path. Padahal kesemua media sosial tersebut pernah populer pada zamannya. Boleh jadi suatu hari nanti, ragam media sosial yang selama ini kita jadikan “sandaran” dalam berbisnis juga akan ikut tumbang. Maka tentu ribuan followers/pengikut yang sudah susah payah kita kumpulkan akan hilang begitu saja jika tak kita tampung data-datanya. Ingat, di era digital kehilangan followers/pengikut berarti kehilangan calon pelanggan. Maka untuk meminimalisir risiko ini, kita bisa menggunakan website untuk menampung database pelanggan. Setidaknya, jika sewaktu-waktu ada hal yang tak terduga terjadi pada akun media sosial kita, misal diretas atau bahkan aplikasi media sosial tersebut bangkrut sehingga akun kita dihapus, maka para pelanggan tau kemana mereka harus mencari produk kita.

Alasan terakhir adalah soal peningkatan pelayanan. Dengan website, brand/perusahaan dapat terhubung dengan pelanggan selama 24 jam sehingga  ini akan memberikan pengalaman dan kesan yang baik terhadap perusahaan dimata pelanggan.

Strategi Optimasi Website untuk Digital Marketing

Dalam melakukan optimasi website, ada beberapa teknik yang bisa dilakukan. Cara utama adalah melalui teknik SEO atau search engine optimization. Teknik ini memungkinkan website yang kita kelola untuk muncul di halaman pencarian. Teknik SEO terbagi menjadi 2 yakni SEO on page dan SEO off page. Yang membedakannya adalah, bila SEO on page bersumber dari optimasi web/artikel itu sendiri maka SEO off page bersumber dari backlink berkualitas melalui website lain. Jadi jika ada website lain yang mencantumkan link menuju website kita, maka itu juga bisa mendongkrak ranking website kita di mesin pencari.

Selain SEO, ada pula teknik search engine marketing (SEM). Sama seperti SEO, teknik SEM juga bertujuan untuk meningkatkan visibilitas website di halaman pencarian. Harapannya, melalui teknik ini website bisnis kita akan lebih mudah menggaet calon pelanggan potensial melalui mesin pencari. Bedanya, jika SEO cenderung gratis maka SEM pasti berbayar. Kita harus membayar sejumlah dana kepada mesin pencari seperti google, bing atau yahoo jika ingin beriklan. Kemudian jika fungsi dari SEO adalah untuk meningkatkan traffic organic pengunjung website kita maka lewat SEM, diharapkan orang-orang yang melihat iklan akan langsung mengklik iklan tersebut untuk melakukan pembelian. Contoh sederhana SEM adalah Google Adwords atau iklan pay per click.

Belajar dari pengalaman saya, maka bagi anda para pebisnis pemula, yang punya mimpi bisnisnya dapat berkembang. Saran saya bangunlah website agar bisnis anda dapat bertahan di ketatnya dunia persaingan. Jangan keluhkan soal modal, apalagi ketidakmampuan untuk membuat website yang profesional. Sebab kini sudah ada DomaiNesia yang siap membantu anda membuat website dengan mudah!

DomaiNesia Solusi Bikin Website dengan Mudah!

Videografis profil & keunggulan DomaiNesia by Rizka Edmanda

       DomaiNesia adalah layanan registrasi domain, hosting terbaik, SSL serta layanan website lainnya yang telah beroperasi sejak tahun 2009. Dari awal berdiri hingga saat ini, DomaiNesia sudah melayani lebih dari 90.000 pelanggan dari seluruh dunia. DomaiNesia dapat membantu siapapun untuk membuat website dengan mudah. Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam sebab layanan registrasi domain dan hosting DomaiNesia cukup terjangkau harganya. Layanan DomaiNesia ditawarkan dengan harga mulai Rp 16.500 perbulan untuk hostingnya, dan gratis domain serta SSL. Bagi pebisnis, tentu harga yang terjangkau ini menadi angin segar, terlebih pagi pelaku usaha kecil (UMKM) tak perlu khawatir jika terkendala urusan modal, karena membuat website dapat dilakukan dengan budget yang tidak terlalu besar. Justru dengan menggunakan website di DomaiNesia, budget anggaran promosi bisa diminimalisir menjadi lebih efisien. Mengingat manfaatnya yang banyak dan biaya pertahunnya yang relatif kecil.

Namun, meskipun memberikan harga yang kompetitif, namun DomaiNesia tetap mengutamakan kualitas layanannya. Bahkan, salah satu VPS Indonesia yang memiliki keunggulan dengan teknologi termutakhir adalah Virtual Server DomaiNesia.

Terdapat berbagai pilihan paket hosting di DomaiNesia mulai dari hosting SSD paket extra 750 Mb, Super 2 Gb, Monster 5 Gb. Dan paket hosting bisnis untuk kebutuhan yang lebih profesional dengan pilihan paket antara lain mikro 6 Gb, Mega 12 Gb, Giga 24 Gb, Exa 48 Gb. Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan. Misalkan akan membangun website yang akan menampung banyak gambar, grafis, video, landing page dengan ukuran-ukuran file besar, anda bisa memilih paket hosting yang lebih besar.

