A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Saat melihat artis, beauty enthusiast ataupun influencer dari Korea mungkin kamu bisa menemukan 1 persamaan diantara mereka. Yaitu kulit wajah bening bercahaya yang tampak kenyal, lembab, sehat dan GLOWING. Tren kulit glowing ala korea memang sangat digandrungi akhir-akhir ini. Apalagi sejak demam korean wave mewabah di Indonesia, banyak orang yang akhirnya kepincut sama tren ini. Positifnya, sekarang jadi makin banyak anak muda yang peduli sama urusan perawatan wajah. Tapi sayangnya, ditengah fenomena generasi yang mulai “melek skincare” ini, ternyata masih banyak juga yang salah kaprah. Karena banyak yang menerapkan cara membuat wajah glowing yang tidak tepat. Lalu akhirnya yang didapat, bukannya wajah glowing namun justru kulit wajah jadi rusak. Banyak yang gak sadar kalau basic skincare adalah kuncian kulit sehat. Makanya, di artikel kali ini saya pengen sharing tentang tips-tips dan cara membuat kulit glowing yang saya rangkum berdasarkan pengalaman saya dan beberapa sumber terpercaya.   Let’s in! 

 

Start From Basic Skincare

Bicara tentang cara membuat kulit glowing, Satu hal yang harus kamu pahami adalah, bahwa kulit glowing hanya bisa diwujudkan jika kulit sudah dalam kondisi yang sehat, lembab, terhidrasi dengan baik, seimbang kadar minyak dan airnya serta TERAWAT dengan optimal. Jangan pikir wajah glowing bisa didapatkan dalam waktu sehari semalam. Kalaupun ada krim-krim tertentu yang menjanjikan demikian, i’m not really sure krim tersebut bener-bener aman dan tidak mengandung bahan berbahaya. Trust me, pada dasarnya Allah sebenarnya sudah memberikan kita kulit dengan mekanisme alamiah untuk “memperbaiki” dirinya sendiri. Misalnya, tanpa diapa-apain juga kulit sebetulnya akan meregenerasi dan mengangkat sel kulit mati dengan sendirinya. SEKALIPUN tidak kamu bantu dengan produk eksfoliator (peeling). Tapi tentu hasilnya gak akan semaksimal jika dibantu dengan produk-produk peeling untuk mengeksfoliasi kulit mati.

Meskipun kulit kita sebenarnya sudah “canggih”,  Tapi sayang di zaman sekarang kita gak bisa menampik kalau polusi, radikal bebas, makanan gak sehat, asap rokok (sekalipun kamu tidak merokok) sampai paparan UV dari matahari bisa menurunkan kualitas kulit kita. Nah disinilah alasan mengapa merawat kulit itu perlu. Yaitu untuk membantu mekanisme alamiah kulit kita agar bisa lebih maksimal dalam melakukan fungsi-fungsinya. Nah “bantuan” seperti apa sih yang bisa kita berikan buat kulit wajah supaya fungsi-fungsi alamiahnya bisa bekerja dengan optimal? salah satu caranya adalah dengan merawat wajah menggunakan SKINCARE. 

Jika kamu adalah seorang pemula dalam dunia per-skincare-an, atau baru-baru aja mencoba menggunakan skincare. Maka sebetulnya penggunaan rutinitas skincare bisa kamu mulai dengan yang paling simple/sederhana yaitu BASIC SKINCARE.

Sederhananya, basic skincare itu bisa saya jabarkan sebagai berikut :

  • CLEANSING (pembersihan) bisa dimulai dengan cleansing cream, micellar water atau cleansing foam kemudian menggunakan sabun wajah
  • TONING (penyegaran) toner berfungsi untuk menyiapkan kulit sebelum menerima rangkaian skincare selanjutnya dan menyeimbangkan kadar air di wajah (menghidrasi)
  • MOUSTURIZING (pelembaban) krim pelembab yang berfungsi untuk mengunci kelembaban kulit wajah agar fungsi rangkaian skincare lainnya lebih maksimal

Kemudian tahapan diatas bisa dilanjutkan dengan tahapan lanjutan sebagai berikut :

  • PROTECTING (perlindungan) krim SPF yang berfungsi untuk melindungi wajah dari paparan UV matahari
  • TREATMENT (perawatan) menggunakan krim, ampoule, booster, serum atau bahan aktif tertentu untuk merawat SKIN CONCERN yang dibutuhkan misal krim jerawat, krim pencerah, krim anti aging (anti penuaan dini) dsb

Meskipun judulnya “basic” tapi sesungguhnya basic skincare adalah kunci dari penggunaan skincare. Percaya sama saya, dengan rutin menerapkan basic skincare ini aja secara konsisten, sebenarnya kondisi kulit wajah kamu bisa membaik lho. Even tanpa bantuan essence, serum, ampoule dll. Karena tanpa basic skincare pun, penggunaan skincare lainnya akan percuma. Kecuali jika kamu ingin “lebih” ataupun punya skin concern khusus, mungkin kamu butuh produk skincare dengan bahan aktif tertentu untuk menyempurnakan rangkaian basic skincare diatas.

