A PERSONAL BLOG OF

Rizka Edmanda

LIFESTYLE. MOTHERHOOD AND EVERYTHING SHE LIKES.

Yummy App

aplikasi resep masakan kekinian andalan mama

Menjadi “Mama Muda” dan Sejuta Tantangannya

Menjalani peran sebagai seorang mama ternyata tidak selalu mudah. Banyak pengalaman baru yang tak pernah saya rasakan sebelumnya. Banyak pula tantangan yang harus saya hadapi sehari-hari. Salah satu tantangan yang paling saya kenang adalah saat pertama kali melahirkan dan merawat bayi. Sempat clueless sih. Sebab ini pengalaman pertama buat saya. Makanya urusan merawat bayi baru lahir jadi tantangan tersendiri untuk saya dan suami ketika melahirkan anak pertama kami waktu itu.

Belum lagi, di masa-masa awal punya anak kami juga pindah dan memulai hidup baru di Kalimantan Tengah. Tinggal berjauhan dari orang tua menuntut saya untuk piawai dalam segala hal. Selain mengurus anak, harus bisa masak, harus bisa mengatur keuangan keluarga, harus bisa jadi perawat dirumah, harus bisa semuanya. Benar kata orang, bahwa seorang ibu itu lebih hebat daripada superhero di film-film. Mengingat, banyak sekali tanggung jawab yang harus diemban olehnya.

yummy-app-popmama

Untungnya kemajuan teknologi membantu saya untuk cepat belajar dan beradaptasi. Di waktu luang saya menyempatkan diri untuk membaca berbagai artikel serta situs-situs tentang parenting dan keluarga. Tujuannya adalah agar saya punya wawasan yang baik soal mengurus keluarga dan rumah tangga supaya dapat menjalani peran baru ini dengan lebih baik. Sejak menjadi ibu, saya akhirnya sadar bahwa ternyata yang harus belajar itu tidak hanya anak sekolah atau mahasiswa tapi juga seorang mama.

yummy-popmama

Salah satu media online favorit saya untuk belajar adalah Popmama. Sebab disana ada banyak sekali informasi, tips, dan trik hingga berita-berita terhits tentang mama dari seluruh dunia. Di Popmama saya bisa menambah wawasan baru mengenai dunia parenting serta saran-saran pengasuhan dari para pakar yang kompeten di bidangnya. Ada pula berbagai artikel seputar keluarga, pernikahan, gaya hidup, kesehatan, home & living, fashion dan kecantikan. Selain itu Popmama juga punya banyak tools yang sangat membantu selama saya hamil. Mulai dari kalkulator due date, baby name finder, kalkulator masa subur serta konten-konten “bergizi” lainnya  yang tentu sangat bermanfaat bagi mama milenial seperti saya.

Tantangan Belajar Masak

belajar masak

Tantangan jadi mama baru yang juga tak kalah mendebarkan adalah ketika saya pertama kali masak untuk mertua. Saya ingat betul pengalaman pertama saat saya masak dirumah mereka. Mulai dari capcay yang terlalu kental sampai jadi seperti bubur, ayam bakar yang eksotis karena overcooked hingga sambal yang tak karuan rasanya. Ah, saya sering malu sendiri jika mengingat kegagalan masakan saya waktu itu. Maklum, semasa remaja saya memang jarang sekali ke dapur. Jangankan memasak, membedakan merica dan ketumbar saja dulu saya tak bisa. Namun saya bersyukur punya mertua yang bijak. “Gak apa-apa, belajar aja dulu nanti lama-lama juga bisa” demikian kata mertua saya saat pertama kali tau bahwa menantunya ini tak bisa masak.

