A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Perlengkapan Bayi Favorit Qonita : JOIE SERINA 2 IN 1

Jauh sebelum jenis ayunan moderen ditemukan, masyarakat Banjar telah mengenal tradisi mengayun bayi yang disebut dengan “baayun”. Bahkan tradisi ini ditampilkan setiap tahun pada Festival Maulid Nabi Tahunan. Hal ini dilakukan untuk mengenang tradisi nenek moyang orang Banjar yang senang mengayun bayi sambil melantunkan syair-syair. Lain lagi pada masyarakat suku Dayak, tradisi mengayun bayi dikenal dengan istilah “bapukung”. Masyarakat Dayak percaya bahwa dengan “mampukung” bayi maka mereka akan lebih mudah tertidur. Di bagian Asia lainnya, yaitu pada masyarakat India, “Palna” dan “Jhoola” juga dikenal sebagai tradisi mengayun bayi yang dilakukan secara turun temurun. Bahkan, di Negara barat seperti Amerika, tradisi mengayun bayi juga telah dilakukan oleh Bangsa Amerika Asli sejak ratusan tahun silam.

Hal diatas menjadi bukti bahwa nyatanya manusia tidak pernah bisa benar-benar meninggalkan budaya dan tradisi turun temurun. Terbukti, budaya dan tradisi mengayun bayi masih tetap dilakukan hingga hari ini, tak hanya di Indonesia atau Asia, namun juga seluruh dunia.
Apalagi mengayun bayi ini ternyata memiliki manfaat luar biasa untuk bayi.

Bagi newborn atau bayi baru lahir (sekitar 0-3 bulan), mengayun dapat memiliki efek menenangkan. Konon, bayi akan merasa terayun-ayun seperti saat sedang berada dalam rahim. Maklum, sudah jadi rahasia umum bahwa rahim ibu adalah tempat paling nyaman, yang lebih nyaman dari pundak gebetanmu. makanya kenyamanan rahim ibu ini katanya bikin bayi agak susah move on. Sedangkan bagi newborn yang telah beranjak dewasa, atau bayi dan batita, mengayun dapat membantu mengembangkan ketrampilan motorik kasar dan halus bagi bayi.

Hanya saja, kemajuan zaman yang ditandai dengan berkembangnya teknologi membuat budaya mengayun bayi hari ini tampil dengan sedikit termoderenisasi. Entah ini kemajuan atau sebuah kemunduran, tapi setidaknya sisi baik dari hal ini adalah banyak para ibu di dunia yang semakin termudahkan dengan munculnya beragam jenis ayunan moderen yang sekarang marak dipasaran. 

Bagaimana tidak, ayunan bayi moderen terbukti lebih praktis karena menawarkan berbagai fitur yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Ibu dan bayi. Dan baiknya lagi, ayunan bayi moderen ini lebih terjamin keamanannya karena biasanya memiliki beberapa fitur pengaman saat bayi berada diatasnya.

perlengkapan-bayi

Ngomong-ngomong saya adalah salah satu diantara jutaan ibu yang terbantu dengan adanya ayunan bayi moderen ini. Siapa penemunya sih? saya mau sungkem, bilang makasih.😍 Karena rasanya, tanpa ayunan bayi saya tak tau bagaimana caranya saya bisa tetap bisa menjaga kewarasan, diantara padatnya rutinitas karir saya sebagai seorang ibu sekaligus istri. Hmmm ayunan modern yang saya maksud ini, yang semacam apa? Itu lho, ayunan yang bisa otomatis bergerak tanpa harus kita gerakkan manual dengan tangan. Jadi tinggal letakkan bayi diatasnya, pasangi sabuk pengaman, tekan tombol pengatur gerakan dan Ibu bisa leluasa mengerjakan aktivitas lain sambil bayi asik di ayunan.

Jujur, ayunan bayi ini adalah satu barang perlengkapan bayi yang awalnya saya pikir tidak penting tapi ternyata penting untuk dibeli. Saat hamil, sebetulnya saya sama sekali tidak berniat untuk membeli bouncer, swing, rocker, ayunan dan barang-barang serupa. Pertimbangannya adalah karena ketika saya bertanya ke beberapa teman, mereka mengaku bouncer tidak terlalu dipakai dalam jangka waktu yang lama, biasanya cuma sampai bayi berusia 5 bulan itupun dipakai hanya sesekali. Sedangkan ayunan, beberapa teman yang sudah punya anak juga menyarankan tidak usah dibeli karena selain ayunan model konvensional itu tidak aman digunakan (takut bayi terjatuh dan lain sebagainya).

Tapi seiring waktu, sebagai ibu tanpa ART yang waktu 24 jamnya lebih banyak dihabiskan dirumah, saya jadi berfikir kalau punya bouncer/swing/rocker/ayunan itu ternyata perlu juga. Lumayan, seraya anak tidur di ayunan saya bisa mengerjakan banyak pekerjaan rumah. Apalagi Qonita, anak saya betah banget berlama-lama di bouncer/swing ini jadilah saya bisa merdeka sejenak sambil dia asik main di ayunan. Lumayan, bukankah minum kopi saat masih panas atau makan mi instan selagi masih hangat bagi seorang ibu adalah sebuah kemewahan?.

