A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

“Riz, kamu yakin gak tekor tuh belanja baju lebaran banyak banget buat keluargamu? Soalnya kan keluargamu rame banget” Tanya seorang teman kepada saya waktu itu. Saya menjawab sambil tersenyum “Enggak dong. Kan ada Big Ramadhan Sale Shopee”.

 

Berbagi Kebaikan Lewat Selembar Pakaian

BIG RAMADHAN SALE

Salah satu hal yang sejak kecil selalu Ibu ajarkan kepada saya adalah tentang berbagi. Ibu bilang, berbagi kebaikan itu bisa dibiasakan dari hal-hal yang kecil. Saya ingat betul, sewaktu saya masih duduk di bangku SD, setiap hari raya akan tiba, Ibu menyuruh saya mengumpulkan pakaian bekas layak pakai untuk diberikan kepada keluarga atau saudara-saudara yang membutuhkan.

Ada rasa lega sekaligus bahagia, ketika telah berbagi pada sesama. Sebab kata Ibu, berbagi itu bukan hanya memberi kebaikan pada yang menerima namun juga bermanfaat untuk membersihkan harta dan rezeki kita. Dengan berbagi, rezeki kita tak akan pernah berkurang namun justru akan terus bertambah, sebab itulah yang Allah janjikan didalam Al-Quran kepada para hamba-Nya. 

BIG RAMADHAN SALE SHOPEE

Ngomong-ngomong soal berbagi nih, kebetulan sekarang saya sudah menikah dan bekerja, namun didikan dan petuah dari Ibu masih tetap saya pegang teguh. Dalam hidup saya, berbagi kini bukan lagi menjadi kebiasaan namun telah menjadi kebutuhan. Keinginan untuk berbagi pada keluarga juga meningkat, tak hanya memberikan pakaian layak bekas pakai kini saya berusaha untuk memberikan pakaian baru pada mereka.

Memakai pakaian baru untuk menyambut hari raya memang bukanlah kewajiban, tapi bagi sebagian orang mendapatkan pakaian baru di hari lebaran adalah sebuah kebahagiaan. Makanya, ketika momen hari raya akan tiba, di bulan Ramadhan tepatnya, saya selalu berbelanja pakaian untuk dibagi-bagikan, minimal untuk keluarga tercinta di kampung halaman. Saya pikir tak ada salahnya membahagiakan sanak saudara di momen lebaran sebab berbagi juga adalah cara yang baik untuk menyambung silahturahmi.

big-ramadhan-sale

Tapi kemudian suatu hari, seorang teman baik saya pernah iseng bertanya “Riz, kamu gak tekor tuh setiap lebaran belanja baju buat keluarga mulu? mana sekali belanja banyak banget lagi karena saudaramu di kampung kamu kan ramai?” Pertanyaannya itu saya balas dengan tersenyum, lalu saya bocorkan padanya tentang tips-tips anti tekor belanja persiapan lebaran saat hari raya itu akan tiba.

Tips Hemat Berbelanja Pakaian di Hari Raya

BIG-RAMADHAN-SALE

Jadi biasanya menjelang hari raya, kebutuhan bulanan rata-rata orang khususnya umat Muslim memang akan meningkat. Bukan cuma soal pakaian baru, ada pula kebutuhan pokok lain yang tidak kalah penting seperti misalnya sembako, ataupun kue-kue dan makanan yang akan disajikan untuk menyambut tamu yang datang berlebaran kerumah. Momen lebaran memang menyenangkan, namun bila tak cermat dianggarkan momen ini sangatlah rawan menyebabkan dompet kebobolan.

Kebutuhan saya pribadi di bulan Ramadhan hingga untuk menyambut hari raya nanti juga sama dengan rata-rata orang, kebutuhan membeli sembako, kue-kue lebaran hingga belanja pakaian baru untuk dibagikan kepada saudara-saudara belum lagi kebutuhan belanja harian, namun entah mengapa saya tidak pernah merasa “kebobolan”, selain barangkali kata orang inilah berkah Ramadhan, jadi ada aja rezekinya, disisi lain sayapun melakukan beberapa tips dibawah ini

1 : Belanja Online!