Pengalaman itu membuat saya terpacu untuk belajar masak. Bukan hanya semata-mata agar disayang mertua sih, tapi menurut saya memang seorang ibu itu wajib bisa masak. Sekalipun ia mampu membayar ART ataupun koki termahal namun setidaknya ia harus bisa membuat 1 atau 2 menu masakan rumahan. Sebab saya percaya masakan ibu adalah wujud cinta untuk keluarga. Dan masakan ibulah, yang nantinya akan membuat anak-anak merindukan rumah.

Makanya akhir-akhir ini saya sedang semangat-semangatnya belajar memasak. Apalagi sejak #DirumahAja dan punya waktu luang lebih banyak. Makin seringlah saya sibuk-sibuk di dapur. Dan ternyata masak itu menyenangkan ya! Apalagi kalau masakan yang kita buat disukai oleh orang-orang tercinta.

aplikasi resep masakan yummy app

Kalau urusan belajar memasak, memang tidak bisa cuma dengan membaca, melainkan wajib praktek. Trial and error itu biasa. Karena semakin banyak gagal di dapur, justru akan semakin lihai kita mengolah resep masakan nantinya. Yang terpenting adalah kita memahami aneka jenis resep masakan agar bisa membuat kreasi resep kita sendiri. Bicara soal resep masakan, kini zaman sudah maju. Belajar resep masakan tak hanya bisa lewat buku. Sebab semua resep masakan mulai dari yang tradisional hingga internasional kini telah hadir dalam 1 aplikasi resep masakan andalan saya yaitu Yummy App.

Jadi, lewat artikel ini saya juga ingin memberikan ulasan seputar aplikasi Yummy App biar Moms juga penasaran untuk ikutan mencoba aplikasinya.

Yuk, Kenalan Sama Yummy App!

Aplikasi Resep Masakan Andalan Mama

yummy app

Perkenalan saya dengan aplikasi Yummy App bermula saat saya sedang semangat-semangatnya belajar masak saat awal menikah. Saya mulai mengikuti akun Yummy di sosial media facebook “Yummy Indonesia” dan Instagram @yummy.idn sering mengintip aneka inspirasi menu  masakan yang ada disana. Yummy sendiri adalah media multi-platform besutan IDN Media yang telah eksis sejak tahun 2016 dengan fokus konten seputar makanan. Mulai dari resep kue, minuman dan masakan, serta tutorial & tips memasak.

Konten-konten resep masakan di Yummy yang enak, ringan dan mudah dipahami orang awam membuat saya semakin semangat belajar masak karena bersama Yummy #MasakItuGampang. Setelah sukses dengan berbagai konten resep masakan yang viral di media sosial, akhirnya tahun 2019 lalu Yummy pun meluncurkan aplikasi Yummy App agar dapat lebih maksimal mendukung setiap orang untuk bisa masak dengan mudah.

aplikasi-resep-masakan-yummy-app

Sebagai pengguna android saya tau banget kalau Yummy app adalah aplikasi resep masakan yang sangat populer di google play sebab aplikasi ini menduduki peringkat teratas aplikasi yang paling banyak diunduh oleh pengguna android. Lebih dari 500.000 orang sudah mengunduh aplikasi ini. Sedangkan rating aplikasinya sendiri meraih skala 4.4 berdasarkan 11.660 ulasan dari pengguna. Kepopuleran Yummy app bisa jadi berkat fitur-fitur serta keunggulannya. Namun meskipun menghadirkan fitur terlengkap, ukuran kapasitas aplikasi Yummy app tetap ringan dan tidak membebani hp yaitu hanya sebesar 16mb. Saya cukup terkesima dengan beban aplikasinya yang sangat ringan mengingat aplikasi ini punya fitur yang sangat komplit.

cara daftar yummy app

Cara mendaftarkan akun di aplikasi Yummy app cukup sederhana. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi ini di google play store ataupun app store. Kemudian setelah terinstal, tinggal klik “Daftar” untuk mendaftarkan akun baik dengan registrasi manual atau secara otomatis lewat facebook dan google account. Setelah mengisi informasi profil yang diperlukan dan melakukan verifikasi akun maka aplikasi sudah siap digunakan.

