A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Moms pernah gak sih mengalami bayi menangis tanpa henti, disusuin malah muntah, tapi kalau gak disusuin tangisannya justru makin menjadi-jad. Kadang sebagai Ibu kita jadi serba salah, ingin menenangkan tapi bingung gimana caranya. Apalagi sebagai Ibu baru, saya yakin ketika mengalami hal tersebut, terkadang kita jadi ikutan panik dan ingin ikut menangis. Setidaknya itu sih yang saya alami saat anak saya Qonita baru lahir kemarin, masa-masa awal menjadi Ibu memang seru namun penuh ketegangan, disatu sisi saya belum begitu paham seluk beluk dunia perbayian disisi lain, saya tentu gak tega melihat Qonita nangis gak karuan. 

Hingga akhirnya saya tau kalau ternyata bayi bisa mengalami kolik yaitu kondisi dimana bayi menangis tanpa henti yang salah satu penyebabnya bisa dikarenakan sistem pencernaan yang belum matang sehingga menyebabkan perut bayi kembung. kedengaran klasik memang, perut kembung pada bayi memang sangat lumrah terjadi namun apabila dibiarkan tentu ini akan membuat bayi tidak nyaman dan jadi rewel. 

Illustration Photo by Khoa Pham on Unsplash

Di masa-masa Qonita baru lahir sayapun mengalami hal demikian, sampai akhirnya waktu itu sayapun pergi berkonsultasi pada salah satu Dokter Spesialis Anak di Kota Pontianak untuk bertanya tentang cara mengatasi perut kembung pada bayi. Beruntung Dsa yang saya jumpai orangnya sangat supel dan ramah, beliau menjelaskan pada saya pertolongan pertama yang dapat dilakukan dirumah sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. 

Katanya sih pertama tentu kita harus membuat bayi merasa nyaman setelah menyusu, yaitu dengan menyendawakan bayi boleh di pundak ataupun di lengan. Pertama-tama saya memang belum terlalu pinter sih menyendawakan bayi, bawaannya masih deg-degan kalau harus meletakkan Qonita yang waktu itu lehernya belum tegak ke pundak, tapi lama-lama akhirnya saya jadi paham dan terbiasa. Menyendawakan ini wajib dilakukan setiap selesai menyusu ya Moms, agar udara yang ikut masuk saat bayi menyusu tidak memenuhi ruang di perutnya dan mengakibatkan kembung. 

Meskipun kolik ini konon akan mereda dengan sendirinya saat usia bayi 4 bulan yaitu setelah sistem pernafasan dan pencernaan bayi mulai berkembang dengan optimal namun bagi Ibu Menyusui apalagi pada 6 bulan pertama, penting juga untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Dokter menyarankan saya untuk menghindari makanan bergas, berkafein atau dapat memicu alergi seperti air soda, sayur kol, brokoli, teh, kopi, makanan terlalu pedas dan menghindari konsumsi produk susu terlalu banyak. 

Nah kemudian dokter juga menyarankan saya untuk mengoleskan minyak telon pada untuk membantu menghangatkan dan mengatasi perut kembung pada bayi. Duh padahal nih jujur sebelumnya saya gak terlalu suka minyak telon, pertama karena aromanya yang nyegrak alias terlalu menyengat kemudian karena kebanyakan minyak telon memiliki tekstur yang lengket dan terlalu berminyak.

Namun persepsi saya tentang minyak telon berubah saat saya berkenalan dengan Telon Doodle, Minyak Telon Exclusive yang punya manfaat ganda dengan aroma greentea yang kekinian… 

Review Telon Doodle, Exclusive Telon Oil untuk Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi

Awalnya saya mengenal brand ini saat sedang jalan-jalan ke toko bayi langganan saya, disana booth Telon Doodle tampak sedang melakukan promosi produk mereka, jujur awalnya saya tidak terlalu tertarik, saya pikir yang namanya minyak telon paling ya sama-sama aja. Tapi kemudian saya iseng-iseng bertanya pada mba-mba SPG toko tentang produk minyak telon yang satu ini, melalui brosur yang diberikan tertulis bahwa Telon Doodle memiliki formula khusus yang membuatnya berbeda dari minyak telon kebanyakan. 

Pertama, selain memberikan kehangatan untuk bayi dan membantu mengatasi perut kembung pada bayi, Telon Doodle juga dapat digunakan sebagai anti nyamuk, kemudian dari segi aroma, Telon Doodle juga memiliki sensasi aroma green tea. Hmmm saya jadi penasaran sama produk ini, apalagi harga yang ditawarkan juga sebenarnya diatas harga rata-rata minyak telon pada umumnya, saya jadi semakin penasaran keunggulan apa sih yang Telon Doodle ini tawarkan. 