Akhirnya setelah berhari-hari mencari, membaca beragam ulasan dan berdiskusi sama suami akhirnya saya putuskan untuk membeli JOIE SERINA 2 IN 1. Swing (ayunan) sekaligus rocker keluaran Joie, sebuah produsen perlengkapan bayi asal UK (Inggris). Selama 6 bulan lebih menggunakan joie serina 2 in 1 saya merasa amat sangat terbantu, tapi sayangnya waktu pertama kali ingin mencari tau tentang produk ini saya tidak banyak menemukan review produk ini dalam Bahasa Indonesia. Makanya saya membuat review JOIE SERINA 2 IN 1 ini, dengan harapan bisa menjadi referensi untuk ibu-ibu yang kebetulan sedang berniat ingin membeli produk ini.

First thing first, sebelum membeli perlengkapan bayi , saya selalu mengecek brand atau produsen dari barang tersebut. Biasanya saya akan lebih memilih brand yang sudah terpercaya. Soal harga bagi saya relatif, karena saya menginginkan kualitas yang lebih kuat supaya bisa dilungsur ke anak selanjutnya *mamak-mamak hemat. Dari hasil kepo-kepo ternyata merek Joie Baby lumayan terkenal, apalagi di Negeri asalnya, Inggris , brand ini sudah cukup melegenda. Harganya juga cukup terjangkau. Bila dibandingkan dengan fitur-fitur yang disematkan diproduk-produknya menurut saya harga produk perlengkapan keluaran Joie cukup bersaing dengan merek-merek ternama lainnya.

Joie Serina2 in 1 sudah pernah meraih beberapa penghargaan Internasional antara lain, Mumnset Best Electric Bouncer 2017, Best Bouncy Seat/Rocker 2017 dari Mother& Baby Award 2017 dan memiliki banyak review positif dari berbagai website yang membahas seputar produk Ibu & Anak seperti babycenter, Consobaby dsb. Ini juga yang menjadi pertimbangan saya sebelum memutuskan untuk membeli Joie Serina 2 in1 kemarin, karena kalau sudah pernah meraih penghargaan, hampir bisa dipastikan kualitasnya tidak diragukan.

Joie mengklaim kalau produk Serina 2 in 1  ini bisa dipakai sampai dengan berat anak 13 kg. atau hingga anak berusia 9 bulan. Tapi menurut saya ini relatif banget ya, tergantung ukuran tubuh anak baik berat maupun panjang, karena kalau anak tinggi biasanya gak akan muat di seater nya walaupun beratnya masih dibawah 13 kg. Untuk Qonita sendiri (dengan BB 9 kg, panjang badan 68cm usia 6bulan), sejauh masih aman dan bisa terpakai dan tidak ada masalah dengan ukuran seaternya. Saya rasa produk ini masih bisa muat di Qonita hingga 2-3 bulan kedepan. Semoga Qonita masih betah di swing hehe.

  • joie-serina

Desain

Hal yang paling saya suka dari Joie Serina 2 in 1 adalah desainnya yang cukup ringkas, walaupun menawarkan fungsi yang bermacam ragam, sehingga tidak terlalu makan tempat. Dimensi produk ini adalah P91.5 x L73cm x T81 cm dengan total berat 11 kg. Dibanding ayunan model konvensional, jelas swing dari Joie ini punya desain yang lebih kece. Gak keliatan ayunan banget gitu. Joie Serina ini bisa dijadikan swing (ayunan) atau rocker. Warna nya juga tidak terlalu mencolok. Tidak seperti perlengkapan bayi kebanyakan yang umumnya berwarna warni. Cocok bagi kamu penyuka desain  ala-ala Scandinavian karena desainnya didominasi warna-warna monochrome. Kebetulan saya memang penyuka warna-warna monochrome semacam putih, hitam danabu-abu. Warna abu-abu misty yang menyelimuti cover seatpad nya juga membua tswing sekaligus rocker ini tampak elegan dan modern.

Joie menawarkan beberapa desain untuk produk Serina 2 in 1 Swing & Rocker ini. Ada desain “TheRain”, “Petite City”, “Little Word” dan “Khloe & Bert”. Yang membedakan hanyalah motif pada seatpad dan jenis mainan pada toybarnya. Punya saya adalahyang tipe desain Khloe & Bert.

Fitur

 Joie Serina 2 in 1 menawarkan fitur yang cukup lengkap. Saya juga sempat terkagum-kagum dengan beragam fitur yang ditawarkan. Dengan harga di kisaran 2 juta, menurut saya jauh lebih ekonomis membeli Joie Serina 2in1 ini, dibandingkan membeli bouncer/swing/rocker merek lain dengan harga setara seperti merek-merek N*na, atau 4M*ms. yang sudah jelas berkali-kali lipat harganya.