Fitur dan Keunggulan Aplikasi Yummy App

Resep Olahan yang Kekinian, Mudah dan Murah Meriah

Salah satu ciri khas Yummy yang paling saya ingat adalah penyajian informasi resep yang kekinian, mudah dan murah meriah.  Boleh dibilang Yummy adalah trendsetter yang mempopulerkan konten video memasak simple di sosial media. Ciri khas penyajian resep yang kekinian, mudah dan murah meriah ini juga ternyata dipertahankan di Yummy app. Dengan resep yang mudah ini, saya yakin para amatir sekalipun akan bisa mencoba resep-resep di aplikasi Yummy app secara mandiri dirumah. Sebab cukup dengan 5 langkah saja, resep masakan enak bisa kita coba dengan mudah.

Kategori Resep Terlengkap

Tak perlu takut mati gaya saat di dapur sebab hampir semua jenis makanan dan minuman ada resepnya. Terdapat 9 kategori resep di Yummy app. Mulai dari makanan pembuka, makanan utama, makanan penutup, camilan, makanan pendamping dan minuman. Ada pula 2 kategori lain yang tak kalah spesial yaitu yummy tips dan yummy bahan dasar. Kedua kategori tersebut adalah favorit saya sebab disana saya bisa banyak belajar tips, tutorial dan teknik-teknik dasar saat memasak yang pastinya akan berguna agar saya lebih piawai mengolah bahan makanan. Misalnya resep membuat bumbu dasar merah dan bumbu dasar kuning yang bisa saya olah kembali untuk berbagai masakan.

Informasi Resep yang Sangat Jelas

Keunggulan Yummy app selanjutnya adalah informasi resep yang disampaikan sangat detail dan jelas. Yummy app memberikan video tutorial, daftar bahan yang digunakan berikut takaran yang pas untuk setiap bahannya hingga informasi lain seputar resep yang tak kalah penting seperti durasi pembuatan, jumlah porsi, perkiraan budget memasak, info kehalalan, sampai dengan foto serta langkah-langkah pengolahan resep tersebut. Tak perlu khawatir gagal, sebab semua resep yang ada di Yummy Apps akan dikurasi langsung oleh Tim Chef handal Yummy.

Fitur Upload Kreasi Resep Sendiri

Menurut saya pribadi salah satu tolak ukur keberhasilan dalam belajar masak adalah ketika kita sudah mampu dan percaya diri menampilkan resep kreasi milik kita sendiri. Apalagi jika banyak orang yang menggunakan resep tersebut dan memberikan komentar positif serta testimonial tentunya akan semakin membuat kita makin semangat untuk belajar masak kan. Nah, di Yummy app kita bisa mengunggah kreasi resep masakan kita. Setiap resep yang kita unggah juga akan masuk ke laman resep komunitas sehingga bisa jadi inspirasi untuk teman-teman chef lainnya juga.

Rekomendasi Resep Berdasarkan Bahan Makanan yang Ada

Berkat Yummy app kini kita tak perlu bingung lagi mau masak apa hari ini. Sebab ada terdapat fitur yang dapat membantu kita untuk mencari rekomendasi resep berdasarkan bahan yang  kita miliki di rumah. Tinggal masuk ke menu “masak” lalu pilih bahan-bahan makanan yang ada kemudian sistem algoritma pada aplikasi akan menampilkan pencarian resep yang sesuai dengan bahan-bahan yang sudah kita pilih. Resep yang akan tampil juga tak terbatas hanya resep-resep dari Tim Chef Yummy saja, tapi juga resep dari komunitas Yummy. Sehingga varian resepnya akan lebih banyak dan beragam agar dapat kita pilih sesuai kebutuhan.

