A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Laptop, Kebutuhan Primer Berbagai Kalangan

Sore itu cukup cerah, Saya mematut diri didepan kaca, bersiap untuk menghadiri janji temu dengan beberapa teman lama. Tepat pukul 4, Saya dan teman-teman berkumpul di salah satu cafe yang cukup ternama di pusat kota. Setibanya disana seorang teman membuka laptop “Eh maaf, aku sambil nginput nilai murid ya, besok pagi mau direkap nih” ujar seorang teman yang berprofesi sebagai guru. Teman lain juga menyahut, “eh iya aku juga sambil ngerjain sisa pekerjaan di kantor tadi ya, harus di email ke bos malam ini”.

Melihat satu dua teman membuka laptop, Saya pun akhirnya terpaksa ikut-ikutan, karena memang ada deadline revisi artikel yang sore itu juga harus segera dikirimkan. Meskipun beberapa teman lain agak kecewa karena momen berkumpul harus ternoda oleh tagihan pekerjaan, namun sebagai sobat karib yang baik, akhirnya mereka memaklumi dan memaafkan.

Pukul 6 saya pulang. Sesampainya dirumah, tampak si adik bungsu yang kini duduk di bangku kelas 2 SMA sedang berkumpul bersama teman-temannya di ruang tengah. Masing-masing dari mereka membawa laptop, rupanya mereka sedang mengerjakan tugas kelompok yang katanya besok harus dikumpulkan di sekolah. Ketika naik ke lantai dua, saya iseng mengintip ke pintu kamar si adik tengah. Ternyata adik yang tengah ini sedang asik menonton drama korea, saking asiknya ia sampai tertidur di papan ketik laptop yang tengah terbuka.

Cerita diatas adalah ilustrasi untuk menggambarkan betapa laptop kini telah menjadi perangkat yang penting bagi mayoritas orang untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari. Dari yang semula hanya diperuntukkan bagi kalangan pelajar atau pekerja, kini laptop telah menjelma menjadi barang primer yang dibutuhkan berbagai kalangan.

Tak hanya bagi para profesional, namun hampir semua orang membutuhkannya dalam banyak kegiatan entah itu untuk mendengarkan musik, menonton film, mengetik, mengerjakan tugas, hingga untuk menunjang produktivitas. Selayaknya smartphone, laptop kini bukan lagi menjadi barang yang eksklusif melainkan sebuah perangkat yang universal.

Demikian halnya bagi seorang millennial mom seperti saya. Meskipun bukan pekerja kantoran, namun kehadiran laptop sangatlah dibutuhkan. Maklum, selain mengurus keluarga saya juga berprofesi sebagai blogger dan penulis lepas demi mencari penghasilan tambahan. Maka tak ayal perangkat laptop menjadi senjata dalam menyelesaikan berbagai pekerjaan. Kebutuhan saya akan laptop tak hanya terbatas untuk bekerja namun juga sebagai media untuk menghibur diri disela-sela kepenatan menjalani rutinitas harian, mulai dari menonton film hingga bermain game.

Namun banyaknya merek dan tipe laptop yang dipasarkan terkadang membuat kita bingung untuk menentukan laptop yang ideal untuk dibeli dan digunakan. Maka dalam hal ini, kita memang harus bijak dan realistis dalam memilih laptop yang sesuai kebutuhan agar tak menyesal kemudian.

Nah, sebagai seorang millennial mom yang juga berprofesi sebagai penulis lepas tentu saya memiliki mobilitas yang cukup tinggi, sebab bekerja tanpa kantor yang tetap justru mengharuskan saya berpindah-pindah “kantor” setiap hari , dari satu cafe ke cafe lainnya. Belum lagi jika harus meliput atau mengumpulkan data tulisan keluar kota, maka laptop menjadi perangkat yang selalu saya bawa kemana-mana.

Hal ini tentunya membuat saya mendambakan laptop yang ringkas, ringan namun tetap kece saat dibawa kesana kemari. Dan yang tak kalah penting, performanya harus powerful dan cerdas demi mengimbangi saya dalam mengolah ide dan kreatifitas. Serta yang tak boleh terlupakan adalah ketahanan baterai hingga harganya yang harus terjangkau agar tak memberatkan anggaran.

Dialah ASUS Vivobook Ultra A412DA yang belakangan ini amat sangat saya pertimbangkan sebagai pilihan. Laptop 14inch yang tipis, ringan dan penuh warna, dengan performa juara berkat dukungan prosesor AMD Ryzen Mobile 2nd Gen dan grafis Radeon Vega yang tangguh serta disempurnakan dengan berbagai fitur modern pada Windows 10 sebagai sistem operasinya.