Saya memilih belanja online daripada belanja langsung ke pasar, menurut saya cara ini cukup berdampak pada penghematan anggaran. Pertama, godaan untuk membeli barang-barang lain diluar kebutuhan sedikit bisa ditekan, kedua biasanya marketplace lebih sering mengadakan program diskon yang menguntungkan, Ketiga dengan berbelanja online di marketplace saya lebih mudah membandingkan harga antara satu took dengan toko lainnya untuk bisa mendapatkan harga terbaik dari produk yang saya inginkan, sehingga sayapun bisa berhemat banyak dari sisi tenaga, waktu dan bahan bakar kendaraan. Pada akhirnya, waktu berharga saya bisa dialihkan untuk kegiatan produktif lain yang lebih penting, misalnya menulis blog demi kejar setoran. :”) 

2. Buat Daftar Barang yang ingin dibeli sebelum berbelanja

Cara ini sederhana namun cukup membantu menghemat waktu saat kita sedang memilih-milih barang yang hendak dibeli. Dengan berbekal catatan yang sudah kita buat, kita bisa langsung masuk ke section kategori barang tersebut ketika kita membuka laman aplikasi marketplace tempat kita berbelanja, inipun untuk menghindari khilaf mata ketika kita tak sengaja kepincut barang lain diluar daftar. Tips tambahan saya dari saya ketika kamu ingin membuat daftar barang untuk belanja, cobalah jujur pada diri sendiri, pilah barang mana yang benar-benar perlu, mana yang sekedar mau tapi sebetulnya tak terlalu butuh. 

3. Manfaatkan Diskonan dan Program Menarik lainnya

BIG RAMADHAN SALE

Di hari Raya biasanya market place akan gencar mengadakan program diskon dan penawaran menarik lainnya. Manfaatkanlah momen ini untuk mendapatkan barang keinginanmu dengan harga terbaik. Marketplace favorit saya yaitu Shopee juga tak mau ketinggalan memberikan berbagai penawaran menarik di bulan Ramadhan ini. Big Ramadhan Sale Shopee, demikianlah tajuknya. Ada banyak sekali penawaran menarik dari Big Ramadhan Sale Shopee selama bulan Ramadhan ini dimulai dari Goyang Shopee sampai dengan 10 Milyar, Belanja serba 10 ribu berhadiah umroh,  Gratis Ongkir 10 kali tanpa minimal belanja, Cashback day, Flash Sale, Super brand day, hingga penawaran diskon menarik setiap harinya. Program menarik dari Shopee di bulan Ramadhan ini bisa diandalkan untuk menghemat anggaran dalam berbelanja persiapan lebaran. Lumayan kan kalau saat belanja kita mendapatkan potongan harga, gratis ongkir apalagi kalau bisa mendapatkan barang impian hanya dengan Rp10.000.

Selama bulan Ramadhan ini, saya sudah berbelanja sebanyak 4 kali di Shopee untuk membeli berbagai keperluan, hmm tinggal belanja sekali lagi nih supaya saya bisa mendapatkan “Pahala Shopee”. Asik deh, selain dapat gratis ongkir,saya juga bisa mendapatkan berbagai hadiah dari Pahala Shopee yang saya kumpulkan. Gratis ongkir memang sepele, tapi bagi saya yang tinggal di Kalimantan program gratis ongkir ini sangat membantu sekali dalam menghemat anggaran, lumayan deh budget ongkir bisa saya alihkan untuk kebutuhan lain yang tak kalah penting. 

Selain promo gratis ongkir, sayapun sedang keranjingan mencoba peruntungan untuk ikutan program serba 10 ribu dari Shopee. Jadi melalui program ini, Shopee memberikan kesempatan bagi para customernya untuk mendapatkan berbagai barang mulai dari gadget, laptop, elektronik, emas batangan, kendaraan, hingga paket umroh hanya dengan Rp10.000. Jika beruntung Alhamdulillah, kalaupun belum ya tidak apa-apa toh masih ada promo menarik lainnya lagipula, jika tak kebagian produk serba Rp10.000 ini, uang kita akan dikembalikan tanpa potongan melalui Shopee Pay di akun kita, jadi kalau kalahpun gak rugi dong yaaa.