Terdapat beberapa tombol pengatur pada produk ini antara lain :

  • Tombol Power On/Off untuk menyalakan dan mematikan produk
  • Tombol pengatur kecepatan ayunan 1-5
  • Tombol untuk menyalakan 5 jenis musik klasik yang bisa dipilih sesuai selera
  • Tombol Volume
  • Tombol mematikan suara
  • Tombol untuk menyalakan 5 jenis suara alam (bunyi cicitan burung, suara air, dan 3jenis suara white sound) . FYI, suara white sound adalah suara yang berbunyi seperti kondisi didalam Rahim, menurut penelitian bayi akan lebih mudah merasa tenang dan tertidur  apabila mendengarkan suara tersebut, mungkin mereka nostalgia sama nyamannya suasana didalam Rahim dulu kali yaaa
  • Tombol untuk menyalakan lampu tidur dengan 4 pengaturan cahaya
joie-serina
Tombol Pengaturan Joie Serina 2 in1

Untuk seatpad menurut saya seatpad di Joie serina 2 in 1 sudah cukup empuk, tidak perlu diberi seatpad tambahan. Seatpad nya juga terbuat dari kombinasi bahan nylon dan bahan velboa yang sedikit berbulu. Bahan nylon pada seatpad nya waterproof sehingga ketika bayi muntah/gumoh atau ngompol seatpadnya bisa dibersihkan dengan mudah. Cukup dicuci tangan dengan air sabun kemudian dikeringkan dengan cara dijemur. Kalau tidak mau repot, seatpadnya juga bisadicuci dengan mesin cuci sih.

Ohya, bagian seater (dudukan) produk ini juga bisa diputar lho, jadi bisa menghadap kedepan atau kesamping. Seater nya juga bisa dilepas sehingga bisa menjadi rocker. Kadang ketika harus berpindah dari 1 ruangan ke ruangan lainnya saya lebih suka membawa seater nya aja, jadi bisa dijadikan tempat duduk bayi juga kalau mau santai-santai di teras atau ruang keluarga.

joie-baby-serina
Joie Serina 2 in 1 Bisa dijadikan rocker atau baby seat

 Joie Serina 2 in 1 dilengkapi dengan seatbelt yang memiliki 5 titik keamanan, sehingga bisa dipakai mulai dari newborn (bayi baru lahir), infant (bayi) hingga toddler (batita). Seatbelt nya juga cukup empuk dan tidak membuat paha bayi sakit saat dipakai. Seatbelt ini juga membuat kita lebih tenang saat meninggalkan bayi sendirian di swing. Biasanya saya menaruh Qonita di swing ini saat dia sudah tertidur, dan saya bisa mengerjakan pekerjaan rumah lainnya. Memudahkan banget ya.

Walaupun terkesan sepele, tapi fitur toybar (mainan gantung) pada swing Joie Serina 2in1 ini menurut saya cukup oke. Karena pada merek lain, N*na misalnya, kita harus mengeluarkan uang tambahan jika ingin menambahkan toybar pada swing/bouncer/rocker kita.

joie-serina-2in1
Toybar Joie Serina 2 in 1 KHLOE & BERT

Joie Serina2 in 1 juga dilengkapi dengan 2 buah roda, untuk memudahkan kita membawanya berpindah dari 1 ruangan ke ruangan lainnya. Jadi tinggal didorong-dorong gitu. Pada seatpad nya juga terdapat pengatur recline, sehingga kita bisa mengatur posisi duduk bayi mulai dari berbaring, setengah berbaring hingga duduk nyender gitu. Fitur ini membantu ketika Qonita tidak mau duduk di booster seat saat makan, jadi biasanya kalau sudah begini, saya taroh aja dia di Joie Serina, dengan mengatur recline dengan posisi duduk nyender gitu biar dia bisa makan dengan nyaman.

Di bagian depan seatpad ada fitur getar. Bagi saya pribadi sih, fitur ini jarang banget kepake. Jadi fitur ini membuat seatpad nya bisa bergetar-getar gitu, dari yang saya baca-baca katanya kondisi seperti ini sama seperti bayi saat di Rahim gitu. Saya juga baru tau kalau didalam Rahim bayi bergetar-getar hehe.

Harga

Joie Serina2 in 1 dibanderol dengan harga mulai dari 1,8 juta hingga 2 jutaan tergantung beli dimana. Biasanya kalau beli online harganya jadi lebih murah. Jika ditimbang dengan fiturnya yang lumayan lengkap, menurut saya produk ini relatif terjangkau. Apalagi mengingat produk ini bisa dijadikan swing dan rocker, atau bahkan kursi duduk bayi sehingga akan sangat multifungsi.

Nah itu kira-kira review Joie Serina 2 in 1 dari saya. Hmmm kalau menurut saya pribadi, jika kamu punya budget lebih dan membutuhkan alat yang bisa membantu kamu untuk menidurkan bayi sambil kamu bisa melakukan pekerjaan rumahan, maka produk ini bisa saya rekomendasikan. Ngomong-ngomong kamu juga bisa membeli produk ini di bukalapak lho, disana ada banyak perlengkapan bayi dengan harga terjangkau. Happy hunting!

Thank you for reading! XOXO

Gambar oleh Rizka Edmanda, Kecuali Gambar Ayunan tradisonal oleh “Traditional Native Healing” .

Infografis Oleh Rizka Edmanda

error: content is protected