Terus kenapa sih moisturizer ini masuknya ke basic skincare? emang pelembab ini penting banget gitu? kalau kulit kita jerawatan atau berminyak gimana? Apakah tetep perlu menggunakan pelembab?

Oke untuk menjawab pertanyaan tersebut, kita pindah ke tips nomor 2

 

Hydration is The Key To Glowing Skin

Bagi mereka yang memiliki kulit kering, sudah dapat dipastikan bahwa pelembab sangatlah perlu untuk digunakan.  Lalu gimana dengan pemilik kulit berminyak atau kombinasi? Nyatanya, pemilik kulit berjerawat ataupun kombinasi tetap membutuhkan pelembab. Namun produk-produk skincare dengan kandungan moisturizer itu harus disesuaikan dengan kondisi kulitmu. Misalnya menggunakan pelembab yang berbahan dasar air (water base) dengan tekstur yang lebih ringan dan tidak oily. 

Karena sesungguhnya, yang menyebabkan kulit jadi berminyak adalah ketika kelenjar minyak di wajah terlalu aktif sehingga akan memproduksi minyak secara berlebihan. Maka tugas seorang pemilik kulit berminyak adalah untuk mengontrol kelenjar minyak itu agar tidak terlalu aktif. Caranya, dengan menggunakan produk-produk pelembab agar permukaan kulit wajah lembab dan kelenjar minyak tersebut berhenti memproduksi minyak secara berlebihan untuk melembabkan permukaan wajah. Lembab disini didefiniskan sebagai kondisi wajah dimana kandungan air dan minyaknya sudah seimbang atau sudah terhidrasi.

Jika kelembaban dan hidrasi kulit sudah optimal, maka apapun produk skincare yang digunakan akan lebih mudah diserap oleh wajah dan bisa bekerja dengan maksimal. Baik itu produk pencerah atau anti aging. Dalam kata lain, kalau kelembaban dan hidrasi kulit sudah baik maka mimpimu untuk punya kulit glowing akan lebih mudah tercapai.

So, jangan mimpi punya kulit glowing ya kalau urusan menghidrasi kulit masih kamu abaikan!

Selain merawat kulit wajah dengan produk-produk pelembab untuk menghidrasi kulit, saya juga menerapkan cara membuat kulit glowing lainnya. Diantaranya yaitu dengan mulai melakukan kebiasaan baik lainnya seperti : Minum air putih yang cukup agar kondisi air didalam tubuh lebih seimbang, kemudian mengkonsumsi banyak sayur dan buah-buahan, olahraga dan istirahat yang teratur sampai menggunakan  humidifier atau pelembab udara di ruangan. Karena kebetulan dirumah, saya seharian lebih banyak menggunakan AC makanya kulit jadi sering kering, nah humidifier atau pelembab udara lumayan ngebantu sih supaya udara AC gak bikin kulit kering-kering amat.

Pratista Skincare, Cara Mudah Membuat Kulit Glowing

Nah, diatas saya sudah cerita tentang mengapa basic skincare itu penting banget buat wajah kita agar sehat, lembab dan glowing. Kemudian saya juga udah cerita tentang alasan mengapa kita penting untuk menghidrasi kulit. Ngomongin hidrasi kulit, kebetulan banget beberapa waktu yang lalu saya dikirimin rangkaian produk basic skincare dari Pratista Skincare yang fungsinya adalah untuk melembabkan atau menghidrasi kulit. Saya dikirimin 3 items, antara lain toner, moisturizer dan hyglow face mist.

Saya pengen kasi sedikit review untuk produk ini karena kebetulan setelah nyobain lebih kurang 1 mingguan, saya merasa produk lokal ini bisa bekerja dengan baik dan layak untuk direkomendasikan. Basic skincare set dari Pratista ini juga bisa jadi solusi untuk menghidrasi kulit jika kamu terlalu mager untuk menggunakan tahapan skincare berlapis-lapis.

Review Produk Basic Skincare Pratista

1. HyGlow Face Mist

I dunno how to say, but i really really really love this product. Saya suka banget sama produk ini. Jujur awalnya saya pikir ini sama aja kayak face mist biasa. Sebagai pecinta face mist, saya juga sebenarnya punya beberapa produk face mist dirumah. Tapi entah kenapa menurut saya Hyglow Face Mist dari Pratista Skincare cukup ampuh bikin kulit saya lebih glowing maksimal. Produk ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi. Bisa jadi setting spray untuk disemprot ke wajah sesudah makeup agar makeup lebih tahan lama dan hasilnya lebih dewy. Dan bisa juga digunakan sebagai daily face mist untuk digunakan kapanpun kamu merasa butuh yang seger-seger untuk disemprot ke wajah. This product is really wakes me up terlebih saat saya sedang capek atau suntuk menjalani rutinitas. Dia bikin wajah langsung berasa On dan seger lagi.

