A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

BARDI SMART HOME

Bardi Smart Home – Belakangan ini istilah rumah pintar atau “smart home” mulai familiar di telinga kita. Apalagi saat sistem rumah canggih ini kerap ditampilkan di layar kaca baik lewat film-film hollywood hingga drama korea. Di film “Start Up” misalnya, tentu pecinta drama korea ini masih ingat kan adegan saat Han Ji Pyeong berbicara dengan Yeong Sil, speaker berteknologi AI yang ada di penthouse mewahnya. Mulai dari untuk sekadar menanyakan informasi cuaca, menjawab berbagai pertantaan hingga untuk memutarkan lagu untuk menghibur HJP saat ia sedang badmood.

Kerennya lagi saat  speaker pintar itu seolah-olah memahami betul perasaan HJP dan tanggap memberokan pertolongan. Misalnya saat HJP kesulitan tidur, speaker pintar itu juga mampu memberikan saran apa yang harus HJP lakukan agar kualitas tidurnya lebih baik hingga merekomendasikan musik yang sesuai dengan suasana hati tuannya.  HJP dan speaker pintar itu sudah seperti dua sahabat yang bisa berkomunikasi layaknya manusia normal. Karena speaker itu dengan kepintarannya juga selalu bisa diandalkan untuk berbagai macam hal. Duh keren yaaaa.

Di Korea dan beberapa negara maju, teknologi rumah pintar memang sudah lumrah digunakan oleh masyarakat. Bahkan bagi masyarakat kalangan atas, teknologi robot pembantu juga sudah banyak digunakan di hunian mereka. Sedangkan di negara kita, teknologi smart home masih menjadi barang yang terbilang baru. Smart home system atau sistem rumah pintar secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah bangunan yang dilengkapi dengan teknologi canggih, sehingga semua perangkat teknologi dapat saling terhubung. Smart home system sangat cocok bagi kamu yang punya gaya hidup cepat dan praktis serta memiliki mobilitas yang tinggi. Karena teknologi ini memungkinkan penggunanya untuk mengontrol rumah dari jarak jauh. Misalnya, menyalakan lampu atau TV, memantau CCTV hingga memberi makan hewan peliharaan menggunakan smartphone, laptop atau PC.

bardi smart home

Penggunaan teknologi smart home berbasis internet memang terkesan sangat eksklusif dan mahal. Tapi siapa sangka ternyata kini sudah ada produsen yang mengkhususkam diri untuk menciptakan produk-produk rumah tangga berbasis teknologi internet dengan harga yang cukup terjangkau.

Produsen tersebut adalah Bardi. Saya sendiri sudah menggunakan beberapa produk Bardi dirumah saya. Mulai dari  remote yang bisa mengontrol beberapa perangkat dirumah, pemberi makan ikan otomatis, lampu yang bisa dikendalikan dengan perintah suara dan juga CCTV yang bosa dipantau melalui smartphone.

Meskipun hunian kami terbilang kecil tapi senang sekali rasanya bisa mengaplikasikan kecanggihan teknologi pada rumah kami. Saat kami traveling misalnya, tidak perlu khawatir dengan ikan hias kesayangan kami karena ada pemberi makan ikan otomatis dari Bardi yang bisa kami kendalikan dari jauh melalui smartphone. Begitu pula saat kami bepergian dan lupa mematikan AC atau lampu, semua bisa kami kendalikan lewat smartphone. Tak hanya itu saja kami bahkan bisa mengatur kecerahan cahaya lampu di rumah melalui perintah suara.

bardi smart home

Nah beberapa produk Bardi yang telah saya gunakan akan saya ulas disini. Simak ulasannya ya!

Smart IR Remote Bardi

bardi smart home

Bardi Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa di kendalikan melalui aplikasi selama ada wifi/hotspot. Remot ini dapat menggantikan semua remot infrared untuk perangkat dirumah. Menurut saya Smart IR Remote Bardi langkah awal untuk memai sebuah rumah pintar berbasis internet (smart home). Karena smart home sendiri maknanya adalah dimana seluruh perangkat dirumah terintegrasi dan dapat dikontrol dengan 1 alat saja.

Smart IR Remote Bardi memungkinkan kita untuk mengendalikan semua perangkat di rumah yang berada dalam radius infrared dan selama remot pintar ini terkoneksi internet. Jadi misalnya kita mau menyalakan TV, menyalakan AC, ataupun menyetel suhu kulkas, cukup dikendalikan dari aplikasi di ponsel kita. Meskipun tidak semua merek perangkat elektronik yang bisa dikontrol menggunakan remot ini namun Smart IR Remote Bardi ini juga bisa melakkan duplikat infrared lama ke dalam alatnya, jadi tetap bisa digunakan. Namun, berhubung merk perangkat elektronik yang saya pakai di rumah adalah merk umum, jadi saya dengan mudah bisa langsung menghubungkannya ke aplikasi, karena menunya sudah ada.

Sudut pemancar remot ini adalah 360 derajat dengan radius 10 meter namun sebagaimana remot infared pada umumnya pengendalian remot ke perangkat elektronik harus dilakukan dalam satu garis pandang tanpa halangan. Menggunakan remot ini sangat praktis karena saya jadi tidak perlu memiliki banyak remot dirumah.