Anda juga dapat memilih lokasi server sesuai keinginan. Lokasi server ini akan menjadi data center tempat menyimpan data-data website anda. Lokasi server tersebut ada di Singapore, Amerika (Dallas), Jakarta, Tokyo (Jepang) dan London (UK). Setiap lokasi server menawarkan masing-masing kelebihan, jika target market atau target pengunjung website anda adalah kebanyakan Indonesia maka anda bisa memilih lokasi server Indonesia namun jika anda ingin target market yang lebih luas misal dari seluruh dunia, mungkin anda bisa menggunakan lokasi server Amerika (Dallas) ataupun Singapore. Yang perlu diperhatikan adalah, berdasarkan pengalaman saya, lokasi server diluar negeri biasanya lebih stabil dan jarang down.

Kemudian anda juga bisa memilih durasi layanan hosting mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 1 tahun dan 2 tahun. Jika baru ingin mencoba layanan DomaiNesia dan belum terlalu yakin, anda bisa mulai dengan 3 bulan. Namun jika sudah mantul alias mantap betul untuk #JalanBarengDomainesia (terlebih setelah membaca review dari saya), anda bisa langsung memilih layanan hosting 2 tahun. Sebab tentu, lebih lama durasi yang anda pilih maka harganya lebih murah. Dengan dukungan infrastruktur Cloud, SSD super cepat, serta teroptimasi dengan tingkat keamanan tinggi, anda tak perlu khawatir loading website lemot dan akan mengecewakan pelanggan karena dukungan kecepatan akses website telah ditopang oleh teknologi SSD ini.

Bagi anda yang awam terhadap bahasa pemrograman, jangan khawatir karena terdapat fitur instant deploy untuk membantu anda membangun website dengan mudah. Fitur ini dapat membantu anda, memasang software agar anda dapat mengatur dan memposting konten website dengan mudah sehingga anda bisa melakukan instalasi website secara mandiri kurang dari 5 menit saja. Anda bisa memilih software manajemen konten pada website yang sesuai dengan kebutuhan, misalkan wordpress, joomla, drupal atau ghost untuk pembuatan web-blog atau blogging, kemudian pretashop, open chart, lite chart atau magento untuk kebutuhan website store atau toko online, dan laravel, codelgniter, Yii, bootstrap untuk kebutuhan website developer dan beragam pilihan software manajemen konten lainnya.

 

Ada pula fitur cloud backup serta fitur keamanan yang kuat dengan anti-virus, anti malware dan BitNinja Security Protection sehingga anda tak perlu khawatir akan keamanan data sebab DomaiNesia akan melakukan backup data harian untuk menjamin terjaganya data penting anda. Terdapat pula fitur unlimited bandwith yang akan menjamin kelancaran website anda. Meskipun diserbu ribuan pelanggan dalam satu waktu yang sama, dijamin website anda tidak akan down.

Kurang puas dengan layanan yang diberikan DomaiNesia? Tenang ada dukungan customer service yang selalu siap sedia kapanpun anda butuhkan. Dan yang paling menarik, ada garansi uang kembali apabila layanan DomaiNesia kurang memuaskan.

Kesimpulan

     Mengarungi lautan bisnis memang penuh dengan tantangan. Dikala ombak tengah tenang, tentu banyak ikan yang dapat kita pancing dengan umpan. Namun ada kalanya pula kapal bisnis kita tergulung ombak lalu tenggelam. Namun seorang pebisnis tangguh akan mampu berenang ke tepian, lalu merakit kapal bisnisnya lagi dan kembali mengarungi lautan. Sekarang, kapal bisnis “Hijab Edmanda” yang dulu saya banggakan memang tengah karam. Namun didalam hati ini, ada tekad yang begitu kuat untuk melayarkan bisnis itu kembali ke tengah lautan. Meskipun tengah vakum berbisnis namun suatu hari nanti saya akan kembali menjadi seorang pebisnis. Setidaknya itulah impian yang selalu saya cita-citakan saat ini. Berbagai strategi dalam “Digital Marketing Life Hacks” yang dulu sudah saya terapkan akan saya optimalkan. Sedangkan apa-apa yang belum maksimal serta kesalahan fatal yang pernah saya lakukan akan saya perbaiki kemudian. Yang terpenting adalah, jika berkesempatan membangun bisnis kembali suatu hari nanti, membuat website bisnis dengan DomaiNesia adalah salah satu strategi penting yang tak akan saya lupakan.

Bagaimana dengan anda? sudah siap menuai kesuksesan berbisnis dengan digital marketing bersama DomaiNesia? 

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam Lomba Blog & Lock Domainesia 2019 dengan tema

“Digital Marketing Life Hacks”. 

error: content is protected