Hingga akhirnya saya mencoba sendiri Telon Doodle beberapa waktu lalu daaaaan ternyata benar, sayapun langsung jatuh cinta pada produk Telon Oil Exclusive ini 

Packaging 

Dari segi kemasan, sebetulnya standar ya bagian luar Telon Doodle dikemas dalam box yang dilapisi plastik wrap agar produk didalamnya lebih terjaga, kemudian didalamnya Telon Doodle ini dikemas dalam 

botol fliptop anti tumpah. Kemasannya sendiri tersedia dalam beberapa ukuran, punya saya yang ukuran 100 ml untuk dipakai dirumah dan ukuran travel size untuk masuk ke diaper bag dan dibawa kemana-mana. Ukuran travel size cukup ringkas untuk masuk ke toiletries pouch Qonita.

Informasi yang diberikan pada kemasan produk juga cukup jelas, tersapat tanggal expired, nomor BPOM, komposisi, informasi produk, sosial media, nama produsen hingga cara penyimpanan produk, untuk customer baru seperti saya tentu informasi-informasi ini akan sangat membantu. 

Aroma

Hal yang paling saya suka dari Telon Doodle ini adalah aroma greentea yang sangat menyegarkan, memang aroma khas minyak telon masih terasa namun dengan aroma sensasi green tea, membuat aroma minyak telon ini tidak terlalu nyegrak. Sensasi aroma greentea tersebut terasa sangat kekinian, beda deh sama minyak telon tradisional yang selama ini familiar. Makanya, saking sukanya saya sama aroma Telon Doodle ini, saya sampai jarang mengaplikasikan baby cologne pada Qonita karena aromanya yang nyaman dan segar bertahan cukup lama di kulit. Bisa jadi pengganti baby cologne juga. 

Tekstur

Hal selanjutnya yang saya suka dari Telon Doodle adalah karena teksturnya yang tidak lengket, terasa hangat bukan panas dan saat diaplikasikan ke badan Qonita terasa lebih cepat meresap dibanding minyak telon pada umumnya. Terkadang, kalau saya pakein minyak telon merek lain ke badan Qonita suka ada sensasi terlalu berminyak dikulitnya, dan kadang juga kulit Qonita langsung merah-merah kayak “kepanasam” gitu setelah pake minyak telon tapi kalau pake Telon Doodle ini sama sekali tidak. 

Fungsi 

Sesuai namanya yaitu “minyak telon plus” maka Telon Doodle tidak hanya menawarkan manfaat untuk memberi kehangatan pada bayi dan meredakan gejala masuk angin serta mengatasi perut kembung pada bayi namun juga dapat digunakan sebagai anti nyamuk. Jadi lebih hemat sih, karena kita jadi tidak perlu memberikan minyak telon dan anti nyamuk kepada anak secara terpisah, cukup dengan memberikan Telon Doodle maka sudah memberikan manfaat ganda yaitu untuk menghangatkan, mengatasi perut kembung pada bayi dan sebagai anti nyamuk.

Harga

Seperti yang saya katakan diatas, harga Telon Doodle memang diatas harga minyak telom rata-rata. Untuk kemasan 60ml harganya sekitar Rp 27.000 sedangkan untuk kemasan 100 ml harganya sekitar Rp 37.000, untuk harga ini bisa berbeda-beda ya tergantung dimana belinya. Saran saya sih beli online seperti di marketplace atau di toko bayi online supaya bisa lebih mudah membandingkan harga di 1 toko dengan toko lainnya. Soal harga, menurut saya dengan manfaat ganda yang ditawarkan untuk anti nyamuk dan untuk menghangatkan bayi, menggunakan Telon Doodle justru membuat harganya jadi tetasa lebih hemat ya karena kita tidak perlu menggunakan 2 jenis produk untuk baby kita. 

Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi dengan Telon Doodle

Nah, untuk membantu mengatasi perut kembung pada bayi dengan menggunakan Telon Doodle cukup mudah, kita harus rutin mengaplikasikan Telon Doodle ke perut, telapak kaki dan punggung bayi setiap habis mandi, tipis-tipis aja ya Moms, dan jangan lupa untuk uji sensitifitas kulit dulu sebelum mengaplikasikan ke bagian badan, caranya tinggal dioles sedikit di telapak kaki dan tunggu beberapa jam jika tidak ada reaksi apapun pemakaian bisa dilanjutkan. Kemudia Moms juga bisa memberikan pijatan I LOVE YOU pada bagian perut menggunakan Telon Doodle, caranya bisa dilihat di video yang saya ambil dari channel Female Daily Network dibawah ini ya Moms

Sejak berkenalan dengan Telon Doodle, saya jadi gak lagi khawatir kalau sewaktu-waktu Qonita kembung karena Telon Doodle dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi perut kembung pada bayi, supaya manfaatnya lebih maksimal sayapun jadi rutim mengaplikasikan telon doodle ini setelah Qonita mandi agar kehangatan tubuhnya selalu terjaga dan aman dari gigitan nyamuk.

error: content is protected