Bardi Smart Light Bulb 9W-RGBWW

bardi smart home

Lampu pintar dari Bardi ini adalah perangkat yang wajib dimiliki selanjutnya. Lampu ini bisa dengan mudah saya atur melalui aplikasi Bardi Smart Home yang sudah diunduh di smartphone saya.  Kemudahan untuk mengatur kecerahan lampu sesuai kebutuhan juga menjadikan lampu ini sangat hemat energi. Karena saat tidak membutuhkan cahaya yang terlalu terang saat sore hari misalnya, saya bisa mengatur cahaya lampu agar lebih redup. Saya pun jadi tak perlu memiliki lampu tidur karena bola lampu ini juga bisa diatur ke tingkat kecerahan paling rendah agar lebih ramah mata saat digunakan tidur.

Lampu ini pun bisa saya atur warnanya sesuai kebutuhan. Misalnya saat sedang kumpul keluarga dan membutuhkan suasana yang hangat dan nyaman, saya bisa mengatur warna cahaya lampu jadi agak kekuningan. Sebaliknya saat anak sedang bermain atau belajar di ruang tengah, saya bisa mengatur cahaya lampu berwarna putih dan lebih terang.

Lampu ini juga bisa dijadwalkan secara otomatis. Misalnya lampu disetting untuk menyala pada pukul 6 malam hari dan akan mati dengan sendirinya pada pukul 6 pagi keesokan harinya. Semua bisa dengan mudah diatur di aplikasi Bardi Smart Home. Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 900 lumens dan bisa di redupkan hingga 90 lumens, kombinasi warna RGB hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700k (warm white) hingga 6500k (cool white).

IPCAM OUTDOOR STC Bardi

bardi smart home

CCTV adalah salah satu perangkat keamanan yang sangat dibutuhkan di  sebuah hunian. Bardi juga merilis CCTV outdoor yang dapat dikendalikan lewat smartphone sehingga lebih fleksibel dalam penggunaannya. Namanya adalah Bardi Smart outdoor Static IP Camera. Kamera pintar ini dapat menyalurkan video rekaman dan suara lewat smartphone. Kamera yang dilengkapi dengan slot memori 128gb ini dapat memberi notifikasi bila ada yang lewat pada jam yang di tentukan dalam aplikasi.

Pada posisi gelap, kamera ini akan otomatis beralih ke mode malam sehingga gambar lebih jelas.  Kamera ini menggunakan standar ketahanan IP65 yang anti debu dan tahan dari semprotan air segala arah yang dapat merusak kamera karena memang didesain untuk penggunaan luar ruangan. IPCAM Outdoor STC Bardi juga dilengkapi dengan mic dan speaker membuat kita dapat dengan mudah berkomunikasi secara jarak jauh serta memantau pergerakan orang yang tidak dikenal di sekitar area. Dengan mic yang terpasang pada kamera, kita juga bisa beekomunikasi dan menyambut tamu yang datang secara jarak jauh lewat aplikasi Bardi Smart Home. Tinggal rekam suara lewat smartphone dan suara otomatis akan terdengar lewat speaker yang melekat pada kamera CCTV tersebut.

Kualitas gambar 1080p & Night Vision Memberikan gambar jelas dengan tingkat resolusi tinggi di 1080p di semua situasi baik malam maupun siang dan dengan mengabungkan kamera lebar dengan sudut 125° Derajat yang dapat menjangkau banyak sudut walaupun di kondisi sangat gelap dengan nightvision. Kamera ini juga dilengkapi dengan Intelligent Alert Smart Detection atau pendeteksi pintar yang dapat menerima pemberitahuan waktu nyata dari pergerakan dan suara yang tertangkap camera memudahkan kita untuk memonitor rumah dari manapun juga.

Mewujudkan Rumah Pintar Bersama Bardi

bardi smart home

Teknologi smart home digadang-gadang menjadi konsep hunian masa depan. Tidak hanya unggul dengan teknologi dan fitur canggih yang digunakan,  Bardi menawarkan solusi rumah pintar dengan harga yang terjangkau. Selain tiga produk yang saya sebukan diatas Bardi memiliki banyak produk untuk melengkapi perangkat rumah pintar di hunian. Seperti Bardi Smart Fish Feeder yang memungkinkan kamu untuk memberi makan ikan kesayangan di akuarium lewat smartphone dari jarak jauh, Bardi Robot Vacuum Function yang bisa menggantikan tugas menyapu dirumah secara otomatis, Bardi smart Wall Socket yang bisa dinyalamatikan lewat aplikasi Bardi di smartphone dan masih banyak lagi.

Bardi didukung oleh Tuya, platform pintar global, platform pengembangan ‘AI+IoT’ dan platform interaksi suara AI terkemuka. Teknologi inovatif pada produk Bardi membuatnya dapat dijalankan dengan mudah lewat lexa, google assistant, siri.

Senang rasanya sebab ativitas yang sebelumnya hanya saya lihat di drama korea dan film-film hollywood itu kini bisa hadir di hunian saya. Menggunakan Bardi Smart Home dirumah bagi saya adalah sebuah langkah tepat menciptakan hunian yang tidak hanya nyaman dan aman namun juga canggih.

Nah, kamu ingin menciptakan hunian dengan konsep rumah pintar juga seperti saya? Yuk dapatkan produk Bardi Smart home di Official Store Bardi sekarang juga.

error: content is protected