Dapat Resep Gratis dari Chef Ternama

Keistimewaan lain dari Yummy App adalah disini kita bisa mendapatkan resep dari berbagai chef terkenal secara langsung. Terdapat menu “akun official” dimana kita bisa mencari inspirasi resep gratis dari berbagai chef ternama di Indonesia. Mulai dari Chef Arnold, Chef Gilang, Chef Nunu, dan Chef Hana serta ratusan chef lainnya. Dengan fitur ini, kita jadi bisa belajar masak dari para pakar dan menghadirkan sajian menu ala chef ternama dirumah. Gak perlu takut resepnya susah, karena walaupun judulnya menu masakan ala chef terkenal tetap saja resepnya praktis dan hanya 5 langkah. Asyik ya!

Saling Berbagi Resep dengan Komunitas

Selain resep dari Tim Chef Yummy dan resep dari para chef terkenal, kita juga bisa saling berbagi resep dengan sesama anggota komunitas Chef Yummy. Resep komunitas adalah halaman yang berisikan kumpulan konten resep masakan hasil karya para pengguna aplikasi Yummy App yang telah dikurasi oleh Tim Chef Yummy. Di halaman ini, kita bisa memberikan rating untuk setiap resep yang diunggah anggota lainnya. Jika ada hal-hal yang kurang jelas dari resep tersebut juga bisa kita tanyakan secara langsung pada pemilik resep lewat fitur kolom komentar.

Tombol Filter untuk Memilih Resep sesuai Budget, Durasi Memasak dan Porsi Masakan

Meskipun ada ribuan resep di Yummy App tapi kita tak perlu bingung saat memilih. Sebab Yummy App menghadirkan fitur filter untuk memudahkan kita dalam melakukan pencarian resep. Lewat filter ini kita bisa menyortir resep berdasarkan harga, durasi memasak dan porsi masakan. Caranya cukup masuk ke halaman pencarian resep lalu tekan tombol “Filter Resep” dan pilih filter sesuai kebutuhan dan kita akan mendapatkan rekomendasi resep yang paling pas dan sesuai dengan kebutuhan kita.

Simpan dan Bagikan Resep Favorit


Sering iseng browsing resep masakan tapi tidak sempat untuk langsung mengeksekusinya? tenang, di Yummy App terdapat fitur resep favorit dimana kita bisa menyimpan resep yang kita sukai di aplikasi Yummy App. Cara menggunakannya cukup masuk ke halaman resep, kemudian klik tombol “favorit” kemudian resep akan otomatis masuk kedalam daftar resep favorit di akun kita. Apabila kita menyukai resep tersebut, jangan lupa juga bagikan resep favorit kita ke berbagai akun sosial media yang kita punya. Caranya tinggal klik tombol “Bagikan Resep” yang tepat berada disebelah tombol favorit.

Keuntungan Jadi Pengguna Yummy App

Fitur unggulan pada Yummy app selanjutnya terdapat pada menu “Event & Promosi”. Menu inilah yang menurut saya membuat Yummy app semakin tampil beda. Sebab tidak hanya menyajikan inspirasi resep masakan, Yummy App juga seringkali menantang para “chef” (sebutan untuk pengguna aplikasinya) dalam berbagai kontes memasak. Tantangan memasak di Yummy app menawarkan berbagai hadiah yang menggiurkan. Misalnya kontes yang sedang berjalan saat ini  yaitu #ResepGakAbisAbis, ada hadiah THR  hingga puluhan juta rupiah. Ada pula misi “Jago Masak” yang berlangsung sampai 24 mei 2020 nanti. Misi ini memberikan tantangan untuk menyelesaikan setiap resep dimana nanti para chef yang berhasil menyelesaikan misi akan mendapatkan kupon berhadiah. Hadiahnya juga tidak tanggung-tanggung, ada THR senilai Rp 21.500.000 sampai dengan sepeda motor. Asyik kan! Jadi sering-sering kunjungi aplikasi Yummy App dan mampir ke menu ini ya, siapa tau ada kontes atau giveaway yang sedang berlangsung.