Yuk, mari kita mengenal lebih dekat laptop yang cantik nan ceria ini…

Mengenal Lebih Dekat ASUS Vivobook Ultra A412DA

ASUS memang tak pernah lelah berinovasi demi menjawab kebutuhan pasar. Terbukti, sejak pertama kali berdiri pada tahun 1989 lalu ASUS terus menciptakan jajaran laptop terbaik untuk menjawab berbagai kebutuhan penggunanya. Hal ini sejalan dengan apa yang diungkapkan oleh Mr.Jimmy Lin selaku Regional Director ASUS Asia Tenggara dalam gelaran peluncuran ASUS Vivobook Ultra A412 beberapa waktu lalu sebagaimana saya saksikan dalam streaming live event yang dilakukan oleh ASUS. Dalam event tersebut Mr.Jimmy Lin mengungkapkan bahwa kesuksesan ASUS meraih pencapaiannya selama ini adalah karena ASUS selalu mengedepankan “people” alias kebutuhan manusia sebagai poros sekaligus tujuan utama dalam setiap inovasi yang dikembangkannya.

We work harder and harder for more incredible innovation to come” ungkap Mr.Jimmy Lin dalam acara peluncuran ASUS Vivobook Ultra A412 hari itu, dan ucapannya ini memang terbukti lewat perangkat ASUS Vivobook Ultra A412DA yang merupakan sebuah inovasi laptop yang luar biasa serta mengikuti tren dan kebutuhan milenial  saat ini yaitu sebuah laptop yang ringan, tipis, memiliki performa yang baik serta tak kalah penting adalah stylish. Di usianya yang telah 30 tahun, ASUS tampak semakin dewasa dan mengikuti perkembangan zaman. Maka tak heran, ASUS memimpin pasar laptop di Indonesia dan menjadi laptop no.1 pilihan para penyuka gadget alias gadget freak di Indonesia.

Body Tipis dan Ringan dengan Bentang Layar yang Luas

Kemudian bukan ASUS pula namanya jika tak terus-terusan memperbaharui keunggulan demi keunggulan dalam  setiap laptop yang diusungnya. Hal ini sejalan dengan salah satu dari 4 core value perusahaan ASUS itu sendiri yakni estetika dan inovasi. Buktinya, ASUS menoreh sejarah baru dengan menciptakan produk laptop 14inch colorful yang paling ringkas di dunia. Beratnya yang hanya 1,5 kg dengan ketebalan 1,9 cm menjadikan laptop ini sangat ringan, compact dan tak akan membebani penggunanya.

Ukuran yang mungil ini juga tentunya yang menjadi alasan mengapa saya katakan diatas bahwa ASUS Vibobook Ultra A412DA adalah laptop yang sangat pas untuk mendukung mobilitas. Laptop ini adalah jodoh bagi anda, para pekerja lepas yang seringkali berpindah kantor setiap hari, ataupun entrepreneur muda yang dinamis, mahasiswa yang aktif, blogger yang kreatif hingga traveler yang membutuhkan laptop yang ringan dan travel-friendly untuk dibawa jalan-jalan. ASUS Vivobook Ultra A412DA bisa dengan mudah masuk kedalam tas bahu atau tas punggung kita tanpa memakan ruang untuk menyimpan barang lainnya.

Laptop yang seperti ini tentu sangat saya dambakan, sebab pekerjaan sebagai blogger dan penulis lepas tak jarang menuntut saya untuk mengambil data tulisan keluar kota, maka tentu akan lebih mudah jika saya memiliki laptop yang tak berat untuk dibawa. Demikian pula misalnya saat traveling, dengan laptop ringan saya bisa mengolah tulisan dengan cepat kapanpun dan dimanapun saya berada, jika sewaktu-waktu klien memerlukannya.

Meskipun memiliki body yang tipis dan ringan namun kenyamanan dalam aktivitas komputasi menggunakan laptop ini tetap terjamin sebab ASUS Vivobook Ultra A412DA dibekali layar NanoEdge empat sisi tanpa bingkai dengan bezel ultraslim 5,7mm yang memberikan rasio body to screen sebesar 87% dengan wide view angle 187 derajat. Layar ini akan memberikan penggunanya pengalaman menggunakan laptop dengan layar 14inch meskipun ukuran body aslinya hanya 13inch.

