A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

C-Learning by Nutriclub – Tak terasa usia kandungan saya telah memasuki minggu ke 33. Artinya, tak lama lagi hari kelahiran yang telah saya tunggu-tunggu selama beberapa bulan belakangan ini akan segera tiba. Selama menunggu hari perkiraan lahir (HPL) saya sudah melakukan berbagai persiapan. Mulai dari mencicil daftar belanja perlengkapan bayi hingga melakukan persiapan fisik dan mental untuk menghadapi apapun metode kelahiran yang akan saya lalui. Sebab, kendati saat anak pertama kemarin saya lahirkan dengan proses persalinan normal, namun saya sadar bahwa saya tidak akan pernah bisa memprediksi apa yang akan terjadi pada proses kelahiran anak kedua nanti.

Meskipun tentu kali ini saya tentunya juga tetap akan mengupayakan persalinan normal namun saya juga tak akan lupa menyiapkan diri untuk segala kemungkinan yang akan terjadi, termasuk apabila dokter kelak menentukan saya harus melakukan metode Caesar untuk menyambut kelahiran Si Kecil.

c-learning nutriclub

Sebetulnya bagi saya semua proses kelahiran itu tetaplah sakral dan istimewa. Sebab melahirkan dengan metode normal ataupun metode caesar sama-sama butuh perjuangan yang luar biasa. Jika pada metode persalinan normal kita harus siap menghadapi kontraksi berkepanjangan, maka pada persalinan caesar kita juga harus siap menghadapi prosedur bedah/operasi yang tentu juga bukan sesuatu yang mudah. Jadi jika indikasi medis kelak menentukan saya atau mama hamil lainnya harus melahirkan secara caesar, kita wajib bersiap diri. Tak hanya secara fisik dan mental namun juga menyiapkan wawasan mengenai dampak persalinan caesar itu sendiri.

Dari informasi terbaru yang saya baca, persalinan dengan metode caesar ternyata tidak hanya berdampak pada proses pemulihan mama yang lebih lama, namun juga berdampak pada daya tahan tubuh Si Kecil akibat hilangnya kesempatan Si Kecil terpapar bakteri baik pada jalur lahir mama (vagina). Penelitian terbaru membuktikan si Kecil yang lahir normal per vaginam (melalui vagina), tubuhnya akan mendapat bekal antibodi dari sang ibu, yaitu bakteri yang ada di vagina sebagai jalan lahir. Sedangkan si Kecil yang lahir secara caesar, ususnya menjadi steril karena tidak mendapatkan mikrobiota dari ibu, yang akhirnya bisa menurunkan kekebalan tubuh si Kecil. Padahal, mikrobiota yang diperoleh Si Kecil saat proses persalinan sangatlah penting untuk memproduksi sel T regulator yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan daya tubuhnya.

c-learning nutriclub

Dalam rangka menyiapkan wawasan untuk menghadapi proses kelahiran caesar tentunya kita harus banyak membaca dan melihat informasi dari sumber yang kredibel. Misalnya dari para pakar atau experts. Namun saya tahu, tidak banyak sumber terpercaya yang menyajikan informasi serta wawasan seputar persiapan persalinan caesar. Karena itulah, Nutriclub– sebuah layanan yang berdedikasi untuk mendampingi para Ibu Indonesia dalam perjalanan kehamilan dan tumbuh kembang si Kecil dan balita- menghadirkan C-Ready Learning, sebuah  laman khusus untuk mengedukasi mama seputar persiapan persalinan caesar baik pra maupun pasca kelahiran. C-Ready Learning by Nutriclub berisikan ragam informasi dan wawasan dari para experts mulai dari dokter kandungan, dokter anak, bidan hingga praktisi hypnobirthing dan prenatal yoga yang akan #SiapBeriDukunganEkstra untuk mama dalam menghadapi persalinan caesar.

c-learning nutriclub

Konten-konten pada C-Ready Learning Page dapat mama akses darimana saja dan kapan saja sehingga mama dapat merasakan berbagai fitur yang sangat bermanfaat didalamnya. Misalnya konten video berjudul “Persiapan Melahirkan Masa Kini Yang Wajib Mama Ketahui” yang disampaikan oleh dr. Darell Fernando, SpOG untuk memahami faktor-faktor apa saja yang dapat memengaruhi metode kelahiran, serta informasi terbaru mengenai dampak risiko bagi si Kecil jika harus melewati persalinan Caesar.

Ada pula konten video berjudul “Postnatal Yoga: Praktik Recovery Pasca Caesar” yang disampaikan oleh Bidan Azani Fitria dan praktisi yoga agar proses pemulihan pasca Caesar bisa lebih cepat dan optimal kemudian konten video berjudul “Tips & Cara Merawat si Kecil Yang Baru Lahir menurut dr. Melia Yunita, MSc, SpA” yang akan membantu mama dalam merawat si Kecil baru lahir dengan optimal. Serta banyak konten video lain yang tak kalah menarik dan edukatif untuk ditonton.

c-learning nutriclub

Cara mengakses platform ini sangat mudah. Pertama mama hanya perlu log in pada laman website Nutriclub jika mama belum memiliki akun, mama perlu mendaftarkan akun terlebih dulu. Cara pendaftarannya juga cukup singkat, hanya perlu mengisikan data diri dan data anak, melakukan verifikasi data melalui misscall kemudian akun siap digunakan.

C-LEARNING NUTRICLUB

C-Ready Learning by Nutriclub, #SiapBeriDukunganEsktra untuk Mama dalam Menghadapi Persalinan Caesar

Jadi kini tidak perlu khawatir lagi ya, saat menanti persalinan. Jika kelak indikasi medis menentukan mama harus melahirkan dengan metode caesar, mama bisa menyiapkan diri dengan informasi yang edukatif melalui C-Ready Learning by Nutriclub dan tinggal pilih video edukasi yang ingin ditonton. Saya sendiri pun sudah mulai menyimak video-video di kelas virtual C-Ready Learning by Nutriclub sambil menanti hari perkiraan lahir karena informasinya sangat bermanfaat dan memperluas wawasan seputar kehamilan, persalinan bahkan pengasuhan si Kecil. Mama yang sedang hamil ataupun baru saja melahirkan secara Caesar juga wajib banget nih ikutan kelas virtual dengan menyaksikan konten-konten seru di C-Ready Learning.

Semoga kehamilan dan proses persalinan kita nantinya sehat dan lancar ya, Ma! Silahkan klik tombol dibawah ini untuk menuju ke laman C-Ready Learning dan jangan lupa bagikan juga artikel ini ke media sosial Mama semua, siapa tau akan bermanfaat bagi mama-mama yang juga sedang hamil diluar sana. Terima Kasih!

error: content is protected