Formula Hyglow Face Mist ini terdiri dari minyak dan air (bi-phase) yang digabungkan dalam 1 produk. Fasa air yang berfungsi untuk menghidrasi kulit dan fasa minyak yang berfungsi untuk mengunci air agar tidak hilang, agar kelembaban kulit wajah lebih tahan lama. Produk ini mengandung bahan-bahan yang cukup oke untuk melembabkan wajah seperti aloe vera, greentea, licorice, gingseng extract, dan niacinamide, grapeseed oil dan jojoba oil. 

Sejauh pantauan saya tidak ada bahan-bahan yang berbahaya untuk ibu hamil dan menyusui di produk ini. As you know sejak punya anak, saya concern banget sama makeup dan skincare yang pregnancy & breastfeeding safe. Kalau kalian sering mengikuti blog ini atau instagram saya, pasti ngeh yaaaa 

 

Yang saya suka adalah meskipun ini produk dengan formula bi phase, namun kandungan minyaknya sama sekali gak bikin wajah terasa lengket. Minyaknya bisa diserap dengan mudah dikulit dan terasa ringan pas dipakai. Cara pakainya juga simple, cukup disemprot ke wajah kapanpun kamu inginkan. Aromanya segar dan kemasannya juga cukup ringkas untuk dibawa kemana-mana. Setelah pemakaian lebih kurang seminggu saya merasa wajah jadi terasa lebih lembab dan kenyal. Pas bangun tidur, terasa banget kalau permukaan kulit jadi lebih halus dan GLOWING. Glowingnya bukan yang minyakan gitu lho ya karena pas saya coba angkat dengan face paper ya sama sekali gak ada minyaknya, jadi cuma glowing aja. Nah inilah tanda-tanda kalau kulit sudah terhidrasi dengan baik. Jadi dia glowing tapi gak minyakan. 

2. Hyalu Hydrating Toner

Mungkin saya gak bisa terlalu banyak cerita tentang produk ini, karena saya baru aja beberapa hari menggunakannya. Tapi kalau kamu penasaran, akan saya ceritain dikit ya. Formula toner ini agak bikin saya surprise, karena biasanya saya pakai toner dengan formula yang cair. Sementara ini bentuknya kayak gel. Menurut saya ini akan cocok banget jadi hydrating toner buat orang yang punya tipe kulit kering karena konsistensinya yang lebih padat, jadi dia bisa melembabkan kulit wajah dengan lebih ekstra. 

Kandungannya terbuat dari aloevera berbadensis centella asiatica extracy, licorice, glycerin, vitamin C, vitamin B5, portulaca oleracea extract dan diperkaya dengan hyaluronic acid 2%. Sama seperti produk Hyglow Face Mist, produk ini juga cenderung aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

Overall sebetulnya saya suka sama produk ini, tapi jujur saya akan jauh lebih suka lagi seandainya Pratista berinovasi untuk mengganti aroma produk ini dengan wewangian yang lebih lembut. Thats my honest opinion, tho

3. Glyaqua Moisturizing Cream 

Satu hal yang paling saya suka dari krim pelembab ini adalah karena teksturnya yang ringan banget. Biasanya saya pakai krim ini setelah menggunakan toner, sebelum memasuki tahapan skincare lainnya. Kadang juga saya jadikan base sebelum makeup-an, sebelum menggunakan primer dan hasilnya makeup jadi gak gampang crack. Produk makeup keliatan jadi bisa nyatu dengan baik di wajah dan gak keliatan kayak topeng. Saat pemakaian gak ada rasa cekit atau apapun, just like normal aja. Tapi satu hal yang saya noticed adalah setiap pake moisturizer cream ini, rasanya kelembaban kulit bertahan lebih lama. As I mention above, waktu saya lebih banyak dihabiskan di ruangan berAC. Jadi kadang wajah saya sering cepat kering kalau lagi dibawah AC. Senengnya pas pakai produk ini kelembabannya lebih awet sampai beberapa jam.

Kesan-Kesan Pemakaian

Kalau teman-teman tanya, gimana hasilnya setelah menggunakan produk ini. Saya bisa bilang kalau produk ini ngebantu banget untuk menghidrasi kulit saya. Terasa banget kalau kulit jadi lebih lembab, dry patch menghilang dan in the end kulit terasa lebih kenyal, lembut dan glowing. Menurut saya, untuk ukuran basic skincare dengan harga yang cukup terjangkau, Pratista Skincare layak kalian coba. Karena kalau saya pribadi biasanya untuk basic skincare memang cari yang gak terlalu mahal, biar budgetnya bisa buat ampoule atau serum yang bagus sekalian. Jadi kalau kalian sama kayak saya, selalu butuh menghidrasi kulit, rutin pake basic skincare dan pengen cari yang bagus tapi terjangkau boleh banget cobain 3 produk ini.

Well itu aja sharing dari saya tentang tips dan cara membuat kulit glowing. Pada intinya sih jangan pernah sepelekan tahapan basic skincare dan hydration deh karena menghidrasi kulit adalah cara untuk membuat kulit glowing. Btw jadi penasaran nih, ada yang pernah nyobain produk ini juga gak sih? Kalau ada share impressionnya juga dong di kolom komentar

error: content is protected