Tampilan layar yang sedemikian luas tentunya akan membuat saya bisa lebih bebas dalam melakukan berbagai aktivitas baik itu untuk bekerja, beraktivitas multimedia, menonton video atau film atau bahkan untuk melakukan video chat bersama teman dan keluarga sebab pada layar bebas-bezel ini juga disisipi kamera HD di bagian atasnya.

Kenyamanan Mengetik dengan Engsel ErgoLift dan Keyboard yang Nyaman

ErgoLift Design

Desain engsel ErgoLift, laptop akan miring 2 derajat saat dibuka untuk meningkatkan kenyamanan mengetik, meningkatkan performa audio dan pendingin laptop

Keyboard Nyaman

Terdapat fitur backlit pada keyboard untuk memudahkan pengetikan dalam kondisi cahaya yang redup/gelap. Jarak antara keycaps 1,3mm telah diperhitungkan agar nyaman untuk mengetik. Ketahanan keyboard telah diuji hingga 10.000 kali ketukan.

Tak saya pungkiri tuntutan pekerjaan kadang membuat saya harus merangkai tulisan hingga beribu-ribu kata. Maka kenyamanan mengetik menjadi aspek utama demi menghasilkan karya tulisan yang tak hanya bagus dan baik tata bahasanya namun juga bernyawa.

Untungnya ASUS juga membekali laptop ini dengan desain engsel ErgoLift dengan kemiringan 2 derajat pada body nya. Dengan desain ErgoLift, layar laptop akan sedikit terangkat saat dibuka hal ini bertujuan untuk memberikan kenyamanan lebih saat mengetik. Inovasi ini tentunya akan memudahkan saya yang bekerja sebagai blogger & penulis dalam mengerjakan berbagai tulisan. Menulis 3000 kata atau belasan halaman? Hajar! Selain itu, ErgoLift juga merupakan desain terobosan ASUS yang bertujuan sebagai pendingin untuk menghindari laptop terlalu panas (overheat). Yeay, kini tak ada lagi cerita bawa-bawa kipas laptop kala akan bepergian keluar rumah.

Kemudian ASUS juga memperhatikan setiap detail pada karya-karya laptop yang dirilisnya, terbukti urusan se-sepele keyboard pun  benar-benar dipikirkan dengan matang. Terdapat backlit (lampu latar) pada keyboard untuk memberi kenyawanan pada kita kala harus mengetik dibawah pencahayaan yang redup misalnya di malam hari, kemudian jarak setiap keycaps juga benar-benar diperhitungkan yakni 1,3 mm untuk menghindari salah ketik. Konstruksi keyboard juga cukup kokoh yang mana bahkan pada setiap keycaps di papan ketiknya ini  telah diuji hingga 10.000 ribu kali ketukan. 

Bayangkan, seserius itu ASUS mengedepankan kenyamanan customer mereka, inilah bukti nyata bahwa ASUS menjadikan “people” sebagai poros utama keberhasilan bisnisnya.

Touchpad dengan Fingerprint Sensor untuk Mendukung Sistem Keamanan

Fingerprint untuk Mendukung Windows Hello

Terdapat fingerprint sensor pada touchpad untuk mendukung sistem keamanan dengan Windows Hello. Hal ini demi menjaga privasi pengguna dan keamanan data pada laptop.

Numberpad dengan LED

Khusus varian transparent silver terdapat lampu LED berwarna untuk memudahkan pengetikan numerik

Masih pada bagian keyboard, tepatnya pada bagian touchpad, pada pojok kanan atas touchpad terdapat sensor fingerprint untuk mendukung fitur windows hello agar pengguna dapat dengan cepat terhubung ke sistem operasi. Dengan fitur ini privasi dan keamanan data-data laptop jadi lebih terjaga. Maklum kita hidup di zaman dimana isu pencurian data kian santer di berbagai media. Maka menjaga keamanan data laptop adalah salah satu cara untuk menjaga keamanan diri kita. Dengan fitur Windows Hello, kita tak perlu khawatir sebab hanya kita dan Tuhan yang dapat mengakses isi laptop kita.

Kemudian khusus varian transparent silverpada bagian touchpad, terdapat numberpad dengan lampu LED berwarna silver untuk memudahkan pengetikan numerik bagi setiap pengguna. Hal ini menurut saya wajar saja, sebab pilihan warna tersebut memang biasanya paling pas untuk kalangan profesional yang membutuhkan fitur lebih dalam pengetikan angka.