Selanjutnya ada juga program Goyang Shopee berhadiah Koin Shopee hingga 10 M. Caranya gampang, tinggal goncang HP sekuat tenaga mengikuti irama pada jadwal program Goyang Shopee yang sudah ditentukan, maka kita akan mendapatkan sejumlah koin shopee tergantung pada seheboh apa goyangan kita. Koin Shopee ini bisa ditukarkan dengan voucher belanja atau potongan harga saat melakukan check out/pembayaran.

Program lain yang tidak kalah seru di Big Ramadhan Sale Shopee ini adalah Flash Sale Diskon sampai dengan 90% dan Program Cashback sampai dengan Rp 300.000  Duh, ibu-ibu mana sih yang telinganya gak berdiri mendengar kata “sale” ditambah embel-embel “Cashback” pula huhehe Program Flash Sale dan Cashback yang diadakan Shopee ini meliputi semua toko mulai dari star seller hingga shopee mall. Cashback yang diberikan juga tidak hanya bisa digunakan untuk berbelanja, tapi juga untuk membeli berbagai produk digital Shopee dan membayar berbagai tagihan seperti pulsa, kuota internet, voucher game, PDAM, voucher listrik PLN dsb Alhamdulillah yaaa~

Nah program Big Ramadhan Sale Shopee ini diadakan secara berkala, karena setiap tanggal selama periode Big Ramadhan Sale ini akan memberikan penawaran menarik yang berbeda-beda setiap harinya. Makanya supaya tak ketinggalan kita wajib memasang pengingat pada aplikasi shopee di smartphone kita. Tinggal klik tombol “ingatkan saya” pada program yang ingin kita ikuti maka nanti akan ada notifikasi masuk ke hp saat ada program tersebut berlangsung. 

Yuk Berbagi Bersama Shopee, di Bulan Ramadhan yang Penuh Berkah ini

Hmm, memanfaatkan momen bulan suci dan hari raya untuk berbagi pada sesama, adalah cara saya bersyukur atas karunia-Nya. Di bulan yang penuh berkah ini, Shopee telah memberikan saya banyak kemudahan untuk dapat berbagi baju lebaran kepada sanak saudara melalui berbagai program dan promo yang Shopee punya. Saya pun tak khawatir anggaran lebaran saya kebobolan, karena dengan belanja baju dan kebutuhan lebaran di Shopee saya mendapat banyak promo dan diskonan. 

Melalui Shopee pula, saya dapat meluaskan kebaikan berbagi dengan mengikuti berbagai program donasi yang Shopee adakan di bulan Ramadhan ini karena bersamaan dengan peluncuran program Big Ramadhan Sale kemarin, Shopee juga secara resmi  meluncurkan fitur zakat dan donasi terbaru di dalam home button produk digital aplikasi Shopee. Melalui ini, saya dapat menyalurkan infaq, sedekah dan zakat secara online kepada lembaga yang terpercaya.

Nantinya donasi yang disalurkan melalui Shopee, akan diberikan kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk melaksanakan berbagai program sosial mulai dari program hidangan berkah ramadhan hingga program pengelolaan sampah di masjid-masjid se-Jabodetabek. 

Ibu saya berpesan, Energi untuk berbagi harus terus dipelihara. Makanya momen lebaran dan bulan suci ini saya manfaatkan betul untuk membelanjakan keperluan saudara-saudara, karena saya percaya kelak Allah yang Maha Kaya akan melipatgandakan harta orang yang bersedekah. Selembar pakaian mungkin tak seberapa, tapi setidaknya dengan selembar pakaian inilah saya dapat membuat orang lain bahagia. Bukankah mengukir senyum kebahagiaan dibibir orang lain juga adalah sedekah? Urusan budget sayapun tak perlu takut tekor, karna Big Ramadhan Sale Shopee bisa jadi solusi hemat belanja pakaian murah di hari raya. 

Jadi, buruan instal aplikasi Shopee di smartphone kamu, dan ikutan Big Ramadhan Sale Shopee karena promo ini hanya berlangsung mulai dari 22 April sampai dengan 31 Mei 2019, jangan sampai ketinggalan ya! 

Sumber-Sumber :

*Gambar promosi Big Ramadhan Sale Shopee : Shopee Indonesia

*Video : Shopee Indonesia

*Foto & Infografis : Rizka Edmanda

error: content is protected