keuntungan yummy app

Selain itu setiap kreasi resep yang kita unggah di aplikasi Yummy App juga bisa mendatangkan rezeki. Sebab pengguna Yummy App berhak mendapatkan tambahan Yummy Point untuk setiap konten resep yang berhasil dipublish oleh Tim Chef Yummy di Yummy App. Yummy point adalah bentuk reward yang bisa ditukarkan menjadi uang tunai dalam mata uang rupiah melalui proses redeem di Yummy App. Yummy Point juga merupakan bentuk apresiasi Yummy kepada pengguna setianya. Perhitungan konversi dari jumlah resep yang berhasil dipublish menjadi Yummy Point adalah : 1 resep publish = 100 Yummy Point = Rp. 10.000. Lumayan banget kan! Jadi semakin sering kamu upload resep, tentunya semakin CUAN.

Selain dengan mengunggah resep, Yummy Points juga bisa didapatkan dengan membagikan kode referral yang kita dapatkan saat pertama kali mendaftar di aplikasi Yummy App. Ajak teman-temanmu sebanyak-banyaknya untuk membuat akun di Yummy App dengan menggunakan kode referral kita dan kita akan mendapatkan Yummy Points untuk setiap akun dengan email dan no.hp valid yang mendaftar lewat kode referral tersebut.

Jangan Lupa Pakai Kode Referral Saya ya!

RIZKA-EDMANDA

Nyobain Resep Favorit di Yummy App

Nah kebetulan banget beberapa waktu lalu saya mencoba resep camilan favorit saya di Yummy App. Yaitu cilok ayam. Cara bikinnya mudah dan bahan-bahannya murah meriah. Soal rasa hmm jangan ditanya, mertua, suami dan anak saya suka banget. Saya mengkreasikan resep Cilok Ayam Korea di Yummy App dengan menambah isian keju karena keluarga kami pecinta keju. Kalau Moms mau mencoba resep ini juga, moms bisa sesuaikan sama selera saja ya untuk isiannya. Resepnya tidak saya bagi disini karena sudah ada di video di atas, kalau mau lebih lengkap Moms juga bisa lihat di aplikasi Yummy App. Masukkan saja kata kunci “cilok ayam ala korea” di pencarian resep. Jadi buruan download aplikasinya ya!

Jadi Makin Produktif Meskipun #DirumahAja

Bersama Yummy App

Sejak pandemi melanda, saya jadi punya banyak waktu luang dirumah. Daripada mengeluhkan keadaan yang sedang susah saya justru ingin memanfaatkan waktu luang tersebut dengan beragam kegiatan yang produktif. Salah satunya adalah dengan belajar memasak. Mumpung semua anggota keluarga sedang dirumah, saya juga sering mengajak suami dan anak untuk ikut masak bersama. Kami beberapa kali mencoba mengeksekusi resep-resep yang ada di Yummy App. Mulai dari menu-menu dessert kekinian, masakan sampai kue lebaran. Seru lho, selain melatih ketrampilan juga jadi kegiatan yang seru dan menyenangkan. 

Saya yakin keterampilan memasak akan bermanfaat buat saya dalam menjalani peran sebagai ibu. Impian saya tidak muluk-muluk sih. Setidaknya saya berharap bersama Yummy App saya bisa jadi chef favorit untuk keluarga dirumah.

Mama juga ingin belajar memasak dan dapatkan cuan? Yuk install Yummy Appssekarang!

Jangan Lupa Follow Yummy di Sosial Media ya!

Disclaimer : Artikel ini diikutsertakan dalam Blog Competition Yummy App X Popmama 2020

Sumber-sumber :

  • Foto : Rizka Edmanda
  • Olah grafis : Rizka Edmanda
  • Infografis : Rizka Edmanda
  • Video : Yummy App

Baca juga : Resep Cheesy Chicken with Salted Egg by Rizka Edmanda

error: content is protected