Desain yang Penuh Warna dan Berjiwa Muda

Peacock Blue

Cocok untuk kamu yang ingin tampil keren, sporty, trendy dan maskulin. Warna peacock blue juga sedang digandrungi bagi para gadget freak akhir-akhir ini.

Transparent Silver

Pilihan warna yang memberikan kesan mewah dan elegan. Cocok untuk pengusaha muda yang dinamis dan aktif, para pekerja kantoran atau ibu muda yang ingin tampil stylish.

Slate Grey

Cocok untuk kamu yang ingin tampil tangguh, profesional, casual namun tetap eye catching. Pilihan warna yang paling netral bagi siapa saja.

Coral Crush

Pilihan warna paling unik diantara semua varian. Cocok untuk anak muda yang ingin tampil unik, artsy, kekinian dan ceria. Warna yang segar dan anti-mainstream ini akan membuat harimu semakin berwarna.

Perbedaan yang paling mencolok dari ASUS Vivobook Ultra UA412DA dari Vivobook seri lainnya adalah dari segi varian warna yang ditawarkan. Ada 4 pilihan warna unik yang akan memanjakan mata siapa saja yang memandangnya. Dimulai dari warna-warna aman seperti transparent silver atau slate gray bagi mereka yang menginginkan kesan yang anggun atau elegan hingga pilihan warna-warni unik dan berani seperti peacock blue yang sedang “ngetren” ataupun coral crush yang ceria. Pilihan warna yang unik ini menjadikan ASUS Vivobook Ultra A412DA menjadi laptop yang anak muda banget. Sangat pas untuk mewakili karakter milenial yang dinamis, kreatif dan penuh warna.

Hmmm, jujur jika disuruh memilih saya akan bingung warna apa yang akan saya pilih sebab masing-masing warna memiliki keunikan yang khas yang membuatnya tampil menarik. Kalau kamu? kira-kira pilih yang mana, coba dong tulis di kolom komentar.

Otak Cerdas dan Performa Kelas Atas dengan AMD Ryzen

Selanjutnya, jika penampilan sudah sempurna maka tak akan ada gunanya jika tak bada “isinya”. Nah, kabar baiknya ASUS Vivobook Ultra A412DA ini juga disempurnakan dengan otak yang cerdas dan performa kelas atas. Kali ini, ASUS  kembali menggandeng AMD, sebuah perusahaan semikondoktur terkemuka asal Amerika untuk menyematkan buah karya prosesor terbaiknya dalam dapur pacu laptop Vivobook Ultra A412DA ini. Prosesor yang disematkan adalah Ryzen, baik itu Ryzen 3 (3200 U), Ryzen 5 (3500U) sampai yang terbaru Ryzen 7 (3700U).  Prosesor AMD Ryzen yang cerdas ini juga diberikan untuk meningkatkan performa multimedia pada laptop demi mengubah stigma laptop tipis yang dulu diyakini hanya bisa diandalkan untuk bekerja. Dengan prosesor terbaik pentolan AMD ini, performa laptop bisa meningkat hingga 48% dibanding laptop 3 tahun lalu.

Aktivitas multimedia juga akan terasa lebih responsif dan  sempurna dengan dukungan kartu grafis Radeon Vega 8 yang merupakan bagian dari keluarga AMD Ryzen Mobile 2nd Gen terbaru. Prosesor cerdas nan tangguh ini tentunya akan memudahkan saya dalam mengerjakan berbagai konten multimedia seperti menulis blog, mengedit foto dan video, membuat grafis, hingga bermain game-game esports favorit saya. Dengan dukungan Radeon Vega dapat dipastikan, games e-sport favorit saya tidak akan nge-lag saat dimainkan, begitupula halnya dengan kegiatan mengedit video seperti dalam proses rendering tak akan ada drama laptop lemot atau tiba-tiba ngehang saat tengah asik mengedit video. Kemudian bagi kalian pecinta film drama korea, laptop ini cukup tangguh untuk memutar video 4k sehingga tentunya penonton dapat menikmati kualitas gambar yang lebih baik saat menonton.

Untuk urusan ruang penyimpanan laptop ini memiliki HDD cukup besar yakni 512GB sampai dengan 1 terabyte kemudian untuk akses yang cepat kala membuka file disediakan SSD sebesar 128-512 GB.  Kamu punya file drama korea berseri-seri? tenang, laptop ini mampu menampungnya.

Mengenai sistem operasi, tak perlu khawatir sebab laptop ini telah di pre-instal dengan Windows 10 ASLI. Sehingga kita tak perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli dan menginstal Windows sendiri, apalagi menggunakan versi yang bajakan. Sebab saat dibuka dari box nya, laptop ini telah siap digunakan.

Konektivitas Tanpa Batas 

Satu hal yang tak kalah penting adalah soal konektivitas sebab kita hidup di era dimana semua pekerjaan akan lebih termudahkan apabila kita dapat dengan mudah terhubung dengan perangkat lain. ASUS memahami kebutuhan tersebut dengan memberikan dual-band Wifi 5 (802.11 ac) pada laptop ini demi memberikan pengalaman berselancar di dunia maya dengan lebih cepat sampai dengan 867Mbps, dengan ini pengguna bisa megakses internet 6 kali lebih cepat.

Masih soal konektivitas, pada laptop ini juga terdapat port USB tipe C yang dapat dibalik sehingga dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat lain dengan mudah. Ini juga memberikan kecepatan transfer data 10 kali lebih cepat. Selain itu terdapat port USB 3.1, Gen 1, USB 2.0, Output HDMI dan MicroSD. Hal ini tentunya akan memudahkan kala harus melakukan presentasi di hadapan klien atau ketika mengisi seminar sebab laptop dapat dengan mudah terhubung ke perangkat lainnya.

Tenaga Prima

Bagaimana soal tenaga? Saya akui bagi seorang pekerja lepas, mobilitas tak hanya bergantung pada laptop yang ringan dan ringkas. Namun juga adalah soal ketahanan baterai pada laptop, sebab mencari colokan listrik khususnya di tempat umum seperti cafe atau coffe shop tidaklah mudah belum lagi jika harus bekerja dikala traveling misalnya didalam bus atau kereta.

ASUS sungguh memahami hal ini, maka tak heran ASUS menghadirkan teknologi fast charging pada laptopnya, dalam 49menit saja laptop sudah terisi daya hingga 60%. Anda juga tak perlu cemas jika sewaktu-waktu lupa mencabut charger dari colokan (overcharging) sebab ketahanan baterainya cukup awet, berkat baterai polimer lithium berkualitas tinggi yang dapat melindungi baterai laptop dari kemungkinan kerusakan, pembengkakan baterai, dan menjaga baterai tetap dalam kondisi prima. Material ini dikatakan dapat menjaga ketahanan baterai hingga 3 kali lipat.

Audio yang Bertenaga dengan Sonic Master

Bukan milenial namanya jika tak membutuhkan laptop dengan audio yang juara. Sebab aktivitas mendengarkan musik, menyimak podcast, bermain game atau menonton video tentu akan terasa lebih sempurna jika didukung kualitas suara yang istimewa. ASUS menghadirkan kualitas suara yang imersif dengan teknologi andalannya Sonic Master. Paduan dari perangkat keras dan perangkat lunak yang dapat memberikan suara yang berkualitas dan powerful pada laptop, baik saat dipakai gaming, mendengarkan musik atau menonton film. Berbagai aktivitas multimedia atau hiburan akan lebih menyenangkan dengan teknologi Sonic Master ini sebab kita bisa mengatur dan menyesuaikan jenis audio sesuai kebutuhan.

Mengapa Memilih Laptop

Terakhir, jika kamu penasaran mengapa saya memilih ASUS sebagai laptop pilihan, maka setidaknya saya dapat menjabarkan beberapa alasan :

1. ASUS adalah merek laptop No.1 di Indonesia saat ini yang telah mraih 4.511 penghargaan hingga tahun 2018 dari berbagai media teknologi internasional serta Top Brand Award pada tahun 2018. Kemudian pada Januari 2019 lembaga riset GFK menyebutkan pangsa pasar laptop ASUS naik menjadi 41,1% dibanding tahun 2018 lalu yang hanya 40,4% hal ini menggambarkan bahwa ASUS telah menjadi produk laptop yang sangat diminati bagi para pecinta gadget tak hanya di tanah air namun juga seluruh dunia.

2. ASUS in search of incredible, slogan ASUS ini memang bukan sekedar semboyan sebab ASUS telah membuktikan keunggulannya dalam menciptakan berbagai inovasi laptop terbaik di dunia. Tak heran ASUS menjadi salah satu perusahaan yang masuk dalam World’s Most Admired Companies dari majalah Fortune.

3. Bukti nyata keseriusan ASUS dalam inovasi, desain dan kualitas juga tampak pada ribuan karyawan yang bekerja pada ASUS. Dari lebih 16.000 karyawan diseluruh dunia, 5000 diantaranya adalah insinyur IT berkelas dunia. Ini membuktikan bahwa laptop ASUS adalah buah karya dari tangan-tangan pekerja yang berkompeten.

4. ASUS terus menjadi industri terdepan yang menghasilkan teknologi yang ramah lingkungan, bahkan ASUS menjadi industri pertama di dunia yang meraih sertifikat EU Flower ECO untuk produk computer desktop dan sertifikat EUP untuk notebook. Menggunakan laptop ASUS dapat menjadi bentuk upaya kita untuk turut melestarikan lingkungan.

5. Filosofi ASUS yang berarti Pegasus, melambangkan kebijaksanaan dan pengetahuan. ASUS menjelmakan kekuatan, kemurnian dan jiwa petualang, dari mahluk mitologi yunani kuno ini. Filosofi ini terejawantah dalam setiap produk yang dipasarkan, yang hampir selalu pecah di pasaran.

ASUS telah menjadi laptop yang digunakan oleh saya dan keluarga sejak lama. Saya dan kedua adik-adik menggunakan ASUS sebagai daily driver kami sehari-hari.  Meskipun kami bertiga berbeda-beda priofesi namun ASUS menjadi bagian penting yang menunjang masing-masing produktivitas kami. Maka melalui tulisan ini juga, izinkan saya menyampaikan testimoni tentang apa yang sudah kami rasakan selama menggunakan ASUS sebagai laptop pilihan kami. Karena  buat kami, #ASUSLaptopku! ^^

Testimoni Pengalaman Menggunakan Laptop ASUS dari

“Edmanda Bersaudara”

“Pengalaman menggunakan ASUS  sejak dulu saya merasa sangat puas, belum pernah ada keluhan dan laptop ASUS cukup tangguh untuk digunakan berbagai keperluan. Mulai dari blogging, mengedit foto, video, bermain game dsb. ASUS merupakan merek gadget favorit keluarga”

Rizka Edmanda

IRT, Blogger, Freelance Writer

“Sudah hampir 3 tahun menggunakan laptop ASUS sejak awal masuk SMA. Performanya cukup baik untuk menunjang pekerjaan dan tugas sekolah, membuat presentasi serta bermain game. Hal yang paling disuka dari ASUS itu varian laptopnya ringan, pas banget masuk tas”

M,Rezha Edmanda

Pelajar SMA

“Aku sudah pakai ASUS sejak masih kuliah di Malaysia. Di Malaysia juga banyak teman kampus yang pakai ASUS. Sampai sekarang laptop ASUS  yang dipakai waktu kuliah B.sc masih bagus. Performanya masih sangat oke, dan garansinya juga lama. Good Job,  ASUS!”

Elvira Edmanda

Mahasiswa, Pengusaha Hijab

ASUS Vivobook Ultra A412DA, Laptop Kekinian dengan Performa Unggul yang Tak Terbantahkan 

 

Saya pribadi tak akan ragu menjadikan laptop ASUS Vivobook Ultra A412DA sebagai daily driver untuk menunjang produktivitas saya sehari-hari.  Sebab ia telah memenuhi semua kriteria idaman saya akan sebuah laptop yakni memiliki body yang tipis, ringan ramping dan stylish, performa yang unggul, prosesor yang cerdas dan yang tak kalah penting ditawarkan dengan harga yang tak tak terlampau tinggi. Cocok untuk seorang milenial muda, seperti saya.

Setelah kesuksesan Vivobook Pro dan Vivobook S yang kemarin cukup “meledak”, saya yakin konsumen setia ASUS akan turut jatuh hati dengan varian Vivobook Ultra A412DA ini. Saya jadi tak sabar akan ada inovasi dan kejutan-kejutan apalagi yang akan ASUS lahirkan di kemudian hari. Makanya buat kalian yang belum pakai ASUS, yuk #2019gantilaptop ASUS aja!

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam Writing Competition ASUS Vivobook Ultra A412DA yang diadakan oleh ASUS Indonesia & AMD bekerjasama dengan  www.adventurose.com dengan tema The World’s Smallest 14 inch Colorful Notebook

 

Sumber-sumber :

– Foto dan Infografis : ASUS, Rizka Edmanda

– Tabel/grafis spesifikasi : Rizka Edmanda

– ASUS Product Guide 2019

– ASUS Channel Site

– https://www.asus.com/Laptops/ASUS-VivoBook-14-X412DA

error: content is protected